Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 2 Halaman 219, 220, 221, dan 222 Soal Essay Uji Kompetensi 8

- 25 Februari 2022, 08:30 WIB
Caption : Tips belajar ampuh dan efektif untuk nilai sempurna! (Pexels/DominicaRoseclay)
Caption : Tips belajar ampuh dan efektif untuk nilai sempurna! (Pexels/DominicaRoseclay) /

Portal Kudus - Pembahasan soal dan kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 2 SMP dan MTs halaman 219, 220, 221, dan 222 uji kompetensi 8 essay.

Materi pembelajaran merujuk ada buku Matematika Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk kelas 8 SMP dan MTs.

Sebelum membuka kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 2 SMP dan MTs halaman 219, 220, 221, dan 222 uji kompetensi 8 essay ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyaan sendiri terlebih dahulu.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP dan MTs Halaman 262 dan 263 Kegiatan 9.10

Artikel ini berisi kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 2 SMP dan MTs halaman 219, 220, 221, dan 222 uji kompetensi 8 essay.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut pembahasan soal dan kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 2 SMP dan MTs halaman 219, 220, 221, dan 222 uji kompetensi 8 essay.

Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 262 dan 263, Pembahasan Soal Kegiatan 9.10

kunci jawaban halaman 216, 217, dan 218

B. Esai
21. Seorang panitia konsumsi sebuah seminar pendidikan ingin mengecek apakah total kotak nasi yang dipesan sudah selesai. Cara yang ia lakukan adalah dengan menyusun kotak-kotak nasi tersebut di atas dua buah meja sepert
Meja 1 Meja 2
Bantulah panitia tersebut untuk menghitung total kotak nasi. Gunakan strategimu sendiri. (Soal PISA)

    Jawaban:
Menghitungnya dengan cara mengalikan jumlah kerdus dalam satu tumpukan(tinggi tumpukan) dengan banyak tumpukan kerdus yang sudah disusun

22. Diketahui balok memiliki p : l : t = 4 : 2 : 3. Jika luas sisi balok 1.300 cm2, hitunglah:
a. ukuran panjang, lebar, dan tinggi balok.
b. panjang kerangka balok.
c. volume balok.

    Jawaban 8:
    Misalkan faktor pengali adalh x
    LP (luas permukaan) = 2 (p.l+p.t+l.t)
    LP = 2 (4x.2x + 4x.3x + 2x.3x) = 1300 kedua sisi dibagi 2
    8x²+12x²+6x² = 650
    26x² = 650
    x² = 650/26
    x² = 25
    x = √25
    x = 5

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP dan MTs Halaman 270 dan 271, Peninggalan dan Cara Melestarikan


    a. panjang = 4x = 4.5 = 20 cm
    lebar = 2x =2.5 = 10 cm
    tinggi = 3x = 3.5 = 15 cm
    b. panjang kerangka balok
    = 4 (p+l+t)
    = 4 (20+10+15)
    = 4×45
    = 180 cm
    c. volume = p.l.t = 20x10x15 = 3000 cm³

Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 2 Halaman 200, 201, dan 202 Pembahasan Soal Ayo Berlatih 8.7

23. Alas limas T.ABCD pada gambar di samping berbentuk persegi. Apabila volumenya 384 cm3 dan tinggi limas 8 cm, hitunglah:
a. luas alas limas.
b. panjang rusuk alas limas.
c. panjang TP.
d. luas segitiga TBC.
e. luas seluruh permukaan limas.

    Jawaban MTK uji kompetensi 8:
    Volume limas persegi T.ABCD = 384 cm³
    Tinggi limas (TQ) = 8 cm
    a. Luas alas limas
    V limas = 1/3 × L. alas × t.prisma
    384 cm³ = 1/3 × L.alas × 8 cm
    384 cm³ = 8/3 × L.alas
    L. alas = 384 × 3/8
    L. alas = 144 cm²
    Jadi luas alas limas adalah 144 cm²
    b. Panjang rusuk alas limas
    L.alas = s²
    144 cm² = s²
              s = √144 cm²
              s = 12 cm
    Jadi panjang rusuk alas limas AB = BC = 12 cm
    c. Panjang TP
    QP = 1/2 × AB
          = 1/2 × 12 cm
          = 6 cm
    TP² = QP² + TQ²
           = 6² + 8²
           = 36 + 64
           = 100
     TP = √100
     TP = 10 cm
    Jadi panjang TP adalah 10 cm
    d. Luas Δ TBC
    Luas Δ TBC = 1/2 × BC × TP
                         = 1/2 × 12 cm × 10 cm
                         = 60 cm²
    Jadi luas Δ TBC adalah 60 cm²
    e. Luas seluruh permukaan limas
    L P limas = luas alas + (4 × luas segitiga)
                    = 144 cm² + (4 × 60 cm²)
                    = 144 cm² + 240 cm²
                    = 384 cm²
    Jadi luas seluruh permukaan limas adalah 384 cm²

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP dan MTs Halaman 188, Uji Pemahaman Materi

24. Alas sebuah prisma berbentuk segitiga siku-siku yang panjang sisisisinya 15 cm, 8 cm, dan 17 cm. Jika tinggi prisma 20 cm, hitunglah:
a. luas alas prisma.
b. luas permukaan prisma.
c. volume prisma.

    Jawaban MTK uji kompetensi 8:
    Diketahui
        Panjang alas Δ = 8 cm
        Tinggi Δ            = 15 cm
        Sisi miring Δ     = 17 cm
        Tinggi Prisma   = 20 cm
    a] Menentukan Luas alas prisma
        Alas bangun prisma yang ada dalam topik ini adalah segitiga siku-siku. jadi untuk menentukan Luas alas prisma (segitiga siku-siku) digunakan rumus Luas segitiga sebagai berikut :

Luas Δ = 1/2 x Alas x Tinggi
Sehingga, Luas alas Prisma :
Luas Δ = 1/2 x 8 cm x 15 cm
= 1/2 x 120 cm²
= 60 cm²
Luas Alas Prisma = 60 cm²

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 160, 161, 162, dan 163 Pembahasan Soal Pilihan Ganda dan Essay
   

b] Luas Permukaan Prisma
Luas permukaan prisma dapat ditentukan dengan menggunakan rumus sebagai berikut :
Luas Permukaan Prisma = (2 x Luas alas) + (Luas sisi tegak prisma)
Menentukan Luas permukaan prisma, terlebih dahulu menentukan luas sisi tegak prisma. dimana Luas sisi tegak prisma ditentukan dengan rumus :
Luas Sisi Tegak Prima = Keliling alas prisma x tinggi prisma
= (8 cm + 15 cm + 17 cm) x 20 cm
= 40 cm x 20 cm
= 800 cm²
Sehingga, Luas permukaan Prisma tersebut :
Luas Permukaan Prisma = (2 x Luas Alas) + (Luas sisi tegak prisma)
= (2 x 60 cm²) + (800 cm²)
= 120 cm² + 800 cm²
= 920 cm²
   

c] Volume Prisma
Volume suatu prisma dapat ditentukan dengan persamaan sebagai berikut :
Volume Prisma = Luas alas prisma x tinggi prisma
= 60 cm² x 20 cm
= 1200 cm³
Jadi, Volume Prisma = 1200 cm³

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 160, 161, 162, dan 163 Bab 10 Uji Kompetensi

25. Diketahui sebuah prisma yang dibentuk oleh bidang-bidang sisi berupa: dua trapesium yang kongruen ABFE dan DCGH. Jika AB sejajar EF, panjang AE = panjang BF, panjang AB = 2 kali panjang EF, panjang AP = panjang PB = panjang DQ = panjang QC, AD ⊥ AB dan EH ⊥ EF, maka perbandingan volume prisma APE.DQH dan prisma PBFE. QCGH adalah …. (OSK SMP 2015)

    Jawaban:
    Silahkan perhatikan gambar prisma trapesium yang ada pada lampiran.
    Pada prisma trapesium ABCD.EFGH mempunyai alas berbentuk trapesium sama kaki yang merupakan gabuangan dari prisma segitiga sama kaki dan prisma jajar genjang.
    Kita tarik garis merah yang tegak lurus terhadap garis AP dan PB yang merupakan tinggi Δ APE dan jajar genjang PBFE.
    Dari pernyataan AB sejajar EF, panjang AE = panjang BF, panjang AB = 2 kali panjang EF, panjang AP = panjang PB = panjang DQ = panjang QC, AD ⊥ AB dan EF ⊥ EF , bisa kita misalkan untuk garis-garis yang sama panjang :
    x untuk panjang garis AP , PB, EF, GH
    y untuk panjang garis AD, BC, FG, EH
    t untuk tinggi segitiga dan jajar genjang
    Perhatikan prisma segitiga APE.DQH
    Volume prisma APE.DQH = Luas Δ APE × AD
                                              = (1/2 × x × t) × y
                                              =  \frac{xyt}{2}
    Perhatikan prisma jajar genjang PBFE.QCGH
    Volume prisma PBFE.QCGH = luas jajar genjang × BC
                                                   = (x × t) × y
                                                   = xyt
    Perbandingan volume prisma APE.DQH dan prisma PBFE.QCGH
    perbandingan = (volume APE.DQH) : (volume PBFE.QCGH)
                           = 1/2 xyt : xyt
                           = 1/2
                           = 1 : 2
    Jadi perbandingan volume prisma APE.DQH dan prisma PBFE.QCGH adalah 1 : 2

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 76, 77, dan 78 uji kompetensi Pilihan Ganda dan Essay

26. Hitunglah luas permukaan dan volume tangki/bejana yang gambarnya berikut ini.

    Jawaban:
    a. Volume =
    1/2 x (30+60) x 20 x 80 = 72.000
    b. luas permukaan =
    s = √20^2+15^2 = √400+225 = √625 = 25
    60×60 = 3600
    2x80x25 = 4000
    30×80 = 2400
    2×1/2x(30+60)x20 = 1800
    =3600+4000+2400+1800 = 11800

27. Sebuah balok ABCD.EFGH di samping, panjang, lebar, dan tingginya berturut-turut adalah 8 cm, 6 cm, dan 3 cm. Tentukan:
a. volume limas T.ABCD.
b. volume balok di luar limas T.ABCD.

    Jawaban:
    a.
    Volume balok (prisma) = p x l x t = 8 x 6 x 3 = 144 cm3
    volume limas = 1/3 x volume prisma
                       = 1/3 x 144
                       = 48 cm3
    b.
    volume balok di luar limas = 2/3 x volume prisma
                                           = 2/3 x 144
                                           = 96 cm3

Baca Juga: Kunci Jawaban PAI Kelas 8 SMP dan MTs Halaman 225, 226, dan 227 Ayo Berlatih Bab 12

28. Perhatikan balok ABCD.EFGH berikut ini.
Tentukan panjang diagonal bidang, diagonal ruang, dan luas bidang diagonal pada balok ABCD.EFGH di atas.

    Jawaban:
    Diagonal bidang suatu balok adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang berhadapan pada setiap bidang atau sisi balok.
    dari gambar balok ABCD.EFGH terdapat 12 diagonal bidang, yaitu
    AF , BE, DG, CH → 4 diagonal bidang ini panjangnya sama
    BG, CF, AH, DE → 4 diagonal bidang ini panjangnya sama
    EG, FH, AC, BD → 4 diagonal bidang ini panjangnya sama
    kita hitung panjang diagonal bidang AF
    AF = √(AB² + BF²)
          = √(16² + 12²)
          = √(256 + 144)
          = √400
          = 20 cm
    kita hitung panjang diagonal bidang BG
    BG = √(BC² + CG²)
          = √(8² + 12²)
          = √(64 + 144)
          = √208
          = 4√13 cm
    kita hitung panjang diagonal bidang EG
    EG = √(EF² + FG²)
          = √(16² + 8²)
          = √(256 + 64)
          = √(320)
          = 8√5 cm

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP dan MTs Halaman 224 dan 225 kegiatan 8.8


diagonal ruang pada balok adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang berhadapan dalam suatu ruang.
    diagonal ruang pada balok ada 4 dan panjangnya sama, yaitu AG, HB, CE, dan DF
    panjang diagonal ruang pada balok yang ada digambar
    = √(AB² + BC² + CG²)
    = √(16² + 8² + 12²)
    = √(256 + 64 + 144)
    = √464
    = 4√29 cm
    Bidang diagonal suatu balok adalah bidang yang dibatasi oleh dua rusuk dan dua diagonal bidang suatu balok.
    bidang diagonal pada balok ada 6, dengan luas 3 macam
    bidang diagonal ABGH = bidang diagonal CDEF
    luasnya = AB x √(BC² + CG²)
                  = 16 x 4√13
                  = 64√13 cm²
    bidang diagonal BCHE = bidang diagonal ADGF
    luasnya = AD x √(AB² + BF²)
                  = 8 x 20
                  = 160 cm²
    bidang diagonal BFHD = bidang diagonal AEGC
    luasnya = AE x √(EF² + FG²)
                  = 12 x 8√5
                  = 96√5 cm²

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 76, 77, dan78 Pembahasan Soal Uji Kompetensi Bab 8

29. Perhatikan kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 2 cm. Tentukan luas permukaan dan volume limas E.ABCD.

    Jawaban:
    EB = diagonal sisi = r√2 = 2√2 cm
    EC = diagonal ruang = r√3 = 2√3 cm
    Volume Limas E.ABCD = [(Luas alas . tinggi limas)/3
                                          = [(Luas ABCD . AE)]3
                                          = [(2^2) . 2]/3
                                          = (4 . 2)/3
                                          = 8/3
                                          = 2,67 cm3

30. Sebuah tangki penampungan minyak tanah berbentuk prisma yang alasnya berupa belahketupat yang panjang diagonal-diagonalnya 4 m dan 3 m. Tinggi tangki 2,5 m. Pada dasar tangki terdapat keran yang dapat mengalirkan minyak tanah rata-rata 75 liter setiap menit. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengeluarkan minyak tanah dari tangki itu sampai habis?

    Jawaban:
    1) volume = luas alas x tinggi
                   = 1/2 x 4 x 3 x 2,5
                   = 15 m³
                   = 15.000 liter
       waktu habis = volume / debit
                         = 15.000 / 75
                         = 200 menit
                         = 3 jam 20 menit

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150, Subtema 3 Pembelajaran 3

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

Demikian Pembahasan soal dan kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 2 SMP dan MTs halaman 219, 220, 221, dan 222 uji kompetensi 8 essay.***

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Buku Matematika Kelas 8 Edisi Revisi 2017


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x