Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2 dan Kunci Jawaban, Latihan Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 5 2023

- 13 Februari 2023, 10:45 WIB
Ilustrasi  tips belajar bahasa Inggris mudah untuk pemula.
Ilustrasi tips belajar bahasa Inggris mudah untuk pemula. /pexels/

Portal Kudus - Berikut 35 contoh soal UTS Bahasa Indonesia kelas 5 semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 tahun 2023 lengkap dengan kunci jawaban.

Dengan adanya soal UTS Bahasa Indonesia kelas 5 semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 tahun 2023 ini semoga dapat membantu para siswa untuk belajar.

Artikel ini ditujukan sebagai bahan belajar dan latihan soal dalam menghadapi ujian UTS/PTS.

 

Kumpulan soal UTS Bahasa Indonesia kelas 5 semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 tahun 2023 ini dapat dijadikan sebagai latihan soal untuk menghadapi Ujian.

Baca Juga: Sifat dan Karakter Nama Intan, Inilah Arti Sifat dan Karakter Nama Intan Lengkap dengan Rangkain Nama

Berikut contoh soal UTS Bahasa Indonesia kelas 5 semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 tahun 2023 lengkap dengan kunci jawaban yang Portalkudus.com rangkum dari berbagai sumber.

Soal UTS Bahasa Indonesia kelas 5 Semester 2

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !

Baca Juga: BARU! Contoh Soal UAS Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 dan Kunci Jawaban Kurikulum 2013 Tahun 2022

Semua makhluk hidup melakukan interaksi dengan lingkungan alam. Lingkungan alam terdiri atas benda-benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup. Di alam, setiap makhluk hidup bergantung pada benda-benda mati yang ada di sekitarnya. Selain itu, makhluk hidup juga berinteraksi dengan makhluk hidup lainnya. Interaksi tersebut membentuk suatu hubungan timbal balik.

1. Pada paragraf tersebut, mengapa makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungan alam?
a. Makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungan alam karena alam selalu bergantung pada makhluk hidup.
b. Makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungan alam karena alam merupakan sumber penghidupan makhluk hidup.
c. Makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungan alam karena alam banyak ditumbuhi tanaman.
d. Makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungan alam karena makhluk hidup dapat menyesuaikan diri dengan alam.

2. Kata kunci pada paragraf tersebut adalah ....
a. interaksi, makhluk hidup, lingkungan alam, benda mati
b. interaksi, lingkungan alam, tanaman, hewan
c. interaksi, benda mati, tanaman, jenis tanah
d. makhluk hidup, hasil alam, tanaman, interaksi

Baca Juga: Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 dan Kunci Jawaban, Latihan Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 2023

3. Perhatikan paragraf berikut!
Anak-anak termasuk golongan yang berisiko tinggi menderita kekurangan asupan zat besi. Sebuah penelitian menunjukkan adanya kekurangan zat besi pada anak-anak di bawah usia dua tahun. Hal itu karena biasanya anak hanya mau makan makanan tertentu. Penyebab lainnya adalah anak tidak terbiasa makan makanan yang sehat dan bergizi. Risiko tinggi kekurangan asupan zat besi, contohnya terjadi pada anak-anak di Australia.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
a. Anak-anak termasuk golongan yang berisiko tinggi menderita kekurangan asupan zat besi.
b. Suatu penelitian menunjukkan adanya kekurangan zat besi pada anak-anak di bawah usia dua tahun.
c. Penyebab lainnya adalah anak tidak terbiasa makan makanan yang sehat dan bergizi.
d. Risiko tinggi kekurangan asupan zat besi juga terjadi pada anak-anak di Australia.

Paragraf berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya. Perhatikan paragraf berikut!

Pencemaran udara di DKI Jakarta sudah semakin parah. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemda DKI Jakarta melakukan langkah-langkah pencegahan dampak buruk dari pencemaran udara. Di antaranya adalah membuat jalur hijau di sepanjang jalan-jalan utama di Kota Jakarta. Pemerintah juga melakukan program menghutankan kembali areal kosong di wilayah sekitar Monumen Nasional (Monas). Akan tetapi, hal ini belum dapat mengatasi masalah pencemaran udara. Akhirnya, kembali kepada kesadaran masyarakat pengguna jalan untuk selalu melakukan pengecekan (uji emisi) kendaraannya. Hal ini dilakukan agar gas buangan kendaraan masih di ambang batas. Selain itu, penggunaan bahan bakar gas untuk kendaraan bermotor dapat menjadi alternatif yang baik untuk mendukung program langit biru di Jakarta.

Baca Juga: NAIK! Ini Gaji Sekretariat PPS Pemilu 2024, Ketahui Besaran Honor Anggota Panita Pemungutan Suara Per Bulan

4. Kalimat berikut yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ....
a. Pemerintah melakukan program melepas burung di hutan kota sekitar Monas untuk mengurangi dampak pencemaran udara.
b. Mengatasi dampak pencemaran udara bisa dilakukan dengan menghambat munculnya kabut tipis yang terbentuk dari kumpulan gas buangan kendaraan bermotor.
c. Pemerintah DKI Jakarta melarang masyarakat menggunakan kendaraan bermotor untuk mengurangi dampak buruk pencemaran udara.
d. Menghutankan kembali areal kosong di wilayah sekitar Monumen Nasional (Monas) merupakan salah satu langkah pencegahan dampak pencemaran udara.

5. Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
a. bahaya gas buangan kendaraan
b. bukti pencemaran udara di DKI Jakarta
c. langkah-langkah pencegahan pencemaran udara
d. sebab-sebab pencemaran udara

6. Arti kata alternatif pada paragraf tersebut adalah ....
a. penyelesaian; pemecahan (masalah dan sebagainya); jalan keluar
b. pilihan di antara dua atau beberapa kemungkinan
c. yang didahulukan dan diutamakan daripada yang lain
d. terbaik; nomor satu; amat baik; lebih baik dari yang lain-lain

Baca Juga: 35 Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 2 dan Kunci Jawaban, Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 6 2023

Teks eksplanasi berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Perhatikan teks eksplanasi berikut!

Sumber energi panas adalah benda-benda yang dapat menghasilkan energi panas. Salah satu sumber energi panas di alam adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar yang berguna untuk semua makhluk hidup. Energi panas dari matahari digunakan baik oleh tumbuhan, hewan, maupun manusia.

Energi panas dari matahari membantu proses fotosintesis atau pembuatan makanan pada tumbuhan. Hasil fotosintesis akan menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lain. Energi panas dari matahari juga dapat menerangi dan menghangatkan udara di bumi. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak kegiatan manusia yang memanfaatkan energi panas dari matahari. Misalnya, mengeringkan padi setelah panen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, dan mengeringkan pakaian yang basah.

7. Sesuai teks tersebut, apa yang dimaksud dengan sumber energi panas?
a. Sumber energi panas adalah benda-benda yang dapat menghasilkan energi panas.
b. Sumber energi panas adalah benda-benda yang dapat membantu proses fotosintesis.
c. Sumber energi panas adalah benda-benda yang dapat menerangi dan menghangatkan udara di bumi.
d. Sumber energi panas adalah benda-benda yang dapat membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan.

8. Apa manfaat yang didapat makhluk hidup dari matahari pada teks eksplanasi tersebut?
a. Matahari dapat membantu proses mengeringkan padi setelah panen dan pembuatan percikan api.
b. Matahari dapat membantu proses pembuatan api dan pembuatan makanan pada tumbuhan.
c. Matahari dapat membantu proses fotosintesis dan proses gesekan dua benda.
d. Matahari dapat membantu proses fotosintesis tumbuhan dan menghangatkan udara di bumi.

Baca Juga: 35 Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 2 dan Kunci Jawaban, Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 6 2023

9. Kata kunci pada paragraf pertama teks tersebut adalah ....
a. makhluk hidup dan matahari
b. matahari dan sumber energi panas
c. sumber energi panas dan tumbuhan
d. matahari dan kehidupan

10. Perhatikan paragraf berikut!
Dewasa ini, permasalahan lalu lintas menjadi pusat perhatian pemerintah. Semua kendaraan yang melewati jalan raya dibedakan dalam tiap jalur. Becak dan dokar tidak diperbolehkan beroperasi di jalur cepat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan dan kecelakaan yang terus terjadi. Becak dan dokar hanya diperbolehkan beroperasi di jalur lambat. Sementara itu, jalur cepat hanya bisa dilewati oleh kendaraan bermotor, seperti sepeda motor dan mobil.
Kalimat berikut yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ....
a. Becak dan dokar menjadi penyebab kemacetan dan kecelakaan di jalur lambat.
b. Masalah kemacetan lalu lintas bisa diatasi dengan membagi jalur bagi pengendara.
c. Di jalur lambat, sering terjadi kecelakaan akibat dokar dan becak yang beroperasi di jalur lambat.
d. Kendaraan bermotor hanya diperbolehkan beroperasi di jalur cepat.

Paragraf berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Perhatikan paragraf berikut!
Kalor merupakan salah satu bentuk energi yang dapat berpindah dari benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah. Perpindahan kalor dapat terjadi karena adanya perbedaan suhu dalam benda. Kalor dapat menaikkan atau menurunkan suhu. Semakin besar kenaikan suhu, maka kalor yang diterima oleh benda semakin besar. Sebaliknya, jika semakin kecil kenaikan suhu, kalor yang diterima akan semakin sedikit.

Baca Juga: 35 Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 2 dan Kunci Jawaban, Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 6 2023

11. Pada paragraf tersebut, mengapa perpindahan kalor dapat terjadi?
a. Perpindahan kalor terjadi karena adanya perbedaan tekanan.
b. Perpindahan kalor terjadi karena adanya perbedaan suhu.
c. Perpindahan kalor terjadi karena adanya perpindahan suhu.
d. Perpindahan kalor terjadi karena adanya perubahan bentuk benda.

12. Pernyataan berikut yang sesuai dengan informasi pada paragraf adalah ....
a. Kalor dapat berpindah dari benda yang bersuhu rendah ke benda yang bersuhu tinggi.
b. Benda yang mengamali kenaikan suhu kecil akan menerima kalor yang besar.
c. Benda yang mengalami kenaikan suhu besar akan menerima kalor yang kecil.
d. Perpindahan kalor terjadi karena kenaikan suhu pada benda.

13. Kesimpulan yang tepat dari paragraf tersebut adalah ....
a. Kalor dapat berpindah dari suhu tinggi ke suhu rendah.
b. Kenaikan suhu dan kalor yang diterima suatu benda berbanding terbalik.
c. Benda yang mengalami kenaikan suhu akan mengalami penurunan jumlah kalor yang diterima.
d. Kenaikan suhu tidak berpengaruh pada jumlah kalor yang diterima suatu benda

14. Pada paragraf tersebut, mengapa makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungan alam?
a. Makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungan alam karena alam selalu bergantung pada makhluk hidup.
b. Makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungan alam karena alam merupakan sumber penghidupan makhluk hidup.
c. Makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungan alam karena alam banyak ditumbuhi tanaman.
d. Makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungan alam karena makhluk hidup dapat menyesuaikan diri dengan alam.

Baca Juga: 20 Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 dan Kunci Jawaban, Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 7 2023

Paragraf berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Perhatikan paragraf berikut!

Sebagian besar penduduk Indonesia hidup bertani. Oleh sebab itu, tanah menjadi sesuatu hal yang sangat penting. Jika kita perhatikan, tanah di kebun atau sawah memiliki warna kehitam-hitaman. Hal ini dikarenakan tanah tersebut mengandung humus. Tebal tanah yang mengandung humus ini hanya beberapa sentimeter. Di bawahnya, terdapat lapisan tanah berwarna kuning atau kemerah-merahan. Di bawahnya lagi, lapisan tanah berwarna merah tua. Lapisan tanah humus harus dijaga agar jtidak hanyut. Jika tanah humus lenyap, tanah berwarna kuning, kemerah-merahan, dan merah tua muncul di permukaan. Tanah ini tidak sesubur tanah humus.

15. Mengapa tanah menjadi hal yang sangat penting bagi penduduk Indonesia?
Berdasarkan paragraf tersebut, jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah ....
a. karena negara Indonesia terdiri atas ribuan pulau
b. karena wilayah Indonesia terdiri atas daratan
c. karena sebagian besar penduduk Indonesia hidup dari bertani
d. karena tanah Indonesia menghasilkan berbagai kekayaan alam

16. Hal yang dibahas pada paragraf tersebut adalah ....
a. cara menjaga tanah humus
b. mata pencaharian penduduk Indonesia
c. tanah sebagai suatu hal yang sangat penting
d. cara membuat tanah humus

Baca Juga: Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 dan Kunci Jawaban, Latihan Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 2023

17. Arti kata humus pada paragraf tersebut adalah ....
a. bahan organik, terutama berasal dari daun dan bagian tumbuhan lainnya yang menjadi lapuk sesudah mengalami pelapukan di atas permukaan tanah, berwarna hitam, banyak mengandung unsur hara yang diperlukan tumbuhan
b. permukaan bumi atau lapisan bumi yang di atas sekali
c. dapat tumbuh dengan baik (lekas besar); tidak merana (tentang tumbuhan)
d. berkaitan dengan zat yang berasal dari makhluk hidup (hewan atau tumbuhan, seperti minyak dan batu bara

18. Teks eksplanasi bertujuan untuk ....
a. menggambarkan atau mendeskripsikan keadaan suatu objek
b. menyatakan hasil laporan pengamatan
c. menyajikan informasi berupa fakta
d. menjelaskan langkah-langkah menghasilkan suatu hal

19. Perhatikan paragraf berikut!
Bahasa Indonesia yang digunakan sekarang berasal dari bahasa Melayu. Bahasa tersebut sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan. Bahasa Melayu tidak hanya digunakan di Nusantara. Bahasa Melayu juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya prasasti –prasasti kuno yang ditulis dengan bahasa Melayu.
Paragraf tersebut termasuk teks eksplanasi yang menuangkan informasi tentang fenomena ....
a. budaya
b. ekonomi
c. alam
d. agama

Baca Juga: NAIK! Ini Gaji Sekretariat PPS Pemilu 2024, Ketahui Besaran Honor Anggota Panita Pemungutan Suara Per Bulan

20. Perhatikan paragraf berikut!
Sisa makanan seringkali menempel pada sela-sela gigi. Hal ini menimbulkan bakteri pada gigi. Jika tidak dibersihkan, sisa-sisa makanan tersebut dapat mengikis gigi. Sisa makanan dan bakteri akan membentuk satu titik yang tidak terlihat. Semakin lama, titik tersebut akan membentuk lubang gigi. Oleh karena itu, menggosok gigi sesudah makan sangat penting untuk dilakukan.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
a. Sisa makanan dan bakteri di gigi sering kita jumpai.
b. Menggosok gigi sesudah makan sangat penting untuk dilakukan.
c. Jika tidak dibersihkan dapat mengikis gigi.
d. Semakin lama titik tersebut akan membentuk lubang gigi.

Teks berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Perhatikan teks berikut!

Kongres Perempuan Indonesia

Kongres Perempuan Indonesia berlangsung selama tiga kali. Kongres Perempuan Indonesia I
diselenggarakan di Yogyakarta, 22 Agustus 1928. Wakil organisasi wanita yang hadir pada kongres tersebut antara lain Ny. Sukamto, Ny. Ki Hajar Dewantara, dan Nn. Suyatin. Kongres Perempuan Indonesia I membentuk Perserikatan Perempuan Indonesia (PPI). Organisasi ini berhasil merumuskan tujuan mempersatukan cita-cita dan usaha memajukan wanita Indonesia. Selain itu, organisasi ini juga mengadakan gabungan atau ikatan antara perkumpulan wanita. Pada tanggal 28—31 Desember 1929, PPI berubah nama menjadi PPII (Perserikatan Perhimpunan Isteri Indonesia).

Baca Juga: 35 Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 2 dan Kunci Jawaban, Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 6 2023

Kongres Perempuan Indonesia II dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 20—24 Juli 1935 dan dipimpin oleh Ny. Sri Mangunsarkoro. Kongres ini membahas masalah perburuhan perempuan, pemberantasan buta huruf, dan perkawinan. Sementara itu, Kongres Perempuan Indonesia III dilaksanakan di Bandung, 23—28 Juli 1938 dan dipimpin oleh Ny. Emma Puradireja. Kongres ini membicarakan hak pilih dan dipilih bagi wanita di badan perwakilan. Pada kongres tersebut, RUU perkawinan modern yang disusun Ny. Maria Ulfah disetujui. Selain itu, kongres ini juga menyepakati tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu.

21. Sesuai teks tersebut, apa hasil Kongres Perempuan Indonesia I?
a. Kongres Perempuan Indonesia I membicarakan hak pilih dan dipilih bagi wanita di badan
perwakilan, menyetujui RUU perkawinan modern, dan menyepakati tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu.
b. Kongres Perempuan Indonesia I membahas masalah perburuhan perempuan, pemberantasan buta huruf, dan perkawinan.
c. Kongres Perempuan Indonesia I membentuk Perserikatan Perempuan Indonesia (PPI) yang berhasil merumuskan tujuan mempersatukan cita-cita dan usaha memajukan wanita Indonesia.
d. Kongres Perempuan Indonesia I merumuskan RUU perkawinan modern, membahas masalah
perburuhan perempuan, pemberantasan buta huruf, dan perkawinan.

22. Pada teks tersebut, kapan Kongres Perempuan Indonesia dilaksanakan?
a. Kongres Perempuan Indonesia I diselenggarakan pada tanggal 22 Agustus 1928.
Kongres Perempuan Indonesia II dilaksanakan pada tanggal 28—31 Desember 1929.
Kongres Perempuan Indonesia III dilaksanakan pada tanggal 20—24 Juli 1935.
b. Kongres Perempuan Indonesia I diselenggarakan pada tanggal 22 Agustus 1928.
Kongres Perempuan Indonesia II dilaksanakan pada tanggal 20—24 Juli 1935.
Kongres Perempuan Indonesia III dilaksanakan pada tanggal 23—28 Juli 1938.
c. Kongres Perempuan Indonesia I diselenggarakan pada tanggal 22 Agustus 1928.
Kongres Perempuan Indonesia II dilaksanakan pada tanggal 20—24 Juli 1935.
Kongres Perempuan Indonesia III dilaksanakan pada tanggal 22 Desember.
d. Kongres Perempuan Indonesia I diselenggarakan pada tanggal 22 Agustus 1928.
Kongres Perempuan Indonesia II dilaksanakan pada tanggal 28—31 Desember 1929.
Kongres Perempuan Indonesia III dilaksanakan pada tanggal 23—28 Juli 1938.

Baca Juga: 35 Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 2 dan Kunci Jawaban, Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 6 2023

Teks berikut digunakan untuk menjawab 3 pertanyaan di bawahnya.
Perhatikan teks berikut!
Bulan Agustus 1945 menjadi bulan yang kurang menyenangkan bagi pemerintah Jepang. Posisi Jepang pada masa itu sudah terdesak oleh pasukan Sekutu. Pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945, pasukan Sekutu berhasil menghancurkan kota Hiroshima dan Nagasaki. Kedua kota tersebut merupakan kota besar di Jepang.

Situasi ini membuat kondisi Jepang semakin buruk. Pemerintah Jepang yang berkuasa di Indonesia lalu membentuk beberapa organisasi. Salah satunya yaitu PPKI. Dalam bahasa Jepang, PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) disebut Dokuritsu Junbi Iinkai. PPKI diketuai oleh Ir. Soekarno dan diwakili oleh Moh. Hatta.

23. Kalimat berikut yang sesuai dengan informasi pada paragraf pertama teks tersebut adalah ....
a. Pembentukan PPKI dilatarbelakangi karena kekalahan Jepang terhadap Sekutu.
b. PPKI dibentuk karena posisi Jepang yang semakin terdesak dalam perang.
c. Kedua kota di Jepang, Hiroshima dan Nagasaki, dibom oleh Sekutu pada bulan Agustus 1945.
d. Ir. Soekarno memimpin organisasi PPKI dengan didampingi oleh Drs. Moh. Hatta.

24. Kalimat tanya yang sesuai dengan informasi pada teks tersebut adalah ....
a. Bagaimana kebijakan Ir. Soekarno memimpin PPKI?
b. Apa yang melatarbelakangi pembentukan PPKI oleh pemerintah Jepang?
c. Siapa tokoh yang melakukan pengeboman di Kota Hiroshima dan Nagasaki?
d. Kapan PPKI dibentuk oleh pemerintahan Jepang?

Baca Juga: 20 Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 dan Kunci Jawaban, Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 7 2023

25. Arti kata pasukan pada teks tersebut adalah ....
a. kelompok atau golongan prajurit (laskar dan sebagainya)
b. rombongan (pasukan) kapal perang
c. orang yang terlalu menguasai (menindas dan sebagainya) orang lain (bawahan dan sebagainya)
d. puak; tumpukan; kelompok (orang)

Teks berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Perhatikan teks berikut!

Dampak Sumpah Pemuda

Peristiwa Sumpah Pemuda membuat bangsa Indonesia bertekad dan bersatu padu dalam ikatan kebangsaan. Organisasi-organisasi politik yang lahir setelah peristiwa Sumpah Pemuda menggunakan kata “Indonesia” pada namanya. Begitu pula dengan organisasi yang masih bersifat kedaerahan mulai bersatu dalam Organisasi Indonesia Muda. Organisasi ini bertujuan mempererat tali persatuan pemuda yang berbangsa, berbahasa, dan bertanah air Indonesia.
Peristiwa Sumpah Pemuda menyadarkan setiap orang tentang arti penting persatuan dan kesatuan bangsa. Peristiwa ini juga menegaskan rasa senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa. Rasa senasib sepenanggungan inilah yang memunculkan semangat persatuan untuk membentuk negara kesatuan. Dengan adanya peristiwa Sumpah Pemuda, sifat-sifat kedaerahan menyatu menjadi sifat nasional.

26. Kalimat tanya yang sesuai dengan informasi pada teks tersebut adalah ....
a. Bagaimana lahirnya organisasi-organisasi politik pada masa Sumpah Pemuda?
b. Siapa pelopor peristiwa Sumpah Pemuda?
c. Kapan peristiwa Sumpah Pemuda terjadi?
d. Apa dampak peristiwa Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia?

Baca Juga: Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 dan Kunci Jawaban, Latihan Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 2023

27. Arti kata organisasi pada teks tersebut adalah ....
a. kesatuan (susunan dan sebagainya) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dan sebagainya) dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu
b. badan pemerintah umum (seperti jawatan, kantor)
c. penegasan; pengesahan; pembenaran
d. watak yang sebenarnya dari sesuatu; isi; pokok; inti

28. Perhatikan informasi berikut!
Organisasi ini bertujuan mempererat tali persatuan pemuda yang berbangsa, berbahasa, dan bertanah air Indonesia. Kata tanya yang tepat untuk informasi tersebut adalah ....
a. apa
b. bagaimana
c. siapa
d. di mana

Teks berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Perhatikan teks berikut!

Pertempuran Medan Area

Pada tanggal 9 Oktober 1945, pasukan Sekutu yang terdiri dari NICA (Belanda) dan pasukan Inggris, mendarat di Medan (Sumatra Utara). Kedatangan pasukan Sekutu bertujuan untuk mengambil alih pemerintahan di Indonesia. Pasca kedatangannya, mereka segera menduduki beberapa hotel di Medan.

Baca Juga: NAIK! Ini Gaji Sekretariat PPS Pemilu 2024, Ketahui Besaran Honor Anggota Panita Pemungutan Suara Per Bulan

Pasukan Sekutu juga membebaskan tentara Belanda yang ditawan Jepang.
Pemuda Indonesia tidak berdiam diri dengan kedatangan pasukan Sekutu. Di bawah pimpinan Achmad Tahir, seorang bekas perwira Tentara Sukarelawan (Giyugun), para pemuda bergabung membentuk Barisan Pemuda Indonesia. Gabungan pemuda ini segera mengambil alih gedung-gedung pemerintahan.

Mereka juga merebut senjata dari tangan tentara Jepang.
Selanjutnya, terjadilah insiden di sebuah hotel di Jalan Bali, Medan pada tanggal 13 Oktober 1945. Insiden ini terjadi karena seorang anggota NICA menginjak-injak bendera Merah Putih yang dirampas dari seorang pemuda. Tindakan tersebut memicu kemarahan pejuang Indonesia. Para pejuang segera mengepung dan menyerang hotel tersebut. Pada tanggal 1 Desember 1945, secara sepihak pasukan Inggris menerapkan Fix Boundaries Medan Area (Batas Resmi Daerah Medan) sebagai batas kekuasaan mereka.

29. Pada teks tersebut, apa yang dilakukan pemuda Indonesia sebagai reaksi kedatangan pasukan Sekutu?
a. Pemuda Indonesia mengambil alih pemerintahan di Indonesia.
b. Pemuda Indonesia membentuk Barisan Pemuda Indonesia.
c. Pemuda Indonesia melakukan pengepungan dan menyerang hotel.
d. Pemuda Indonesia menerapkan Fix Boundaries Medan Area.

Baca Juga: 35 Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 2 dan Kunci Jawaban, Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 6 2023

30. Sesuai teks tersebut, mengapa pejuang Indonesia melakukan pengepungan dan serangan terhadap hotel
di Medan?
a. Para pejuang Indonesia melakukan pengepungan dan serangan terhadap hotel di Medan karena gedung-gedung pemerintahan diambil alih oleh pasukan Sekutu.
b. Para pejuang Indonesia melakukan pengepungan dan serangan terhadap hotel di Medan karena pemerintahan di Indonesia diambil alih oleh pasukan Sekutu.
c. Para pejuang Indonesia melakukan pengepungan dan serangan terhadap hotel di Medan karena seorang anggota NICA menginjak-injak bendera Merah Putih.
d. Para pejuang Indonesia melakukan pengepungan dan serangan terhadap hotel di Medan karena pasukan Sekutu membebaskan tentara Belanda yang ditawan Jepang.

31. Sesuai informasi pada teks tersebut, kapan pasukan Inggris menerapkan Fix Boundaries Medan Area?
a. Tanggal 9 Oktober 1945
b. Tanggal 1 Desember 1945
c. Tanggal 13 Oktober 1945
d. Tanggal 17 Agustus 1945

Paragraf berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Perhatikan paragraf berikut!
Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan titik puncak perjuangan kemerdekaan Indonesia. Peristiwa itu merupakan tanda bahwa rakyat Indonesia sudah lepas dari belenggu penjajahan. Negara baru telah lahir, yaitu Negara Republik Indonesia. Oleh sebab itu, kabar gembira ini harus segera disebarluaskan ke seluruh penjuru negeri. Namun hal tersebut terkendala dengan kurangnya sarana yang dapat digunakan untuk menyebarluaskan berita. Meskipun demikian, tidak menyurutkan semangat para pejuang untuk menyebarluaskan berita proklamasi kepada rakyat Indonesia.

32. Arti kata penjajahan pada paragraf tersebut adalah ....
a. orang yang terlalu menguasai (menindas dan sebagainya) orang lain (bawahan dan sebagainya)
b. keadaan (hal) berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi, dan sebagainya); kebebasan
c. proses, cara, perbuatan menjajah
d. disengsarakan; teraniaya

Baca Juga: 35 Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 2 dan Kunci Jawaban, Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 6 2023

33. Kalimat tanya yang jawabannya terdapat pada paragraf tersebut adalah ....
a. Mengapa proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan titik puncak perjuangan kemerdekaan Indonesia?
b. Apa media yang digunakan untuk menyebarluaskan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia?
c. Siapa yang bertanggung jawab menyediakan sarana penyebarluasan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia?
d. Bagaimana proses penyebarluasan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia?

34. Perhatikan informasi berikut!
Organisasi ini bertujuan mempererat tali persatuan pemuda yang berbangsa, berbahasa, dan bertanah air Indonesia.
Kata tanya yang tepat untuk informasi tersebut adalah ....
a. apa
b. bagaimana
c. siapa
d. di mana

35. Arti kata organisasi pada teks tersebut adalah ....
a. kesatuan (susunan dan sebagainya) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dan sebagainya) dalam
perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu
b. badan pemerintah umum (seperti jawatan, kantor)
c. penegasan; pengesahan; pembenaran
d. watak yang sebenarnya dari sesuatu; isi; pokok; inti

Baca Juga: SOAL PKK Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013, Contoh Soal PAT PKK Kelas 11 Semester 2 2022

Disclaimer: Portalkudus.com tidakmenjamin soal akan keluar 100% dalam ujian, ini merupakan bahan latihan soal untuk belajar guna persiapan menghadapi UTS/PTS.

Demikian 35 contoh soal UTS Bahasa Indonesia kelas 5 semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 tahun 2023, contoh latihan soal lengkap dengan kunci jawaban.***

Editor: Kartika Kudus

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah