Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 SD dan MI Halaman 110 111 112 113 115 Subtema 3 Pembelajaran 3

- 3 November 2021, 20:50 WIB
Ilustrasi kunci jawaban
Ilustrasi kunci jawaban /freepik.com/freepik/
Portal Kudus -Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 5 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 110, 111, 112, 113, dan 115.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 5 memiliki judul Pahlawanku.

Subtema 3 Buku Tematik Tema 5 berjudul Sikap Kepahlawanan. Artikel ini berisi kunci jawaban Tema 5 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 110, 111, 112, 113, dan 115.  

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 5 kelas 4 SD dan MI subtema 3 pembelajaran 3 halaman 110, 111, 112, 113, dan 115.

Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, halaman 110, 111, 112, 113, dan 115.
 

Kunci Jawaban Halaman 110

Ayo Berlatih

– Langkah mana yang sudah dapat kamu lakukan dengan baik?

Jawaban menyesuaikan kemampuan siswa.

– Langkah mana yang belum dapat kamu lakukan dengan baik?

Jawaban menyesuaikan kemampuan siswa.

– Tuliskan rencanamu untuk lebih meningkatkan keterampilanmu dalam mengobati memar, cedera luka dan lepuh.

Jawaban: Terus belajar melalui informasi lainnya, seperti buku, dan tenaga ahli kesehatan.

Kunci Jawaban Halaman 111

Ayo Membaca


Ayo, kita buat urutan atau lini masa perjuangan dan sikap kepahlawanan mereka!

Jawaban:

1. Masa Hindu -> Raja Purnawarman -> sikap kepahlawanan: berani melawan perompak dan mencintai rakyat

2. Masa Budha -> Raja Balaputera dewa -> sikap kepahlawanan: mencintai dan mengutamakan rakyat

3. Masa Islam -> Sultan Hasanudin -> sikap kepahlawanan: arif dan bijaksana, berani dan gigih

4. Masa Penjajahan -> Pangeran Diponegoro -> sikap kepahlawanan -> bijaksana dan rela berkorban

Kunci Jawaban Halaman 112

Isilah tabel berikut.


Yang aku ketahui tentang sikap kepahlawanan dari penjaga pintu perlintasan kereta api.

Jawaban: Bertanggung jawab, sabar, gigih, dan bekerja keras.

Yang ingin aku ketahui lebih lanjut tentang sikap kepahlawanan dari penjaga pintu perlintasan kereta api.

Jawaban: Yang ingin saya ketahui adalah usahanya untuk menyelamatkan orang-orang.

Kunci Jawaban Halaman 113

Jawaban:

1. Gimin adalah seorang penjaga pintu rel kereta api. Sebagai penjaga rel kereta api ia bisa menyelamatkan banyak orang, mulai dari pejalan kaki, pengguna sepeda motor, penumpang mobil atau pengguna kendaraan lainnya

2. Jika tidak ada Pak Gimin dan teman-teman tentunya keadaan lalu lintas akan menjadi kacau dan mungkin sering terjadi kecelakaan.

3. Sikap kepahlawanan yang ditunjukkan oleh Pak Gimin adalah bekerja keras dan pantang menyerah, dan bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai dengan keahliannya.

4. Beliau bekerja demi keselamatan orang lain yaitu para pengguna jalan yang melintasi rel kereta api. Beliau tetap sabar walaupun umpatan, hujan dan terik matahari tak pernah ia pedulikan, keselamatan pengguna jalan adalah yang terpenting.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 SD dan MI Halaman 71 72 73 74 Subtema 2 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Halaman 115

Setelah melakukan percobaan membuat periskop, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Apa yang kamu temukan dalam percobaan ini?

Jawaban: Periskop menerapkan sifat cahaya yang berupa pemantulan. Cahaya dari atas objek yang ditangkap oleh suatu cermin, kemudian dipantulkan menuju mata pengamat.

2. Bagaimana bayangan yang dihasilkan periskop?

Jawaban:
Sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar adalah:
– Ukuran (besar dan tinggi) bayangan sama dengan ukuran benda.
– Jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin.
– Kenampakan bayangan berlawanan dengan benda. Misalnya tangan kirimu akan menjadi tangan kanan bayanganmu.
– Bayangan tegak seperti bendanya.
– Bayangan bersifat semu atau maya. Artinya, bayangan dapat dilihat dalam cermin, tetapi tidak dapat ditangkap oleh layar.

3. Apa kesimpulan yang kamu peroleh tentang percobaan ini?

Jawaban: Prinsip kerja periskop adalah membentuk bayangan dengan melakukan pemantulan pada kedua cermin datar yang dipasang sejajar dan diposisikan miring agar mengarah ke mata pengamat lalu pemantulan tersebut diteruskan ke pengamat.

4. Di manakah prinsip kerja periskop ini kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban: Periskop dapat ditemui pada kapal selam dan tank tentara.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 SD dan MI Buku Tematik Halaman 95 97 99 Subtema 3 Pembelajaran 1

Buatlah laporan percobaanmu.

Jawaban:

Nama percobaan: Membuktikan bahwa sifat cahaya dapat dipantulkan.

Alat-alat:
– Kardus bekas
– Cermin datar 2 buah
– Lem/selotip
– Busur derajat
– Gunting
– Kertas biasa atau kertas koran maupun kertas pembungkus kado.

Langkah kerja:
– Bagi kardus bekas menjadi lima bagian.
– Empat bagian sama besar dengan ukuran masing-masing 30 cm x 6 cm. – Satu bagian lagi berukuran 30 cm x 2 cm.
– Buat 2 lubang persegi panjang pada bagian B dan D.
– Buat kotak berukuran 6 cm x 6 cm pada setiap ujung bagian A dan C. – Gunakanlah pensil untuk menggambarnya. Setelah itu, buat garis diagonal pada dua kotak tersebut, potonglah persegi panjang kecil membentuk sudut 45 derajat pada dua sisi yang lain.
– Selipkan cermin datar pada celah bersudut dan rekatkan dengan selotip.Salah satu cermin menghadap ke atas dan yang lainnya menghadap ke bawah.
– Gunakan periskopmu untuk melihat benda-benda di sekitarmu!

Kesimpulan: Berdasarkan hasil pengamatan pada periskop sederhana yang telah dibuat cahaya yang memantul dari objek cermin pada bagian atas periskop. Karena sudut cermin ini, maka cahaya dipantulkan kembali pada cermin bagian bawah periskop. Maka di cermin bagian bawah akan terlihat bayangan objek yang ada di balik penghalang.

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portalkudus.com tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah