Portal Kudus -Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 9 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 120, 121, 124, 125, 126, 127, 128, dan 131.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 9 memiliki judul Kayanya Negeriku.
Subtema 3 Buku Tematik Tema 9 berjudul Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia. Artikel ini berisi kunci jawaban Tema 9 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 120, 121, 124, 125, 126, 127, 128, dan 131.
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD dan MI Halaman 87, 88, 89, 90, 91, 92, 93 Subtema 2 Pembelajaran 6
Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.
Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.
Berikut kunci jawaban Tema 9 kelas 4 SD dan MI subtema 3 pembelajaran 3 halaman 120, 121, 124, 125, 126, 127, 128, dan 131.
Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 171, 175, 177, Subtema 3 Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Halaman 120 121
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama dengan teman semejamu hal-hal berikut ini.
Apa yang dapat dilakukan ketika sumber energi yang kita gunakan selama ini habis?
Jawaban:
Hal yang dapat kita lakukan ketika sumber energi yang kita gunakan selama ini habis adalah dengan mencari sumber energi alternatif untuk menggantikan energi yang telah habis tersebut. Energi yang habis ini umumnya energi yang tidak terbaharukan. Sementara energi alternatif adalah jenis energi pengganti yang terbaharukan
Tulislah yang kamu ketahui tentang energi alternatif!
Jawaban:
Energi alternatif adalah semua sumber energi yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar fosil dengan tanpa dampak negatif dari bahan bakar fosil.
Kunci Jawaban Halaman 124
Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas !
1. Apakah yang dimaksud biogas kotoran sapi?
Jawaban:
Biogas kotoran sapi adalah gas yang dihasilkan oleh fermentasi dari kotoran sapi.
2. Mengapa kompor biogas kotoran sapi ramah lingkungan?
Jawaban:
Kompor biogas kotoran sapi ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar biogas. Biogas merupakan energi yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan asap..
3. Lebih hemat manakah antara menggunakan gas elpiji dibandingkan dengan biogas kotoran sapi?
Jawaban:
Lebih hemat biogas kotoran sapi. Karena kotoran sapi tidak perlu membeli, sedangkan gas elpiji harus membayar setiap pemakaiannya.
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD dan MI Halaman 93, 94, 97, dan 98 Subtema 2 Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Halaman 125
Ayo Mencoba
Buatlah bacaan mengenai penggunaan energi alternatif dengan memilih tema berikut ini.
1. Energi alternatif sinar matahari.
2. Energi alternatif air.
3. Energi alternatif angin.
Untuk memudahkan penulisan, kamu dapat mencari informasi melalui buku, artikel, atau koran dan majalah. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan bacakan di depan teman-teman dan gurumu.
Jawaban:
Berikut ini contoh bacaan mengenai penggunaan energi alternatif:
1. Contoh Bacaan Energi alternatif sinar matahari.
Pemanfaatan energi matahari sebagai sumber energi alternatif untuk mengatasi krisis energi, khususnya minyak bumi. Di samping jumlahnya yang tidak terbatas, pemanfaatannya juga tidak menimbulkan polusi yang dapat merusak lingkungan. Cahaya atau sinar matahari dapat diubah menjadi listrik dengan menggunakan teknologi sel surya.
Salah satu keunggulan dalam pengolahan listrik tenaga surya adalah sifat ramah lingkungan. Karena proses pengolahan ini tidak menghasilkan polusi yang berisiko mengganggu ekosistem. Itulah sebabnya pengolahan listrik tenaga surya merupaka potensi besar yang harus dikembangkan semaksimal mungkin di tanah air.
Di antara sumber energi, energi matahari adalah yang terpenting karena energi matahari merupakan sumber energi yang benar-benar terbarukan. Energi matahari tersedia setiap hari. Kita tidak akan kehabisan energi matahari, tidak seperti beberapa sumber energi lainnya. Energi matahari akan dapat diakses selama matahari masih bersinar.
2. Contoh Bacaan Energi alternatif air.
Energi alternatif air adalah satu sumber terbesar energi terbarukan. Energi ini dapat dimanfaatkan dan diubah menjadi listrik dan pembangkit listrik tenaga air tanpa meninggalkan dampak negatif seperti yang dihasilkan oleh pembangkit listrik yang menggunakan energi fosil. Energi yang dihasilkan pun ramah lingkungan karena tidak meninggalkan limbah.
Berbeda dengan sumber energi terbarukan lainnya air akan terus menghasilkan tenaga dan ketersediaannya terus dihasilkan oleh adanya siklus air. Tidak hanya di sungai, arus dari air laut pun bisa digunakan sebagai sumber energi.
Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dihasilkan dari energi potensial air yang diubah menjadi energi mekanik oleh turbin dan energi tersebut yang selanjutnya diubah untuk menjadi energi listrik oleh generator dengan memanfaatkan ketinggian dan kecepatan air.
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD dan MI Halaman 87, 88, dan 89 Subtema 2 Pembelajaran 5
3. Contoh Bacaan Energi alternatif angin.
Energi alternatif angin dihasilkan dari hembusan angin yang diolah dan dikumpulkan menjadi suatu energi yang besar. Biasanya energi ini dihasilkan dengan menggunakan kincir angin. Cara kerja kincir angin ini memang sering kali terlihat gerakan lambat. Meskipun begitu kincir angin ini mampu menghasilkan energi yang sangat besar.
Energi angin tersebut bisa digunakan sebagai energi listrik setelah disambungkan dengan generator. Energi listrik ini bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari manusia. Bahkan energi dengan kekuatan angin ini lebih ramah lingkungan dibandingkan energi alternatif lain, karena sama sekali tidak menimbulkan limbah.
Angin merupakan salah satu energi yang terbarukan atau tidak akan pernah habis seperti minyak bumi. Energi angin merupakan energi yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan dampak negatif.
Penggunaan energi alternatif merupakan satu bentuk usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan sekaligus untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Namun, kesadaran untuk melakukan usahausaha pelestarian lingkungan tersebut tidak sepenuhnya disadari dan dilakukan oleh masyarakat. Bahkan ada sebagian masyarakat yang berperilaku tidak bertanggung jawab yang mengakibatkan kerusakan lingkungan.
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD dan MI Halaman 77, 78, 79, 80, 81, 82, dan 83. Subtema 2 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Halaman 126
Ayo Berlatih
Carilah informasi dan data dari berbagai sumber referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai pencemaran yang mengakibatkan perubahan alam. Analisislah penyebab (perilaku dan benda) serta akibatnya. Tulislah hasilnya pada kolom berikut!
Jawaban:
Tabel Pemakaian benda atau zat yang dapat mengakibatkan perubahan pada alam.
1. Nama zat: Pupuk kimia
Sebab: Penggunaan yang berlebihan dalam jangka panjang
Akibat: Mengurangi kesuburan tanah, menurunkan produktivitas pertanian
Sifat: Merusak
2. Nama zat: Deterjen
Sebab: Pembuangan limbah deterjen secara sembarangan ke sungai
Akibat: Dapat mencemari air
Sifat: Merusak
3. Nama zat: Pestisida
Sebab: Penggunaan secara berlebihan
Akibat: Kesuburan tanah berkurang, dan pencemaran lingkungan
Sifat: Merusak
4. Nama zat: Pewangi
Sebab: Klorofluorokarbon yang dihasilkan dari pewangi menyebabkan lapisan ozon menipis
Akibat: Berbahaya bagi kehidupan manusia di bumi dalam jangka waktu panjang
Sifat: Merusak
5. Nama zat: Asap
Sebab: Asap yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor
Akibat: Mengganggu pengikatan oksigen oleh darah.