Portal Kudus - Dalam pembuatan konten yang termasuk pertimbangan psikologi dari sisi kognitif adalah?
Simak dan pahami penjelasan selengkapnya berikut ini mengenai berbagai pertimbangan psikologi dari sisi kogniif dalam pembuatan konten.
Dalam pembuatan konten, tentu seorang konten creator harus mempertimbangkan berbagai hal.
Termasuk salah satunya adalah mempertimbangkan psikologi dari sisi kognitif. Jadi, penting untuk mengetahui aspek psikogis dari audiens kita.
Tujuan menganaisis audiens dari aspek psikologis adalah untuk mengetahui apa yang dipahami dan diyakini oleh audiens sebelum menyimak konten kita.
Adapun psikologi kognitif mempelajari pemikiran, kesadaran, persepsi, memori, imajinasi, bahasa, pemecahan masalah, kreativitas, pengambilan keputusan, penalaran, perkembangan kognitif sepanjang umur, kecerdasan manusia, kecerdasan buatan, dan banyak aspek dari pikiran manusia.
Oleh karena itu, pertimbangan psikologi dari sisi kognitif menjadi penting dalam pembuatan sebuah konten.
Lantas, dalam pembuatan konten yang termasuk pertimbangan psikologi dari sisi kognitif meliputi apa saja?
Dilansir dari Zippia, berikut ini adalah 5 psikologi kognitif yang menjadi petunjuk dalam pembuatan konten:
1. Kelancaran kognitif
Kelancaran kognitif atau kefasihan kognitif adalah kemudahan otak kita memproses informasi.
Baca Juga: Suka Jamu dan Wedangan? Yuk, Cobain Aneka Sajian Minuman Herbal Tradisional dan Modern di Yogyakarta
Ketika membuat konten, kelancaran kognitif akan membantu melalui pemilihan font, kosakata, desain, dan lainnya.
2. Pengambilan kepuusan
Pada intinya, ini tentang penalaran. Membuat konten artinya harus mampu menunjukkan kepada audiens kenapa harus percaya pada apa yang anda katakan.
3. Pengaruh sosial
Setiap konsumen, audiens, atau pembaca umumnya akan memeriksa pengalaman dan pendapat orang lain sebelum bertindak, termasuk dalam mengkonsumsi konten Anda.
Baca Juga: Daftar Film Yang Tayang di Bioskop Bulan Juni 2023. Yuk, Simak Dulu Sinopsisnya Sebelum Menonton
Maka, dalam pembuatan konten, penting unuk melihat ulasan dan testimoni pelanggan sebelumnya serta mengacu pada studi kasus.
4. Psikologi Warna
5. Rentang perhatian
Demikian tadi beberapa hal psikologi kognitif yang menjadi petunjuk dalam pembuatan konten.***