Portal Kudus - Simak inilah pembahasan jawaban soal pada bulan Juli 2023, PT gaya keren menerima project pemesanan blazer dari beberapa pihak sebagai berikut.
Menjawab rasa penasaran yang ada dibenak pikiran, inilah jawaban dari pertanyaan yang sedang dicari ulasan dan pembahasannya.
Simak dan perhatikan dengan baik, pembahasan lengkap pertanyaan yang dimaksudkan di atas.
Inilah referensi jawaban soal dari pertanyaan jawaban soal pada bulan Juli 2023, PT gaya keren menerima project pemesanan blazer dari beberapa pihak sebagai berikut.
Artikel ini berisi jawaban dari pertanyaan jawaban soal pada bulan Juli 2023, PT gaya keren menerima project pemesanan blazer dari beberapa pihak sebagai berikut.
Bagi kalian yang sedang mencari referensi jawaban soal dari pertanyaan di atas, silahkan simak artikel ini sampai selesai.
Artikel ini berisi jawaban pertanyaan dari soal pada bulan Juli 2023, PT gaya keren menerima project pemesanan blazer dari beberapa pihak sebagai berikut.
Untuk mengetahui jawaban pertanyaan dari soal pada bulan Juli 2023, PT gaya keren menerima project pemesanan blazer dari beberapa pihak sebagai berikut.
Soal Lengkap:
Pada Bulan Juli 2023, PT Gaya Keren menerima project pemesanan blazer dari beberapa pihak sebagai berikut:
a. Universitas Terbuka dengan kode Job #A1
b. Komisi Pemberantasan Korupsi dengan kode Job #A2
c. Perseorangan dengan kode Job #A3
d. Kementerian Hukum dan HAM dengan kode Job #A4
Adapun transaksi yang dilakukan selama Bulan Desember 2022 adalah sebagai berikut:
Tanggal Transaksi
2/12 Pembelian bahan baku langsung berupa kain bahan spandex dengan kode #BB12 secara kredit sebesar Rp63.000.000
3/12 Pembelian bahan baku langsung berupa pewarna pakaian dengan kode #BB04 secara kas sebesar Rp26.750.000
9/12 Terdapat penggunaan bahan baku langsung yaitu pewarna pakaian dengan harga Rp18.500.000. Bahan baku ini digunakan untuk kode Job #A2 sebanyak Rp4.500.000, #A4 sebesar Rp14.000.000
15/12 Tarif overhead ditetapkan atas dasar jam kerja mesin. Selama Bulan Juli 2023 overhead dianggarkan sebesar Rp24.000.000 dengan kapasitas jam kerja mesin sebanyak 750 jam.
Sampai tanggal 15/8, masing-masing job menggunakan jam mesin:
- Job #A1 sebanyak 325 jam
- Job #A2 sebanyak 150 jam
- Job #A3 sebanyak 285 jam
- Job #A4 sebanyak 100 jam
Buatlah Jurnal Umum atas transaksi-transaksi di atas.
Jawaban:
Berikut adalah Jurnal Umum atas transaksi-transaksi yang terjadi pada bulan Desember 2022:
Tanggal Keterangan Debit (Rp) Kredit (Rp)
2/12 Pembelian bahan baku langsung (kain bahan spandex) 63.000.000
3/12 Pembelian bahan baku langsung (pewarna pakaian) 26.750.000
9/12 Penggunaan bahan baku langsung (pewarna pakaian) 18.500.000
- Job #A2 (4.500.000)
- Job #A4 (14.000.000)
15/12 Tarif overhead 24.000.000
Penjelasan:
- Pada tanggal 2/12, PT Gaya Keren membeli bahan baku langsung berupa kain bahan spandex dengan kode #BB12 sebesar Rp63.000.000.
- Pada tanggal 3/12, PT Gaya Keren membeli bahan baku langsung berupa pewarna pakaian dengan kode #BB04 sebesar Rp26.750.000.
- Pada tanggal 9/12, terjadi penggunaan bahan baku langsung berupa pewarna pakaian sebesar Rp18.500.000. Bahan baku ini digunakan untuk Job #A2 sebesar Rp4.500.000 dan Job #A4 sebesar Rp14.000.000.
- Pada tanggal 15/12, ditetapkan tarif overhead sebesar Rp24.000.000 untuk bulan Juli 2023, berdasarkan kapasitas jam kerja mesin sebanyak 750 jam.
Harap dicatat bahwa jurnal umum ini hanya mencakup transaksi-transaksi pada bulan Desember 2022.
Transaksi-transaksi pada bulan Juli 2023 tidak termasuk dalam jurnal umum ini.
Demikian informasi tentang pembahasan jawaban soal pada bulan Juli 2023, PT gaya keren menerima project pemesanan blazer dari beberapa pihak sebagai berikut.***