40 Latihan Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal PAT SMA Kurikulum 2013

- 2 Juni 2022, 09:10 WIB
latihan soal PAT Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 dan kunci jawaban, contoh soal PAT SMA Kurikulum 2013
latihan soal PAT Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 dan kunci jawaban, contoh soal PAT SMA Kurikulum 2013 /tangkapan layar/

Portal Kudus - Simak inilah 40 latihan soal PAT Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 dan kunci jawaban, contoh soal PAT SMA Kurikulum 2013.

Bagi kalian yang bingung dan mencari latihan soal PAT Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 dan kunci jawaban, contoh soal PAT SMA Kurikulum 2013, simak artikel ini hingga selesai.

Artikel ini akan menyajikan latihan soal PAT Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 dan kunci jawaban, contoh soal PAT SMA Kurikulum 2013 guna menjadi panduan agar membantu belajar kalian.

Baca Juga: 20 CONTOH Soal PKN Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013, Latihan Soal Jelang Ujian Tahun 2022

Sekalipun sudah ada kunci jawaban semacam ini, tentu akan lebih baik lagi jika para siswa terlebih dahulu mencoba untuk mengerjakannya.

Adanya kunci jawaban ini diharapkan bisa menjadi sebuah referensi atau bahan evaluasi dalam proses belajar mengajar.

Sebagaimana yang dilansir tim PortalKudus dari bank soal kemdikbud.go.id. berikut ini latihan soal PAT Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 dan kunci jawaban, contoh soal PAT SMA Kurikulum 2013.

Baca Juga: CONTOH Soal Ujian Sekolah Sejarah Indonesia SMA Kurikulum 2013 dan Kunci Jawabannya, Latihan Soal USBN 2022

1. Kata “atau” merupakan konjungsi ….

a. tujuan

b. pilihan

c. temporal

d. kesimpulan

e. syarat

Jawaban: b. pilihan

Pembahasan:

Konjungsi merupakan kata hubung dalam sebuah kalimat kata, atau paragraf. Kata “atau” termasuk dalam konjungsi pilihan.

2. Kata “terakhir” merupakan konjungsi

a. tujuan

b. pilihan

c. temporal

d. kesimpulan

e. syarat

Jawaban: c. temporal

Pembahasan:

Konjungsi temporal adalah kata sambung yang mengacu pada waktu.

Bacalah teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal nomor 3-5!

(1) Dengan tenaga yang besar dalam gelombang air tersebut, sangat wajar jika bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudah. (2) Gelombang tsunami ini merambat dengan kecepatan yang tak terbayangkan. (3) gelombang tersebut bisa mencapai 500 sampai 1.000 kilometer per jam di lautan. (4) Pada saat mencapai bibir pantai, kecepatannya berkurang menjadi 50 sampai 30 kilometer. (5) Meskipun berkurang pesat, kecepatan tersebut sudah bisa menyebabkan kerusakan yang parah.

3. Kalimat yeng merupakan pendapat dinyatakan pada nomor ….

a. (1) dan (2)

b. (2) dan (3)

c. (3) dan (4)

d. (4) dan (5)

e. (1) dan (5)

Jawaban: a. (1) dan (2)

Pembahasan:

Opini atau pendapat adalah perkiraan, pikiran atau tanggapan tentang suatu hal (seperti orang atau peristiwa). Opini dalam teks tersebut adalah nomor satu dan dua.

4. Kalimat pada teks eksplanasi tersebut yang mempunyai unsur kausalitas (sebab-akibat) adalah nomor ..

a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)

e. (5)

Jawaban: e. (5)

Pembahasan:

Unsur kausalitas adalah unsur yang mengandung sebab akibat, unsur yang mengandung sebab akibat dalam teks eksplanasi tersebut adalah jawaban e.

5. Kalimat teks eksplanasi tersebut yang mempunyai konjungsi syarat adalah nomor ….

a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)

e. (5)

Jawaban: a. (1)

Pembahasan:

Konjungsi syarat menjelaskan bahwa suatu hal dapat terjadi bila syarat-syarat yang disebutkan tersebut dipenuhi. Kata-kata yang menyatakan hubungan ini adalah jika, jikalau, apabila, asalkan, kalau, dan, bilamana. Jawaban yang tepat adalah jawaba a, karena terdapat kata konjungsi syarat yaitu kata jika.

6. Cermati kutipan berikut!

Bahan; rimpang kencur sebesar ibu jari, garam secukupnya cara membuat; kencur diparut. Tambahkan secangkir air hangat. lalu peras dan disaring. Cara menggunakan kencur yang telah disaring biar mengendap, beri garam secukupnya kemudian diminum.

Kata yang menunjukan urutan kegiatan adalah …

a. kemudian

b. tambahkan

c. secangkir air

d. biar mengendap

e. sebesar ibu jari

Jawaban: b. tambahkan

Pembahasan:

Teks tersebut termasuk teks prosedur, kata yang menunjukan urutan kegiatan adalah kata “tambahkan” yang memiliki kata perintah.

7. Perhatikan kutipan berikut!

Makanan alami lele terdiri dari plankton, berbagai udang kecil, siput, cacing, jentik nyamuk, bahkan sisa sayur-mayur. Jika ele dibudidayakan di kolam, sisa-sisa masakan di dapur, dadak halus dapat ditambahkan sebagai makanan tambahan. Oleh karena itu, lele disebut pula sebagai omnivore atau pemakan segala.

Konjungsi antarkalimat dalam kutipan tersebut adalah ….

a. maka

b. bahkan

c. sebagai

d. terdiri dari

e. oleh karena itu

Jawaban: e. oleh karena itu

Pembahasan:

Konjungsi adalah kata hubung, kata hubung yang tepat dalam teks tersebut adalah oleh karena itu.

8. Ceramah bertujuan untuk memberikan ….

a. nasihat baik

b. kebencian

c. kemurkaan

d. keburukan

e. kejahatan

Jawaban: a. nasihat baik

Pembahasan:

Ceramah adalah pesan yang bertujuan memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk, sementara ada audiens yang bertindak sebagai pendengar. Sedangkan umum untuk siapa saja, khalayak ramai, masyarakat luas, atau lazim.

9. Berikut yang tidak termasuk ungkapan terimakasih adalah ….

a. Terima kasih kepada pihak yang telah membantu saya

b. Assalamualaikum wr. Wb

c. Dengan adanya benda ini, saya ucapkan terima kasih

d. Ungkapan syukur kepada Tuhan dan ucapan terima kasih kepada juri atau tamu undangan.

e. saya panjatkan syukur saya kepada Tuhan Yang Maha Esa

Jawaban: b. Assalamualaikum wr. Wb

Pembahasan:

Ucapan terimakasih yaitu kalimat yang menyatakan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang terkait dengan berlangsungnya ceramah.

10. Bahasa yang digunakan dalam teks ceramah adalah ….

a. efektif

b. ambigu

c. rancu

d. bahasa gaul

e. bahasa tidak baku

Jawaban: a. efektif

Pembahasan:

Materi ceramah harus dijelaskan dengan baik dengan menggunakan bahasa yang efektif.

11. Isi dalam penutup penyampaian ceramah berupa ….

a. salam pembuka

b. pengenalan topik, tema, dan judul

c. materi pokok yang dibahas

d. kesimpulan dan ungkapan penutup

e. ucapan terima kasih

Jawaban: d. kesimpulan dan ungkapan penutup

Pembahasan:

Dalam penutup terdapat poin-poin yang mendukung antara lain sebagai berikut:

1. kesimpulan materi yang telah disampaikan

2. ungkapan penutup, misalnya ungkapan terima kasih atas perhatian yang diberikan dan permohonan maaf jika terdapat kesalahan

3. salam penutup.

12. Kalimat salam penutup yang tepat adalah ….

a. Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf

b. Selesai semua saya mohon maaf

c. Sudah saya akhiri semua ini

d. Demikian saya awali, mohon maaf

e. Terima kasih

Jawaban: a. Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf

Pembahasan:

Salam penutup harus menggunakan kalimat yang baik, agar memiliki kesan yang baik pula.

13. Perhatikan kalimat berikut!

Kesempurnaan milik Tuhan, kesalahan milik saya.

Kalimat tersebut sering terdapat pada bagian ….

a. pendahuluan

b. isi

c. materi

d. salam pembuka

e. salam penutup

Jawaban: e. salam penutup

Pembahasan:

Kalimat tersebut merupakan akhiran dari sebuah penutupan pidato, ceramah atau khotbah.

14. Faktor-faktor di dalam lingkungan masyarakat penulis yang mempengaruhi penulis dalam menulis cerpen tersebut disebut ….

a. latar belakang masyarakat

b. latar belakang penulis

c. penokohan

d. sudut pandang

e. alur

Jawaban: a. latar belakang masyarakat

Pembahasan:

Latar belakang masyarakat merupakan faktor-faktor di dalam lingkungan masyarakat penulis yang mempengaruhi dalam menulis cerpen tersebut.

15. Nilai yang menjelaskan baik dan buruk seseorang dalam cerita adalah nilai ….

a. agama

b. sosial

c. budaya

d. moral

e. ekonomi

Jawaban: d. moral

Pembahasan:

Di dalam suatu cerpen, nilai moral dapat menjadi suatu nilai yang baik maupun nilai yang buruk.

16. Bacalah penggalan cerpen berikut!

Waktu Holil anak Haji Zainuri sunat, aku masih anak kecil. Di kotaku belum ada listrik. Apalagi radio dan bioskop. Hiburan satu-satunya bagi anak-anak kecil di waktu sore hari ialah menonton orang memasang lampu petromaks yang dikerek di setiap perempatan jalan dan memburu-buru gangsir atau laron bilamana musimnya tiba.

Unsur ekstrinsik yang ingin ditonjolkan dan penggalan cerpen tersebut adalah latar belakang ….

a. sosial masyarakat

b. budaya masyarakat

c. sosial pengarang

d. sejarah penciptaan

e. agama pengarang

Jawaban: a. sosial masyarakat

Pembahasan:

Penggalan cerpen tersebut menonjolkan unsur ekstrinsik latar belakang sosial masyarakat. masyarakat yang pada zaman itu belum memiliki jaringan listrik. Sehingga hiburan bagi anak-anak pun masih sangat terbatas.

17. Salah satu jenis karya sastra yang memaparkan kisah atau cerita mengenai manusia beserta seluk-beluknya lewat tulisan pendek dan singkat disebut ….

a. cerita pendek

b. eksposisi

c. eksplanasi

d. deskripsi

e. prosedur

Jawaban: a. cerita pendek

Pembahasan:

Cerpen merupakan salah satu jenis karya sastra yang memaparkan kisah atau cerita mengenai manusia beserta seluk beluk nya lewat tulisan pendek dan singkat.

18. Bacalah teks berikut!

Hari ini aku bangun pagi terlambat. Ku lihat jam telah menunjukan pukul 7. Tanpa pikir panjang aku langsung berganti pakaian dan langsung menuju sekolahku. Di perjalanan sekolah,  aku memacu kendaraanku dengan sangat kencang. Namun, tiba-tiba dari arah berlawanan ada seorang pejalan kaki yang melintas.tanpa sempat menghindar lagi, aku pun menumbur dirinya.

Alur dalam penggalan teks tersebut adalah alur ….

a. maju

b. mundur

c. campuran

d. tidak urut

e. flashback

Jawaban: a. maju

Pembahasan:

Pada alur maju atau disebut juga dengan alur progresif. Penulis menyajikan jalan ceritanya secara berurutan dimulai dari tahapan perkenalan ke tahapan penyelesaian secara urut dan tidak acak.

19. Berikut ini yang tidak termasuk ciri cerpen adalah ….

a. jalan ceritanya pendek

b. memiliki jumlah 10.000 kata

c. berasal dari kehidupan sehari-hari

d. menggambarkan semua kisah pada tokohnya

e. tidak ada permasalahan dalam cerita

Jawaban: e. tidak ada permasalahan dalam cerita

Pembahasan:

Berikut ciri-ciri cerpen.

1. Jalan ceritanya lebih pendek dari novel

2. Sebuah cerpen memiliki jumlah kata yang tidak lebih dari 10.000 (10 ribu) kata.

3. Biasanya isi cerita cerpen berasal dari kehidupan sehari-hari

4. tidak menggambarkan semua kisah para tokohnya hal ini karena dalam cerpen yang digambarkan hanyalah inti sarinya saja.

5. Tokoh dalam cerpen digambarkan mengalami masalah atau suatu konflik hingga pada tahap penyelesaiannya.

6. Pemakaian kata yang sederhana serta ekonomis dan mudah dikenal pembaca.

20. Ringkasan atau inti dalam cerita pendek yang akan dikembangkan menjadi sebuah rangkaian-rangkaian peristiwa atau bisa juga sebagai gambaran awal dalam cerita disebut …

a. abstrak

b. orientasi

c. komplikasi

d. evaluasi

e. koda

Jawaban: a. abstrak

Pembahasan:

Abstrak merupakan ringkasan atau inti dari cerita pendek yang akan dikembangkan menjadi sebuah rangkaian-rangkaian peristiwa atau dapat juga sebagai gambaran awal dalam cerita. Abstrak bersifat opsional atau dalam artian bahwa setiap cerpen boleh tidak terdapat struktur abstrak tersebut.

21. Sebuah gagasan pokok yang mendasari dari jalan cerita sebuah cerpen disebut ….

a. tema

b. alur

c. setting

d. tokoh

e. penokohan

Jawaban: a. tema

Pembahasan:

Tema adalah sebuah gagasan pokok yang mendasari dari jalan cerita sebuah cerpen. Tema biasanya dapat langsung terlihat jelas di dalam cerita atau tersurat  dan tidak langsung, dimana si pembaca harus teliti dan dapat menyimpulkan sendiri atau tersirat.

22. Jalan dari sebuah kisah cerita merupakan karya sastra disebut ….

a. tema

b. penokohan

c. amanat

d. alur

e. setting

Jawaban: d. alur

Pembahasan:

Jalan dari sebuah kisah cerita merupakan karya sastra. Secara garis besar, alur merupakan urutan tahapan jalannya cerita , antara lain perkenalan - muncul konflik atau suatu permasalahan – peningkatan konflik – puncak konflik (klimaks) – penurunan konflik – selesaikan.

23. Berikut yang tidak termasuk setting adalah ….

a. tempat

b. latar

c. suasana

d. waktu

e. tokoh

Jawaban: e. tokoh

Pembahasan:

Setting sangat berkaitan dengan tempat atau latar, waktu, dan suasana dalam cerpen tersebut.

24. Tokoh baik dalam karya sastra disebut ….

a. protagonis

b. antagonis

c. campuran

d. tritagonis

e. pantonim

Jawaban: a. protagonis

Pembahasan:

Tokoh baik disebut dengan protagonis.

25. Penulis mulai memperkenalkan tokoh-tokoh, latar yang ada di dalam cerita termasuk tahapan alur….

a. perkenalan

b. pemunculan masalah

c. menuju konflik

d. ketegangan

e. penyelesaian

Jawaban: a. perkenalan

Pembahasan:

Pada bagian perkenalan, penulis mulai memperkenalkan tokoh-tokoh, latar yang ada dalam cerita tersebut.

26. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Pagi ini cuaca begitu cerah sehingga dapat mengubah suasana jiwaku yang penat karena setumpuk tugas yang terbengkelai menjadi teringankan. Namun, sekarang aku harus mulai bangkit dari tidurku dan bergegas untuk mandi karena pagi ini aku harus bekerja keras.

Tokoh “aku” dalam kutipan tersebut merupakan sudut pandang ….

a. orang pertama pelaku utama

b. orang pertama pelaku sampingan

c. orang ketiga serbatahu

d. orang ketiga pengamat

e. orang kedua

Jawaban: a. orang pertama pelaku utama

Pembahasan:

Dalam sudut pandang ini, tokoh “aku” akan menjadi tingkat perhatian dari kisah cerpen tersebut. Dalam sudut pandang ini, tokoh “aku” digunakan sebagai tokoh utama.

27. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Sudah genap 1 bulan dia menjadi pendatang baru di perumahan ini. Tetapi, dia juga belum satu kali pun terlihat keluar rumah hanya untuk sekedar beramah-tamah dengan tetangga yang lain.

Kutipan cerpen tersebut memiliki sudut pandang ….

a. orang pertama pelaku utama

b. orang pertama pelaku sampingan

c. orang ketiga serbatahu

d. orang ketiga pengamat

e. orang kedua

Jawaban: c. orang ketiga serbatahu

Pembahasan:

Kisah cerita dari sudut “dia” namun pengarang atau narator dapat menceritakan apa saja hal-hal dan tindakan yang menyangkut tokoh “dia” tersebut. Pengarang mengetahui segalanya.

28. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Entah apa yang telah terjadi dengannya. Pada saat datang, ia langsung marah. Memang kelihatannya ia mempunyai banyak masalah.

Kutipan teks cerpen tersebut memiliki sudut pandang ….

a. orang pertama pelaku utama

b. orang pertama pelaku sampingan

c. orang ketiga serbatahu

d. orang ketiga pengamat

e. orang kedua

Jawaban: d. orang ketiga pengamat

Pembahasan:

Dalam sudut pandang ini berbeda dengan orang ketiga serbatahu. Pengarang hanya melukiskan apa yang dilihat, dialami, dipikir dan dirasakan oleh tokoh tersebut, namun terbatas pada seorang tokoh saja.

29. Bacalah kutipan cerpen tersebut!

Sebuah pesan dari seorang penulis atau pengarah cerita tersebut kepada pembaca agar pembaca dapat bertindak atau melakukan sesuatu disebut ….

a. amanat

b. tema

c. sudut pandang

d. setting

e. alur

Jawaban: a. amanat

Pembahasan:

Amanat merupakan sebuah pesan dari seorang penulis atau pengarang cerita tersebut kepada pembaca agar pembaca dapat bertindak atau melakukan sesuatu.

30. Berikut yang tidak termasuk unsur intrinsic cerpen adalah ….

a. tema

b. alur

c. setting

d. latar belakang

e. penokohan

Jawaban: d. latar belakang

Pembahasan:

Unsur intrinsik cerpen adalah tema, alur, setting, tokoh, penokohan, sudut pandang dan amanat.

31. Adalah nyata bahwa tema yang dibicarakan dalam Ladang Perminus tetap aktual di Indonesia dan diminati para remaja. Inilah yang membuat novel tersebut penting untuk dibaca, bahkan patut dijadikan bahan-bahan pelajaran anak muda, misalnya anak-anak SMA.

Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf di atas termasuk bentuk ….

a. resensi

b. deduksi

c. kritik

d. narasi

e. induksi

Jawaban: e

32. Saya cepat merasakan ada kesalahn. Seseorang petugas saya tanyai. Ternyata, saya harus kembali ke pintu bersinar X yang telah saya lewati. Akan tetapi ntuk mencapai terminal, saya harus naik bus yang sudah menunggu di terminal. Kalau saya jalan kaki, saya butuh waktu 1 jam. Saya agak panik juga. Pesawat ke Singapura take off pukul 15.15, sedangkan pukul 14.30 saya masih di terminal.

Berdarkan letak kalimat utamanya, alinea di atas berbentuk ….

a. deskriptif

b. deduktif

c. induktif

d. preskriptif

e. naratif

Jawaban: b

33. Perwakilan tokoh cerita dalam sebuah karangan narasi berbentuk novel dapat dikenal melalui berikut ini, kecuali …. 

a. tindakan

b. tempat tinggal

c. waktu terjadinya

d. bentuk atau ciri fisik

e. lingkungan kehidupan

Jawaban: c

 34. Untung rugi tanaman genetik terus menjadi perdebatan hangat di negara-negara maju.

Menurut pernyataan di atas yang menjadi perdebatan adalah ….

a. tanaman genetik

b. tanaman genetik di negara-negara maju

c. untung rugi tanaman

d. untung rugi tanaman genetik

e. untung rugi tanaman genetik di negara-negara maju

Jawaban: d

 35. Kalimat yang berisi opini adalah ….

a. Pergantian pimpinan universitas terjadi 4 tahun sekali.

b. Menurut peraturan, rektor menduduki jabatan selama 4 tahun.

c. Rektor baru itu sangat disukai mahasiswa karena sifat keterbukaannya.

d. Rektor itu telah menduduki jabatannya selama 4 tahun.

e. Jabatan sebagai rektor universitas terkenal telah dijalaninya dengan senang hati.

Jawaban: c

 36. Kisah cinta aminudin dan mariamin yang berakhir secara tragis terdapat dalam karya sastra berikut …

a. Kehilangan Mestika karya Hamidah

b. Jalan Tak Ada Ujung karya Mochtar Lubis

c. Siti Nurbaya karya Marah Rusli

d. Azab dan Sengsara karya Merari Siregar

e. Salah Asuhan karya Abdul Muis

Jawaban: d

37. Pengarang novel Dua Dunia adalah ….

a. Ajip Rosidi

b. Trisnoyuwono

c. A. A. Navis

d. Nh. Dini

e. Toha Mohtar

Jawaban: d

 38. Unsur-unsur yang membentuk puisi baru tertera di bawah ini, kecuali ….

a. pilihan kata

b. susunan kalimat

c. penggunaan rima

d. banyaknya baris

e. pengaruk Kebudayaan Barat

Jawaban: e

39. Di dalam novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana, Yusuf akhirnya tidak kawin dengan Maria karena ….

a. Maria adalah gadis yang suka bergaul dengan kebanyakan.

b. Yusuf lebih tertarik kepada Tuti yang suka berorganisasi.

c. Maria meninggal dunia karena sakit.

d. Tuti berhasil meyakinkan Maria bahwa Yusuf suka menyeleweng dengan gadis lain.

e. Maria meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas.

Jawaban: c

40. Imbuhan me- yang menyatakan melakukan adalah ….

a. Ayah memperlambat laju mobil.

b. Bola itu memantul ke dinding pagar.

c. Tubuhnya jatuh membentur ke jalan.

d. Pekerjaannya mengamen tiap hari di sepanjang jalan ini.

e. Ibu memasakkan ayah nasi goring

Jawaban: d

Baca Juga: 35 LATIHAN Soal PAT Biologi Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya, Contoh Soal PAT Biologi SMA Kurikulum 2013

Demikian informasi terkait latihan soal PAT Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 dan kunci jawaban, contoh soal PAT SMA Kurikulum 2013.***

*Disclaimer

1. Konten ini dibuat untuk siswa atau orang tua dalam proses evaluasi belajar dalam menemukan soal dan kunci jawaban.

2. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

3. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi guru atau siswa mengeksplorasi jawaban lain yang lebih baik.

Editor: Sugiharto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x