Portal Kudus -Pembahasan soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP dan MTs halaman 30 Teks Laporan Percobaan Kandungan Listrik Pada Buah.
Artikel ini berisi kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP dan MTs halaman 30 Teks Laporan Percobaan Kandungan Listrik Pada Buah.
Materi pembelajaran dan kunci jawaban merujuk pada buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 untuk kelas 9 SMP dan MTs.
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 55 dan 56 Menguraikan Isi Cerita Fantasi
Sebelum membuka kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyaan sendiri terlebih dahulu.
Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.
Berikut pembahasan soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP dan MTs halaman 30 Teks Laporan Percobaan Kandungan Listrik Pada Buah.
Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 260-263 Telaah Isi Surat Pribadi dan Surat Dinas
Kunci Jawaban halaman 30
Judul :
Kandungan Listrik Pada Buah
Nama Siswa
(Silakan tulis namamu sendiri)
Pendahuluan
Setiap buah memiliki kandungan air. Kandungan air pada buah memiliki unsur ion, salah satu unsur yang penting dalam terciptanya arus listrik. Untuk mengetahui buah yang memiliki kandungan listrik lebih tinggi mari kita lakukan percobaan beriku ini.
Tujuan
Untuk mengetahui buah mana yang memiliki kandungan listrik lebih tinggi antara jeruk nipis dengan mangga
Hipotesis
Buah mengandung listrik
Bahan dan metode
- Mengumpulkan beragam buah Hubungkan buah dengan sesor voltmeter
- Ukur dengan voltmeter dan catan hasilnya menggunakan kertas.
Baca Juga: KUNCI JAWABAN PKN Kelas 9 Halaman 2: Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup
Data:
Berikut data yang diujikan pada buah jeruk dan mangga
Jeruk nipis (2.39; 1,22 mA) Jeruk Pontianak (2,65 0,93 mA) Jeruk keprok (3,43 0,67 mA)
Mangga arumanis (4,36, 0,26 mA) mangga manalagi (4.40, 0,20 mA), dan Mangga sengir (4.77, 0,04 mA)
Hasil
Buah yang memiliki kandungan listrik lebih tinggi adalah buah jeruk nipis
Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 13 Merajut Keberagaman di Kampung Pancasila, Tugas Mandiri 1.2
Simpulan
Semakin tinggi tingkat kemasaman buah maka semakin tinggi juga kandungan listrik yang dimiliki oleh buah tersebut dan semakin tendah tingkat keasaman buah maka semakin tendah juga kandungan listrik pada buah tersebut.
Laporan Percobaan Kandungan Listrik Pada Buah
Setiap buah memiliki kandungan air Kandungan air pada buah memiliki unsur ion, salah satu unsur yang penting dalam terciptanya arus listrik Untuk mengetahui buah yang memiliki kandungan listrik lebih tinggi mari kita lakukan percobaan berikut ini.
Lakah pertama percobaan dilakukan dengan mengumpulkan berbagai jenis buah seperti jeruk nass, manega dan lain sebagainya Setelah buah dikumpulkan, pihak peneliti gengambil alat voltmeter untuk mengukur tingkat keasaman pada buah tersebut.
Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 29 Uji Kompetensi Bab 1, Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara
Langkah kedua silakan hubungkan sensor pada volumeter dengan buah dengan cara memasukkannya ke dalam daging buah tunggu hingga beberapa waktu, voltmeter akan mengukur tingkat kasamannya.
Langkah ketiga catatlah nilai yang diturukkan oleh voltmeter dalam satuan Volt Langkah ini dilakukan dengan seluruh buah lainnya hingga selesai Setelah mendata hasil pengukum voltage dan setiap buah. Diketahui bahwa buah masam memiliki tingkat kandungan listrik lebih tinggi, hal ini dibuktikan dengan hasil yang dibuktikan pada buah jeruk.
Dengan demikian, dapat kita sumpulkan bahwa Semakin tinggi tingkat kemasaman buah maka semakin tinga joga kandungan lamik yang dimiliki oleh buah tersebut, dan semakin tendah tingkat krasaman buah maka semakin rendah juga kandungan listrik pada buah.
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150, Subtema 3 Pembelajaran 3
*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
-Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan.
-Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.
Demikian Pembahasan soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 SMP dan MTs halaman 30 Teks Laporan Percobaan Kandungan Listrik Pada Buah.***