KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Semester 2 Halaman 49 50 51 52 Uji Kompetensi 6 Soal Nomor 1-10 Essay

- 6 Januari 2023, 11:50 WIB
kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 2 halaman 49 50 51 52 Uji Kompetensi 6
kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 2 halaman 49 50 51 52 Uji Kompetensi 6 /pexels.com

Portal Kudus - Inilah kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 2 halaman 49 50 51 52 Uji Kompetensi 6 soal nomor 1-10 essay.

Untuk siswa kelas 8 SMP tentu memiliki keinginan bisa mengerjakan semua soal yang diberikan dengan baik, terutama soal Matematika kelas 8 semester 2 halaman 49 50 51 52 Uji Kompetensi 6.

Gunakan kunci jawaban ini untuk menjawab soal Matematika kelas 8 semester 2 halaman 49-52 sebagai bahan untuk belajar.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Halaman 168-170 Aktivitas 4.2 Tentang Interaksi Dua Benda Bermuatan Terhadap Jarak

Kunci jawaban ini dibuat dengan tujuan agar siswa bisa terbantu dengan mudah, ketika mengerjakan dan menyelesaikan tugas Matematika yang diberikan.

Berikut kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 2 halaman 49 50 51 52 Uji Kompetensi 6 yang dilansir Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibhrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd.

B. Esai

1. Tentukan nilai a pada gambar berikut.
(Perhatikan gambar pada soal tersebut!)

Jawaban:

(3a + 2)² + (a + 4)² = (3a + 4)²
9a² + 12a + 4 + a² + 8a + 16 = 9a² + 24a + 16
10a² - 9a² + 20a - 24a + 20 - 16 = 0
a² - 4a + 4 = 0
(a - 2)² = 0
a - 2 = 0
a = 2

2. Tentukan apakah ∆ABC dengan koordinat A(−2, 2) ,B(−1, 6) dan C(3, 5) adalah suatu segitiga siku-siku? Jelaskan.

Jawaban:

Tentukan panjang ketiga sisi sgitiga tersebut :
AB = √(6-2)²+(-1+2)² = √(16+1) = √17
AC = √(5-2)²+(3+2)² = √(9+25) = √34
BC = √(5-6)²+(3+1)² = √(1+16) = √17

cek theorema pythagoras :
AB² + BC² = AC²
√17² +√17² = √34²
17 + 17 = 34
34 = 34
BENAR, ini adalah segitiga siku-siku

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 158 159 Kegiatan 6.2 Tentang Judul dan Jenis-Jenis Karya

3. Buktikan bahwa (a²-b²), 2ab, (a² + b²) membentuk tripel pythagoras

Jawaban:

Diketahui panjang sisi-sisi segitiga, yaitu :
(a² - b²), 2ab, (a² + b²).

Misalkan p = (a² - b²), q = 2ab, dan r = (a² + b²).

Dengan menggunakan rumus Pythagoras, diperoleh
p² + q² = r²
⇔ (a² - b²)² + (2ab)² = (a² + b²)²
⇔ (a²)² + [2a²(-b²)] + (-b²)² + 2²a²b² = (a²)² + 2a²b² + (-b²)²
⇔ a⁴ - 2a²b² + b⁴ + 4a²b² = a⁴ + 2a²b² + b⁴
⇔ a⁴ - 2a²b² + b⁴ + 4a²b² - a⁴ - 2a²b² - b⁴ = 0
⇔ 0 = 0

Jadi, terbukti bahwa (a² - b²), 2ab, (a² + b²) membentuk Tripel Pythagoras.

4. Perhatikan gambar di samping. Persegi ABCD mempunyai panjang sisi 1 satuan dan garis AC adalah diagonal.
(Perhatikan gambar pada soal tersebut!)

a. Bagaimana hubungan antara segitiga ABC dan segitiga ACD?
b. Tentukan besar sudut-sudut pada salah satu segitiga di samping.
c. Berapakah panjang diagonal AC? Jelaskan.
d. Misalkan panjang sisi persegi ABCD 6 satuan. Apakah yang berubah dari jawabanmu pada soal b dan c? Jelaskan.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 40 41 42 Semester 2 Ayo Kita Berlatih 6.4 Lengkap Pembahasannya

Jawaban:

a). Segitiga ABC dan ADC keduanya adalah segitiga yang memiliki ukuran dan bentuk yang sama.

b). ∠ ABC = ∠ ADC = 90°
∠ ACB = ∠ ACD = 45°
∠ BAC = ∠ DAC = 45°

c). AC = √(AB² + BC²)
= √ 1² + 1²
= √2 satuan

d). Ketiga sudut pada segitiga tidak berubah. Bagian yang berubah adalah panjang diagonal AC, yaitu:
AC = √(AB² + BC²)
= √ 6² + 6²
= √72 satuan

5. Tentukan nilai x dari gambar di bawah ini.
(Perhatikan gambar pada soal tersebut!)

Jawaban:

Alas=c=√(15²+8²)
=√289=17

L=1/2.c.t =1/2.a.b. (coret 1/2)
17.x=8.15
x=120/17
x=7,05

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 280, 281, 282, 283 Latihan 5.1 Lengkap Pembahasannya

6. Tentukan keliling segitiga ABC di bawah ini.
(Perhatikan gambar pada soal tersebut!)

Jawaban:

Gunakan perbandingan sudut 60° dan 30° = AB : AC : BC = √3 : 1 : 2

sudut ABC = 30°

AB : BC = √3 : 2
8 / BC = √3 / 2
BC√3 = 2 × 8
BC = 16/√3
BC = 16/√3 × √3/√3
BC = 16/3 √3 cm

sudut ACB = 60°

AB : AC = √3 : 1
8 / AC = √3 / 1
√3 AC = 8 × 1
AC = 8 / √3
AC = 8/√3 × √3/√3
AC = 8/3 √3 cm

keliling ∆ ABC = AB + BC + AC
= (8 + 16/3 √3 + 8/3 √3) cm
= (8 + 24/3 √3) cm
= (8 + 8√3) cm
= 8 (1 + √3) cm

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 212 213 214 215 Latihan 4.1 Kekongruenan Bangun Datar

7. Sebuah air mancur terletak di tengah perempatan jalan di pusat kota. Mobil merah dan mobil hijau sama-sama melaju meninggalkan air mancur tersebut. Mobil merah melaju dengan kecepatan 60 km/jam sedangkan mobil hijau 80 km/jam.
(Perhatikan gambar pada soal tersebut!)

a. Buatlah tabel yang menunjukkan jarak yang ditempuh kedua mobil dan jarak kedua mobil tersebut setelah 1 jam, 2 jam, dan 3 jam. Gambarkan perubahan jarak tersebut.

b. Misalkan mobil merah melaju dengan kecepatan 40 km/jam. Setelah 2 jam jarak antara kedua mobil 100 km. Berapakah kecepatan mobil hijau pada saat itu? Keterangan: Jarak kedua mobil yang dimaksud adalah panjang ruas garis yang menghubungkan kedudukan dua mobil tersebut.

Untuk Kunci Jawaban soal essay nomor 7, 8, 9 dan 10, silahkan klik link di bawah ini.

>>> KLIK DISINI

Demikian terkait kunci jawaban Matematika kelas 8 semester 2 halaman 49 50 51 52 Uji Kompetensi 6 soal nomor 1-10 essay.***

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah