DISKUSIKAN Jelaskan Bentuk-Bentuk Komunikasi yang Dapat Menimbulkan Opini Publik bagian dari Kajian Komunikasi

30 April 2024, 11:24 WIB
Mengapa Tumbuhnya Opini Publik yang Didorong Oleh Berkembangnya Media Internet Dapat Memengaruhi Perkembangan Praktik Humas /pexels.com/

Portal Kudus - Simak inilah referensi jawaban pertanyaan Diskusikan dan Jelaskan bentuk-bentuk komunikasi yang dapat menimbulkan opini publik.

Bagi kalian yang sedang mencari referensi jawaban soal pertanyaan Diskusikan dan Jelaskan bentuk-bentuk komunikasi yang dapat menimbulkan opini publik, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Artikel ini berisi jawaban soal pertanyaan Diskusikan dan Jelaskan bentuk-bentuk komunikasi yang dapat menimbulkan opini publik.

Untuk mengetahui jawaban soal pertanyaan Diskusikan dan Jelaskan bentuk-bentuk komunikasi yang dapat menimbulkan opini publik, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Pertanyaan :

pertanyaan Diskusikan dan Jelaskan bentuk-bentuk komunikasi yang dapat menimbulkan opini publik.

Baca Juga: BERIKAN Contoh Permasalahan Terkait Topik Tersebut Lalu Nyatakan Sikap Anda Apakah Pro atau Kontra dengan Masa

Jawaban    :

Mengapa Opini Publik Menjadi Bagian dari Kajian Komunikasi?

Opini publik menjadi bagian penting dalam kajian komunikasi karena komunikasi memiliki peran dalam membentuk, mempengaruhi, dan menyebarkan opini publik.

Bentuk-bentuk komunikasi yang dapat menimbulkan opini publik antara lain adalah:

Media Massa:

- Melalui berita, editorial, dan opini yang disampaikan melalui media cetak, televisi, radio, dan media online.

Komunikasi Politik:

- Melalui pidato, kampanye politik, dan interaksi antara pemimpin politik dengan masyarakat.

Komunikasi Organisasi:

- Melalui pernyataan resmi, publikasi, dan interaksi antara organisasi dengan karyawan, pelanggan, dan masyarakat umum.

Baca Juga: JAWABAN Jelaskan dan Berikan Contoh dari Masing-Masing Fungsi Sikap Bagi Manusia Merujuk pada pandangan Ktaz

Komunikasi Interpersonal:

- Melalui percakapan, diskusi, dan interaksi antara individu dalam lingkungan sosial mereka.

Sifat-sifat Opini Publik Menurut Sastropoetro (1987) dan Contoh yang Terjadi Saat Ini

Menurut Sastropoetro (1987), opini publik memiliki sifat-sifat yakni Manipulated Public Opinion, Planned, Intended, Programmed, dan Desired. Contoh dari sifat-sifat tersebut adalah:

Manipulated Public Opinion:

- Opini publik dimanipulasi melalui penyajian informasi yang tendensius atau disinformasi untuk memengaruhi pandangan masyarakat.

Contoh: Kampanye politik yang menggunakan narasi palsu atau propaganda untuk mempengaruhi pemilih.

Planned:

- Opini publik direncanakan melalui strategi komunikasi yang disusun dengan tujuan tertentu.

Contoh: Rencana pemasaran yang dirancang untuk menciptakan opini positif tentang suatu produk atau merek.

Baca Juga: BERIKANLAH analisis dengan jelas mengapa dalam komunikasi persuasif konsep identifikasi memegang peranan pen

Intended:

- Opini publik diarahkan sesuai dengan keinginan atau agenda pihak-pihak tertentu.

Contoh: Pernyataan resmi dari pemerintah untuk membentuk opini publik tentang kebijakan tertentu.

Programmed:

- Opini publik diprogram melalui pengulangan pesan atau narasi tertentu untuk mempengaruhi persepsi masyarakat.

Contoh: Iklan yang secara konsisten menampilkan pesan yang sama untuk membentuk opini tentang suatu produk.

Desired:

- Opini publik diarahkan menuju hasil yang diinginkan oleh pihak yang berkomunikasi.

Contoh: Kampanye advokasi yang bertujuan untuk mengubah pandangan masyarakat tentang isu sosial atau lingkungan.

Alasan sifat-sifat tersebut penting untuk dipahami karena mereka mencerminkan bagaimana komunikasi dapat digunakan untuk memengaruhi opini publik, baik secara positif maupun negatif.

Baca Juga: Jelaskan apa yang harus dilakukan oleh persuader agar komunikasi persuasif dengan persuadee berjalan Efektif

Demikian referensi jawaban jelaskan bentuk-bentuk komunikasi yang dapat menimbulkan opini publik.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler