50 SOAL UAS UT Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301, Contoh UAS UT PGSD PDGK4301 Evaluasi Pembelajaran di SD

- 25 Juni 2023, 08:00 WIB
contoh soal UAS UT Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301 dan kunci jawaban
contoh soal UAS UT Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301 dan kunci jawaban /pexels.com

Portal Kudus - Inilah 50 soal UAS UT Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301, contoh soal UAS UT PGSD PDGK4301 Evaluasi Pembelajaran di SD dan kunci jawaban.

Simak inilah pembahasan tentang 50 contoh soal UAS UT Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301 jurusan PGSD semester 6 dan kunci jawabannya.

Bagi kalian yang sedang mencari contoh soal UAS UT mata kuliah Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301 jurusan PGSD semester 6 beserta kunci jawabannya, silahkan simak artikel di bawah ini sampai selesai.

Artikel ini berisi contoh soal UAS UT mata kuliah Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301 yang bisa dijadikan referensi latihan untuk menghadapi soal UAS UT jurusan PGSD semester 6.

Baca Juga: 45 SOAL UAS UT Perencanaan Kota ADPU4433 Ilmu Administrasi Negara Semester 5 Lengkap Kunci Jawabannya

Sebanyak 50 contoh soal UAS UT mata kuliah Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301 disajikan untuk kalian yang akan menghadapi UAS UT tahun 2023 jurusan PGSD semester 6.

Persiapkan diri anda dengan berlatih mengerjakan latihan soal UAS UT Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301 tahun 2023 jurusan PGSD semester 6 pada artikel ini.

Materi UAS UT Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301 pada artikel ini bersumber dari modul-modul kuliah. Jadi sangat cocok sekali untuk Anda pelajari.

Soal-soal ini merupakan soal-soal pilihan yang telah di prediksi akan keluar pada saat UAS nantinya.

Baca Juga: 40 SOAL UAS UT Penganggaran EKMA4570, Contoh Soal UAS UT Akuntansi EKMA4570 Penganggaran dan Kunci Jawaban

Dikutip Portal Kudus dari berbagai sumber berikut adalah 50 contoh soal UAS UT Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301 jurusan PGSD semester 6 dan kunci jawabannya.

1. Dari berbagai definisi yang dikemukakan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa tes merupakan alat ukur untuk memperoleh informasi tentang
A. hasil belajar siswa
B. kinerja guru
C. mutu pendidikan
D. kemajuan sekolah

Jawaban: A

2. Pernyataan yang menunjukkan perbedaan antara asesmen dan evaluasi dalam pembelajaran adalah ....
A. asesmen adalah keputusan sedangkan evaluasi proses pengambilan keputusan
B. lingkup asesmen adalah individu siswa sedangkan lingkup evaluasi adalah program pendidikan.
C. asesmen identik dengan tes sedangkan evaluasi identik dengan nontes
D. asesmen bersifat kualitatif sedangkan evaluasi bersifat kuantitatif

Jawaban: B

3. Suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektivitas suatu program pembelajaran disebut ....
A. tes
B. evaluasi.
C. pengukuran
D. asesmen

Jawaban: B

4. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ….
A. terbuka
B. menyeluruh.
C. bermakna
D. adil

Jawaban: B

Baca Juga: 40 SOAL UAS UT Filsafat Hukum dan Etika Profesi HKUM4103 Ilmu Hukum Semester 4 Lengkap Kunci Jawabannya

5. Pergeseran paradigma dalam penilaian hasil belajar akhir-akhir ini disebabkan oleh suatu pendapat bahwa ....
A. terjadi perkembangan kurikulum yang sangat pesat
B. terjadi perkembangan iptek di bidang penilaian hasil belajar
C. tes tidak mampu mengukur kemampuan siswa yang sebenarnya
D. tes tidak mampu mengukur kinerja guru secara akurat

Jawaban: C

6. Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya. dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes ....
A. seleksi
B. Penempatan
C. Pre Test-pos test
D. bakat

Jawaban: B

7. Untuk mengukur kemampuan kognitif tinggi dan menghindari tebakan dalam menjawab soal, ragam tes pilihan ganda yang paling tepat adalah ....
A. melengkapi pilihan
B. hubungan antar hal
C. membaca diagram.
D. melengkapi berganda

Jawaban: C

8. Berikut ini adalah kelemahan-kelemahan dari tes dalam bentuk objektif, kecuali ....
A. mudah melakukan koreksi
B. cenderung untuk mengukur tingkat kognitif rendah
C. sulit dalam penyusunan butir soal
D. tidak dapat digunakan untuk menggali ide

Jawaban: A

9. Sesuai dengan karakteristik tes dalam bentuk uraian/mampu mengukur proses berpikir tinggi, maka unjuk kerja siswa yang paling tepat diukur dengan tes uraian adalah ….
A. mengingat
B. memahami
C. menerapkan
D. menganalisis

Jawaban: D

Baca Juga: 40 SOAL UAS UT Pengantar Akuntansi EKMA4115, Contoh Soal UAS UT Akuntansi EKMA4115 Pengantar Akuntansi

10. Perhatikan butir soal uraian berikut.
Sebutkan 3 buah sungai di proninsi Jawa Barat yang bermuara di Laut Jawa.
Butir soal tersebut ….
A. cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukur
B. cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti
C. jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah /ranah ingatan
D. jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek

Jawaban: C

11. Salah satu indikator yang yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baik adalah ....
A. menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa
B. menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya
C. ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar
D. ditulis oleh guru yang mengajar dikelas dikelas

Jawaban: A

12. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan butir soal tes objektif, kecuali ....
A. hindari petunjuk ke arah jawaban yang benar
B. hindari pengulangan kata pada pokok soal
C. satu soal hanya ada satu jawaban yang benar
D. satu soal hanya ada satu alternatif jawaban

Jawaban: D

13. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kisi-kisi tes uraian, kecuali ....
A. penentuan alokasi waktu
B. penentuan pokok bahasan
C. penentuan indikator/tujuan
D. pendiatribusian butir soal

Jawaban: C

14. Perhatikan butir soal berikut!
Letusan gunung Kelud yang cukup besar terjadi pada ....
a. tahun 1850 c. tahun 2001
b. tahun 1951 d. tahun 2005
Butir soal tersebut tidak baik karena...
A. ada pengulangan kata tahun
B. mengukur ingatan
C. pokok soal merupakan kalimat yang belum selesai
D. pertanyaan terlalu singkat

Jawaban: A

Baca Juga: 45 SOAL UAS UT Analisis Informasi Keuangan EKSI4204 Akuntansi Semester 6 Lengkap Kunci Jawabannya

15. Penggunaan asesmen alternatif dalam penilaian hasil belajar siswa disebabkan adanya pendapat dari para ahli bahwa tes tertulis ....
A. lebih banyak ditulis dalam bentuk objektif
B. tidak ditulis oleh guru yang mengajar
C. hanya cocok untuk mengukur ranah kognitif
D. lebih bersifat bottom-up

Jawaban: C

16. Konsep baru akan terbentuk berdasarkan rekonstruksi dari konsep, pengetahuan, dan pengalaman yang telah dimiliki. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. R Spiro
B. Brunner
C. Wittrock
D. Rogers

Jawaban: B

17. Pentingnya penerapan asesmen alternatif di bidang pendidikan dibandingkan dengan asesmen tradisional dapat dinyatakan dalam pernyataan berikut ....
A. biaya asesmen alternatif lebih murah
B. waktu yang diperlukan lebih singkat
C. mampu mengukur proses dan hasil belajar
D. lebih mudah dalam pelaksanaannya

Jawaban: C

18. Salah satu kelebihan asesmen alternatif dalam penilaian , karena dapat menyajikan penilaian yang lebih lengkap, yang berarti ....
A. mampu menyajikan nilai pretest dan post-tes
B. mampu menilai aspek kognitif, afektif dan psikomotor
C. dapat digunakan untuk berbagai jenis tes
D. disertai dengan kunci jawaban yang objektif

Jawaban: B

19. langkah pertama yang harus dilakukan guru pada saat menyusun tugas dalam rangka asesmen hasil belajar adalah ....
A menentukan tugas yang akan dinilai
B. menentukan skala yang akan digunakan
C. melakukan uji coba
D. mengindentifikasi kemampuan siswa

Jawaban: D

20. Sebelum digunakan dalam penilaian hasil dan perkembangan kemajuan siswa dalam belajar, harus dilakukan revisi rubrik berdasarkan ….
A. saran guru lain
B. hasil uji coba.
C. saran kepala sekolah
D. pertimbangan guru

Jawaban: B

Baca Juga: 45 SOAL UAS UT Teori Portofolio dan Analisis Investasi EKSI4203 Akuntansi Lengkap Kunci Jawabannya

21. Jika dibandingkan dengan analitic rubric, deskripsi pada holistic rubric lebih bersifat ....
A. umum
B. khusus
C. pendek
D. panjang

Jawaban: A

22. Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ....
A. kumpulan hasil karya siswa.
B. rekaman hasil karya siswa
C. rangkaian hasil karya siswa
D. kumpulan nilai siswa

Jawaban: A

23. Hasil karya siswa yang dapat dimasukkan ke folder portofolio adalah yang telah melalui proses seleksi sesuai dengan ....
A. kriteria tertentu
B. kebijakan guru
C. keinginan siswa
D. kebijakan sekolah

Jawaban: A

24. Langkah awal yang harus dilakukan gguru pada tahap pelaksanaan dalam kegiatan asesmen portofolio
A. melalukan kegiatan yang dapat memotivasi siswa
B. menentukan jenis-jenis bukti yang harus dikumpulkan
C. mengawasi pelaksanaan tugas yang dilakukan siswa
D. memberikan umpan balik terhaap hasil karya siswa

Jawaban: B

25. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk memotivasi siswa agar para siswa tersebut bersemangat melakukan tugas dengan baik adalah....
A. mengatakan bahwa para siswa harus bekerja keras
B. menghukum siswa yang tidak dapat bekerja dengan baik
C. meyakinkan bahwa siswa pasti mampu melaksanakan tugas.
D. meyakinkan bahwa guru tidak akan berbuat curang dalam penilaian

Jawaban: C

26. Jika terjadi perubahan kriteria penilaian portofolio yang disebabkan oleh berbagai hal dan pertimbangan, maka masalah tersebut harus dibicarakan pada pertemuan berkala antara ...
A. guru dengan kepala sekolah
B. guru dengan siswa.
C. siswa dengan kepala sekolah
D. siswa dengan siswa lain

Jawaban: B

Baca Juga: 40 CONTOH Soal UAS UT PGSD Semester 1 Pendidikan Kewarganegaraan MKDU4111 Lengkap Kunci Jawabannya

27. Pada tingkat receiving, gejala yang dapat diamati dari siswa yang sedang menerima pelajaran sejarah di kelas adalah ....
A. mengajukan pertanyaan
B. menjawab pertanyaan
C. memperhatikan uraian guru dengan baik
D. mengerjakan soal-soal yang diberikan

Jawaban: C

28. Tujuan yang ingin dicapai pada suatu kegiatan dalam rangka menemukan konsep diri siswa adalah agar siswa tersebut mampu mengetahui ....
A. kekurangan yang ada pada diri siswa
B. kelebihan yang ada pada diri siswa
C. kekurangan dan kelebihan siswa
D. cita-cita para siswa

Jawaban: C

29. Seorang guru ingin mengetahui sikap/reaksi siswa terhadap peristiwa Tsunami di Aceh yang diputar dari VCD. Cara penilaian yang paling tepat untuk mengukur reaksi /emosi anak adalah ….
A. pengamatan langsung
B. wawancara
C. angket
D. kuesioner

Jawaban: A

30. Seorang guru ingin mengetahui sikap siswa terhadap kegiatan pramuka sebagai salah satu pilihan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Rumusan tujuan yang paling tepat dalam kegiatan pengukuran ini adalah ….
A. mengetahui jenis kegiatan pramuka yang dilaksanakan di sekolah
B. mengetahui jumlah siswa yang memilih pramuka sebagai ekskul
C. menjaring pendapat siswa tentang kegiatan pramuka di sekolah
D. menjaring calon peserta kegiatan pramuka disekolah

Jawaban: C

31. Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang paling tepat digunakan adalah ….
A. tes uraian bebas
B. tes uraian terbatas
C. yang sederhana
D. yang sangat kompleks

Jawaban: B

Baca Juga: 45 CONTOH Soal UAS UT PGSD Semester 1 Pendidikan Jasmani dan Olahraga PDGK4208 Lengkap Kunci Jawabannya

32. Untuk menghindari terjadinya hallo effect dalam pemeriksaan hasil tes uraian, cara yang paling tepat dilakukan adalah ....
A. nama dan nomor peserta tes diganti dengan kode lain
B. pemeriksaan dilakukan oleh 2 orang pemeriksa
C. lakukan penyamaan persepsi antara pemeriksa I dan II
D. berpegang pada pedoman penskoran

Jawaban: A

33. Dari 30 butir soal tes objektif, Sila mampu mengerjakan 24 butir soal dengan benar. Jika penilaian menggunakan standar 100 dan tidakmenggunakan formula tebakan, maka nilai Sila adalah ....
A. 24.00
B. 60,00
C. 70,00
D. 80,00

Jawaban: D

34. Jika jumlah skor yang diperoleh Ali 35, sedangkan jumlah skor maksimal dari tes dalam bentuk uraian adalah 45, maka persentase penguasaan Ali adalah ....
A. 10,77
B. 77,77
C. 80,77
D. 90,77

Jawaban: B

35. Hasil pengamatan/obervasi terhadap suatu kegiatan siswa dapat dikelompokkan berdasarkan ....
A. tujuan pembelajaran
B. pedoman penilaian
C. kebijakan guru
D. kriteria yang telah ditetapkan

Jawaban: D

36. Dari 25 soal ulangan umum untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, Ali mengerjakan 17 butir soal dengan benar. Sementara kawan yang terpandai hanya 1 butir soal yang salah, dan anak yang terbodoh di kelas itu hanya mampu mengerjakan 5 butir soal dengan benar. Jika pendekatan kriteria dengan skala 100 yang digunakan, maka nilai ulanagan umum bahasa Indonesia yang diperoleh Ali adalah ….
A. 17,00
B. 24,00
C. 68,00
D. 96,00

Jawaban: C

Baca Juga: 50 SOAL UAS UT Manajemen Pemasaran EKMA4216, Contoh Soal UAS UT Manajemen EKMA4216 Manajemen Pemasaran

37. Suatu tes yang baik adalah apabila digunakan beberapa kali, menunjukkan hasil yang relatif sama. Pernyataan ini menunjukkan persyaratan tentang butir soal yang baik dilihat dari segi ....
A. validitas
B. reliabilitas
C. capabilitas
D. crediibilitas

Jawaban: B

38. Kaitan antara validitas dan reliabilitas yang dapat menunjukkan kualitas tes yang baik adalah ….
A. tingkat validitas dan reliabilitas tinggi
B. tingkat validitas dan reliabilitas rendah
C. tingkat validitas tinggi, dan tingkat reliabilitas rendah
D. tingkat validitas rendah, tingkat reliabilitas tinggi

Jawaban: A

39. Reliabilitas suatu tes dapat ditingkatkan dengan cara ....
A. menambah jumlah butir soal semaksimal mungkin
B. menambah jumlah butir soal yang homogen
C. mengurangi jumlah butir soal yang dianggap jelek
D. mengganti soal-soal yang dianggap jelek

Jawaban: B

40. Reliabilitas suatu tes yang terdiri dari 40 butir soal adalah 0,45. Setelah ditambah dengan 20 butir soal yang homogen, maka tingkat reliabilitasnya akan menjadi ....
A. 0,51
B. 0,53
C. 0,55
D. 0,67

Jawaban: C

41. Dengan melakukan analisis butir soal , kemampuan guru dalam menulis soal akan meningkat, karena mereka terlatih dalam melakukan ....
A. perhitungan skor
B. perhitungan koefisien
C. penulisan butir soal
D. perbaikan butir soal.

Jawaban: D

42. Seorang guru melakukan tes untuk mengetahui kompetensi yang telah atau belum dikuasai siswa. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan penilaian kelas, yaitu ....
A. penelusuran
B. pengecekan
C. pencarian
D. penyimpulan

Jawaban: B

Baca Juga: 50 SOAL UAS UT Materi dan Pembelajaran PKN SD PDGK4401 PGSD Semester 8 Lengkap Kunci Jawabannya

43. Jika diketahui bahwa dari hasil tes formatif terdapat 3 dari 8 soal yang diberikan hampir semua siswa tidak dapat menjawab dengan benar, maka tindakan guru yang sebaiknya dilakukan adalah ….
A. melanjutkan ke pokok bahasan berikutnya
B. menjelaskan kembali seluruh materi pelajaran
C. menjelaskan kembali materi yang belum difahami siswa
D. melakukan pembelajaran remidi terhadap siswa yang menjawab salah

Jawaban: C

44. Besarnya angka yang dapat menunjukkan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) pada suatu mata pelajaran tertentu ditetapkan berdasarkan ....
A. kebijakan pemerintah daerah setempat.
B. keputusan pemerintah pusat
C. keputusan kepala sekolah
D. keputusan komite sekolah

Jawaban: A

45. Berdasarkan hasil penilaian portofolio, guru lebih mudah melakukan perbaikan dalam pembelajaran, karena dengan penilaian ini ….
A. dapat diketahui kemampuan yang belum dikuasai siswa
B. data nilai yang terkumpul lebih lengkap
C. pelaksanaan penilaian lebih mudah
D. nilai yang terkumpul lebih sempurna

Jawaban: A

47. Pentingnya penerapan asesmen alternatif di bidang pendidikan dibandingkan dengan asesmen tradisional dapat dinyatakan dalam pernyataan berikut ....
A. biaya asesmen alternatif lebih murah
B. waktu yang diperlukan lebih singkat
C. mampu mengukur proses dan hasil belajar
D. lebih mudah dalam pelaksanaannya

Jawaban: C

48. Hasil karya siswa yang dapat dimasukkan ke folder portofolio adalah yang telah melalui proses seleksi sesuai dengan ....
A. kriteria tertentu
B. kebijakan guru
C. keinginan siswa
D. kebijakan sekolah

Jawaban: A

49. Untuk mengukur kemampuan kognitif tinggi dan menghindari tebakan dalam menjawab soal, ragam tes pilihan ganda yang paling tepat adalah ....
A. melengkapi pilihan
B. hubungan antar hal
C. membaca diagram.
D. melengkapi berganda

Jawaban: C

50. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ….
A. terbuka
B. menyeluruh.
C. bermakna
D. adil

Jawaban: B

Demikian terkait 50 contoh soal UAS UT Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301 jurusan PGSD semester 6 dan kunci jawabannya.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah