45 Soal Sumatif PAT UKK Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Semester 2 PDF Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka 2023

- 6 Juni 2023, 18:40 WIB
45 Soal Sumatif PAT UKK Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Semester 2 PDF Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka 2023
45 Soal Sumatif PAT UKK Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Semester 2 PDF Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka 2023 /pexels.com

Portal Kudus - Berikut ini soal sumatif PAT UKK Bahasa Indonesia kelas 8 (delapan) SMP semester 2 PDF sesuai dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka tahun 2023.

Mari teman-teman kelas 8 (delapan) SMP belajar soal sumatif PAT UKK Bahasa Indonesia semester 2 PDF dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka untuk persiapan kenaikan kelas.

Adapun soal sumatif PAT UKK Bahasa Indonesia kelas 8 (delapan) SMP semester 2 PDF dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka ini berjumlah 45 butir pertanyaan yang dilengkapi kunci jawaban.

Baca Juga: 35 Soal Sumatif PAT UKK Matematika Kelas 8 SMP Semester 2 PDF Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka 2023

Kunci jawaban soal Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 dapat teman-teman temukan di bagian akhir artikel.

Jika ada gambar, tabel, atau soal yang kurang jelas, bisa dicek di file PDF yang dibagikan di akhir ya.

Semoga dengan belajar soal Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 ini teman-teman bisa mendapat nilai yang bagus.

Yuk, langsung saja kita belajar bermacam soal Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2.

Soal PAT/UKK Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2

1. (1) Kehidupan di bumi dimulai dari lautan. (2) Hal ini ditunjukkan dengan adanya hewan sederhana yang hidup di dalam air tawar dan lautan. (3) Selanjutnya organisme-organisme tersebut menuju air tawar dan akhirnya ke daratan. (4) Beberapa jenis di antaranya ada yang kembali ke lautan.

Konjungsi kronologis dalam kutipan teks tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….
A. -1 C. -3
B. -2 D. -4

2. (1) Kehidupan di bumi dimulai dari lautan. (2) Hal ini ditunjukkan dengan adanya hewan sederhana yang hidup di dalam air tawar dan lautan. (3) Selanjutnya organisme-organisme tersebut menuju air tawar dan akhirnya ke daratan. (4) Beberapa jenis di antaranya ada yang kembali ke lautan.

Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan isi teks di atas adalah …
A. Awal mula kehidupan di bemi dimulai dari lautan.
B. Organisme lautan menuju air tawar dan akhirnya ke daratan.
C. Adanya hewan yang hidup di air tawar dan laut.
D. Hewan laut yang menuju air tawar dan daratan tidak kembali ke laut.

3. Perhatikan susunan kalimat acak berikut!
a. Perubahan yang dimaksud berupa pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan putusnya mata rantai dalam ekosistem.
b. Keseimbangan lingkungan itu dapat terganggu bila terjadi perubahan.
c. Salah satu faktor penyebab gangguan adalah polusi di samping faktor-faktor yang lain.
d. Keseimbangan lingkungan secara alami dapat berlangsung karena beberapa hal.

Susunan kalimat acak tersebut dengan pola pengembangan yang benar adalah ….
A. d – b – a – c C. d – c – a – b
B. d – b – c – a D. d – a – b – c

4. (1) Pada Film Perahu Kertas, karakter digambarkan dengan sangat kuat dan apik. (2) Pesan moral yang terkandung dengan baik di dalam cerita menjadi bumbu dari film ini. (3) Penjiwaan maksimal yang diperankan oleh para pemain serta alur cerita dan konflik yang bagus digambarkan selama cerita berlangsung. (4) Sementara itu, eksploitasi kehidupan pribadi masing-masing tokoh akhirnya memecah perhatian para penonton. (5) Akhir cerita dari film ini juga terkesan menggantung tanpa ada kejelasan bagaimana film ini berlanjut.

Berdasarkan isi teks di atas termasuk jenis ….
A. Teks eksplanasi C. Teks eksposisi
B. Teks ulasan D. Teks deskripsi

5. (1) Pada Film Perahu Kertas, karakter digambarkan dengan sangat kuat dan apik. (2) Pesan moral yang terkandung dengan baik di dalam cerita menjadi bumbu dari film ini. (3) Penjiwaan maksimal yang diperankan oleh para pemain serta alur cerita dan konflik yang bagus digambarkan selama cerita berlangsung. (4) Sementara itu, eksploitasi kehidupan pribadi masing-masing tokoh akhirnya memecah perhatian para penonton. (5) Akhir cerita dari film ini juga terkesan menggantung tanpa ada kejelasan bagaimana film ini berlanjut.

Pernyataan yang merupakan keunggulan buku pada teks di atas ditandai dengan nomor ….
A. (1), (2), (3) C. (2), (3), (5)
B. (1), (2), (4) D. (3), (4), (5)

6. (1) Pada Film Perahu Kertas, karakter digambarkan dengan sangat kuat dan apik. (2) Pesan moral yang terkandung dengan baik di dalam cerita menjadi bumbu dari film ini. (3) Penjiwaan maksimal yang diperankan oleh para pemain serta alur cerita dan konflik yang bagus digambarkan selama cerita berlangsung. (4) Sementara itu, eksploitasi kehidupan pribadi masing-masing tokoh akhirnya memecah perhatian para penonton. (5) Akhir cerita dari film ini juga terkesan menggantung tanpa ada kejelasan bagaimana film ini berlanjut.

Pernyataan yang merupakan kekurangan buku ditandai nomor ….
A. (1), (2) C. (2), (4)
B. (2), (3) D. (4), (5)

7. Bacalah Kutipan teks ulasan berikut ini!
Hujan merupakan buku novel karya Tere Liye yang bercerita tentang kemauan tokoh utama yang bernama Lail. Seorang Lail ingin menghapus semua ingatannya tentang seseorang dan kemudian meminta bantuan Elijah. Setelah itu Lail mengingat alasan kenapa ia harus menghapus ingatannya tersebut. Kemudian alasan tersebut ia utarakan kepada Elijah.

Kutipan teks ulasan tersebut merupakan bagian ….
A. Sinopsis C. Analisis
B. Evaluasi D. Orientasi

8. Struktur teks ulasan yang benar di bawah ini adalah ….
A. Identitas karya, orientasi, sinopsis, evaluasi
B. Identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi
C. Orientasi, analisis, identitas diri, sinopsis, evaluasi
D. Identitas karya, intisari, orientasi, sinopsis, evaluasi

9. Bacalah penggalan teks ulasan beikut!
Lail adalah seorang gadis yatim piatu yang berumur 13 tahun. Ia menjadi yatim piatu sejak terjadi bencana alam di tempat ia tinggal. Saat bencana itu, ia bertemu dengan pemuda yang menyelamatkan hidupnya. Pemuda tersebut bernama Esok.

Lail dan Esok kemudian terjebak dalam kisah percintaan selama berada di pengungsian dan selalu bersama. Tetapi kisah cintanya bukan percintaan yang biasanya, karena mereka berdua memiliki cara yang tepat dalam menjaga hati mereka masing-masing. Dalam cerita ini juga terdapat sosok yang bernama Maryam yang merupakan sahabat Lail.

Berdasarkan penggalan teks ulasan di atas konjungsi temporal yang tepat adalah ….
A. Sejak C. Dan
B. Dengan D. Akhirnya

10. Bacalah kutipan teks ulasan berikut!
Lail dan Maryam bertemu setelah waktu pengungsian dan mereka berdua pindah ke panti. Sayangnya, hubungan Lail dan Maryam sangat akrab. Maryam yang sangat tahu bahwa hubungan Esok dengan Lail itu lebih dari sekedar percintaan biasa. Dengan kepribadian Lail yang introver, dia tidak marah saat Maryam menggoda hubungan yang terjalin antara mereka berdua

Kata introver dalam cuplikan tersebut semakna dengan ….
A. terbuka C. terpendam
B. tertutup D. terdalam

11. Bacalah Kutipan teks ulasan berikut ini!
Novel Sang Pemimpi disajikan dengan bahasa yang indah ini mampu membuat pembaca seakan larut dalam cerita tersebut. Buku novel ini juga memiliki lelucon-lelucon yang dapat membuat pembaca tertawa. [….] Beliau juga memiliki wawasan yang sangat luas.

Kalimat berisi keunggulan buku untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A. Cerpen ini sangat menarik isinya.
B. Novel ini tidak mengurangi inti pesan dari buku ini yang mengajarkan tentang hal yang tidak mungkin bisa diwujudkan dengan kerja keras.
C. Dari buku ini, pembaca akan mengetahui bahwa Andrea Hirata ternyata memiliki pribadi yang cerdas dalam mengolah kata-kata.
D. Meski disebut sebagai buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi, buku ini nyaris tidak ada hubungannya dengan Laskar Pelangi.

12. Bacalah Kutipan teks ulasan berikut ini!
Judul : Mengarang, Apa Susahnya
Pengarang : Saya Harto
Penerbit : Pustaka Cahaya
Tahun terbit : 2015
Tebal : 180 halaman
Kelebihan : Mampu menyajikan ide-ide kreatif dan motivasi dAlam proses belajar mengarang
Kekurangan : Buku tersebut terkesan mahal.

Paragraf yang tepat berdasarkan buku tersebut adalah …
A. Buku ini telah menjadi pedoman awal bagi orang yang ingin belajar da beberapa teori yang menjadi acuan dalam mengarang bisa gampang.
B. Buku setebal 180 halaman ini sangat baik sebagai acuan dalam mengarang. Tiap bagiannya pun dijelaskan dengan baik.
C. Buku setebal 180 halaman ini sangat baik sebagai acuan dalam mengarang. Tiap bagiannya pun dijelaskan degan baiak. Ide kreatif, tapi harganya mahal.
D. Buku setebal 180 halaman ini sangat baik. Ide-ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar mengarang disajikan dengan baik pula. Sayangya buku ini sangat mahal.

13. Bacalah teks ulasan berikut!
Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, sederet film asing mengenai lingkungan hidup diputar. Film-film tersebut mengupas berbagai kasus dan kondisi bumi saat ini serta orang-orang pelestari bumi yang penuh inspirasi.Sebagian besar film tersebut menceritakan sosok yang mengabdi secara total kepada alam.Mereka gigih merawat kondisi bumi di lingkungan masing-masing.

Ide pokok teks ulasan tersebut adalah ...
A. Pemutaran film dalam rangka memperingati Hari Bumi.
B. Film yang mengupas proses pelestarian lingkungan.
C. Film yang menceritakan pengabdian seorang pelestari bumi.
D. Cara melestarikan lingkungan yang baik.

14. Dari kutipan teks berikut ini, manakah yang termasuk kutipan teks persuasi?
A. Puisi yang berjudul sahabat terbaikku ini merupakan puisi karya Frizka Tirani. Puisi ini menceritakan sahabat terbaik penulis. Mereka melalui semua waktu yang ada bersama. Begitu banyak momen yang mereka lalui mengalir saja tanpa terasa. Penulis menceritakan banyak hal yang mereka lakukan untuk menjalani hidup yang mereka miliki.
B. Pada tahun 2004, ibu Keenan datang ke Bali menemui Keenan untuk memberitahu kondisi ayahnya yang sedang kritis. Kemudian Keenan memutuskan untuk pulang ke Jakarta dan sebelum pergi, ia berjanji kepada Luhde bahwa ia akan kembali ke Bali setelah ayahnya sembuh.
C. Kebiasaan lain yang perlu untuk terus dilakukan adalah membuang sampah pada tempatnya. Biarkanlah sungai-sungai tetap bersih dan jernih dengan tidak adanya sampah yang mencemarinya. Dengan begitu, maka sungai akan bersih dan tidak tersumbat, sehingga saat musim penghujan tiba, tidak ada lagi banjir yang melanda suatu kawasan.
D. Puncak hujan meteor Lyrid diprediksi terjadi malam ini hingga dini hari nanti, 21-22 April 2020. Fenomena ini diklaim akan mempertunjukkan langit malam terbaik, jika kondisi cuaca memungkinkan.

15. Bacalah teks persuasi berikut ini!
Sarapan mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah menghindarkan seseorang dari resiko mudahnya terserang penyakit akibat kelelahan. Tidak sarapan juga bisa mengakibatkan tidak lancarnya asupan darah ke otak sehingga menjadi sulit konsentrasi. Oleh karena itu, sebisa mungkin lakukan sarapan supaya tubuh lebih berenergi.

Pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai dengan isi teks persuasi di atas adalah …
A. Sarapan membuat seseorang tidak mudah terserang penyakit.
B. Sarapan menjadikan mudah berkonsentrasi karena asupan darah ke otak lancar.
C. Sarapan dapat membuat tubuh lebih berenergi.
D. Meninggalkan sarapan bisa membuat badan gemetar dan gelisah.

16. Bacalah kutipan teks persuasi berikut!
(1) Dampak buruk merokok tidak hanya akan diterima orang yang menghisap rokok, tetapi juga orang-orang di sekitar yang terpapar asap rokok. (2) Bahkan orang yang terpapar asap rokok, atau yang biasa disebut perokok pasif, memiliki potensi terkena dampak buruk rokok lebih tinggi daripada perokok aktif. (3) Banyak perokok yang telah mengalami sakit parah akibat perbuatannya yang sia-sia. (4) Karena dampak negatifnya begitu besar, hindarilah merokok. (5) Dengan menghindarkan diri dari merokok maka kita sedang menghindarkan diri sendiri dan orang-orang di sekitar dari bahaya.

Kalimat persuasi dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat .…
A. (1), (2) C. (3), (4)
B. (1), (3) D. (4), (5)

17. Bacalah kutipan teks persuasi berikut!
Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Untuk menghindari bahaya limbah rumah tangga yang berasal dari sisa sabun mandi, deterjen, sampo, sabun cuci piring, dan lain-lain dapat dilakukan dengan cara memakai produk yang lebih ramah lingkungan. Sedangkan untuk limbah yang dapat di daur ulang, dapat dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat. Misalnya sisa sayuran dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos untuk menyuburkan tanah.

Simpulan dari paragraf persuasi di atas adalah …
A. Beberapa upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan.
B. Penggunaan sabun cuci berbahan alami ramah lingkungan.
C. Daur ulang limbah menjadi sesuatu yang bermanfaat.
D. Membuat kompos dari sisa sayuran untuk menjaga kebersihan lingkungan.

18. Pro kontra tentang ujian nasional (UN) sebagai penentu kelulusan seorang siswa memang telah menjadi perdebatan sejak dulu. Banyak yang menganggap tidak adil apabila proses belajar selama tiga tahun di bangku sekolah hanya ditentukan selama empat hari. Akibatnya, tak jarang banyak siswa yang tidak bersungguh-sungguh dalam menjalankan proses belajar di sekolah karena menganggap hal terpenting adalah hanya bisa mengerjakan ujian nasional (UN).

Penggunaan konjungsi argumentatif yang tepat dalam teks persuasi di atas adalah…
A. Akibatnya, tak jarang banyak siswa yang tidak bersungguh-sungguh dalam menjalani proses belajar di sekolah.
B. Banyak yang menganggap tidak adil apabila proses belajar selama tiga tahun di bangku sekolah hanya ditentukan selama empat hari
C. Pro kontra tentang ujian nasional (UN) sebagai penentu kelulusan seorang siswa memang telah menjadi perdebatan dari dulu
D. Anggapan hal terpenting adalah hanya bisa mengerjakan ujian nasional (UN)

19. Pro kontra tentang ujian nasional (UN) sebagai penentu kelulusan seorang siswa memang telah menjadi perdebatan sejak dulu. Banyak yang menganggap tidak adil apabila proses belajar selama tiga tahun di bangku sekolah hanya ditentukan selama empat hari. Akibatnya, tak jarang banyak siswa yang tidak bersungguh-sungguh dalam menjalankan proses belajar di sekolah karena menganggap hal terpenting adalah hanya bisa mengerjakan ujian nasional (UN).

Penggalan teks persuasi di atas merupakan bagian struktur ....
A. Pernyataan ajakan C. Rangkaian argumen
B. Pengenalan isu D. Penegasan kembali

20. Bacalah kutipan teks persuasi berikut!
Dampak buruk limbah dan beberapa upaya menanggulangi telah disampaikan di atas. Upaya tersebut memang bukan cara-cara ajaib yang begitu saja dapat menyelematkan lingkungan. Namun setidaknya dapat meminimalisasi dampak buruk dari limbah rumah tangga di lingkungan kita. Demi kesehatan lingkungan dan kesehatan diri sendiri, mari kita mulai memperhatikan lingkungan dengan memperhatikan sisa limbah rumah tangga yang kita hasilkan sendiri.

Penggalan teks persuasi di atas merupakan bagian struktur
A. Pernyataan ajakan C. Rangkaian argumen
B. Pengenalan isu D. Penegasan kembali

21. Pasien yang berobat dan dirawat di Rumah Sakit Medika tidak dilayani dengan ramah. Dokter yang (…) rutin memeriksa kondisi pasien sering tidak tepat waktu. Para perawat yang merawat pasien tidak berwajah ramah. Fasilitas dan peralatan yang dimiliki tidak lengkap sehingga banyak pasien yang berpindah ke Rumah Sakit lain. Oleh karena itulah pasien yang akan masuk ke Rumah Sakit Medika (…) berpikir sebelum memutuskan untuk berobat di Rumah Sakit tersebut.

Kata-kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dalam paragraf persuasi di atas adalah….
A. Oleh karena, sehingga
B. Seharusnya, sehingga
C. Hendaknya, sehingga
D. Seharusnya, hendaknya

22. Pasien yang berobat dan dirawat di Rumah Sakit Medika tidak dilayani dengan ramah. Dokter yang (…) rutin memeriksa kondisi pasien sering tidak tepat waktu. Para perawat yang merawat pasien tidak berwajah ramah. Fasilitas dan peralatan yang dimiliki tidak lengkap sehingga banyak pasien yang berpindah ke Rumah Sakit lain. Oleh karena itulah pasien yang akan masuk ke Rumah Sakit Medika (…) berpikir sebelum memutuskan untuk berobat di Rumah Sakit tersebut.

Konjungsi argumentatif yang digunakan dalam kutipan teks tersebut adalah….
A. Dan C. Oleh karena itu
B. Hendaknya D. Seharusnya

23. Pasien yang berobat dan dirawat di Rumah Sakit Medika tidak dilayani dengan ramah. Dokter yang (…) rutin memeriksa kondisi pasien sering tidak tepat waktu. Para perawat yang merawat pasien tidak berwajah ramah. Fasilitas dan peralatan yang dimiliki tidak lengkap sehingga banyak pasien yang berpindah ke Rumah Sakit lain. Oleh karena itulah pasien yang akan masuk ke Rumah Sakit Medika (…) berpikir sebelum memutuskan untuk berobat di Rumah Sakit tersebut.

Berdasarkan teks di atas, harapan penulis adalah…
A. Pasien yang berobat dan dirawat di Rumah Sakit Medika tidak dilayani dengan ramah.
B. Dokter yang seharusnya rutin memeriksa kondisi pasien sering tidak tepat waktu.
C. Para perawat yang merawat pasien tidak berwajah ramah.
D. Pasien yang akan masuk ke Rumah Sakit Medika hendaknya berpikir sebelum memutuskan untuk berobat di Rumah Sakit tersebut.

24. Pernyataan berikut yang bukan karakteristik atau ciri-ciri utama drama adalah….
A. Seluruh cerita drama berbentuk dialog
B. Merupakan jenis cerita non fiksi
C. Dialog drama tidak menggunakan tanda petik
D. Teks drama dilengkapi dengan petunjuk tertentu yang harus dilakukan oleh tokoh.Teks drama dilengkapi dengan petunjuk tertentu yang harus dilakukan oleh tokoh.

25. Pernyataan berikut yang bukan tanda-tanda tokoh utama adalah …
A. Paling sering muncul dalam setiap adegan.
B. Menjadi sentral atau pusat perhatian tokoh-tokoh yang lain.
C. Kejadian-kejadian yang melibatkan tokoh lain selalu dapat dihubungkan dengan peran tokoh utama.
D. Dialog-dialog yang dilibatkan tokoh lain tidak harus berkaitan dengan peran tokoh utama.

26. Perhatikan paragraft drama berikut!
Andika : (bicara sendiri)
Sudah jam setengah delapan lewat, Kemana perginya, bagas?
Gandhi : (masih di dalam)
Ya Kak. (keluar menemui Andika)
Andika : (duduk)
Ke mana katanya, Bagas tadi?
Gandhi : Mau memancing ke tempat kita mendapat ikan besar dahulu, Kak.
Andika : Kenapa kau bolehkan saja? Kalau ayah dan ibu tahu, tentu akan marah.

Latar tempat dan waktu kutipan drama tersebut adalah ….
A. di pemancingan; siang hari
B. di pemancingan; malam hari
C. di teras depan rumah; pukul setengah delapan lewat
D. di teras belakang rumah; pukul setengah delapan

27. Perhatikan paragraft drama berikut!
Andika : (bicara sendiri)
Sudah jam setengah delapan lewat, Kemana perginya, bagas?
Gandhi : (masih di dalam)
Ya Kak. (keluar menemui Andika)
Andika : (duduk)
Ke mana katanya, Bagas tadi?
Gandhi : Mau memancing ke tempat kita mendapat ikan besar dahulu, Kak.
Andika : Kenapa kau bolehkan saja? Kalau ayah dan ibu tahu, tentu akan marah.

Berdasarkan sifatnya, Andika termasuk tokoh ….
A. protagonis C. sentral
B. antagonis D. bawahan

28. Perhatikan paragraft drama berikut!
Andika : (bicara sendiri)
Sudah jam setengah delapan lewat, Kemana perginya, bagas?
Gandhi : (masih di dalam)
Ya Kak. (keluar menemui Andika)
Andika : (duduk)
Ke mana katanya, Bagas tadi?
Gandhi : Mau memancing ke tempat kita mendapat ikan besar dahulu, Kak.
Andika : Kenapa kau bolehkan saja? Kalau ayah dan ibu tahu, tentu akan marah.

Konflik dalam kutipan drama tersebut adalah …
A. Gandhi dan Andika takut ayah dan ibu marah
B. Andika cemas menunggu Bagas
C. Gandhi khawatir orang tuanya tidak pulang
D. Gandhi marah kepada Andika

29. Struktur drama yang tepat adalah ….
A. orientasi, komplikasi, resolusi
B. prolog, komplikasi, resolusi
C. prolog, dialog, epilog
D. orientasi, dialog, epilog

30. Struktur bagian drama yang mengenalkan tokoh, latar, dan latar belakang cerita adalah ….
A. Prolog C. Orientasi
B. Epilog D. Dialog

31. Perhatikan paragraft berikut!
Pak Pikun : "Mau lari kemana lagi, heh? Kupukul (….) sekarang!
Ibu : Sabar, pak! Tunggu dulu!
Pak Pikun : Tunggu apa lagi, Bu! Anak enggak benar ini harus (….) hajar biar kapok
Ibu : Tunggu dulu! Siapa tahu, jidul benar tidak mencuri dan Pak pikun yg tidak benar menaruh arlojinya!"
Pak Pikun : Tidak mungkin Bu! (….) yakin si brengsek ini pencurinya
Tritis : (Melihat tagan pak pikun)
Eh, lihat! Arlojinya kan itu! Dipergelangan tangan kananmu, pak pikun lihat! (Tertawa)
Ibu : O, iya! Dasar pak pikunta pikun (tertawa geli)

Kata ganti yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah ….
A. kamu, kami, saya C. saya, kamu, saya
B. kamu, kita, saya D. saya, kamu, kamu

32. Perhatikan paragraft drama berikut!
Pak Pikun : "Mau lari kemana lagi, heh? Kupukul (….) sekarang!
Ibu : Sabar, pak! Tunggu dulu!
Pak Pikun : Tunggu apa lagi, Bu! Anak enggak benar ini harus (….) hajar biar kapok
Ibu : Tunggu dulu! Siapa tahu, jidul benar tidak mencuri dan Pak pikun yg tidak benar menaruh arlojinya!"
Pak Pikun : Tidak mungkin Bu! (….) yakin si brengsek ini pencurinya
Tritis : (Melihat tagan pak pikun)
Eh, lihat! Arlojinya kan itu! Dipergelangan tangan kananmu, pak pikun lihat! (Tertawa)
Ibu : O, iya! Dasar pak pikunta pikun (tertawa geli)

Dialog dalam teks drama tidak lepas dari kosa kata tidak baku. Kosa kata tidak baku dalam teks drama tersebut terdapat pada kalimat …
A. Sabar, Pak! Tunggu dulu!
B. Tidak mungkin, Bu! (….) yakin, si Brengsek ini pencurinya.
C. O, iya! Betul! Dasar Pak Pikun ya pikun. (tertawa geli)
D. Tunggu apa lagi Bu! Anak nggak bener ini harus (….) ajar biar kapok.

33. Perhatikan paragraft drama berikut!
Pak Pikun : "Mau lari kemana lagi, heh? Kupukul (….) sekarang!
Ibu : Sabar, pak! Tunggu dulu!
Pak Pikun : Tunggu apa lagi, Bu! Anak enggak benar ini harus (….) hajar biar kapok
Ibu : Tunggu dulu! Siapa tahu, jidul benar tidak mencuri dan Pak pikun yg tidak benar menaruh arlojinya!"
Pak Pikun : Tidak mungkin Bu! (….) yakin si brengsek ini pencurinya
Tritis : (Melihat tagan pak pikun)
Eh, lihat! Arlojinya kan itu! Dipergelangan tangan kananmu, pak pikun lihat! (Tertawa)
Ibu : O, iya! Dasar pak pikunta pikun (tertawa geli)

Makna kata kerja lari, dalam teks drama tersebut adalah …
A. menggambarkan peristiwa yang terjadi.
B. menyatakan suatu yang dipikirkan.
C. menggambarkan suatu pengalaman.
D. menyatakan suatu pengertian.

34. Perhatikan kutipan teks drama berikut ini!
Semuanya mematung. Di ujung panggung sebelah kanan tampak seorang siswi SMA memakai seragamnya sambil menggendong ransel dan membawa tempat makan serta tempat minum berwarna merah muda sedang tersenyum menatap narator. Gadis itu tidak berkata apapun, wajahnya pucat dan pasi. Matanya merah dan sedikit berair seperti baru selesai menangis. Musik tegang berbunyi, lalu suara lagu jawa berputar lirih seiring dengan lampu yang berkelap-kelip dan perlahan meredup. Lampu mati dan tirai tertutup.

Kutipan di atas dalam teks drama disebut dengan istilah ….
A. Prolog C. Monolog
B. Dialog D. Epilog

35. Berikut ini yang termasuk jenis buku fiksi adalah ….
A. buku pelajaran C. buku biografi
B. buku ilmiah popular D. buku kumpulan sajak

36. Berikut ini yang termasuk jenis buku non fiksi adalah ….
A. antologi cerpen C. antologi puisi
B. novel D. laporan penelitian

37. Perhatikan kalimat berikut ini!
Paijo berkata bahwa Juminten tidak boleh membohonginya lagi tentang pengorbanan Juminten selama ini.
Kalimat tak langsung di atas apabila diubah menjadi kalimat langsung adalah…
A. “Juminten, berhentilah membohongiku! Sudah cukup pengorbananmu selama ini.”
B. Juminten dilarang membohongi Paijo tentang pengorbanannya selama ini.
C. “Aku akan berhenti berkorban untukmu, Juminten.”
D. “Juminten melarang Paijo berbohong tentang pengorbanannya selama ini.”

38. Unsur-unsur penting sebagai daya tarik buku non fiksi adalah ….
A. tema C. alur
B. amanat D. kelogisan argumen

39. Bacalah teks berikut dengan seksama!
Pak Rifki naik taxy ke apotik yang terletak di sebelah utara terminal bis Selo Aji.
Perbaikan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut yang benar adalan …
A. Pak Rifki naik taxi ke apotek yang terletak di sebelah utara terminal bis Selo Aji.
B. Pak Rifki naik taksi ke apotik yang terletak di sebelah utara terminal bus Selo Aji.
C. Pak Rifki naik taksi ke apotek yang terletak di sebelah utara Terminal Bus Selo Aji.
D. Pak Rifki naik taxi ke apotek yang terletak di sebelah utara Terminal Bus Selo Aji.

40. Bacalah teks berikut dengan seksama!
Tolong ambilkan pensil, penghapus dan penggaris itu, Nak! “kata pak Heru”
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah …
A. “Tolong ambilkan pensil, penghapus, dan penggaris itu Nak!” kata pak Heru.
B. “Tolong ambilkan pensil, penghapus, dan penggaris itu, Nak!” kata pak Heru
C. “Tolong ambilkan pensil, penghapus dan penggaris itu, Nak!” kata pak Heru.
D. “Tolong ambilkan pensil, penghapus, dan penggaris itu, Nak!” kata pak Heru.

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

41. Buatlah kesimpulan dari paragraf persuasif berikut ini !
Sekolah merupakan salah satu sarana yang disediakan oleh pemerintah sebagai salah satu wadah pendidikan formal bagi warga negaranya. Meskipun begitu, pendidikan tentu saja tidak hanya sebatas belajar di sekolah saja, hal tersebut juga harus diimbangi dengan pendidikan karakter yang baikbagi anak-anak.

Pendidikan karakter yang paling utama didapatkan anak dari orang tua, keluarga maupun lingkungan sekitar. Selain lewat orang- orang terdekat, pendidikan didaptkan di sekolah agama atau tempat pengajian serta, tempat pengembangan pendidikan agama lainnya.

42. Buatlah paragraf teks persuasi bagian struktur ajakan-ajakan dengan tema menjauhi narkoba dengan menggunakan kata-kata penghubung yang argumentatif!

43. Tulislah 4 daya tarik sebuah buku fiksi yang bisa membuat pembaca mau menikmati suatu bacaan hingga tuntas!

44. Bacalah cuplikan cerpen di bawah ini dengan saksama!
Pasca tsunami yang melanda kwasan Pantai Carita telah memporak-porandakan daerah wisata itu. Arni termenung memandang laut dan puing-puing reruntuhan. Dia sedih mengenang adiknya yang terbawa gelombang tsunami. “Jangan melamun, gak baik!” Arni dikagetkan dengan suara neneknya. “Iya Nek, saya sedih tidak bisa menyelamatkan adik” Itu sudah takdir, kita hanya bisa pasrah dan berdoa, sudah jangan disesali.” Kataneneknya dengan mataberkaca-kaca. “Iya Nek, saya mengerti dang a akan sedih lagi” sahut Arni agak parau . “ Yuk kita pulang sudah sore nih.” Ajak si nenek, “Baik, Nek.” Jawab Arni sambil memegang tangan neneknya dan segera pulang.

Ubalah cuplikan cerpen di atas ke dalam bentuk dialog !

45. Tulislah empat jenis buku fiksi yang kalian tahu !

Untuk men-download soal dan kunci jawaban PAT/UKK Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2, teman-teman bisa mengunduh melalui link di bawah ini:

>> Link download soal Bahasa Indoensia kelas 8 semester 2 : https://shorturl.at/kFTX0

Demikian kumpulan soal PAT/UKK Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 KMA 183 yang bisa dibagikan.***

 

Editor: Ahmad Khakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x