TERJAWAB! Kebutuhan Belajar adalah Jarak atau Kesenjangan Antara Sasaran Belajar yang Ingin Dicapai, Modul 1

30 Januari 2023, 07:30 WIB
apa benar pernyataan Kebutuhan belajar adalah jarak atau kesenjangan antara sasaran belajar yang ingin dicapai, dengan kondisi riil murid saat ini? /YouTube/Kemdikbud RI/

Portal Kudus - Kebutuhan belajar adalah jarak atau kesenjangan antara sasaran belajar yang ingin dicapai, dengan kondisi riil murid saat ini.

Apakah pernyataan tersebut benar? Temukan jawabannya dengan menyimak pembahasan post test modul 1 Cerita Reflektif dan Latihan Pemahaman berikut. 

Di bawah ini akan diulas tentang apakah benar pernyataan "kebutuhan belajar adalah jarak atau kesenjangan antara sasaran belajar yang ingin dicapai, dengan kondisi riil murid saat ini."

Baca Juga: TERJAWAB! Setelah Memahami Cara Merancang Modul Projek yang Akan Saya Lakukan Adalah Ini, Tahapan Selanjutnya

Sebelum kita membahas soal-soal dalam Modul 1 tersebut, kita pahami terlebih dahulu apa itu kebutuhan belajar. 

Jadi, kebutuhan belajar adalah suatu jarak antara tingkat pengetahuan, keterampilan, dan/ sikap yang dimiliki pada suau saat dengan tingkat pengetahuan, keterampilan, dan/atau sikap yang ingin diperoleh sesorang, kelompok, lembaga, dan/atau masyarakat yang hanya dapat dicapai melalui kegiatan belajar.

Lantas, benarkah pernyataan "kebutuhan belajar adalah jarak atau kesenjangan antara sasaran belajar yang ingin dicapai, dengan kondisi riil murid saat ini"?

Baca Juga: MODUL 3: Post Test Penguatan Literasi SD, Cek Jawaban Soal Sebagai Inspirasi di Pelatihan Merdeka Mengajar

Simak penjelasan jawabannya berikut ini. Di bawah ini akan dibahas lengkap jawaban Cerita Reflektif dan Latihan Pemahaman Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid SMP-SMA Modul 1 Memahami Murid

Latihan Pemahaman:

1. Kebutuhan belajar adalah jarak atau kesenjangan antara sasaran belajar yang ingin dicapai, dengan kondisi riil murid saat ini.

Jawaban: Benar

Jadi, pernyataan "kebutuhan belajar adalah jarak atau kesenjangan antara sasaran belajar yang ingin dicapai, dengan kondisi riil murid saat ini." adalah benar. 

2. Pemetaan murid dapat dilakukan berdasarkan tiga kategori di bawah ini, kecuali?

Jawaban: Kegemaran permainan.

Baca Juga: APA Saja Pertimbangan dalam Melakukan Perencanaan? Simak Jawaban Post Test Modul 1 Merdeka Mengajar

Cerita Reflektif:

Ibu dan Bapak Guru, yuk kita lihat kembali keadaan kelas kita! Apakah ada murid yang mempunyai kesulitan dalam belajar? Keadaan seperti apa yang ditampilkan murid? (suka melamun/telat merespon/tidak tuntas mengerjakan tugas dst)?

Jawaban:

Kesulitan belajar tentu dihadapi oleh seluruh murid dengan berbagai keadaan yang berbeda serta penanganan yang berbeda pula. Itu semua tergantung dari pribadi dan karakter masing-masing murid.

Baca Juga: INILAH yang Dimaksud dengan Tahapan Benahi, Apa Arti Tahapan Perencanaan Berbasis Data Satuan Pendidikan

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Identifikasi Kebutuhan Murid

1. Apa cara yang dapat kita lakukan untuk memvalidasi ragam bahasa yang digunakan sehari-hari oleh murid?

Jawaban: Memperhatikan bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari

2. Cara mengajarkan membaca pada murid SD kelas awal adalah dengan menyebutkan nama huruf dan tanpa konteks.

Pernyataan di atas adalah…

Jawaban : Salah

Cerita Reflektif :

Untuk mengidentifikasi kebutuhan kognitif murid, strategi apa yang ingin Anda lakukan?

Jawaban: Pendekatan dan identifikasi perilaku murid

C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Menyelaraskan Kebutuhan Murid dengan Tujuan Pembelajaran SMP-SMA

Latihan Pemahaman :

1. Menurut Marcie Nordlund, kita dapat melakukan pembelajran berdiferensiasi dengan melakukan modifikasi pada ketiga hal ini, kecuali…

Jawaban: Cara berbicara di kelas

2. Bagaimana cara kita mengenali kemampuan dan kebutuhan murid?

Jawaban: Melakukan asesmen diagnostik

3. Salah satu fungsi asesmen diagnostik adalah…
Jawaban : Semua benar

Cerita Reflektif :

Setelah mempelajari materi ini, strategi yang akan saya lakukan untuk menyelaraskan kebutuhan murid dengan tujuan pembelajaran adalah…

Jawaban :

Memperbanyak pembelajaran dengan memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari terutama pada lingkungan sekitar.

D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Manajemen Kelas

Latihan Pemahaman:

1. Berikut adalah ragam strategi manajemen kelas campuran yang benar, kecuali…

Jawaban: Menetapkan bahan belajar harus yang diberikan oleh guru.

2. Dalam pengaturan manajemen kelas yang efektif, kita tidak perlu melibatkan murid dalam prosesnya

Pernyataan di atas adalah…

Jawaban: Salah

Cerita Reflektif : Setelah mempelajari materi ini, praktik manajemen kelas seperti apa yang ingin Anda rubah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas?

Jawaban :
Pembelajaran student center dan melaksanakan asesmen

Demikianlah tadi pembahasan tentang apakah benar pernyataan "kebutuhan belajar adalah jarak atau kesenjangan antara sasaran belajar yang ingin dicapai, dengan kondisi riil murid saat ini.***

Editor: Al Mahfud

Tags

Terkini

Terpopuler