Portal Kudus - Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 9 subtema 2 pembelajaran 1 halaman 50, 51, 52, 53 54, 55, 56, dan 57.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 9 memiliki judul Kayanya Negeriku.
Subtema 2 Buku Tematik Tema 9 berjudul Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Artikel ini berisi kunci jawaban Tema 9 subtema 2 pembelajaran 1 halaman 50, 51, 52, 53 54, 55, 56, dan 57.
Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.
Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.
Berikut kunci jawaban Tema 9 kelas 4 SD dan MI subtema 2 pembelajaran 1 halaman 50, 51, 52, 53 54, 55, 56, dan 57.
Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 171, 175, 177, Subtema 3 Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Halaman 50
Ayo Berlatih
Nah sekarang, tuliskan sumber-sumber energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi saat melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini.
Jawaban:
1. kegiatan: bermain layang-layang
sumber energi yang digunakan: energi angin
perubahan energi: energi angin menjadi energi gerak.
2. kegiatan: menyetrika pakaian
sumber energi yang digunakan: energi listrik
perubahan energi: energi listrikmenjadi energi panas
3. kegiatan: membakar sate
sumber energi yang digunakan: energi kimia
perubahan energi: energi kimia menjadi energi panas
4. kegiatan: pembuatan garam
sumber energi yang digunakan: energi panas matahari
perubahan energi: energi panas menjadi energi kimia
5. kegiatan: memblender
sumber energi yang digunakan: energi listrik
perubahan energi: energi listrik menjadi energi gerak.
Kunci Jawaban Halaman 51
Ayo Berlatih
Carilah contoh pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Jawaban:
Contoh pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari.
1. Energi gerak -> energi listrik -> pembangkit listri tenaga air atau angin
2. Energi cahaya -> energi listrik -> panel surya
3. Energi listrik -> energi kimia -> charger batu baterai
Kunci Jawaban Halaman 52 53
Ayo Berlatih
1. Berilah contoh hasil sumber daya alam yang dapat diperbarui. Contohnya hasil pertanian, perkebunan, perikanan, hasil hutan dan hasil peternakan yang ada di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, atau provinsimu). Tuliskan pada tabel berikut.
Jawaban:
Tabel contoh hasil sumber daya alam yang dapat diperbarui
Hasil pertanian:
-padi
-jagung
-kacang kedelai
-kubis
-cabai
-bawang merah
-bawang putih
-ketala pohon.
Hasil perkebunan:
-kelapa sawit
-teh
-karet
-cengkeh
-kakao
-kina
-nilam
-vanilli
Hasil peternakan:
-sapi
-kambing
-kerbau
-domba
-ayam
-bebek
-puyuh
-kelinci
hasil hutan:
-getah damar
-resin gaharu
-cendana
-kayu manis
-kemiri
-sagu
-rotan
-kayu
hasil perikanan:
-ikan
-udang
-mutiara
-lobster
-teripang
-kerang
-kepiting
-cumi-cumi.
2. Agar menambah pemahamanmu tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, buatlah daftar yang memuat contoh barang tambang yang dihasilkan di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, propinsi).
Jawaban:
Daftar contoh barang tambang yang dihasilkan di daerah tempat tinggalku
bahan tambang organik:
-batu bara
-minyak bumi
-gas alam
bahan tambang logam:
-pasir besi
-timah
-mangan
baha tambang untuk industri:
-batu gamping
-batu kapur
-fosfat.
Kunci Jawaban Halaman 54 55
kekayaan sumber daya alam hayati di propinsi/kota/kabupaten tempat tinggalku
-kopi
-kakao
-teh
-sapi
-kambing
kekayaan sumber daya alam non hayati di propinsi/kota/kabupaten tempat tinggalku
-emas
-belerang
-batu gamping
-asbes
-fosfat
kekayaan sumber daya alam hayati desa atau sekitar tempat tinggalku
-ayam
-kambing
-padi
-jagung
-kelapa
kekayaan sumber daya alam non hayati desa atau sekitar tempat tinggalku
-batu gamping
-batu kapur
-batu kali
-pasir
-belerang
Kunci Jawaban Halaman 56
Ayo Berlatih
Kamu telah membaca bacaan ”Sumber Daya Alam sebagai Modal Pembangunan” Carilah informasi penting pada bacaan tersebut. Selanjutnya, lengkapilah gambar peta pikiran berikut.
Jawaban:
SUMBER DAYA ALAM
-apa saja sumer daya alam itu?
sumber daya alam hayati dan non hayati
-mengapa sumber daya alam bisa menjadi modal pembangunan?
hasil penjualan sumber daya alam bisa digunakan untuk membiayai pembangunan
-berikan contoh kegiatan pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi!
hasil pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan pertambangan.
Kunci Jawaban Halaman 57
Ayo Berlatih
Lakukan wawancara untuk memperoleh data tentang pemanfaatan sumber daya alam baik hayati maupun nonhayati dalam kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalmu. Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu.
Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu guru, atau orang-orang lain di sekitarmu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.
Pertanyaan-pertanyaan itu misalnya sebagai berikut.
– Maaf, Bapak/Ibu. Kami melakukan tugas dari Bapak/Ibu Guru untuk bertanya kepada Bapak/Ibu. Boleh kami minta waktu sebentar?
– Siapa nama Bapak/Ibu?
– Apa pekerjaan Bapak/Ibu?
LAPORAN HASIL WAWANCARA
Nama : .Lani
Pertanyaan yang diajukan: Apa akibatnya jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam?
Hasil Wawancara:
1. Narasumber: orang tua
Jawaban: rusaknya lingkungan sekitar
2. Narasumber: ketua rt
Jawaban: punahnya hewan karena habitat rusak
3. Narasumber: ketua rw
Jawaban: punahna beberapa jenis tumbuhan
4. Narasumber: tetangga
Jawaban: terjadi banjir
5. Narasumber: teman sekelas
Jawaban: terjadi tanh longsor
6. Narasumber: anak tetangga
Jawaban: terjadi pencemaran air
7. Narasumber: bapak guru
Jawaban: terjadi pencemaran udara
8. Narasumber: ibu guru
Jawaban: pencemara tanah
9. Narasumber: paman
Jawaban: terjangkit berbagai macam penyakit
10. Narasumber: bibi
Jawaban: keseimbangan ekosistem terganggu.
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 SD dan MI Halaman 143, 144, 145, 146, 147, 149, 150, Subtema 3 Pembelajaran 3
*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.
*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***