Portal Kudus -Pembahasan soal dan kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 11 SMA, SMK dan MA halaman 94 Menentukan Isi dan Struktur dalam Teks Ceramah.
Materi pembelajaran merujuk ada buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk kelas 11 SMA dan MA.
Artikel ini berisi kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 11 SMA dan MA halaman 94 Menentukan Isi dan Struktur dalam Teks Ceramah.
Sebelum membuka kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 11 ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyaan sendiri terlebih dahulu.
Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.
Berikut pembahasan soal dan kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 11 halaman 94 Menentukan Isi dan Struktur dalam Teks Ceramah.
Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.
Kunci Jawaban halaman 94
Tugas
1. a. Berkelompoklah dan diskusikanlah struktur teks tentang sikap berbahasa para siswa.
b. Jelaskanlah bagian yang merupakan tesis, rangkaian argumen, dan penegasannya.
Jawaban:
a. Tesis
Isi teks: Saudara-saudara yang baik hati, sauatu ketika saya melihat beberapa orang siswa asyik berjalan di depan kelas dengan langkahnya yang cukup membuat orang di sekitarnya merasa bising. Terdengar percakapan di antara mereka yang kira-kira begini,"Punya gua kemarin hilan." Terdengar pula sahutan salah seorang mereka,"Lho, kalau punya gua, sama elu kemanain?"
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 91, Kalimat Majemuk Bertingkat dalam Teks Ceramah
Tak menyangka, salah seorang siswa di samping saya juga memperhatikan percakapan mereka. Ia kemudian nyeletuk,"Gua apa" Gua Selarong atau Gua Jepang?"
Beberapa siswa yang mendengarnya tertawa kecil. Di antara meeka ada yang berbisik, "Serasa di Terminal Kampung Rambutan, ye..?"
(Paragraf 1 -3)
Penjelasan: Penulis artikel menyusun pendahuluan dengan berdasarkan pengalaman pribadi yang ia peroleh dari peristiwa yang terjadi sebelumnya.
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 85, Menelaah Bagian Penting dalam Teks Ceramah
b. Rangkaian Argumen
Isi teks: Peristiwa tersebut menggambarkan bahwa ada dua kelompok siswa yang memiliki sikap berbahasa yang berbeda di sekolah tersebut. Kelompok pertama adalah mereka yang kurang memikiki kepedulian terhadap penggunaan bahasa yang baik dan benar., Hal itu tanmpak pada ragam bahasa yang mereka gunakan yang menurut sindiran kelompok kedua sebagai ragam bahasa Kampung rambutan. Bahasanya orang-orang Betawi.
(Paragraf 4 -11)
Penjelasan: Rangkaian argumen disusun dengan baik oleh penulis. Ia memaparkan fakta dan contoh-contoh yang memperkuat argumennya tentang lemahnya kebiasaan berbahasa siswa. Selain itu ia juga memaparkan penyebab mengapa para siswa cenderung enggan berbahasa baku dan benar. Yakni pada paragraf 8, Ragam bahasa Indonesia ragam baku mereka anggap kurang asyik dibandingkan dengan bahasa gaul, lebih-lebih dengan bahasa asing, baik itu dalam pergaulan ataupun ketika mereka sudah masuk dunia kerja.
c.Penegasan (kembali)
Isi teks: Hadirin yang berbahagia, kalangan terpelajar dengan julukan hebatnya sebagai tulang punggung negara, harapan masa depan bangsa seharusnya tidak larut dengan kebiasaan seperti itu. Para siswa justru harus menunjukkan kelas tersendiri dalam hal berbahasa.
dst
paragraf (12 - 15)
Penjelasan: Para bagian akhir artikel yakni bagian penjelasan, penulis menyampaikan saran agar para siswa menjadi kelompok tersendiri yang menguasai kecerdasan berbahasa yang lebih baik dibanding mereka yang tidak sekolah.
*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.
Demikian Pembahasan soal dan kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 11 SMA,SMK dan MA halaman 94 Menentukan Isi dan Struktur dalam Teks Ceramah.***