Portal Kudus - Simak inilah informasi tentang pembahasan 30 soal UAS pengembangan kurikulum dan pembelajaran di SD UT 2023 dan kunci jawaban latihan soal ujian UT PGSD.
Menuju Ujian Akhir Semester (UAS) Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) Universitas Terbuka (UT) tahun 2023.
Mahasiswa memasuki tahap evaluasi kritis terhadap pengetahuan mereka tentang pendidikan dan proses pembelajaran di tingkat dasar.
Mata kuliah ini, yang mencakup pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran, memainkan peran sentral dalam mempersiapkan calon guru untuk menyusun pengalaman belajar yang efektif dan relevan bagi siswa SD.
Contoh soal UAS UT Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran SD 2023 dirancang sebagai sarana evaluasi menyeluruh, mencakup aspek-aspek kunci dalam perencanaan dan pelaksanaan kurikulum di tingkat dasar.
Soal-soal ini mencakup strategi pembelajaran, perencanaan kurikulum berbasis kompetensi, serta evaluasi efektivitas pembelajaran di kelas SD.
Ujian ini tidak hanya berfungsi sebagai penilaian akademis, tetapi juga sebagai pengukur kemampuan mahasiswa dalam merancang pengalaman belajar yang berkesan dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
Dengan menyelesaikan contoh soal UAS Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran SD UT 2023.
Mahasiswa dapat mengasah keterampilan analitis mereka, meningkatkan kemampuan merancang kurikulum yang responsif, dan memperdalam pemahaman tentang metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa SD.
Melalui ujian ini, diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan teori-teori pembelajaran dan pendekatan kurikulum untuk merumuskan pendekatan yang inovatif dan relevan dalam konteks pendidikan dasar.
Kesuksesan dalam UAS ini menciptakan lulusan yang siap menghadapi tantangan mengajar di SD.
Membuktikan kemampuan mereka dalam merancang pengalaman pembelajaran yang memberdayakan dan membimbing siswa menuju pemahaman yang mendalam.
Dikutip Portal Kudus dari berbagai sumber berikut adalah 40 soal UAS Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD UT tahun 2023 dan kunci jawaban, contoh soal ujian UT PGSD PDGK4502.
1. Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam … .
A. melaksanakan proses belajar mengajar
B. melaksanakan supervisi atau pengawasan
C. memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
D. membimbing anak belajar di rumah
Jawaban: A
2. Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ... .
A. konservatif
B. kreatif
C. kritis
D. evaluatif
Jawaban: B
3. Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ... .
A. sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
B. sesuai dengan minat siswa
C. memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi
D. bermanfaat bagi kehidupan
Jawaban: D
4. Menurut Pratt, rumusan tujuan kurikulum harus fungsional artinya bahwa rumusan tujuan tersebut harus ... .
A. konsisten dengan tujuan pendidikan nasional
B. sesuai dengan kepentingan dan perkembangan siswa
C. dipilih berdasarkan nilai yang diakui kepentingannya
D. memiliki manfaat bagi siswa dan masyarakat
Jawaban: D
5. Salah satu landasan yang mendasari kurikulum adalah landasan psikologis maksudnya pendidkan didasarkan pada ... .
A. aspek kebudayaan
B. perubahan fisik manusia
C. cara berpikir mendalam
D. perilaku manusia
Jawaban: D
6. Salah satu ciri pengembangan kurikulum yang menerapkan pendekatan administrastif adalah ... .
A. kurikulum dikembangkan karena ada keresahan dari guru
B. administrator pendidikan berperan sebagai fasilitator
C. inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat
D. guru memiliki peran yang besar dalam pengembangan kurikulum
Jawaban: C
7. Pengorganisasian isi kurikulum yang bertitik tolak dari keseluruhan sebagai suatu totalitas yang memiliki makna, arti, dan faedah tertentu adalah pengorganisasian isi kurikulum yang menerapkan pendekatan ... .
A.Interdisipliner
B.Terintegrasi
C. Broadfield
D. Mata Pelajaran
Jawaban: B
8. Prinsip integritas dalam pengembangan kurikulum menuntut ... .
A. penyediaan keleluasaan bagi guru untuk menyesuaian pelaksanaan kurikulum dengan kondisi sekolah
B. pengembangan semua komponen kurikulum untuk pembentukan pribadi yang utuh
C. pengembangan materi, kegiatan, dan evaluasi yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan
D. adanya kesinambungan materi kurikulum antar-jenis dan jenjang pendidikan
Jawaban: B
9. Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ... .
A. disusun secara logis dan sistematis
B. sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
C. bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
D. sesuai dengan perbedaan individual siswa
Jawaban: A
10. Pemilihan materi pelajaran hendaknya memperhatikan kriteria berikut, kecuali ... .
A. sesuai dengan tujuan
B. merupakan warisan positif generasi masa lalu
C. sesuai dengan kebutuhan siswa
D. mudah dikuasai siswa
Jawaban: D
11. Penerapan manajemen berbasis sekolah menuntut sekolah untuk dapat mandiri dalam melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan dengan sekolah untuk turut serta membantu sekolah dalam memperbaiki dan/atau meningkatkan kulitas layanan pendidikan. Hal ini bahwa sekolah hendaknya ... .
A. melakukan berbagai inovasi
B. menciptakan perubahan dalam layanan pendidikan
C. mendesain kembali organisasi sekolah
D. merekrut staf baru untuk menangani manajemen sekolah
Jawaban: C
12. Kompetensi dasar peserta didik terdiri dari kompetensi okupasional artinya peserta didik harus memiliki kesiapan dan mampu beradaptasi terhadap dunia kerja, sedangkan kompetensi temporal terletak pada... .
A. pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi tantangan dan persoalan hidup
B. keeksisan dalam menjalani kehidupan serta mampu memanfaatkan kemampuan dasar
C. penempatan diri sebaik-baiknya dalam sistem budaya dan tata nilai masyarakat yang pluralistik
D. penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan, anggota masyarakat, dan warga negara keterampilan hidup
Jawaban: B
13. Karakteristik kurikulum berbasis kompetensi adalah sebagai berikut, kecuali ... .
A. memberi kebebasan kepada pelaksana pendidikan di lapangan untuk mengembangkan dan melaksanakan program-program pembelajaran
B. mengakomodasi kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia
C. menitikberatkan pencapaian target kompetensi
D. memberi keseimbangan pengalaman belajar
Jawaban: D
14. Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ... .
A. mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
B. memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
C. menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
D. memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
Jawaban: D
15. Guru hendaknya merancang dan melaksanakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menghayati pentingnya sikap simpati, empati, dan toleransi terhadap siswa dan orang lain. Pernyataan tersebut berkaitan dengan salah satu faktor efektivitas pembelajaran yang harus diperhatikan guru, yaitu faktor ... .
A. kemandirian dan kerjasama
B. belajar untuk kebersamaan
C. interaksi dan komunikasi
D. suasana yang mendukung
Jawaban: B
16. Kurikulum sekolah rendah untuk orang Eropa, Tionghoa, dan Indonesia yang haknya disamakan dengan Bangsa Eropa (Europe Lagree School – ELS) menekankan pada mata pelajaran ... .
A. Bahasa Belanda
B. Sejarah
C. Pendidikan Jasmani
D. Bahasa Inggris
Jawaban: A
17. Kurikulum SD 1984 dikembangkan dengan tujuan untuk ... .
A. mengembangkan moral, kecerdasan, emosional, keprigelan, dan jasmani siswa
B. membina jiwa Pancasila, pengetahuan dasar, dan keterampilan khusus siswa
C. mengembangkan kemampuan berpikir, sikap, dan kemampuan bertindak siswa
D. mengembangkan kemampuan dan keterampilan dasar baca-tulis-hitung siswa
Jawaban: C
18. Salah satu karakteristik dalam kurikulum SD tahun 1994 adalah ... .
A. menerapkan program kurikuler dan ekstrakurikuler
B. menerapkan kemampuan dalam baca tulis
C. menerapkan bimbingan belajar
D. menerapkan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
Jawaban: A
19. Salah satu manfaat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah ... .
A .peka terhadap ide-ide dan teknologi baru dalam pendidikan
B. mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan
C. berorientasi pada hasil belajar dan keberagaman
D. terbuka untuk melakukan inovasi ke arah yang lebih baik dan kompetitif
Jawaban: B
20. Menurut Sukmadinata (2005) salah satu prinsip dalam pengembangan KTSP adalah prinsip efektivitas, maksudnya ... .
A. kurikulum dituntut memiliki kesesuaian dengan tuntutan, kebutuhan, dan perkembangan masyarakat
B. kurikulum dituntutmemiliki sifat lentur atau fleksibel, maksudnya kurikulum harus berisi hal-hal yang solid untuk melakukan penyesuaian berdasarkan kondisi lapangan.
C. kurikulum dituntut agar mudah dilaksanakan dengan sumber daya yang tersedia.
D. kurikulum harus berkaitan dengan keberhasilan dalam implementasinya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Jawaban: D
21. Sekolah tanggap terhadap kebutuhan pengguna jasa layanan pendidikan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan keputusan yang telah ditetapkan, dalam manajemen berbasis sekolah merupakan ciri ... .
A. akuntabilitas
B. partisipasi
C. keterbukaan
D. kemandirian
Jawaban: A
22. Kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan perkembangan peserta didik serta kebutuhan dan potensi sumber daya yang ada, dalam pengembangan KTSP merupakan langkah ... .
A. menganalisis konteks
B. menelaah standar kompetensi lulusan dan standar isi
C. memilih dan mengorganisasikan pengalaman belajar dan materi pelajaran
D. menentukan sumber belajar
Jawaban: A
23. Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih materi pelajaran adalah sebagai berikut, kecuali ... .
A. tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa
B. kebermanfaatan bagi siswa
C. Anita pindah ke Surabaya dan hidup di sana untuk lebih dari lima tahun
D. harus sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa.
Jawaban: D
24. Komite sekolah dapat dilibatkan dalam pengembangan kurikulum sekolah terutama untuk membantu sekolah dalam ... .
A. mengoordinasikan semua sumber daya yang ada di sekolah
B. memantau pelaksanaan kurikulum di sekolah
C. memberikan pertimbangan terhadap kebijakan kurikulum sekolah
D. memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pengembangan kurikulum sekolah
Jawaban: C
25. Proses strukturisasi dunia sebagai suatu keseluruhan yang menghadirkan dua kecenderungan yang saling bertentangan yaitu proses penyeragaman (homogenization) dan pemberagaman (differenciation), sehingga membuat interaksi rumit antara lokalisme dan globalisme, merupakan karakteristik masyarakat era ... .
A. Perkembangan IPTEK
B. Profesionalisme
C. Informasi
D. Globalisasi
Jawaban: D
26. Masyarakat pada masa depan sangat membutuhkan SDM yang memiliki kepribadian yang mandiri dan terbuka sehingga mampu menciptakan perubahan. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu ciri utama SDM masa depan yang ... .
A. menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
B. memiliki solidaritas sosial
C. memiliki kreativitas
D. mempunyai integritas yang tinggi
Jawaban: C
27. Kemampuan menyampaikan pengetahuan, berdiskusi, melakukan penelitian, dan membuat laporan merupakan muatan kurikulum dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dalam tingkat literasi ... .
A. performative
B. epistemic
C. functional
D. informational
Jawaban: B
28. Salah satu pendekatan pengembangan kurikulum masa depan yang menyatakan bahwa kemampuan menyerap dan memahami informasi baru secara cepat untuk menguasai suatu perubahan yang terjadi adalah ... .
A. Accelerated learning
B. Quantum learnig
C. Cooperative learning
D. E-learning
Jawaban: A
29. GBPP sebagai salah satu produk pengembangan kurikulum berisi penjelasan tentang ... .
A. tujuan dan ruang lingkup materi mata pelajaran
B. sistem pengajaran dan bahasa pengantar
C. dasar-dasar pengembangan kurikulum
D. kualitas lulusan yang diharapkan
Jawaban: A
30. Salah satu manfaat silabus bagi guru adalah sebagai ... .
A. dasar dalam mengembangkan kompetensi dasar yang diharapkan dikuasai siswa
B. ukuran dalam menentukan keberhasilan program pembelajaran
C. dokumen rencana kegiatan untuk setiap pertemuan pembelajaran
D. dasar dalam menentukan kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran
Jawaban: B
31. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran, dan urutan penyajian materi dalam silabus harus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual siswa, dalam silabus merupakan prinsip ... .
A. ilmiah
B. relevan
C. sistematis
D. menyeluruh
Jawaban: B
32. Salah satu langkah penyusunan silabus adalah merumuskan indikator pencapaian kompetensi, dalam menyusun indikator pengemembangnya sesuai dengan, kecuali ... .
A. karakteristik siswa
B. mata pelajaran
C. Kompensasi
D. potensi siswa
Jawaban: D
33. Dalam penyusunan rencana pembelajaran, penentuan alat evaluasi, materi, dan kegiatan pembelajaran harus mengacu pada kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa. Hal ini menunjukkan salah satu karakteristik rencana pembelajaran, yaitu ... .
A. ditujukan untuk siswa
B. memiliki tahap-tahap
C. sistematis
D. pendekatan sistem
Jawaban: D
34. Salah satu prinsip dalam menyusun RPP adalah perbedaan individu siswa antara lain, kecuali ... .
A. tingkat intelektual
B. motivasi belajar
C. gaya belajar
D. sistematis
Jawaban: D
35. Sejumlah kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator dalam suatu pelajaran merupakan komponen RPP dari ... .
A. tujuan pembelajaran khusus
B. standar kompetensi
C. kompetensi dasar
D. indikator pencapaian kompetensi
Jawaban: D
36. Menurut model PPSI, alat evaluasi dikembangkan setelah ... .
A. menentukan materi pelajaran
B. mengembangkan program kegiatan
C. menetapkan kegiatan belajar
D. merumuskan tujuan pembelajaran
Jawaban: D
37. Perumuskan indikator merupakan penjabaran dari ... .
A. tujuan pembelajaran umum
B. kompetensi dasar
C. standar kompetensi
D. tujuan pembelajaran khusus
Jawaban: B
38. Contoh kemampuan hasil belajar menerapkan adalah ... .
A. Siswa dapat menjelaskan berbagai macam bentuk-bentuk bangun datar
B. Siswa dapat melakukan percobaan dalam menentukan arah angin
C. Siswa dapat menyebutkan macam-macam unggas
D. Siswa dapat menghubungkan bagian-bagian dari suatu pesan
Jawaban: B
39. Evaluasi formatif berbeda dari evaluasi sumatif dilihat dari tujuan pelaksanaannya yaitu ... .
A. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk menentukan tingkat penguasaan siswa
B. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran
C. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan pembelajaran
D. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk mengetahui tingkat perkembangan siswa
Jawaban: D
40. Suatu alat evaluasi hendaknya memenuhi kriteria validitas artinya bahwa alat evaluasi tersebut harus ... .
A. dapat mengukur apa yang seharusnya diukur
B. memberikan hasil yang dapat dipercaya
C. dapat membedakan kemampuan siswa
D. mudah untuk disekor dan ditafsirkan hasilnya
Jawaban: A
Demikian terkait
Dikutip Fokus Solo dari berbagai sumber berikut adalah 40 soal UAS Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD UT tahun 2023 dan kunci jawaban, contoh soal ujian UT PGSD PDGK4502.
1. Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam … .
A. melaksanakan proses belajar mengajar
B. melaksanakan supervisi atau pengawasan
C. memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
D. membimbing anak belajar di rumah
Jawaban: A
2. Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ... .
A. konservatif
B. kreatif
C. kritis
D. evaluatif
Jawaban: B
Baca Juga: 40 Soal Ujian UT PGSD PDGK4405 Materi dan Pembelajaran IPS SD Tahun 2023 Lengkap Kunci Jawaban
3. Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ... .
A. sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
B. sesuai dengan minat siswa
C. memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi
D. bermanfaat bagi kehidupan
Jawaban: D
4. Menurut Pratt, rumusan tujuan kurikulum harus fungsional artinya bahwa rumusan tujuan tersebut harus ... .
A. konsisten dengan tujuan pendidikan nasional
B. sesuai dengan kepentingan dan perkembangan siswa
C. dipilih berdasarkan nilai yang diakui kepentingannya
D. memiliki manfaat bagi siswa dan masyarakat
Jawaban: D
5. Salah satu landasan yang mendasari kurikulum adalah landasan psikologis maksudnya pendidkan didasarkan pada ... .
A. aspek kebudayaan
B. perubahan fisik manusia
C. cara berpikir mendalam
D. perilaku manusia
Jawaban: D
6. Salah satu ciri pengembangan kurikulum yang menerapkan pendekatan administrastif adalah ... .
A. kurikulum dikembangkan karena ada keresahan dari guru
B. administrator pendidikan berperan sebagai fasilitator
C. inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat
D. guru memiliki peran yang besar dalam pengembangan kurikulum
Jawaban: C
Baca Juga: 40 Soal UAS UT Manajemen Keuangan EKMA4213 Manajemen Tahun 2023 Lengkap Kunci Jawaban
7. Pengorganisasian isi kurikulum yang bertitik tolak dari keseluruhan sebagai suatu totalitas yang memiliki makna, arti, dan faedah tertentu adalah pengorganisasian isi kurikulum yang menerapkan pendekatan ... .
A.Interdisipliner
B.Terintegrasi
C. Broadfield
D. Mata Pelajaran
Jawaban: B
8. Prinsip integritas dalam pengembangan kurikulum menuntut ... .
A. penyediaan keleluasaan bagi guru untuk menyesuaian pelaksanaan kurikulum dengan kondisi sekolah
B. pengembangan semua komponen kurikulum untuk pembentukan pribadi yang utuh
C. pengembangan materi, kegiatan, dan evaluasi yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan
D. adanya kesinambungan materi kurikulum antar-jenis dan jenjang pendidikan
Jawaban: B
9. Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ... .
A. disusun secara logis dan sistematis
B. sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
C. bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
D. sesuai dengan perbedaan individual siswa
Jawaban: A
10. Pemilihan materi pelajaran hendaknya memperhatikan kriteria berikut, kecuali ... .
A. sesuai dengan tujuan
B. merupakan warisan positif generasi masa lalu
C. sesuai dengan kebutuhan siswa
D. mudah dikuasai siswa
Jawaban: D
Baca Juga: 40 SOAL Ujian UT Penelitian Tindakan Kelas 2023 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal UAS UT PGSD IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas
11. Penerapan manajemen berbasis sekolah menuntut sekolah untuk dapat mandiri dalam melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan dengan sekolah untuk turut serta membantu sekolah dalam memperbaiki dan/atau meningkatkan kulitas layanan pendidikan. Hal ini bahwa sekolah hendaknya ... .
A. melakukan berbagai inovasi
B. menciptakan perubahan dalam layanan pendidikan
C. mendesain kembali organisasi sekolah
D. merekrut staf baru untuk menangani manajemen sekolah
Jawaban: C
12. Kompetensi dasar peserta didik terdiri dari kompetensi okupasional artinya peserta didik harus memiliki kesiapan dan mampu beradaptasi terhadap dunia kerja, sedangkan kompetensi temporal terletak pada... .
A. pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi tantangan dan persoalan hidup
B. keeksisan dalam menjalani kehidupan serta mampu memanfaatkan kemampuan dasar
C. penempatan diri sebaik-baiknya dalam sistem budaya dan tata nilai masyarakat yang pluralistik
D. penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan, anggota masyarakat, dan warga negara keterampilan hidup
Jawaban: B
13. Karakteristik kurikulum berbasis kompetensi adalah sebagai berikut, kecuali ... .
A. memberi kebebasan kepada pelaksana pendidikan di lapangan untuk mengembangkan dan melaksanakan program-program pembelajaran
B. mengakomodasi kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia
C. menitikberatkan pencapaian target kompetensi
D. memberi keseimbangan pengalaman belajar
Jawaban: D
14. Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ... .
A. mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
B. memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
C. menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
D. memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
Jawaban: D
Baca Juga: CONTOH Soal Ujian Hukum Pajak dan Acara Perpajakan UT 2023 dan Kunci Jawaban, Soal UAS UT Hukum Pajak dan Acara Perpajakan HKUM4407
15. Guru hendaknya merancang dan melaksanakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menghayati pentingnya sikap simpati, empati, dan toleransi terhadap siswa dan orang lain. Pernyataan tersebut berkaitan dengan salah satu faktor efektivitas pembelajaran yang harus diperhatikan guru, yaitu faktor ... .
A. kemandirian dan kerjasama
B. belajar untuk kebersamaan
C. interaksi dan komunikasi
D. suasana yang mendukung
Jawaban: B
16. Kurikulum sekolah rendah untuk orang Eropa, Tionghoa, dan Indonesia yang haknya disamakan dengan Bangsa Eropa (Europe Lagree School – ELS) menekankan pada mata pelajaran ... .
A. Bahasa Belanda
B. Sejarah
C. Pendidikan Jasmani
D. Bahasa Inggris
Jawaban: A
17. Kurikulum SD 1984 dikembangkan dengan tujuan untuk ... .
A. mengembangkan moral, kecerdasan, emosional, keprigelan, dan jasmani siswa
B. membina jiwa Pancasila, pengetahuan dasar, dan keterampilan khusus siswa
C. mengembangkan kemampuan berpikir, sikap, dan kemampuan bertindak siswa
D. mengembangkan kemampuan dan keterampilan dasar baca-tulis-hitung siswa
Jawaban: C
18. Salah satu karakteristik dalam kurikulum SD tahun 1994 adalah ... .
A. menerapkan program kurikuler dan ekstrakurikuler
B. menerapkan kemampuan dalam baca tulis
C. menerapkan bimbingan belajar
D. menerapkan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
Jawaban: A
19. Salah satu manfaat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah ... .
A .peka terhadap ide-ide dan teknologi baru dalam pendidikan
B. mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan
C. berorientasi pada hasil belajar dan keberagaman
D. terbuka untuk melakukan inovasi ke arah yang lebih baik dan kompetitif
Jawaban: B
Baca Juga: 40 SOAL UAS Organisasi UT Tahun 2023 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen EKMA4157 Organisasi
20. Menurut Sukmadinata (2005) salah satu prinsip dalam pengembangan KTSP adalah prinsip efektivitas, maksudnya ... .
A. kurikulum dituntut memiliki kesesuaian dengan tuntutan, kebutuhan, dan perkembangan masyarakat
B. kurikulum dituntutmemiliki sifat lentur atau fleksibel, maksudnya kurikulum harus berisi hal-hal yang solid untuk melakukan penyesuaian berdasarkan kondisi lapangan.
C. kurikulum dituntut agar mudah dilaksanakan dengan sumber daya yang tersedia.
D. kurikulum harus berkaitan dengan keberhasilan dalam implementasinya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Jawaban: D
21. Sekolah tanggap terhadap kebutuhan pengguna jasa layanan pendidikan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan keputusan yang telah ditetapkan, dalam manajemen berbasis sekolah merupakan ciri ... .
A. akuntabilitas
B. partisipasi
C. keterbukaan
D. kemandirian
Jawaban: A
22. Kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan perkembangan peserta didik serta kebutuhan dan potensi sumber daya yang ada, dalam pengembangan KTSP merupakan langkah ... .
A. menganalisis konteks
B. menelaah standar kompetensi lulusan dan standar isi
C. memilih dan mengorganisasikan pengalaman belajar dan materi pelajaran
D. menentukan sumber belajar
Jawaban: A
23. Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih materi pelajaran adalah sebagai berikut, kecuali ... .
A. tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa
B. kebermanfaatan bagi siswa
C. Anita pindah ke Surabaya dan hidup di sana untuk lebih dari lima tahun
D. harus sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa.
Jawaban: D
24. Komite sekolah dapat dilibatkan dalam pengembangan kurikulum sekolah terutama untuk membantu sekolah dalam ... .
A. mengoordinasikan semua sumber daya yang ada di sekolah
B. memantau pelaksanaan kurikulum di sekolah
C. memberikan pertimbangan terhadap kebijakan kurikulum sekolah
D. memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pengembangan kurikulum sekolah
Jawaban: C
25. Proses strukturisasi dunia sebagai suatu keseluruhan yang menghadirkan dua kecenderungan yang saling bertentangan yaitu proses penyeragaman (homogenization) dan pemberagaman (differenciation), sehingga membuat interaksi rumit antara lokalisme dan globalisme, merupakan karakteristik masyarakat era ... .
A. Perkembangan IPTEK
B. Profesionalisme
C. Informasi
D. Globalisasi
Jawaban: D
26. Masyarakat pada masa depan sangat membutuhkan SDM yang memiliki kepribadian yang mandiri dan terbuka sehingga mampu menciptakan perubahan. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu ciri utama SDM masa depan yang ... .
A. menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
B. memiliki solidaritas sosial
C. memiliki kreativitas
D. mempunyai integritas yang tinggi
Jawaban: C
27. Kemampuan menyampaikan pengetahuan, berdiskusi, melakukan penelitian, dan membuat laporan merupakan muatan kurikulum dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dalam tingkat literasi ... .
A. performative
B. epistemic
C. functional
D. informational
Jawaban: B
28. Salah satu pendekatan pengembangan kurikulum masa depan yang menyatakan bahwa kemampuan menyerap dan memahami informasi baru secara cepat untuk menguasai suatu perubahan yang terjadi adalah ... .
A. Accelerated learning
B. Quantum learnig
C. Cooperative learning
D. E-learning
Jawaban: A
29. GBPP sebagai salah satu produk pengembangan kurikulum berisi penjelasan tentang ... .
A. tujuan dan ruang lingkup materi mata pelajaran
B. sistem pengajaran dan bahasa pengantar
C. dasar-dasar pengembangan kurikulum
D. kualitas lulusan yang diharapkan
Jawaban: A
30. Salah satu manfaat silabus bagi guru adalah sebagai ... .
A. dasar dalam mengembangkan kompetensi dasar yang diharapkan dikuasai siswa
B. ukuran dalam menentukan keberhasilan program pembelajaran
C. dokumen rencana kegiatan untuk setiap pertemuan pembelajaran
D. dasar dalam menentukan kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran
Jawaban: B
31. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran, dan urutan penyajian materi dalam silabus harus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual siswa, dalam silabus merupakan prinsip ... .
A. ilmiah
B. relevan
C. sistematis
D. menyeluruh
Jawaban: B
32. Salah satu langkah penyusunan silabus adalah merumuskan indikator pencapaian kompetensi, dalam menyusun indikator pengemembangnya sesuai dengan, kecuali ... .
A. karakteristik siswa
B. mata pelajaran
C. Kompensasi
D. potensi siswa
Jawaban: D
33. Dalam penyusunan rencana pembelajaran, penentuan alat evaluasi, materi, dan kegiatan pembelajaran harus mengacu pada kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa. Hal ini menunjukkan salah satu karakteristik rencana pembelajaran, yaitu ... .
A. ditujukan untuk siswa
B. memiliki tahap-tahap
C. sistematis
D. pendekatan sistem
Jawaban: D
34. Salah satu prinsip dalam menyusun RPP adalah perbedaan individu siswa antara lain, kecuali ... .
A. tingkat intelektual
B. motivasi belajar
C. gaya belajar
D. sistematis
Jawaban: D
35. Sejumlah kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator dalam suatu pelajaran merupakan komponen RPP dari ... .
A. tujuan pembelajaran khusus
B. standar kompetensi
C. kompetensi dasar
D. indikator pencapaian kompetensi
Jawaban: D
36. Menurut model PPSI, alat evaluasi dikembangkan setelah ... .
A. menentukan materi pelajaran
B. mengembangkan program kegiatan
C. menetapkan kegiatan belajar
D. merumuskan tujuan pembelajaran
Jawaban: D
37. Perumuskan indikator merupakan penjabaran dari ... .
A. tujuan pembelajaran umum
B. kompetensi dasar
C. standar kompetensi
D. tujuan pembelajaran khusus
Jawaban: B
38. Contoh kemampuan hasil belajar menerapkan adalah ... .
A. Siswa dapat menjelaskan berbagai macam bentuk-bentuk bangun datar
B. Siswa dapat melakukan percobaan dalam menentukan arah angin
C. Siswa dapat menyebutkan macam-macam unggas
D. Siswa dapat menghubungkan bagian-bagian dari suatu pesan
Jawaban: B
39. Evaluasi formatif berbeda dari evaluasi sumatif dilihat dari tujuan pelaksanaannya yaitu ... .
A. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk menentukan tingkat penguasaan siswa
B. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran
C. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan pembelajaran
D. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk mengetahui tingkat perkembangan siswa
Jawaban: D
40. Suatu alat evaluasi hendaknya memenuhi kriteria validitas artinya bahwa alat evaluasi tersebut harus ... .
A. dapat mengukur apa yang seharusnya diukur
B. memberikan hasil yang dapat dipercaya
C. dapat membedakan kemampuan siswa
D. mudah untuk disekor dan ditafsirkan hasilnya
Jawaban: A
Demikian terkait 40 soal UAS Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD UT tahun 2023 dan kunci jawaban, contoh soal ujian UT PGSD PDGK4502.***