Portal Kudus - Pembahasan tentang mengapa perlu memahami pemaknaan hasil AKMI bagi guru madrasah?
Pastikan menyimak penjelasan berikut soal mengapa guru madrasah perlu memahami pemaknaan hasil AKMI.
Setelah hasil AKMI dari peserta didik didapatkan, maka guru harus dapat memaknai hasil AKMI tersebut.
Kenapa perlu memahami pemaknaan hasil AKMI?
Sebelum dibahas tentang perlunya memahami pemaknaan hasil AKMI, kita pahami dulu tentang apa itu AKMI.
AKMI adalah Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia yang diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah.
Pelaksanaan AKMI utama MI adalah 2-14 Oktober 2023m dan pelaksanaan AKMI utama MTs dan MA adalah 4-14 oktober 2023.
Kompetensi peserta didik madrasah yang diukur dalam kegiatan AKMI mencakup Literasi Membaca, Numerasi, Sains, dan Sosial Budaya.
Setelah hasil AKMI didapatkan, maka tahapan berikutnya yang penting adalah tindaklanjut dari guru dan madrasah atas hasil AKMI tersebut.
Menurut keterangan dalam Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan AKMI 2023, laporan hasil AKMI disampaikan Panitia Pusat kepada satuan pendidikan dalam bentuk deskripsi diagnosis.
Laporan hasil AKMI setiap peserta didik tersebut dapat dilihat dan diunduh melalui akun admin madrasah pada portal AKMI portal-akmi.kemenag.go.id.
Jadi, setelah hasil AKMI dari setiap peserta madrasah didik diperoleh, guru harus bisa memaknai hasil AKMI tersebut.
Mengapa perlu memahami pemaknaan hasil AKMI?
Memahami pemaknaan hasil AKMI perlu dan penting bagi guru madrasah karena itu yang akan menentukan tindaklanjut dari hasil AKMI.
Baca Juga: FORMAT LK 3.1 Menyusun Best Practices PDF Download Contoh Penyusunan Best Practice PPG 2023 Terbaru
Memaknai hasil AKMI berarti memahami kompetensi literasi yang dijabarkan secara berjenjang pada setiap Capaian Kompetensi (CK).
Hasil AKMI tersebutlah yang akan digunakan sebagai bahan untuk merancang tindak lanjut perbaikan pembelajaran di madrasah.
Perencanaan pembelajaran, pengembangan pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran bisa dievaluasi dan diperbaiki berdasarkan hasil AKMI.
Oleh karena itu, di sini pentingnya guru memahami bagaimana pemaknaan dari hasil AKMI.
Guru dari madrasah pelaksana AKMI mendapatkan pelatihan tentang cara membaca hasil AKMI dan bagaimana menjadikannya bahan melakukan perbaikan pembelajaran.***