10 Prediksi Soal dan Kunci Jawaban Tes Substantif PPG Pra Jabatan Kemampuan Pedagogik

- 29 September 2022, 09:16 WIB
10 Prediksi Soal dan Kunci Jawaban Tes Substantif PPG Pra Jabatan Kemampuan Pedagogik
10 Prediksi Soal dan Kunci Jawaban Tes Substantif PPG Pra Jabatan Kemampuan Pedagogik /unsplash.com
 
Portal Kudus - Masih ada waktu untuk bersiap menghadapi tes substantif PPG Pra Jabatan 2022 gelombang 2. Lantaran tes substantif PPG Pra jabatan gelombang 2 ini dilaksanakan bulan oktober mendatang. 
 
Merujuk pada jadwal penyelenggaraan PPG Pra Jabatan gelombang 2 yang dikutip dari akun instagram @ppgprajabatan pada 26 September 2022, rencana terlaksana 10-14 Oktober 2022.
 
Agar lebih matang dalam hal persiapan tes substantif sebagai tes lanjutan setelah seleksi administrasi. Maka perlu latihan soal yang diprediksi akan diujikan dalam tes tersebut.
 
 
Perlu diketahui apabila tes substantif PPG Pra jabatan 2022 terdapat tiga kategori. Pertama tes kemampuan dasar literasi, kedua kemampuan dasar numerasi, dan ketiga penguasaan bidang studi dan pedagogik.
 
Kali ini akan dibahas tentang contoh soal dan kunci jawaban tes kemampuan dasar pedagogik. Prediksi soal ini dikutip dari buku pdf tes substantif PPG Pra jabatan 2022. Adapun contoh soal dan kunci jawabannya adalah sebagai berikut:
 
1. Dalam pembelajaran, guru menemukan bahwa Siswa A selalu diam dan tidak 
memberikan jawaban apapun ketika ditanya oleh guru. Ketika diberikan kesempatan 
untuk bertanya, Siswa A terlihat malu-malu dan enggan untuk mengajukan pertanyaan. 
Tindakan reflektif yang paling tepat dapat dilakukan guru berkaitan dengan hal 
tersebut adalah ....
A. langsung mencari solusi dan penyelesaiannya
B. mengklarifikasi terlebih dahulu mengapa hal tersebut terjadi, memastikan masalahnya, merencanakan tindakan, dan menelitinya melalui Penelitian Tindakan 
Kelas
C. segera merencanakan tindakan dan melaksanakannya, mengobservasi kembali 
siswa A dan menentukan penyelesaian masalahnya
D. membiarkan itu terjadi secara alamiah karena kemauan untuk bertanya dan 
menjawab pertanyaan tidak dapat dipaksakan
 
C
 
 
2. Masalah-masalah berikut ini yang tepat dipecahkan melalui penelitian tindakan kelas adalah ….
A. Seorang guru menyadari bahwa saat ini strategi pembelajaran yang dapat 
diterapkan dalam pembelajaran sangat beragam, sehingga guru tersebut ingin 
mengetahui manakah strategi pembelajaran yang paling tepat di kelasnya
B. Seorang guru baru saja membaca suatu referensi yang menyatakan bahwa 
pendekatan kontekstual cocok digunakan dalam mengajarkan materi dalam 
pembelajaran, sehingga guru tersebut ingin membuktikan kesesuaian hasil 
penelitian tersebut di kelas yang diampunya
C. Seorang guru mendapati bahwa aktivitas belajar siswanya cukup rendah. Guru 
tersebut ingin memperbaiki kondisi itu melalui pembaharuan pembelajaran di kelas 
yang diampunya dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah
D. Seorang guru mendapati bahwa siswa-siswanya kesulitan memahami suatu materi. 
 
C
 
3. Hasil penilaian dari kajian terhadap kekurangan peserta didik digunakan untuk 
memberikan pembelajaran remedial dan perbaikan RPP serta proses pembelajaran 
yang dikembangkan guru untuk pertemuan berikutnya disebut penilaian …
A. Semester
B. Formatif 
C. Otentik 
D. Sumatif
 
B
 
4. Di dalam standar proses pembelajaran dikemukakan bahwa” pembelajaran itu harus interaktif”. Maksud dari pembelajaran interaktif adalah ...
 A. Yang aktif tidak hanya guru, tetapi juga peserta didik
 B. Peserta didik dan guru sama-sama aktif dan kreatif
 C. Guru aktif menyampaikan materi kepada peserta didik
 D. Peserta didik aktif menanyakan ha-hal yang belum jelas
 
B
 
5. Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan. Pengembangan kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 
bila diurutkan mencakup kompetensi ...
 A. Kognitif, afektif, dan psikomotorik
 B. Psikomotorik, kognitif, dan afektif
 C. Pengetahuan, sikap, dan keterampilan secara terpadu
 D. Sikap, pengetahuan,dan keterampilan secara terpadu
 
A
 
 
6. Tujuan pembelajaran dari kompetensi dasar mata pelajaran dijabarkan langsung dari 
 A. Kompetensi dasar 
 B. Kurikulum
C. Indikator 
 D. Standar Kopetensi
 
C
 
7. Penilaian yang dilakukan dengan kalimat positif tentang aspek; melaporkan tugas yang diberikan, aktif bergaul bersama teman dan guru, menghasilkan karya yang estetis, 
menjalankan kegiatan sesuai dengan minat dan bakat, kemampuan bertanya dengan 
bahasa yang jelas, logis, dan sistematis termasuk penilaian ...
 A. Keterampilan 
 B. Pengetahuan 
 C. Sikap spiritual
 D. Sikap sosial
 
D
 
8. Model pembelajaran yang tepat agar siswa mengorganisasi sendiri pengetahuannya adalah ...
 A. Problem Based Learning 
 B. Discovery learning
 C. Inquiry 
 D. Project Based Learning
 
C
 
9. Langkah yang pertama pada tahap persiapan menulis PTK adalah ...
 A. Membuat RPP Siklus 1 
 B. Menemukan masalah pembelajaran 
 C. Merumuskan tujuan PTK
D. Menyusun kerangka PTK
 
B
 
10. Pak Amir mengajar menggunakan media gambar, foto, yang dilengkapi video yang menampilkan masalah-masalah social, kelaparan, dan kemiskinan di suatu daerah, kenakalan remaja, akibat bencana alam dan lain sebagainya. Kemampuan yang akan diaktualisasikan Pak Amir dalam pembelajaran tersebut adalah…
A. sikap terampil dalam penerapan pengetahuan terhadap masalah social
B. sikap kritis terhadap kejadian yang menimpa daerahnya
C. memahami masalah-masalah social yang terjadi di sekitarnya
D. mampu mengatasi akibat dari berbagai bencana dan masalah social lainnya.
 
C
 
*) Disclaimer: Artikel ini bersifat sementara tidak mutlak, dan hanya ditujukan kepada calon peserta PPG Pra jabatan 2022 untuk memandu proses belajar. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan di atas, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.***
 

Editor: Ahmad Khakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x