Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 127-128, Pembahasan Soal Telaah Teks Cerita Pendek

- 21 Oktober 2022, 11:30 WIB
Simak contoh soal PTS PJOK kelas 6 semester 1 tahun 2022 beserta kunci jawaban dan pembahasan untuk membantu adik-adik belajar
Simak contoh soal PTS PJOK kelas 6 semester 1 tahun 2022 beserta kunci jawaban dan pembahasan untuk membantu adik-adik belajar /unsplash.com

Portal Kudus -Pembahasan soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 SMA, SMK dan MA halaman 127 dan 128 Telaah Teks Cerita Pendek Berdasarkan Struktur dan Kaidah.

Materi pembelajaran merujuk ada buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk kelas 11 SMA dan MA.

Artikel ini berisi kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 SMA dan MA halaman 127 dan 128 Telaah Teks Cerita Pendek Berdasarkan Struktur dan Kaidah.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 35 Pembahasan Soal Uji Kompetensi Bab 1 Harmonisasi HAM dalam Pancasila

Sebelum membuka kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyaan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut pembahasan soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 127 dan 128 Telaah Teks Cerita Pendek Berdasarkan Struktur dan Kaidah.

Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 29 Materi Pembelajaran Perilaku Cerminan Hak dan Kewajiban Asasi Mananusia

Kunci Jawaban halaman 127 dan 128

1. Jawablah dengan berdiskusi!

a. Apa yang dikenalkan pada bagian awal cerpen?

b. Pengungkapan peristiwa di dalam cerpen biasanya berupa apa?

c. Puncak konfik dalam suatu cerpen ditandai oleh apa?

d. Apakah setiap cerpen selalu mengandung koda?

e. Dalam cerpen, koda itu fungsinya sebagai apa?

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 134, Contoh Cerita Pendek Tentang Diri Sendiri

jawaban:

a. Yang dikenalkan pada bagian awal cerpen adalah pengarang mengenalkan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen. Tidak hanya mengenalkan latar cerita, tetapi juga memperkenalkan para tokoh, menata  adegan, dan hubungan antartokoh.

b. Pengungkapan peristiwa di dalam cerpen biasanya berupa masalah, pertentangan, atau kesukaran yang dihadapi oleh tokoh-tokohnya.

c. Puncak konflik dalam suatu cerpen ditandai dengan perubahan nasib pada tokoh-tokohnya. Contoh pada cerpen Robohnya Surau Kami, puncak konflik ditandai dengan perubahan nasib para jemaah yang sedang berada di neraka.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 135, Menyunting Penggalan Cerita

d. YA, pada setiap cerpen selalu mengandung koda.

e. Dalam cerpen, koda berfungsi sebagai penyelesaian akhir dari suatu cerita, yang menentukan nasib atau sikap tokoh-tokohnya.

2. Kerjakan latihan berikut sesuai dengan instruksinya!

a. Perhatikan kembali cerpen berjudul “Robohnya Surau Kami”.
b. Dengan 4-6 orang teman, diskusikanlah struktur cerpen tersebut!
c. Gunakanah format seperti berikut!

Struktur cerpen Robohnya Surau Kami adalah

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 129, Merancang Novel dengan Memperhatikan Kebahasaan

a. Pengenalan cerita

Kutipan: Alangkah tercengangnya Haji Saleh, karena di neraka itu banyak temannya di dunia terpanggang panas, merintih kesakitan.

Penjelasan: Pengenalan latar tempat (neraka) dan latar suasana cerpen.

b. Pengungkapan peristiwa

Kutipan: Demikian cerita Ajo Sidi yang kudengar dari Kakek. Cerita yang memurungkan Kakek.

Penjelasan: Peristiwa awal yang menceritakan penyebab kemurungan kakek.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 134, Contoh Cerita Pendek Tentang Diri Sendiri

c. Menuju konflik

Kutipan: Dan besoknya, ketika aku mau turun rumah pagi-pagi, istriku berkata apa aku tak pergi menjenguk.

Penjelasan: Terjadi peningkatan kehebohan ketika sang istri bertanya.

d. Puncak Konflik

Kutipan: “Astaga. Ajo Sidi punya gara-gara,” kataku seraya melangkah secepatnya meninggalkan istriku yang tercengang-cengang.

Penjelasan: Pada bagian ini Aku marah dan menyalahkan Ajo Sidi.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 134, Contoh Cerita Pendek Tentang Diri Sendiri

5. Penyelesaian

Kutipan: “Kerja?” tanyaku mengulangi hampa.

Penjelasan: Pada bagian ini terdapat penyelesaian cerita kalau Ajo Sidi tetap kerja meski telah mendengar kakek meninggal karena ceritanya.

3. Bersama 2–4 orang teman, cermatilah cerpen di bawah ini. Diskusikanlah kaidah kaidah kebahasaan yang menandai cerpen tersebut terkait dengan ciri-cirinya yang telah dibahas!

a. Apakah semua kaidah itu tampak pada cerpen tersebut?
b. Adakah ciri kebahasaan lainnya yang dominan di dalamnya?

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 129, Merancang Novel dengan Memperhatikan Kebahasaan

jawaban:

a. Kaidah kebahasaan yang menandai cerpen Matahari Tak Terbit Pagi Ini adalah sebagai berikut.

-Kata ganti orang pertama: Aku tiba-tiba jadi kehilangan sesuatu yang begitu akrab di antara kutub-kutub kosong itu. …. Kita telah menggoreskan kain kanvas kosong itu sejak mula hingga waktu jeda yang tanpa batas.

-Kalimat bermakna lampau:  Kita telah menggoreskan kain kanvas kosong itu sejak mula hingga waktu jeda yang tanpa batas.

-Konjungsi kronologis: Semula kita begitu dekat. Lantas terpisah jauh oleh lempengan waktu.

-Kata kerja yang menggambarkan peristiwa: Saat kau hendak mengembalikan sesuatu yang hilang itu dengan sekuat daya, namun tak kunjung tergapai.

Baca Juga: Soal PTS Informatika Kelas 9 Semester 1 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal PTS Informatika Kelas 9 Kurikulum 2013

-Kata kerja yang menunjukkan kalimat tak langsung: Chairil sempat bertanya seketika.

-Menggunakan kata kerja yang menyatakan pikiran/perasaan: Begitulah kita merasakan saat diri kita berada di kutub yang berjauhan.

-Menggunakan dialog: ”Aku takut bila aku berubah. Tapi tak akan pernah, pangeranku,” ucapmu pelan.

b. Ciri kebahasaan lainnya (menggunakan kata-kata sifat): Kaulah matahari itu, bidadariku. Berhari-hari kau merekat kasih hingga tak terkoyak oleh waktu, tiba-tiba kita harus berpencar di bawah langit menuju sudut-sudut yang kosong. Kekosongan itu kita bawa melewati jejalan kesedihan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 134, Contoh Cerita Pendek Tentang Diri Sendiri

Simpulan:

a. Apakah semua kaidah itu tampak pada cerpen tersebut?
Semua kaidah kebahasaan tampak pada cerpen Matahari Tak Terbit Pagi Ini.

b. Adakah ciri kebahasaan lainnya yang dominan di dalamnya?
Ciri kebahasaan lainnya yang dominan di dalamnya adalah penggunaan kata-kata sifat yang menggambarkan suasana pada cerpen tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150, Subtema 3 Pembelajaran

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

Demikian Pembahasan soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 SMA,SMK dan MA halaman 127 dan 128 Telaah Teks Cerita Pendek Berdasarkan Struktur dan Kaidah.***

Editor: Kartika Kudus

Sumber: BSE Kemendikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah