JAWABAN! SEORANG Guru Akan Mengajarkan Kompetensi Dasar Aspek Pengetahuan Berikut Dalam Pembelajaran, 3.1

- 15 Desember 2023, 12:13 WIB
SEORANG Guru Akan Mengajarkan Kompetensi Dasar Aspek Pengetahuan Berikut Dalam Pembelajaran, 3.1. Memahami Ciri-Ciri Berbagai Bentuk Bangun Datar
SEORANG Guru Akan Mengajarkan Kompetensi Dasar Aspek Pengetahuan Berikut Dalam Pembelajaran, 3.1. Memahami Ciri-Ciri Berbagai Bentuk Bangun Datar /tangkap layar

 

Portal Kudus - Simak inilah pembahasan tentang jawaban seorang guru akan mengajarkan kompetensi dasar aspek pengetahuan berikut dalam pembelajaran, 3.1.

Menjawab rasa penasaran yang ada dibenak pikiran, inilah jawaban dari pertanyaan yang sedang dicari ulasan dan pembahasannya.

Simak dan perhatikan dengan baik, pembahasan lengkap pertanyaan yang dimaksudkan di atas.

Inilah referensi jawaban soal dari pertanyaan yang bisa dijadikan pilihan untuk menjawab soal yang ada.

Simak dan perhatikan dengan baik, pembahasan lengkap pertanyaan yang dimaksudkan di atas.

Untuk mengetahui jawaban soal dari pertanyaan seorang guru akan mengajarkan kompetensi dasar aspek pengetahuan berikut dalam pembelajaran, 3.1 silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: TERJAWAB! SEORANG Guru Akan Mengajarkan Kompetensi Dasar Aspek Keterampilan Berikut Dalam Pembelajaran, 4.1.

Soal Lengkap:

Seorang guru akan mengajarkan kompetensi dasar aspek pengetahuan berikut dalam pembelajaran.

“3.1. Memahami ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar”

Pertanyaan:

a. Uraikan 3 kriteria rumusan indikator pencapaian kompetensi kunci/pokok yang tepat

b. Uraikan 2 rumusan indikator pencapaian kompetensi kunci/pokok untuk KD di atas.

Jawaban 1:

a. Untuk merumuskan indikator pencapaian kompetensi kunci/pokok "3.1. Memahami ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar," Anda dapat menggunakan kriteria sebagai berikut:

- Spesifik: Indikator harus spesifik dalam menggambarkan perilaku atau hasil yang diharapkan.

- Mengukur: Indikator harus dapat diukur untuk menilai pencapaian kompetensi.

- Relevan: Indikator harus relevan dengan kompetensi yang akan dicapai.

b. Berikut adalah contoh rumusan indikator pencapaian kompetensi kunci/pokok untuk KD "3.1. Memahami ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar":

Baca Juga: 3 CONTOH Narasi Raport TK Usia 5 6 Tahun Semester 1 Kurikulum Merdeka Terbaru 2023 Cocok Untuk Bapak Ibu Guru

- Mengidentifikasi Sifat-sifat Bangun Datar:

Siswa mampu mengidentifikasi sifat-sifat (misalnya jumlah sisi, sudut, dan simetri) dari berbagai bentuk bangun datar (misalnya segitiga, persegi, dan trapesium).

Siswa mampu membedakan berbagai bentuk bangun datar berdasarkan ciri-cirinya (misalnya merujuk pada jumlah sisi dan sudut).

Dua rumusan indikator di atas mencakup kriteria spesifik, dapat diukur, dan relevan dengan kompetensi yang akan dicapai.

Jawaban 2:

a. Uraikan 3 kriteria rumusan indikator pencapaian kompetensi kunci/pokok yang tepat:

- Jelas (Clear):

Indikator pencapaian harus dirumuskan dengan jelas, tanpa adanya ambigu, sehingga siswa dan evaluator dapat dengan mudah memahaminya.

Baca Juga: CONTOH Narasi Raport TK Usia 5 6 Tahun Semester 1 Kurikulum Merdeka Terbaru 2023 Cocok Untuk Bapak Ibu Guru

- Terukur (Measurable):

Indikator pencapaian harus dapat diukur sehingga dapat dilakukan evaluasi terhadap pencapaian kompetensi. Ukuran ini dapat berupa angka, tingkat pemahaman, atau bentuk ukuran lain yang sesuai.

- Relevan (Relevant):

Indikator pencapaian harus relevan dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai. Artinya, indikator tersebut harus mencerminkan inti dari apa yang diharapkan siswa pahami dalam konteks memahami ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar.

b. Uraikan 2 rumusan indikator pencapaian kompetensi kunci/pokok untuk KD di atas:

- Mampu Mengidentifikasi Bentuk-Bentuk Bangun Datar:

Siswa dapat mengidentifikasi dan menyebutkan nama berbagai bentuk bangun datar seperti segitiga, persegi, persegi panjang, dan lingkaran.

Baca Juga: 30 CONTOH SOAL UAS Perspektif Pendidikan SD UT 2023 dan Kunci Jawaban, Soal Ujian UT Perspektif Pendidikan SD

- Dapat Menjelaskan Ciri-Ciri Setiap Bentuk Bangun Datar:

Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri khusus dari masing-masing bentuk bangun datar, seperti jumlah sisi, sudut, atau propertinya yang lain. Misalnya, menyebutkan bahwa persegi memiliki keempat sisi dan keempat sudut yang sama panjang.

Indikator-indikator tersebut memberikan gambaran tentang apa yang diharapkan siswa capai dalam memahami ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.

Demikian informasi tentang seorang guru akan mengajarkan kompetensi dasar aspek pengetahuan berikut dalam pembelajaran, 3.1.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah