TERJAWAB! SEORANG Guru Akan Mengajarkan Kompetensi Dasar Aspek Keterampilan Berikut Dalam Pembelajaran, 4.1.

- 15 Desember 2023, 12:05 WIB
SEORANG Guru Akan Mengajarkan Kompetensi Dasar Aspek Keterampilan Berikut Dalam Pembelajaran, 4.1. Mengukur Panjang Benda
SEORANG Guru Akan Mengajarkan Kompetensi Dasar Aspek Keterampilan Berikut Dalam Pembelajaran, 4.1. Mengukur Panjang Benda /tangkap layar

Portal Kudus - Simak inilah pembahasan tentang terjawab seorang guru akan mengajarkan kompetensi dasar aspek keterampilan berikut dalam pembelajaran, 4.1.

Menjawab rasa penasaran yang ada dibenak pikiran, inilah jawaban dari pertanyaan yang sedang dicari ulasan dan pembahasannya.

Simak dan perhatikan dengan baik, pembahasan lengkap pertanyaan yang dimaksudkan di atas.

Inilah referensi jawaban soal dari pertanyaan yang bisa dijadikan pilihan untuk menjawab soal yang ada.

Simak dan perhatikan dengan baik, pembahasan lengkap pertanyaan yang dimaksudkan di atas.

Untuk mengetahui jawaban soal dari pertanyaan pembahasan tentang terjawab seorang guru akan mengajarkan kompetensi dasar aspek keterampilan berikut dalam pembelajaran, 4.1 silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 3 CONTOH Narasi Raport TK Usia 5 6 Tahun Semester 1 Kurikulum Merdeka Terbaru 2023 Cocok Untuk Bapak Ibu Guru

Soal Lengkap:

Seorang guru akan mengajarkan kompetensi dasar aspek keterampilan berikut dalam pembelajaran.

“4.1. Mengukur panjang benda menggunakan penggaris”

Rumusan tujuan pembelajaran dalam RPP untuk KD di atas adalah sebagai berikut.

“Melalui mengamati demonstrasi oleh guru, siswa dapat mengukur panjang sisi-sisi meja
menggunakan penggaris dengan benar.”

Pertanyaan:

a. Uraikan 5 kriteria rumusan tujuan pembelajaran yang tepat.

b. Uraikan bagaimanakah pendapat Anda tentang rumusan tujuan pembelajaran yang
disusun guru di atas beserta alasan Anda?

Jawaban:

a. Uraikan 5 kriteria rumusan tujuan pembelajaran yang tepat:

- Spesifik (Specific):

Tujuan pembelajaran harus jelas dan terfokus pada satu aspek kompetensi dasar. Dalam kasus ini, tujuan tersebut berkaitan dengan kemampuan mengukur panjang benda menggunakan penggaris.

Baca Juga: CONTOH Narasi Raport TK Usia 5 6 Tahun Semester 1 Kurikulum Merdeka Terbaru 2023 Cocok Untuk Bapak Ibu Guru

- Mengukur Kinerja (Measurable):

Tujuan harus dapat diukur agar dapat dievaluasi. Dalam rumusan tersebut, kinerja siswa dapat diukur dengan melihat apakah mereka dapat mengukur panjang sisi-sisi meja dengan benar menggunakan penggaris.

- Terukur Waktu (Time-Bound):

Terdapat indikasi waktu atau periode tertentu di mana siswa diharapkan mencapai tujuan tersebut. Dalam hal ini, pembelajaran terkait dengan mengukur panjang benda menggunakan penggaris.

- Realistis (Realistic):

Tujuan pembelajaran harus sesuai dengan kemampuan dan perkembangan siswa pada tingkat tersebut. Dalam konteks ini, mengukur panjang benda dengan penggaris sesuai dengan tingkat perkembangan siswa usia tersebut.

- Relevan (Relevant):

Tujuan pembelajaran harus relevan dengan kebutuhan dan konteks pembelajaran. Dalam hal ini, kemampuan mengukur panjang benda memiliki relevansi dengan pengembangan keterampilan matematika dan penggunaan alat pengukur.

Baca Juga: 30 CONTOH SOAL UAS Perspektif Pendidikan SD UT 2023 dan Kunci Jawaban, Soal Ujian UT Perspektif Pendidikan SD

b. Uraikan bagaimanakah pendapat Anda tentang rumusan tujuan pembelajaran yang disusun guru di atas beserta alasan Anda?

Pendapat saya terhadap rumusan tujuan pembelajaran yang disusun oleh guru di atas adalah positif. Berikut adalah beberapa alasan:

- Spesifik dan Terukur:

Tujuan tersebut sangat spesifik dan dapat diukur. Siswa diminta untuk mengukur panjang sisi-sisi meja dengan penggaris, yang memberikan panduan yang jelas untuk evaluasi.

- Terukur Waktu:

Meskipun tidak secara eksplisit disebutkan dalam rumusan tujuan, ada implikasi bahwa pembelajaran ini akan dilakukan dalam waktu tertentu, karena hal ini merupakan bagian dari RPP untuk kompetensi dasar tertentu.

Baca Juga: 35 SOAL UAS Perspektif Pendidikan SD UT 2023 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Perspektif Pendidikan SD

- Realistis:

Tujuan ini sesuai dengan tingkat perkembangan siswa pada usia tersebut dan merupakan langkah yang realistis untuk memperkenalkan keterampilan pengukuran panjang.

- Relevan:

Kemampuan mengukur panjang benda dengan penggaris relevan dengan pengembangan keterampilan matematika dan memiliki aplikasi praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Secara keseluruhan, rumusan tujuan pembelajaran tersebut mencerminkan prinsip-prinsip penting dalam merancang tujuan yang efektif, yaitu spesifik, terukur, terukur waktu, realistis, dan relevan.

Demikian informasi tentang SEORANG Guru Akan Mengajarkan Kompetensi Dasar Aspek Keterampilan Berikut Dalam Pembelajaran, 4.1. Mengukur Panjang Benda.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah