KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 238-241 Latihan 4.3 Tentang Kesebangunan Bangun Datar

- 6 Januari 2023, 08:25 WIB
kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 238-241 Latihan 4.3
kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 238-241 Latihan 4.3 /pexels.com

Portal Kudus - Berikut kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 238-241 Latihan 4.3 tentang kesebangunan bangun datar.

Untuk siswa kelas 9 SMP tentu memiliki keinginan bisa mengerjakan semua soal yang diberikan dengan baik, terutama soal Matematika kelas 9 halaman 238-241 Latihan 4.3

Gunakan kunci jawaban ini untuk menjawab soal Matematika kelas 9 halaman 238-241 sebagai bahan untuk belajar.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN IPA Kelas 9 Halaman 168-170 Aktivitas 4.2 Tentang Interaksi Dua Benda Bermuatan Terhadap Jarak

Kunci jawaban ini dibuat dengan tujuan agar siswa bisa terbantu dengan mudah, ketika mengerjakan dan menyelesaikan tugas Matematika yang diberikan.

Berikut kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 238-241 Latihan 4.3 yang dilansir Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibhrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd.

1. Selidikilah apakah dua trapesium di bawah ini sebangun? Jelaskan.
(Perhatikan gambar pada soal tersebut!)

Jawaban :

- Trapesium PQRS :
PQ = 4 cm dan RS = 16 cm, SP = QR tetapi tidak diketahui ukurannya

- Trapesium ABCD :
CD = 2 cm dan AB = 8 cm, AD = BC tetapi tidak diketahui ukurannya

PQ bersesuaian dengan CD dan RS bersesuaian dengan AB
PQ/CD = 4/2 = 2/1
RS/AB = 16/8 = 2/1

Karena PQ/CD = RS/AB mungkin kita akan menyimpulkan bahwa kedua trapesium tersebut sebangun, tetapi karena ukuran SP dan AD tidak diketahui ukurannya, jadi kita tidak bisa menyimpulkan bahwa kedua trapesium tersebut sebangun. Karena mungkin saja perbandingan SP/AD ≠ 2/1

Baca Juga: KUNCI JAWABAN PKN Kelas 9 Halaman 98 Semester 2, Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bineka Tunggal Ika

Kemudian syarat kedua juga tidak memenuhi, karena pada gambar sudut-sudutnya tidak diketahui, sehingga kita tidak bisa menyimpulkan bahwa sudut-sudut yang bersesuaian pada kedua trapesium tersebut sama besar.

Jadi kedua trapesium pada gambar tersebut belum tentu sebangun, karena ukuran sudut dan sisi lainnya tidak diketahui

2. Carilah pasangan bangun yang sebangun di antara gambar di bawah ini
(Perhatikan gambar pada soal tersebut!)

Jawaban :

- Perhatikan persegi panjang A dengan B
panjang A : panjang B = 6 : 42 = 1 : 7
lebar A : lebar B = 4 : 28 = 1 : 7
Karena memiliki perbandingan sisi yg sama, maka bangun A dg B sebangun

- Perhatikan persegi C dengan Persegi G
Karena mempunyai sudut yang sama besar dan sisi-sisi yg bersesuaian, maka persegi C dan G dikatakan sebangun.

- Perhatikan belah ketupat E dengan belah ketupat F
Dua bangun memiliki sudut yang sama besar yaitu 70° dan 110° dan sisi-sisinya bersesuaian, maka dikatakan sebangun.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN PKN Kelas 8 Halaman 79 Semester 2 Aktivitas 4.1 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908

3. Perhatikan dua bangun yang sebangun pada gambar di bawah ini.
(Perhatikan gambar pada soal tersebut!)

Hitunglah panjang sisi AE, ED, dan QR.

Jawaban :

- Mencari panjang AE

AE : PT = AB : PQ
AE : 18 = 32 : 24
24.AE = 32 . 18
24 AE = 576
AE = 576 : 24
AE = 24 cm

- Mencari panjang ED

ED : TS = AB : PQ
ED : 21 = 32 : 24
24.ED = 32 . 21
24.ED = 672
ED = 672/24
ED = 28 cm

- Mencari panjang QR

BC : QR = AB : PQ
48 : QR = 32 : 24
32.QR = 48 . 24
32.QR = 1152
QR = 1152/32
QR = 36 cm

Petunjuk: gunakan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 45-52 Semester 2 Uji Kompetensi 6 Pilihan Ganda dan Essay

4. Dua buah bangun di bawah ini sebangun.
(Perhatikan gambar pada soal tersebut!)

Hitunglah:
a. Panjang EF, HG, AD, dan DC
b. Nilai x, y, dan z

Jawaban :

- Mencari panjang EF
EF : AB = FG : BC
EF : 20 = 28 : 35 
EF = 16 cm

- Mencari panjang AD
AD : EH = BC : FG
AD : 16 = 35 : 28
AD = 20 cm

- Mencari panjang HG
Tarik garis sejajar EF melalui titik H, dan O adalah titik potong antara garis tersebut dengan dengan FG. maka
OG = 28 -16 = 12 cm

Lihat segitiga siku siku HOG
HG² = OG² +HO²
= 16² + 12²
= 400
HG = √400
= 20 cm

- Mencari panjang DC
DC:HG = BC:FG
DC:20 = 35:28
DC= 25 cm

- Mencari nilai x, y, z
karena kedua bangun tersebut sebangun maka,
y = 127°
x = 180° -127°
= 53°
z = x
= 53°

Baca Juga: KUNCI JAWABAN IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 24 25 26 Aktivitas 7.6, Menyelidiki Transportasi pada Tumbuhan

5. Sebuah gambar berbentuk persegi panjang berukuran 16,8 cm × 8,4 cm. Gambar tersebut diperkecil sehingga ukurannya menjadi k cm × 2 cm. Hitunglah panjang k.
(Perhatikan gambar pada soal tersebut!)

Jawaban :

Panjang awal : panjang akhir = lebar awal : lebar akhir
16,8 : k = 8,4 : 2
8,4 k = 2 (16,8)
8,4 k = 33,6
k = 33,6 / 8,4
k = 336 / 84
k = 4

6. Sebuah foto diletakkan pada selembar karton yang berukuran 50 cm × 40 cm, sebelum dipasang di pigura. Di bagian sisi kiri, kanan, atas, dan bawah foto diberi jarak seperti nampak pada gambar. Foto dan karton tersebut sebangun.
(Perhatikan gambar pada soal tersebut!)

a. Berapa lebar karton di bagian bawah yang tidak tertutup oleh foto tersebut?
b. Berapa perbandingan luas foto dan luas karton?

Jawaban :

 a. Panjang karton = 50 cm
Lebar karton = 40 cm
Panjang photo = 50 – 5 – 5 = 50 – 10 = 40 cm
Lebar photo = 40 – (3 + a) = 40 – 3 – a = (37 – a) cm
Panjang karton : panjang foto = Lebar karton : Lebar foto
50 : 40 = 40 : 37 - a
50 (37 – a) = 40 × 40
1850 – 50a = 1600
50a = 1850 – 1600
50a = 250
a = 250 / 50
a = 5

Jadi lebar karton di bagian bawah yang tidak tertutup oleh foto tersebut adalah 5 cm

Baca Juga: KUNCI JAWABAN IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 20-21 Aktivitas 7.5, Membuktikan Tekanan pada Udara

b. Perbandingan luas foto dan luas karton.
Luas foto = p × l
= 40 cm × (37 – a) cm
= 40 cm × (37 – 5) cm
= 40 cm × 32 cm
= 1280 cm²

Luas karton = p × l
= 50 cm × 40 cm
= 2000 cm²

Perbandingan = Luas foto : Luas karton
= 1280 cm² : 2000 cm²
= 16 : 25

Jadi perbandingan luas foto dan luas karton adalah 16 : 25

7. Sebuah batako berukuran panjang 24 cm, lebar 12 cm, dan tingginya 8 cm dengan berat 1,6 kg. Terdapat miniatur batako yang sebangun dengan batako tersebut dan terbuat dari bahan yang sama dengan batako asli. Ukuran panjang miniatur batako 6 cm. Hitunglah:

a. Lebar dan tinggi miniatur batako
b. Perbandingan volume batako asli dan batako miniatur
c. Berat miniatur batako (dalam gram)

Jawaban :

a. Lebar miniatur batako : lebar batako = panjang miniatur batako : panjang batako
Lebar miniatur batako : 12 = 6 : 24
Lebar miniatur batako = (12 × 6) : 24 = 72/24 = 3 cm
Tinggi miniatur batako : tinggi batako = panjang miniatur batako : panjang batako
Tinggi miniatur batako : 8 = 6 : 24
Tinggi miniatur batako = (8 × 6) : 24 = 48/24 = 2 cm

b. Volume batako : volume miniatur batako
= (24 × 12 × 8) : (6 × 3 × 2)
= 2.304 : 36
= 64 : 1

Baca Juga: KUNCI JAWABAN IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 16-17 Aktivitas 7.4, Simulasi Prinsip Kerja Pompa Hidrolik

c. Berat batako = 1,6 kg = 1.600 gram
Berat 1 cm³ batako = Berat batako : volume batako = 1.600 : 2.304 = 25/36 gram

Berat miniatur batako 
= Volume miniatur batako × berat 1 cm³ batako 
= 36 × 25/36
= 25 gram

8. Panjang sisi terpendek dari dua buah segi enam (hexagon) sebangun adalah 10 cm dan 8 cm. Jika luas segi enam yang besar adalah 200 cm2 , berapakah luas segi enam yang kecil?

Jawaban :

Perbandingan luas
= 8 x 8 : 10 x 10
= 4 x 4 : 5 x 5
= 16 : 25

16/25 x 200 cm² = 16 x 8 cm² = 128 cm²

9. Usaha Konveksi Wina mempunyai usaha konveksi. Untuk mengetahui bahan kain yang dibutuhkan, sebelum memproduksi dalam jumlah besar ia membuat sampel baju ukuran kecil dengan skala ¼ terhadap ukuran sebenarnya. Ternyata satu sampel tersebut membutuhkan kain sekitar 0,25 m2 . Berapa luas kain yang dibutuhkan jika ia mendapat pesanan untuk memproduksi baju tersebut sebanyak 1.000 baju?

Untuk kunci jawaban nomor 9, 10, 11 dan 12, silahkan klik link di bawah ini.

>>> KLIK DISINI

Demikian terkait kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 238-241 Latihan 4.3 tentang kesebangunan bangun datar.***

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah