SOAL KSM IPS MTs 2022 dan Kunci Jawaban, Latihan Soal KSM IPS Terintegrasi MTs 2023 Tingkat Kabupaten

- 23 Juni 2023, 18:44 WIB
soal KSM IPS MTs 2022 dan kunci jawaban
soal KSM IPS MTs 2022 dan kunci jawaban /pexels.com

Portal Kudus - Inilah soal KSM IPS MTs 2022 dan kunci jawaban untuk latihan soal KSM IPS terintegrasi MTs 2023 tingkat Kabupaten.

Simak inilah pembahasan tentang soal KSM IPS MTs 2022 dan kunci jawaban untuk latihan soal KSM IPS terintegrasi MTs 2023 tingkat Kabupaten.

Bagi kalian yang sedang mencari soal-soal KSM IPS MTs tahun 2022 beserta kunci jawabannya, silahkan simak artikel di bawah ini sampai selesai.

Artikel ini berisi soal-soal KSM IPS MTs tahun 2022 yang bisa dijadikan referensi latihan untuk menghadapi soal KSM IPS MTs tahun 2023, bahkan soal-soal di bawah ini bisa di download secara gratis.

Baca Juga: PREDIKSI Soal KSM IPA MTs 2023 Tingkat Kabupaten dan Kunci Jawaban, Download PDF Contoh Soal KSM IPA MTs 2023

Sebanyak 40 soal KSM IPS MTs tahun 2022 ini disajikan untuk kalian yang akan menghadapi KSM IPS MTs tahun 2023.

Dengan belajar soal-soal KSM IPS MTs tahun 2022 ini diharapkan siswa dapat memperoleh nilai tinggi dalam Kompetisi Sains Madrasah tahun 2023 dan tentunya bisa memperbesar peluang untuk lolos ke tingkat Provinsi/Nasional.

Pada soal KSM IPS MTs tahun 2022 pada artikel ini dilengkap dengan pembahasan kunci jawaban yang dapat di download melalui link yang dibagikan di akhir artikel.

KSM diikuti oleh semua siswa-siswi terbaik dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI)/ SD, Madrasah Tsanawiyah (MTS)/SMP hingga Madrasah Aliyah (MA)/SMA.

Persiapkan diri anda dengan berlatih mengerjakan latihan soal-soal KSM 2022 Jenjang MTs pada artikel ini.

Baca Juga: CONTOH Soal KSM Matematika MTs 2023 Tingkat Kabupaten dan Pembahasannya, Latihan Soal KSM Matematika MTs 2023

Materi KSM pada artikel ini sesuai dengan SK Dirjen Pendis Nomor 1864 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2023.

Untuk melihat kunci jawaban dan soal KSM IPS MTs 2022 untuk latihan KSM IPS terintegrasi MTs tahun 2023, silahkan simak pada artikel berikut ini.

Untuk pembahasan dan kunci jawaban soal KSM IPS MTs 2022 ini tersedia diakhir artikel.

1. Indonesia memiliki beragam bentuk kenampakan alam sesuai dengan karakteristik ruang yang terdapat di satu wilayah. Keberagaman lingkungan fisik ini berpengaruh besar pada aktivitas indvidu dan kelompok. Dengan mengikuti pemahaman ini, jika yang didapati adalah bentuk kenampakan seperti yang terdapat dalam QS. Al-Fajr: 9, maka individu tersebut hidup di ....

(A) Pegunungan

(B) Lembah

(C) Pantai

(D) Hutan

Jawaban: B

Baca Juga: 35 CONTOH SOAL KSM Geografi MA 2023 dan Kunci Jawaban, Latihan Soal dan Pembahasan KSM Geografi MA 2023

2. Salah satu bentuk masalah sosial dapat teridentifikasi dari QS. Hud: 118 berikut ini:

وَلَوْ شَآءَ رَبُّكَ لَجَعَلَ ٱلنَّاسَ أُمَّةً وَٰحِدَةً ۖ وَلَا يَزَالُونَ مُخْتَلِفِينَ

Lembaga sosial yang memiliki peran preventif untuk mengurai masalah yang ditimbulkan dari proses tersebut adalah ....

(A) lembaga hukum

(B) lembaga ekonomi

(C) lembaga pendidikan

(D) lembaga politik

Jawaban: A

3. Praktik konsumsi yang tepat dijelaskan oleh Allah SWT dalam QS. Al-Baqarah: 261 berikut:

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Ayat ini mendorong setiap muslim untuk ....

(A) menghindari mubadzir

(B) mensyukuri rizki

(C) hidup secara hemat

(D) memberi sedekah

Jawaban: D

4. Pengelolaan lingkungan oleh masyarakat secara tepat ditunjukkan dalam potongan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari yang berbunyi:

من أعمر أرضا ليست لأحد فهو أحق

Implementasi hadis ini dapat dijumpai dalam bentuk ....

(A) penanaman tumpang sari

(B) reboisasi wilayah pantai

(C) pemanfaatan lahan kosong

(D) pencegahan perubahan iklim

Jawaban: C

5. Indonesia's landscapes have various forms of appearance. Each of them has the characteristics of flora and fauna that must be maintained and preserved by every Muslim. In addition to the Qur'an and hadith as the basis for implementing the management of natural resources, another source of value can be found in the content in Asmaul Husna, namely ....

(A) Al-Wakil

(B) Al-Matin

(C) Al-Mukmin

(D) Al-Mutakabbir

Jawaban: A

6. Pak Irfan adalah salah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sukamaju. Dalam setiap rapat, dia selalu mengedepankan nilai dan norma demokrasi dalam setiap pengambilan kebijakan. Dalam khazanah sejarah kebudayaan Islam, perilaku Pak Irfan ini dapat dilihat pada diri sahabat Abu Bakar Al-Shiddiq yaitu ....

(A) pengedepanan pada motif non ekonomi dalam konsumsi

(B) bersedia menerima pendapat dari semua golongan

(C) memutus perkara hukum dengan tidak melihat kesamaan agama

(D) penciptaan lingkungan sosial yang berkeadilan

Jawaban: B

7. Setiap musim kemarau masyarakat Desa Sukolilo menderita karena kurangnya air di wilayah tersebut. Untuk mengatasi persoalan ini, Kepala Desa mengeluarkan kebijakan dengan merujuk pada kebijakan yang pernah dibuat Sahabat Nabi Usman bin Affan dalam membuat bendungan dengan biaya pribadi. Tindakan yang dibuat oleh Kepala Desa ini dapat dikategorikan sebagai ....

(A) solusi

(B) repetisi

(C) identifikasi

(D) imitasi

Jawaban: A

8. Salah satu rukun dalam jual beli adalah aqidain. Salah satu wujud dari rukun ini dapat ditemukan melalui keberadaan Pasar Tembakau di Jerman dan Pasar Karet di New York. Dengan melihat rukun dan barang pada kedua pasar ini dapat disimpulkan bahwa jenis pasar tersebut adalah ....

(A) pasar bebas

(B) pasar internasional

(C) pasar global

(D) pasar multilateral

Jawaban: B

9. Kalender Jawa adalah hasil interaksi antara pengetahuan Islam dengan budaya masyarakat lokal yang terjadi di masa kerajaan Islam di Indonesia. Pola interaksi yang sama dapat ditemukan terjadi dalam masyarakat atau komunitas lain seperti yang terjadi di Jepang dengan munculnya komik Manga kontemporer (Kompasiana.com, 26/07/2021). Dengan memahami substansi interaksi sosial yang melandasi penciptaan kalender Jawa, maka komik Manga di Jepang akan berisikan ....

(A) labelisasi budaya Islam

(B) afirmasi budaya Islam

(C) sosialisasi budaya Islam

(D) komodifikasi budaya Islam

Jawaban: -

10. Perubahan iklim berdampak langsung pada bidang Agrikultur. Fakta ini terlihat di beberapa wilayah pedesaan dalam wujud praktik pertanian yang berubah menjadi model ecofarming sebagai salah satu usaha untuk menurunkan efek gas rumah kaca. Praktik pertanian model ecofarming yang sesuai adalah seperti ....

(A) penggunaan pupuk kompos

(B) perubahan pola tanam lama

(C) melakukan intensifikasi pertanian

(D) mengganti jenis pupuk kimia

Jawaban: A

11. Konflik sosial di Desa X dipicu oleh penolakan masyarakat atas rencana pemerintah daerah untuk menambang batuan Andesit untuk kepentingan proyek pembangunan Bendungan Y. Terdapat tiga alasan penolakan yang mengemuka di media massa yaitu yang bersifat ekologis, budaya, dan ekonomi. Di antara ketiga alasan tersebut, salah satunya dapat ditemukan dalam QS. Al-A'raf: 58 berikut:

وَٱلْبَلَدُ ٱلطَّيِّبُ يَخْرُجُ نَبَاتُهُۥ بِإِذْنِ رَبِّهِۦ ۖ وَٱلَّذِى خَبُثَ لَا يَخْرُجُ إِلَّا نَكِدًا ۚ كَذَٰلِكَ نُصَرِّفُ ٱلْءَايَٰتِ لِقَوْمٍ يَشْكُرُونَ

Dengan mengacu pada ayat di atas, alasan penolakan lebih dikarenakan ...

(A) memudarnya budaya lokal

(B) hilangnya mata pencaharian

(C) beralihnya fungsi lahan pertanian

(D) dampaknya kerusakan pada tanah

Jawaban: D

13. Prinsip pengelolaan lingkungan dapat ditemukan pada perintah dalam QS. Al-A'raf: 56 berikut ini:

وَلَا تُفْسِدُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَٰحِهَا وَٱدْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ ٱللَّهِ قَرِيبٌ مِّنَ ٱلْمُحْسِنِينَ

Prinsip pengelolaan lingkungan yang dimaksud adalah ....

(A) recycle

(B) reduce

(C) refuse

(D) reuse

Jawaban: C

14. Terbentuknya bangsa dan negara Indonesia adalah buah dari proses panjang yang telah dimulai sejak awal Abad 20. Para tokoh kebangsaan dengan gigih mensosialisasikan kesadaran atas kehidupan sebagai sebuah bangsa dibawah kolonialisme. Proses kebangsaan ini dilakukan secara kontinu yang penuh dengan ujian dan tantangan yang kemudian berbuah kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Proses panjang perjuangan seperti ini dapat dipahami pada kesejarahan Islam yang tertuang dalam ....

(A) QS. Al-Nasr

(B) QS. Al-Kafirun

(C) QS. Al-Naba’

(D) QS. Al-Bayyinah

Jawaban: A

15. Bani Abbasiyah meninggalkan variabel sosial yang penting untuk kemajuan peradaban masyarakat Islam di Abad 13. Institusi sosial yang sama dapat ditemukan pada tumbuhnya kebangsaan di kalangan masyarakat Indonesia di awal Abad 20 yang secara tidak langsung dihasilkan dari ....

(A) tumbuhnya organisasi pergerakan

(B) politik etis pemerintah kolonial

(C) rasa senasib sepenanggungan

(D) berita di media milik pribumi

Jawaban: C

16. Masalah slum adalah konsekuensi dari keterbukaan kota sebagai tempat tinggal yang terjadi seiring dengan tingginya laju migrasi masyarakat dari pedesaan yang kebanyakan memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Fenomena sosial pemukiman seperti ini dipicu oleh...

(A) keterjutan budaya

(B) pergeseran profesi

(C) kesenjangan pengetahuan

(D) distribusi pendapatan

Jawaban: D

17. Tercatat dalam sejarah terdapat satu masa pemerintahan di Indonesia yang jatuh karena dampak langsung dari perkembangan politik aliran yang berujung pada ketidakstabilan politik di pemerintahan. Faktor lain yang turut berperan pada kejatuhan pemerintahan tersebut adalah basis ekonomi masyarakat yang lemah dan pergantian konstitusi dasar. Beberapa faktor kejatuhan ini dapat ditemukan pada masa pemerintahan <@isian>

Jawaban: Orde Baru

18. Globalisasi memediasi masuknya nilai sosial budaya baru yang berdampak pada perubahan kognitif dan material masyarakat. Salah satu bentuk perubahan kognitif yang berkembang di masyarakat adalah ....

(A) beredarnya film Barat

(B) masuknya perusahaan asing

(C) pola makan fast food

(D) keberadaan barang impor

Jawaban: C

19. Faktor pendorong terjadinya interaksi antara dua ruang adalah perbedaan potensi bentang alam. Perbedaan ini berelasi dengan kecenderungan penduduk di wilayah tersebut dalam suatu rantai ekonomi. Jika daerah "A" adalah seperti yang tergambarkan dalam QS. Al Buruj: 4 dan daerah “B” direpresentasikan dalam QS. ‘Abasa: 28, posisi yang muncul adalah....

(A) daerah “A” adalah konsumen sementara daerah “B” adalah produsen holtikultura

(B) daerah “A” adalah distributor sementara daerah “B” produsen hasil kelautan

(C) daerah “A” adalah produsen barang tambang sementara daerah “B” adalah konsumen

(D) daerah “A” adalalah konsumen sementara daerah “B” adalah produsen hasil kehutanan

Jawaban: A

21. Sebagai supplier bahan makanan bayi, Pak Amin hampir satu bulan sekali mengirimkan bahan makanan tersebut ke kota Darussalam. Namun karena musim penghujan berkepanjangan mengakibatkan jalan di kota itu mengalami kerusakan parah, sehingga tidak bisa dilalui oleh armada milik pak Amin. Akibatnya pak Amin memutuskan untuk mengalihkan ke wilayah lain untuk menekan kerugian. Berdasarkan ilustrasi di atas, interaksi keruangan yang terjadi adalah ....

(A) intervening opportunity

(B) complementarity

(C) transformation

(D) transferablity

Jawaban: D

22. Perhatikan QS. Al-Hujurat: 13 berikut!

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Dalam pandangan ilmu geografi, makna ayat di atas dapat digunakan untuk ....

(A) menganalisis gejala, fakta dan hubungan antara gejala geografi

(B) menganalisis hubungan antargejala fisik dan non fisik geografi

(C) menganalisis gejala, fakta dan masalah geografi

(D) menganalisis gejala dan masalah geografi

Jawaban: B

25. Ibu Budi dan Ibu Wati merupakan tetangga satu perumahan. Suatu hari keduanya terlibat konflik lahan fasum di depan rumah. Keduanya saling mengklaim sebagai pengguna yang sah lahan tersebut. Warga berusaha melerai, namun tidak mampu, akhirnya Ibu Budi dan Ibu Wati sepakat dengan warga memanggil Ketua dan pengurus RT untuk menyelesaikannya.

Berdasarkan narasi di atas, bentuk proses sosial akomodasi yang sesuai adalah ....

(A) kompromi

(B) konsoliasi

(C) arbitrasi

(D) mediasi

Jawaban: C

26. Perhatikan hadis Imam Bukhari sebagai berikut!

المسلم أخو المسلم، لا يظلمه، ولا يسلمه، ومن كان في حاجة أخيه كان الله في حاجته، ومن فرج عن مسلم كربة فرج الله عنه كربة من كرب يوم القيامة، ومن ستر مسلما ستره الله يوم القيامة

Berdasarkan hadis di atas, prinsip interaksi sosial yang tepat adalah ....

(A) saling memperkuat diri

(B) saling meringankan beban diri

(C) saling menjaga satu sama lain

(D) saling menghormati satu sama lain

Jawaban: B

28. Jakarta, Kominfo – Keberagaman suku, agama, dan ras bangsa Indonesia merupakan keunikan tersendiri yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia. Namun, tidak sedikit pula konflik yang terjadi akibat keberagaman itu sendiri. Untuk itu, dibutuhkan upaya menciptakan kerukunan antar umat agar dapat menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

“Saya berharap seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas), terutama yang berbasis agama, untuk terus berperan dan berkontribusi dalam upaya ikut menjaga antar umat beragama, membangun kesatuan dan keutuhan nasional, karena kerukunan adalah faktor utama dalam menjaga keutuhan bangsa,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional 2572 Kongzili melalui konferensi video di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro No.2, Jakarta, Minggu (14/02/21).

Berdasarkan nilai-nilai al-Qur’an, kesimpulan yang tepat untuk berita di atas adalah proses interaksi mengamalkan ....

(A) prinsip ta’awun

(B) prinsip al-syu’ub

(C) prinsip al-nahdah

(D) prinsip ta’aruf

Jawaban: B

29. Pada suatu pasar grosir, ketika harga cabe kriting hijau per 1 kg Rp. 55.000,00, maka jumlah yang dijual pedagang sebanyak 25 kg per hari. Adanya kenaikan harga menjadi Rp. 10.000,00 per 1 kg membuat pedagang ingi menambah penjualan cabe kriting hijau menjadi 35 kg per hari.

Berdasarkan narasi di atas, hukum ekonomi yang berlaku adalah ....

(A) hukum permintaan

(B) hukum penawaran

(C) hukum pertukaran

(D) hukum penjualan

Jawaban: A atau B

31. Perhatikan QS. Al-Maidah: 1 berikut!

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَوْفُوا۟ بِٱلْعُقُودِ ۚ أُحِلَّتْ لَكُم بَهِيمَةُ ٱلْأَنْعَٰمِ إِلَّا مَا يُتْلَىٰ عَلَيْكُمْ غَيْرَ مُحِلِّى ٱلصَّيْدِ وَأَنتُمْ حُرُمٌ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ يَحْكُمُ مَا يُرِيدُ

Prinsip dasar yang ditemukan pada ayat di atas adalah ....

(A) prinsip kemudahan transaksi

(B) prinsip kehalalan barang

(C) prinsip kejelasan status

(D) prinsip kejujuran hati

Jawaban: B

32. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada satu prinsip dagang yang terkenal. Dengan modal sekecil-kecilnya, meraih keuntungan sebesar-besarnya.
Maka tidak mengherankan, demi mengejar keuntungan yang besar, apa pun akan dilakukan. Bahkan, sebagian pelaku perdagangan bersedia melanggar ketentuan hukum.

Maraknya praktik menimbun barang dagang di saat suplai terhambat dan masyarakat membutuhkan, diduga terkait motif ini. Para penimbun barang berharap dengan semakin langka di pasaran, harga pun akan melonjak. Di saat itulah, barang baru dijual dan mereka meraup keuntungan berlipat ganda.

Hal ini tentu tidak dibenarkan. Sebab, sangat menyengsarakan masyarakat banyak. Mementingkan keuntungan pribadi ketika yang lain kesulitan. Tindakan semacam itu patut dicela. Maka itu, para pelakunya bisa dijerat hukum. Sejatinya, bisnis dan perdagangan adalah
keniscayaan.

Berdasarkan berita di atas, nilai Islam yang tepat untuk diimplementasikan adalah <@isian>

33. Prasasti Yupa merupakan salah satu hasil budaya masyarakat Kutai, yaitu tugu batu yang merupakan warisan nenek moyang dari zaman Megalitikum berbentuk Menhir, dengan fungsi utama adalah tempat pemujaan ....

(A) Dewa Wisnu

(B) Dewa Krisna

(C) Dewa Siwa

(D) Dewa Brahma

Jawaban: C

34. Pendidikan merupakan salah satu saluran penyebaran Islam di nusantara, salah satu fakta historis yang menunjukkan penggunaan saluran itu adalah ....

(A) digunakannya pondok pesantren oleh Wali Songo sebagai pusat pendidikan dan dakwah Islam di Indonesia

(B) diutusnya Datuk Ribandang oleh Sunan Giri untuk mendirikan pesantren di Gowa-Tallo dan Kalimantan Timur

(C) digunakannya sekolah-sekolah oleh Datuk Ribandang untuk mengislamkan kerajaan Gowa Tallo dan Kalimantan Timur

(D) diutusnya Sunan Giri oleh Sunan Ampel untuk mendirikan pondok pesantren di wilayah Gresik dan Tuban

Jawaban: A

36. Perhatikan QS. Al-Shaff: 2-3 berikut!

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفْعَلُونَ

كَبُرَ مَقْتًا عِندَ ٱللَّهِ أَن تَقُولُوا۟ مَا لَا تَفْعَلُونَ

Ayat tersebut merupakan panduan para penyebar Islam di Indonesia yang mengandung prinsip ....

(A) memberi kemudahan dalam beragama

(B) memberi pemahaman bukan mendikte

(C) memberi ketauladanan dalam hidup

(D) memberi semangat bukan menjatuhkan

Jawaban: C

37. Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan besar terhadap interaksi sosial masyarakat. Beruntungnya, teknologi informasi dan komunikasi mampu menjembatani interaksi sosial tersebut, dari yang bersifat tatap muka fisik menjadi tatap virtual (google meet, zoom, whattsapp). Berdasarkan narasi di atas perubahan dalam interaksi sosial terjadi karena ....

(A) perubahan dari jarak wilayah

(B) perubahan dari jarak sosial

(C) perubahan dalam frekuensi

(D) perubahan dalam bermedia

Jawaban: B

38. Tanpa alasan yang jelas, siswa dari sekolah A dan B terlibat tawuran antarsiswa. Siapa yang mulai dan karena masalah apa belum diketahui secara pasti. Tetiba saja beberapa murid sekolah A dan B terlibat tawuran. Melihat kondisi itu, seorang guru segera melakukan upaya penyelesaian dengan mengajak perwakilan siswa sekolah A dan B beserta gurunya.

Nilai-nilai Islam yang diimplementasikan guru dalam menyelesaikan masalah sebagaimana narasi di atas adalah ....

(A) al-sulh

(B) al-tahkim

(C) al-wasath

(D) al-islah

Jawaban: D

40. Perhatikan QS. Al-Nisa: 35 berikut!

وَإِنْ خِفْتُمْ شِقَاقَ بَيْنِهِمَا فَٱبْعَثُوا۟ حَكَمًا مِّنْ أَهْلِهِۦ وَحَكَمًا مِّنْ أَهْلِهَآ إِن يُرِيدَآ إِصْلَٰحًا يُوَفِّقِ ٱللَّهُ بَيْنَهُمَآ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلِيمًا خَبِيرًا

Prinsip dasar yang dapat ditemukan pada ayat di atas adalah <@isian>

Jawaban: Mediasi

Untuk mengetahui 40 soal KSM IPS MTs 2022 secara lengkap, silahkan klik link di bawah ini.

>>> KLIK DISINI

Untuk mengetahui pembahasan dan kunci jawaban soal KSM IPS MTS 2022, silahkan kunjungi tautan ini. >>> https://www.youtube.com/@nennydamay/search?query=KSM%20IPS%20MTS

Demikian terkait soal KSM IPS MTs 2022 dan kunci jawaban untuk latihan soal KSM IPS terintegrasi MTs 2023 tingkat Kabupaten.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah