Portal Kudus - Berikut inilah soal survei kebhinekaan MSIB Kampus Merdeka Kampus Mengajar bisa PDF buat contoh referensi belajar.
Bagi kalian yang bingung dan mencari contoh soal survei kebhinekaan dan pembahasannya, simak artikel ini hingga selesai.
Artikel ini akan menyajikan kumpulan contoh soal survei kebhinekaan pertukaran mahasiswa, Kampus Merdeka, dan Kampus Mengajar dan kunci jawaban guna menjadi panduan agar membantu belajar kalian.
Sekalipun sudah ada kunci jawaban semacam ini, tentu akan lebih baik lagi jika para siswa terlebih dahulu mencoba untuk mengerjakannya.
Adanya kunci jawaban ini diharapkan bisa menjadi sebuah referensi atau bahan evaluasi dalam proses belajar mengajar.
Sebagaimana yang dilansir tim PortalKudus dari berbagai sumber berikut ini pilihan ganda contoh soal survei kebhinekaan pertukaran mahasiswa, Kampus Merdeka, dan Kampus Mengajar dan pembahasannya.
1. Adanya perbedaan ketentuan mengenai penetapan kewarganegaraan dapat menyebabkan seseorang tidak memiliki kewarganegaraan atau disebut ….
A. Apartheid B. ApatrIde
C. BipatrIde D. Stelsel
E. Ius Sanguinus
JAWABAN: B Apatride atau keadaan seseorang tanpa kewarganegaraan yang timbul apabila menurut peraturan kewarganegaraan, seseorang tidak diakui sebagai warga negara dari negara manapun.
2. Sumpah Pemuda sebagai hasil Kongres Pemuda yang diselenggarakan oleh organisasi-organisasi kedaerahan yang sudah memiliki semangat nasionalisme untuk mencapai Indonesia merdeka. Isi sumpah Pemuda butir kedua adalah ….
A. Kami Putra Putri Indonesia, mengaku berbasa satu bahasa Indonesia.
B. Kami Putra Putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia.
C. Kami Putra Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu tanah air Indonesia.
D. Kami Putra Putri Indonesia, mengaku berbahasa satu bangsa Indonesia.
E. Kami Putra Putri Indonesia, menjunjung tinggi tanah air Indonesia.
JAWABAN: C
Sumpah Pemuda sebagai hasil Kongres Pemuda yang diseleggarakan oleh organisasi-organisasi kedaerahan yang sudah memiliki semangat nasionalme untuk mencapai Indonesia merdeka.
Isi Sumpah Pemuda yang merupakan hasil keputusan Kongres ke-2 pada tanggal 28 Oktober 1928, berisi:
a. Kami Putra Putri Indonesia, mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia.
b. Kami Putra Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.
c. Kami Putra Putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
3. Salah satu manfaat keikutsertaan masyarakat dalam kebijakan publik adalah terbentuknya masyarakat madani. Berikut ini yang merupakan salah satu ciri masyarakat madani adalah ….
A. Terbentuknya merupakan paksaan dari suatu kelompok tertentu.
B. Masyarakat bergantung kepada negara, lembaga, atau organisasi tertentu.
C. Tidak terikat nilai hukum yang telah ditetapkan
D. Adanya ketergantungan satu sama lain.
E. Terbentuk secara sukarela.
JAWABAN: E
Salah satu manfaat keikutsertaan masyarakat dalam kebijakan publik adalah terbentuknya masyarakat madani.
Berikut ini yang merupakan ciri masyarakat madani adalah:
a. Keswasembadaan.
b. Keterikatan pada hukum/aturan yang telah disepakati bersama.
c. Terbentuk secara sukarela.
d. Memiliki kemandirian tinggi terhadap negara.
4. Indonesia sebagai negara kepulauan yang sudah diatur batas-batasnya dalam undang-undang. Batas Indonesia paling barat adalah ….
A. Pulau We B. Pulau Nikobar
C. Pulau Halmahera D. Pulau Ronde
E. Pulau Rote
JAWABAN: D
Indonesia sebagai negara kepulauan yang sudah diatur batas-batasnya dalam undang-undang. Batas Indonesia paling barat adalah Pulau Ronde di Aceh.
5. Berikut ini yang bukan merupakan latar belakang adanya wawasan nusantara dilihat dari falsafah Pancasila adalah ….
A. Kemerdekaan sebagai hasil perjuangan seluruh rakyat Indonesia.
B. Mengutamakan kepentingan umum daripada individu atau golongan.
C. Penerapan hak asasi manusia.
D. Pengambilan keputusan dengan musyawarah.
E. Memberi kesempatan setiap pemeluk agama untuk beribadah.
JAWABAN: A
Latar belakang wawasan nusantara jika dilihat dari Pancasila:
a. Penerapan Hak Asasi Manusia.
b. Toleransi beragama.
c. Mengutamakan kepentingan umum.
d. Pengambilan keputusan dengan musyawarah.
6. Semboyan Bhineka Tunggal Ika yang menjadi semboyan nasional bangsa Indonesia, diambil dari Kitab ….
A. Kitab Negarakertagama B. Kitab Smaradahana
C. Kitab Sutasoma D. Kitab Arjuna Wiwaha
E. Jangka Jayabaya
JAWABAN: C
Baca Juga: SIMAK CONTOH Geguritan Bahasa Jawa Tentang Sekolah Singkat Membahas Pendidikan Untuk Tugas Basa Jawa
Semboyan Bhineka Tunggal Ika yang menjadi semboyan nasional bangsa Indonesia, diambil dari Kitab Sutasoma karya Mpu Tantular pada masa Kejayaan Kerajaan Majapahit.
7. Yang berkedudukan sebagai landasan idiil dalam wawasan nusantara dalam paradigma sosial adalah ….
A. GBHN sebagai politik dan strategi nasional.
B. UUD 1945.
C. Pancasila.
D. Pembukaan UUD 1945 alinea ke-4.
E. Ketahanan nasional sebagai konsepsi nasional
JAWABAN: C
Pancasila sebagai falsafah dan dasar negara berfungsi sebagai landasan idiil dari wawasan nusantara, karena pada hakikatnya wawasan nusantara adalah perwujudan dari Pancasila.
8. Dua aspek kekuasaan yang memengaruhi praktik tumbuh dan kembangnya nasionalisme adalah ….
A. Aspek fisik dan moal B. Aspek ekonomi dan batin
C. Aspek ekonomi dan politik D. Aspek politik dan hukum
E. Aspek fisik dan btin
JAWABAN: E
Dua aspek kekuasaan yang mempe180ngaruhi praktik tumbuh dan kembangnya nasionalisme adalah aspek kekuasaan fisik dan btin.
Baca Juga: BARU! KUMPULAN Soal KSM IPA MI 2022 dan Kunci Jawaban PDF, Latihan Soal KSM IPA MI dan Pembahasannya
9. Sikap menghormati dan keberagaman bangsa adalah sebagai berikut, kecuali ….
A. Adanya kesadaran untuk menjaga keharmonisan keluarga.
B. Penyelesaian permasalahan yang ada dengan musyawarah.
C. Adanya kesadaran untuk mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi.
D. Terciptanya kerukunan seperti halnya dalam keluarga.
E. Adanya semangat tolong menolong, kerjasama untuk menyelesaikan suatu masalah, dan kerja sama dalam memenuhi kebutuhan hidup.
JAWABAN: A
Adanya kesadaran untuk menjaga keharmonisan keluarga bukan merupakan contoh sikap menghormari dan keberagaman bangsa.
10. Pulau Dana merupakan pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan negara ….
A. Australia B. Malaysia
C. Filipina D. Thailand
E. Singapura
JAWABAN: A
Pulau Dana merupakan pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan negara Australia.
Demikian informasi terkait kumpulan contoh soal survei kebhinekaan pertukaran mahasiswa, Kampus Merdeka, dan Kampus Mengajar dan pembahasannya yang bisa kalian buat PDF untuk lebih mudah dalam memahaminya.***
*Disclaimer
1. Konten ini dibuat untuk siswa atau orang tua dalam proses evaluasi belajar dalam menemukan soal dan kunci jawaban.
2. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.
3. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi guru atau siswa mengeksplorasi jawaban lain yang lebih baik.