Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 85, Telaah Bagian Penting Teks Ceramah

- 21 Oktober 2022, 07:37 WIB
Teks amanat pembina upacara motivasi belajar.
Teks amanat pembina upacara motivasi belajar. /Freepik.com/pch.vector

Portal Kudus -Pembahasan soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 SMA, SMK dan MA halaman 85 Menelaah Bagian Penting dalam Teks Ceramah.

Materi pembelajaran merujuk ada buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk kelas 11 SMA dan MA.

Artikel ini berisi kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 SMA dan MA halaman 85 Menelaah Bagian Penting dalam Teks Ceramah.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 35 Pembahasan Soal Uji Kompetensi Bab 1 Harmonisasi HAM dalam Pancasila

Sebelum membuka kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyaan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut pembahasan soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 85 Menelaah Bagian Penting dalam Teks Ceramah.

Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 11 Halaman 29 Materi Pembelajaran Perilaku Cerminan Hak dan Kewajiban Asasi Mananusia

Kunci Jawaban halaman 82

Tugas

1. Kerjakanlah latihan berikut sesuai dengan instruksinya!

a. Bacalah teks di bawah ini dengan baik.

b. Secara berkelompok, tandailah bagian-bagian penting dari teks tersebut.

c. Buatlah simpulan tentang isi teks itu secara keseluruhan!

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 82, Menemukan Informasi dan Permasalahan dalam Teks Ceramah

Jawaban:

1.  "Punya gua kemarin hilang". "Lho, kalau punya gua, sama elu kemanain?

2. "Gua apa: Gua Selaraong atau Gua Jepang"

3.  "Serasa di Terminal Kampung rambutan"

4. Pejabat tersebut tampaknya merasa dirinya lebih hebat dengan menggunakan kata content daripada kata isi.

5. Penggunaan bahasa yang acak-acakan juga banyak dipelopori oleh kalangan pebisnis.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 92, Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap Indonesia Uji Kopetensi Bab 3

6. Para siswa justru harus menunjukkan kelas tersendiri dalam hal berbahasa.

7. Intensitas para siswa dalam memahami literatur-literatur ilmiah sesungguhnya merupakan sarana efektif dalam mengakrabi ragam bahasa baku.

8. Ragam bahasa elu-gue, oh-yes,..oh no yang bisa jadi akan lebih banyak mewarnai.

9. Ada dua kelompok siswa yang memiliki sikap berbahasa yang berbeda di sekolah tersebut.

10. Kelompok siswa kedua memiliki sikap kritis terhadap kaidah penggunaan bahasa temannya.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 86, Implikasi Kemajuan Iptek Tugas Kelompok 3.2

11. Sekolah saya itu masih memiliki kelompok siswa yang pedulu terhadap penggunaan bahasa Indoensia yang baik dan benar.

12. Kekurangwibawaan Bahasa Indonesia itu sendiri di mata mereka.

13. Ragam bahasa Indonesia ragam baku mereka anggap kurang asyik dibandingkan dengan bahasa gaul.

14. Dalam kehidupan masyarakat umum pun, kinerja bahasa Indonesia memang menunjukkan kondisi yang semakin tidak menggembirakan.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 12 Halaman 92 Uji Kompetensi Bab 3, Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap Indonesia

c. simpulan

Di lingkungan sekolah, jika diperhatikan dengan seksama ada dua kelompok siswa yang berbeda dalam hal ragam bahasa. Kelompok pertama, berbahasa dengan benar sesuai PUEBI. Kelompok kedua, berbahasa sesuai selera, yang berarti tidak sesuai kaidah PUEBI.

Mirisnya, kelompok kedua lebih banyak dibanding kelompok pertama. Hal ini bisa terjadi karena rendahnya kepedulian para tokoh bangsa terhadap kedisiplinan berbahasa.

Banyak dari mereka muncul di media dengan menggunakan bahasa yang kadang keminggris dan sebagainya. Untuk itu, cara agar para pelajar bisa berbahasa dengan benar adalah dengan membiasakan mereka membaca literatur-literatur ilmiah.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150, Subtema 3 Pembelajaran

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

Demikian Pembahasan soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 SMA,SMK dan MA halaman 85 Menelaah Bagian Penting dalam Teks Ceramah.***

Editor: Kartika Kudus

Sumber: BSE Kemendikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x