KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP Halaman 82-83, Struktur Cerpen Anak Rajin dan Pohon Pengetahuan

- 24 Oktober 2022, 20:00 WIB
Ilustrasi kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP halaman 82-83 tentang struktur cerpen anak rajin dan pohon pengetahuan
Ilustrasi kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP halaman 82-83 tentang struktur cerpen anak rajin dan pohon pengetahuan /unsplash.com

Portal Kudus - Inilah kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP halaman 82-83 tentang struktur cerpen anak rajin dan pohon pengetahuan.

Inilah pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP halaman 82-83, simak dan pahami dengan baik disini.

Untuk siswa kelas 9 SMP tentu memiliki keinginan bisa mengerjakan semua soal yang diberikan dengan baik, terutama soal Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 82-83.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Halaman 168-170 Aktivitas 4.2 Tentang Interaksi Dua Benda Bermuatan Terhadap Jarak

Simak pembahasan lengkap kunci jawaban disini lengkap dengan pembahasannya, agar tidak salah dan bisa memahami soal dengan jawaban dengan baik.

Kunci jawaban ini dibuat dengan tujuan agar siswa bisa terbantu dengan mudah, ketika mengerjakan dan menyelesaikan tugas Bahasa Indonesia yang diberikan.

Inilah kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP halaman 82-83 yang dilansir Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibhrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 115 Aktivitas Kelompok Bab 2 Tentang Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi

Isi kotak di sebelah kanan dengan uraian yang tepat berdasarkan cerpen "anak rajin dan pohon pengetahuan"

Jawaban :

- Orientasi:

Orientasi cerpen anak rajin dan pohon pengetahuan terdapat pada paragraf 1

Pengenalan tokoh Mogu secara umum. Mogu adalah seorang anak yang sebatang kara yang hidup dari berladang dan mencari kayu bakar. Meski ia berusia 7 tahun, ia rajin membaca.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 75 76 Kegiatan 2 Menyimpulkan Struktur Cerpen Pohon Keramat

- Rangkaian peristiwa:

Rangkaian peristiwa cerpen anak rajin dan pohon pengetahuan terdapat pada paragraf 2-11

Pada suatu hari Mogu tersesat di hutan dan bertemu dengan Tule, pohon pengetahuan. Tule menguji Mogu tentang kegunaan ilmu pengetahuan. Mogu lolos dan kemudian Tule mengajarkan banyak ilmu pengetahuan kepadanya hingga Mogu menjadi pemuda yang tampan.

Tule meminta Mogu mengembara untuk membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan dengan ilmu pengetahuan hingga akhirnya Mogu sampai di Ibu kota. Raja mendengar kepintaran Mogu dan terkesan dengannya.

- Komplikasi:

Komplikasi cerpen anak rajin dan pohon pengetahuan terdapat pada paragraf 12-24 (satu paragraf di akhir cerpen - Raja dan Mogu berusaha menghalangi, tetapi mereka kewalahan)

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 88 89 Tentang Mengidentifikasi Isi Teks Editorial

Namun, pejabat Monda iri pada Mogu. Monda mengajukan pertanyaan kepada Mogu di depan raja. Raja terkagum-kagum dan bertanya kepada Mogu, di mana letak pohon pengetahuan. Mogu pun mengantarkan raja ke Tule dengan satu syarat: tidak memberitahukan siapa pun.

Raja ingin belajar pada Tule, tetapi Tule menolaknya karena waktunya hampir habis. Tiba-tiba Monda muncul beserta pasukannya dan meminta Tule mengajarinya juga. Tule menolak dan Monda marah hingga membakar Tule meski telah dihalangi oleh Mogu dan raja.

- Resolusi:

Resolusi cerpen anak rajin dan pohon pengetahuan terdapat pada paragraf terakhir (Walau berhasil menghancurkan pohon pengetahuan, ....)

Monda dan pengikutnya mendapatkan hukuman dari raja, tetapi mereka disambar petir hingga tewas terbakar. Sebelum meninggal, Tule memberikan buku. Mogu menjadi raja baru bertahun-tahun kemudian.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN PKN Kelas 9 SMP Halaman 89 Tugas Kelompok 3.3 Identifikasi Lembaga-Lembaga Negara di Indonesia

Demikian terkait kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP halaman 82-83 tentang struktur cerpen anak rajin dan pohon pengetahuan.***

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah