Portal Kudus - Portal Kudus - Hingga saat ini, pemerintah melalui Kemnaker sudah mencairkan BSU atau BLT Subsidi Gaji hingga dua tahap.
Rencananya Kemnaker siap mencairkan BLT subsidi gaji Tahap 3, 4, dan 5 paling cepat September dan paling lama Oktober 2021.
Nantinya, BLT subsidi gaji Tahap 3, 4, dan 5 akan disalurkan langsung ke rekening bank penerima melalui Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, atau Bank BTN.
Sedangkan khusus pekerja/karyawan penerima bantuan di Provinsi Aceh, akan menggunakan Bank Syariah Indonesia (BSI).
Namun, bagi calon penerima BLT subsidi gaji Tahap 3, 4, dan 5 yang belum memiliki salah satu rekening di atas, Kemnaker akan membuatkan rekening baru secara kolektif.
Karyawan yang namanya masuk sebagai penerima BLT subsidi gaji Tahap 3, 4, dan 5 akan mendapatkan bantuan Rp500 ribu selama dua bulan yang diberikan dalam satu tahap penyaluran sehingga menjadi Rp1 juta.
BLT subsidi gaji Tahap 3, 4, dan 5 diberikan kepada pekerja atau karyawan yang memiliki gaji di bawah Rp3,5 juta atau karyawan dengan gaji di atas itu namun berada di daerah yang terdampak PPKM Level 4 dan Level 3.
Baca Juga: Kapan Dana KJP Plus September 2021 Cair ke Rekening? Cek Disini untuk Update Beritanya
Salah satu syarat penerima BLT subsidi gaji Tahap 3, 4, dan 5 adalah peserta BPJS Ketenagakerjaan yang tercatat membayar iuran hingga Juni 2021,
Adapun cara untuk mengecek kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak bisa cek melalui web https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dan melalui aplikasi JMO Jamsostek Mobile.
Cara cek status BPJS Ketenagakerjaan melalui web https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
- Login ke link sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
- Kemudian masukkan email dan password
- Setelah masuk halam utama akun BPJS Ketenagakerjaan klik Kartu Digital
Baca Juga: Ini Cara Daftar KJMU Tahap 2 Tahun 2021, Mahasiswa Dapat Rp1,5 Juta Per Bulan
- Kemudian klik di gambar kartu
- Setelah itu akan muncul data diri dan status peserta BPJS Ketenagakerjaan apakah masih aktif atau tidak.
Cara cek status BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi JMO Jamsostek Mobile.
- Instal aplikasi JMO Jamsostek Mobile di ponsel Anda. Kemudian buka Aplikasinya
- Lakukan registrasi melalui e-mail Anda dengan mencantumkan nomor KPJ, NIK yang tertera pada KTP, nama, dan tanggal lahir
- Setelah masuk halam utama akun BPJS Ketenagakerjaan klik Kartu Digital
- Kemudian klik di gambar kartu
- Setelah itu akan muncul data diri dan status peserta BPJS Ketenagakerjaan apakah masih aktif atau tidak.
Apabila mengalami kesulitan tidak bisa login ke situs di atas atau sulit menemukan data diri, Anda bisa menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1500910.
Demikian cara untuk cek status peserta BPJS Ketenagakerjaan sebagai syarat untuk dapat BLT Subsidi Gaji Tahap 3, 4, dan 5 Rp1 juta yang diperkirakan cair antara bulan September-Oktober 2021.***