DOWNLOAD 50 SOAL UAS UT PGSD MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan Beserta Kunci Jawaban UAS UT PGSD

28 Juni 2024, 18:57 WIB
apa relevansi pemikiran KHD pendidikan yang berhamba pada anak dengan peran saya sebagai pendidik /Pexels.com / Burst/

Portal Kudus - Inilah 50 soal UAS UT PGSD MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan beserta kunci jawabannya.

Simak inilah pembahasan tentang 50 soal UAS UT PGSD MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan beserta kunci jawabannya.

Bagi kalian yang sedang mencari contoh soal UAS UT jurusan PGSD mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan MKDU4111 beserta kunci jawabannya, silahkan simak artikel di bawah ini sampai selesai.

Artikel ini berisi contoh soal UAS UT mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan MKDU4111 yang bisa dijadikan referensi latihan untuk menghadapi soal UAS UT jurusan PGSD.

Baca Juga: 45 SOAL UAS UT Perencanaan Kota ADPU4433 Ilmu Administrasi Negara Semester 5 Lengkap Kunci Jawabannya

Sebanyak 50 contoh soal UAS UT mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan MKDU4111 disajikan untuk kalian yang akan menghadapi UAS UT tahun 2023 jurusan PGSD.

Persiapkan diri anda dengan berlatih mengerjakan latihan soal UAS UT Pendidikan Kewarganegaraan MKDU4111 tahun 2023 jurusan PGSD pada artikel ini.

Materi UAS UT mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan MKDU4111 pada artikel ini bersumber dari modul-modul kuliah. Jadi sangat cocok sekali untuk Anda pelajari.

Soal-soal ini merupakan soal-soal pilihan yang telah di prediksi akan keluar pada saat UAS nantinya.

Baca Juga: 40 SOAL UAS UT Penganggaran EKMA4570, Contoh Soal UAS UT Akuntansi EKMA4570 Penganggaran dan Kunci Jawaban

Dikutip Portal Kudus dari berbagai sumber berikut adalah 50 soal UAS UT PGSD MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan beserta kunci jawabannya.

1. Domain Individu mempunyai Kepribadian,Daerah punya masyarakat dan Negara mdempunyai......
A. Individu
B. Masyarakat
C. Bangsa
D. Daerah

Jawaban: C

2. Pendidikan kewarganegaraan berlandaskan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu pasal . . .
A. Pasal 30 ayat 1 dan pasal 31 ayat 1
B. Pasal 30 ayat 2 dan pasal 31 ayat 2
C. Pasal 32 ayat 1 dan pasal 33 ayat 1
D. Pasal 32 ayat 2 dan pasal 33 ayat 2

Jawaban: A

3. Salah satu tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yaitumembentuk kesadaran berbangsa , bernegara dan bermasyarakat.Makna dan hakekat yang terkandungdi dalamnya yaitu.....
A. berani membela bangsa dan negara
B. melaksanakan otonomi seluas luasnya
C. mengimporbahan baku industri dari luar
D. mengeksploitasi sumber daya alam

Jawaban: A

4. Salah satu tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yaituCinta kepada Tanah –Air. Materi yang terkait dengan cinta tanah-air tersebut yaitu Wasantara. Hal ini dilandasi oleh pemikiran bahwa. . .
A. berani karena benar takut karena salah
B. patah tumbuh hilang berganti
C. tak kenal maka tak cinta
D. berat sama dipikul ringan sama dijinjing

Jawaban: C

Baca Juga: 45 CONTOH Soal UAS UT PGSD Semester 1 Pendidikan Jasmani dan Olahraga PDGK4208 Lengkap Kunci Jawabannya

5. Salah satu latar belakang Wasantara yaitusecarapisik-geografik. Negara Kepulauan yang sangat luas. Hal ini berdampak negatifmanakala . . .
A. pemerintah pusat dan daerah tidak berdaulat atas daerah feri feri
B. pemerintah mengeksploitasi sumbetdaya alam secara optimal
C. pemerintahperlu membangun sistem pertahananyang kuat
D. Pembangunan nsioanl dilakukan secara merata

Jawaban: A

6. Salah satu unsur dasar Wasantara, yaitu Kepulauan. Konsepsi berpikir atau paradigma Wasantara ini dilandasi oleh pemikiran bawa. . .
A. pulau pulau dipisahkan oleh laut dan selat
B. laut dan selat merupakan satu kesatuan
C. rangkaian pulau pulau dalam laut
D. laut yang ditebari oleh pulau pulau

Jawaban: D

7. Wasantara merupkan landasan Ketahannan Nasional. Hal ini karena Wawasan Nusantara . . .
A. menentukan lingkup dan volumre Bangnas
B. menentukan volume dan ketepan bangnas
C. menentukan arah , perwujudan dan konsepsi tannas
D. menentukan ruang lingkup bangnas

Jawaban: C

8. Wasantaramerupkan landasanBangnas Nasional. Hal ini karena Wawasan Nusantara . . .
A. menentukan lingkup dan volumre Bangnas
B. menentukan volume dan ketepan bangnas
C. menentukan arah , perwujudan dan konsepsi tannas
D. menentukan ruang lingkup bangnas

Jawaban: B

9. Penegakan Dasar Negara dan konstitusi negara merupakan salah satu dasar pentingnya Tannas Indonesia. Dasar Negara dan konstitusi negara mengandungtiga dimensi yaitu dimensi Kebangkitan nasional, dimensi Ketahanan nasional dan ...........
A. dimensi kelangsungan hidup bangsa
B. dimensi Kesejahteraan bangsa
C. dimensikekuatandan kejayaan bangsa
D. dimensikesejahteraan dan keamanan bangsa

Jawaban: A

Baca Juga: 50 SOAL UAS UT Manajemen Pemasaran EKMA4216, Contoh Soal UAS UT Manajemen EKMA4216 Manajemen Pemasaran

10. Ada dua ciiri pokok yang terkandung dalam ketahanan nasionalsuatu bangsa yaituketangguhan dan ...........
A. kesemestaan
B. kerakyatan
C. keuletan
D. kejayaan

Jawaban: C

11. Sumber kekayaan alam yang berlimpah ruah tidak akan berarti, jika tidak dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan bangsa. Dalam hal ini ada keterkaitan antara gatra sumber kekayaan alam dengan . . .
A. idiologi
B. Politik
C. Sumber daya manusia dan teknologi
D. Hankam

Jawaban: C

12. Salah satu indikator ketahanan bidang poloitik kitassebagai negara demokrasi dapt dikatakan rendah yaitu. . .
A. pihak yang kalah pilkada menghasut pendukungnya untukrusuh
B. pihak yang menang dalam pilkada menghargai yang kalah
C. pihak yang kalan menghormati yang menang dlm pilkada
D. pihak yang menag dalam pilkada menhargai yang kalah

Jawaban: A

13. Pada tahun 1965, kondisi Indonesia dapat dikatakan “perang saudara” atau civil war. Ribuan jiwa melayang, kondisi ini menggambarkan Tannas Indonesia . . . .
A. tinggi
B. sangat tinggi
C. rendah
D. sedang

Jawaban: C

14. Dalam pembinan Tannas , harus memperhatikan seluruh gatra yang ada. Penekanan dapat dilakukan pada salah satu atau lebih dari Astagatra. Posisi kunci dalam astagatra ini yang mempunyai daya biak yaitu. . .
A. sumber kekayaan alam
B. sumber daya manusia,
C. ekonomi
D. pertahanan dan keamanan

Jawaban: B

Baca Juga: 50 SOAL UAS UT Materi dan Pembelajaran PKN SD PDGK4401 PGSD Semester 8 Lengkap Kunci Jawabannya

15. Faktor pemicu dalam memepercepat menyatunya kehidupan dunia atau gobalisasi yaitu . .
A. penyebaran manusia yang tidak merata
B. penyebaran sumber kekayaan alam yang tidak merata
C. dominasi negara negara maju
D. kejuan telekomunikasi/informasi

Jawaban: D

16. Obyek nasionalismeberbeda menurut zamannya. Dahulu obyek nasionalisme melawan penjajah. Pada masa kini obyek nasionalisme yaitu . . .
A. negara dan bangsa
B. eksploitasi sumberdaya alam
C. anti penjajjahan
D. Pemberontakan dalam negeri

Jawaban: A

17. Dalam meningkatkan Tannas Indonesia menghadapi globalisasi diperlukan kewaspadaan dalam menerima bantuan luar. Bantuan yang diterima yaitu. . .
A. yangmeminta imbalan yg berlebihan
B. yang tidak mengikat
C. melemahkan kemadirian
D. dari negara negara besar

Jawaban: B

18. Indonesia terletak pada posisi silang dunia. Dampak dari itu dapat negatif dan positif tergantung pada kita. Sikap kita i yaitu. . .
A. berkolaborasi untuk membangun pertahanan
B. mengelola kekuatan yg melintas utk kepentingan bangsa
C. menjadimitrauntuk ekspansi ke tetangga
D. menolak segala bentuk bantuan yang ada

Jawaban: B

19. Kesenjangn erkonomi antar daerah , antar kaum, antar masyarakat dapat mengganggu ketahanan Nasional Indonesia.Imlplikasi dari kesenjangan tersebut dapat berupa. . .
A. kerjasama antar daerah danm antar masyarakat
B. konflik sosial dan perpecahan bangsa
C. upaya penngkatan kesejahteraan rakyat
D. gotong royong mengatasi ketimpangan sosial

Jawaban: B

Baca Juga: 45 SOAL UAS UT Perspektif Pendidikan SD PDGK4104, Contoh Soal UAS UT PGSD PDGK4104 Perspektif Pendidikan SD

20. Wujud dari politik strategi nasionaldalam bentuk . . .
A. Propenas
B. PJPT
C. Renstra
D. RAPBN

Jawaban: A

21. Implementasi polstranas dalam pembangunan nasionaldapat dilihat pada . . .
A. kenaikan harga BBM untukBantuan Langsung Tunai
B. Gerakanpengentasan kemiskinan
C. operasi pasar untuk menekan kenaikan harga
D. pembuatan undang undang anti teroris

Jawaban: B

22. Prisnsip prinsip demokrasi yang paling pokokberikut ini yaitu. . .
A. historia vitae magistra
B. Vini vidi visi
C. liberty ,egality ,praternity
D. pox populi pox dei

Jawaban: C

23. Pemerintah yang sedikit memerintah bertitik tolak dari pandangan. . .
A. Komunisme
B. sosialisme
C. Atheisme
D. liberalisme

Jawaban: D

24. Demokrasi terpimpin pernah dijalankan di Indonesia yaitu pada masa pemerintahan . . .
A. Megawati
B. Habibie
C. Soeharto
D. Soekarno

Jawaban: D

25. Pada tahun 1945 NKRI menggunakan UUD 1945, namun dalam prakteknya digunakan model demokrasi . . .
A. Pancasila
B. Demokrasi Parlementer
C. Terpimpin
D. Liberal

Jawaban: B

Baca Juga: 40 CONTOH SOAL UAS UT Administrasi Pemerintahan Daerah ADPU4440 Ilmu Administrasi Negara Semester 6

26. Hampir setiap hari Demonstrasi ada di Jakarta. Demonstrasi ini ada dalam berbagai bentuk. Melihat maraknya demonstrasi tersebut dapat digunakan sebagai indikator . . .
A. DPR kurang berfungsi/meningkatnya kesadaran rakyat
B. MPR tidak berfungsi meningkatnya partisipasi rakyat
C. BPD kurang berfungsi dan meningkatnya kesejahteraan
D. MA kurang berfungsi dan meningkatnya kesadaran rakyat

Jawaban: A

27. Implementasi nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan dapat Anda baca dalam statemen berikut ini, yaitu . . .
A. para sopir saling serobot tidak bisa antre di jalan
B. Tim sepakbola kalah, stadion dibakar
C. kalah dalam pilkada membuat kerusuhan
D. menghormati yang menang dan menghargai yang kalah

Jawaban: D

28. Pelaksanaan demokrasi berhubugnan erat dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Hal ini berarti . . .
A. makin miskin masyarakat makin pintar bersemokrasi
B. makin pintar masyarakat makin bisa berdemokrasi
C. makin sejahtera masyarakat makin bisa berdemokrasi
D. makin kaya masyarakat, kurang bisa berdemokrasi

Jawaban: C

29. Timbulnya gagasan Hak Azasi Manusia pada dasarnya akibat perkebangan aliran rasionalisme dan . . .
A. magna charta
B. dipengaruhi oleh gagasan hukum alam
C. Deklarasi Cairo
D. Declaration of Human Right

Jawaban: B

30. Dalam Universal Declaration of Human Right, setiap orang berhak untuk perdagangan dan . . .
A. mendapat jaminan sosial
B. berinteraksi secara baik
C. mendapat jaminan keamanan
D. mendapat pengakuan dan penghargaan

Jawaban: A

31. Setiap warga negara berhak untuk mendapat pekerjaan yang layak bagi kemanusiaan. Pernyataan ini mengandung makna implementasi nilai-nilai HAM dalam . . .
A. perdagangan
B. perekonomian
C. sosial budaya
D. keamanan

Jawaban: B

32. Berikut ini adalah bentuk pelanggaran Hak Azasi Manusia dimasa Orde Baru yaitu . . .
A. Peristiwa RMS
B. Gerakan APRA
C. G/30s/PKI
D. Peristiwa Talangsari Bandar Lampung

Jawaban: D

33. Dihukumnya Gueteres, Abilio Soares dalam kasus pelanggaran HAM di Timtim, adalah salah satu bentuk . . .
A. penegakan HAM di Indonesia
B. promosi HAM di Indonesia
C. penghargaan HAM di Indonesia
D. pelayanan HAM di Indonesia

Jawaban: A

34. Pada dasarnya ada dua bentuk otonomi daerah yaitu otonomi asli dan otonomi artifisial atau diciptakan. Termasuk daerah otonomi asli yaitu . . .
A. Propinsi
B. Kabupaten
C. Kota Madya
D. Desa, Naari, Kuria

Jawaban: D

35. Pelaksanaan otonomi daerah pada hakikatnya penyelenggaraan pemerintahan secara mandiri dalam konteks NKRI. Nilai yang dibawa otonomi ini yaitu Pemberdayaan daerah, kemandirian dan . . .
A. kemakmuran
B. stabilitas daerah
C. demokrasi
D. kemaemukan

Jawaban: C

36. Salah satu hambatan pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia yaitu . . .
A. Kuatnya aparatur birokrasi
B. Struktur permintaanyang berjenjang
C. Lemahnya konrol wakil rakyat
D. Sentralisasi pemerintahan

Jawaban: C

37. Good Governance menggambarkan perubahan peran pemerintah dari memberikan pelayanan pada masyarakat menjadi . . .
A. Fasilitator
B. Dinamisator
C. Inisiator
D. regulator

Jawaban: A

38. Capacity Building merupakan strategi untuk meningkatkan kinerja pemerintah supaya lebih efisien dan efektif serta . . .
A. Dapat dipercaya
B. Responsive
C. Mampu menjalankan tugas
D. memberikan pelayanan

Jawaban: B

39. Menurut Ivan S. Bloch, selama kurun waktu 3357 tahun terdapat 227 tahun damai dan 3130 tahun perang. Data ini bermakna bahwa . . .
A. Jika ingin damai maka siaplah untuk berperang
B. Umat manusia cenderung sukaberperang
C. perang merupakan kelajutan dari politik
D. Perang merupakan kehidupan normal

Jawaban: D

40. Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Indonesia di rancang atas dasar pertimbangan . . .
A. Untuk melakukan ekspansi ke negara tetangga
B. Bersaing dengan negara tetangga
C. Melakukan pertahanan dari setengah musuh
D. Perkirakan ancaman musuh ke depan

Jawaban: D

Demikian terkait 50 soal UAS UT PGSD MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan beserta kunci jawabannya.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler