KUNCI JAWABAN Post Test Modul 4 Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bergotong Royong Kurikulum Merdeka Belajar

- 24 Juli 2022, 21:23 WIB
kunci jawaban post test Modul 4 profil pelajar Pancasila dimensi bergotong royong kurikulum Merdeka Belajar
kunci jawaban post test Modul 4 profil pelajar Pancasila dimensi bergotong royong kurikulum Merdeka Belajar /kilasklaten.com/

Portal Kudus - Berikut kunci jawaban post test Modul 4 profil pelajar Pancasila dimensi bergotong royong kurikulum Merdeka Belajar.

Dalam tulisan artikel ini akan dijelaskan mengenai kunci jawaban post test Modul 4 profil pelajar Pancasila dimensi bergotong royong kurikulum Merdeka Belajar.

Untuk melihat kunci jawaban dan latihan soal post test Modul 4 profil pelajar Pancasila, silahkan simak pada artikel berikut ini.

Baca Juga: 40 SOAL Matematika Kelas 5 Semester 2 dan Kunci Jawaban 2022, Contoh Soal PAT Matematika Kelas 5 Tahun 2022

Dikutip Portal Kudus dari berbagai sumber berikut adalah kunci jawaban post test Modul 4 profil pelajar Pancasila dimensi bergotong royong kurikulum Merdeka Belajar.

1. Agar bisa bergotong royong, murid perlu menguatkan dulu dimensi mandiri
A. Benar, karena berhubungan
B. Salah, bisa berjalan masing-masing
C. Benar Salah
D. Sala Benar

Jawaban: A (Benar, karena berhubungan)

2. Berikut ini adalah elemen dari dimensi gotong royong, kecuali:
A. Elemen kolaborasi
B. Elemen kepedulian
C. Elemen berbagi
D. Elemen kerja sama

Jawaban: D (Elemen kerja sama)

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Post Test Kurikulum Merdeka Modul 1, Contoh Latihan Mandiri Post Test Modul 1 Merdeka Belajar

3. Dalam konteks elemen kepedulian, murid perlu memiliki persepsi sosial yang berarti…
A. Mengenal orang di sekitar
B. Memahami mengapa orang lain bereaksi dan melakukan tindakan tertentu
C. Memberi nasehat pada orang yang membutuhkan
D. Mempertimbangkan pendapat orang lain

Jawaban: B (Memahami mengapa orang lain bereaksi dan melakukan tindakan tertentu)

4. Bu Nila mendukung murid menguatkan elemen kolaborasi di kelas. Hal yang dilakukan Bu Nila adalah sebagai berikut, kecuali:
A. Mendorong murid membagi pekerjaan kelompok sesuai minat
B. Mendorong murid membagi pekerjaan kelompok sesuai kemampuan
C. Menghargai semua ucapan murid dengan tidak mematahkan pendapat murid tanpa argumen logis
D. Mendorong murid memahami reaksi teman sekelompoknya.

Jawaban: C (Menghargai semua ucapan murid dengan tidak mematahkan pendapat murid tanpa argumen logis)

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 25 Kegiatan 3 Tentang Latihan Kebahasaan

5. Pak Sukri adalah guru biologi di SMA Muara 3. SMA Muara 3 hanya memiliki 5 mikroskop untuk digunakan 20 murid. Memanfaatkan keadaan ini, Pak Sukri bisa menguatkan dimensi gotong royong dengan cara:
A. Membagi kelas ke dalam 4 kelompok, 1 kelompok menggunakan mikroskop, 3 lainnya berkegiatan lain
B. Membagi murid ke dalam beberapa kelompok, lalu memberi 1 mikroskop ke tiap kelompok
C. Menggunakan alarm untuk mengatur waktu penggunaan mikroskop tiap-tiap murid
D. Menggilir penggunaan mikroskop sesuai daftar hadir

Jawaban: B (Membagi murid ke dalam beberapa kelompok, lalu memberi 1 mikroskop ke tiap kelompok)

6. (1) Pemahaman diri dan situasi
(2) Regulasi emosi
(3) Regulasi diri
(4) Refleksi diri
Dari daftar di atas, yang merupakan elemen dalam dimensi mandiri adalah...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 4

Jawaban: B (1 dan 3)

Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 55, 56 Latihan 1.5 Soal Nomor 1-10 Terlengkap 2022

7. Pembuatan target belajar untuk murid dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut, yaitu...
A. Murid sendiri yang menentukan target belajarnya
B. Guru yang menentukan target belajar murid
C. Murid yang menentukan target belajar temannya
D. Guru tidak perlu memantau target muridnya

Jawaban: A (Murid sendiri yang menentukan target belajarnya)

8. Berikut adalah salah satu gambaran pelajar mandiri, kecuali..
A. "Saya sudah bisa menentukan target belajar sesuai dengan kemampuan saya"
B. Saat ada tantangan, saya lebih memilih mencoba hal lain yan bisa saya lakukan"
C. "Ketika saya sudah tahu tujuan belajar saya di minggu ini, maka saya menyesuaikan jadwal bermain dan menonton tv"
D. Saya sulit mengerjakan PR pada malam hari karena mengantuk, saat pulang sekolah saya langsung mengerjakan PR

Jawaban: B (Saat ada tantangan, saya lebih memilih mencoba hal lain yan bisa saya lakukan)

Baca Juga: KUNCI Jawaban IPA Kelas 9 Semester 1 Halaman 47, 48, 49 Uji Kompetensi 1 Sistem Reproduksi Pada Manusia

9. Untuk mendukung proses refleksi murid, berikut adalah hal-hal yang dapat kita lakukan...
A. Memberikan waktu berpikir untuk murid dengan bimbingan penuh dari gurunya
B. Mengajak murid untuk menuliskan rangkuman dari pelajaran yang ia telah lakukan
C. Berikan ruang waktu bagi murid untuk bercerita dengan tanpa paksaan
D. Memberikan kepercayaan untuk murid menghafal pelajarannya

Jawaban: B (Mengajak murid untuk menuliskan rangkuman dari pelajaran yang ia telah lakukan)

10. Hans tidak berhasil menyelesaikan permainan baloknya, dia menangis karena merasa bangunan baloknya tidak tinggi dan jelek. Pertanyaan apa yang tepat diberikan oleh guru Hans untuk membuatnya kembali percaya diri dalam menentukan targetnya?
A. Apakah kamu perlu bantuan? Apa yang kamu perlukan untuk membuat ini jadi tinggi?
B. jika bangunanmu tidak tinggi, mau bapak bantu?
C. Kamu menangis pasti karena kamu sedih. Apa yang kamu butuhkan supaya mainanmu jadi bagus?
D. Bagaimana kamu tadi menyusunnya sehingga menjadi pendek begini?

Jawaban: A (Apakah kamu perlu bantuan? Apa yang kamu perlukan untuk membuat ini jadi tinggi?)

Demikian terkait kunci jawaban post test Modul 4 profil pelajar Pancasila dimensi bergotong royong kurikulum Merdeka Belajar.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah