40 Soal PTS UTS STS Sejarah Peminatan Kelas 10 Semester 1 dan Kunci Jawaban Kurikulum Merdeka Tahun 2022

- 7 September 2022, 15:29 WIB
Ilustrasi 40 Soal PTS UTS STS Sejarah Peminatan Kelas 10 Semester 1 dan Kunci Jawaban Kurikulum Merdeka Tahun 2022
Ilustrasi 40 Soal PTS UTS STS Sejarah Peminatan Kelas 10 Semester 1 dan Kunci Jawaban Kurikulum Merdeka Tahun 2022 /unsplash.com

Portal Kudus - Akan disajikan 40 soal PTS UTS STS Sejarah Peminatan kelas 10 semester 1 dan kunci jawaban dengna Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) tahun 2022 untuk soal ujian sumatif.

Anda mencari soal PTS UTS STS Sejarah Peminatan kelas 10 semester 1 dan kunci jawaban dengna Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) tahun 2022 untuk soal ujian sumatif?

 40 soal PTS UTS STS Sejarah Peminatan kelas 10 semester 1 dan kunci jawaban dengna Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) tahun 2022 untuk soal ujian sumatif ini bisa Anda gunakan sebagai referensi membaut soal.

Selengkapnya inilah  40 soal PTS UTS STS Sejarah Peminatan kelas 10 semester 1 dan kunci jawaban dengna Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) tahun 2022 untuk soal ujian sumatif yang dilansir Portal Kudus dari Fokus Rembang.

Baca Juga: 30 Soal PTS UTS STS Sejarah Indonesia Kelas 10 Semester 1 dan Kunci Jawaban Sumatif Kurikulum Merdeka 2022

I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada huruf A, B, C, D dan E di bawah ini!

1. Berikut ini merupakan unsur sejarah yang paling cepat mengalami perubahan, yaitu…..

A. Lingkungan D. Ruang
B. Manusia E. Waktu
C. Peristiwa

2. Salah satu unsur penting dalam peristiwa sejarah adalah waktu. Hal ini merupakan konsep yang penting karena……

A. Semua kehidupan di dunia ini ditentukan oleh waktu
B. Waktu akan memebawa peristiwa dalam batasan waktu tertentu
C. Kehidupan dan waktu berjalan saling mempengaruhi
D. Batasan waktu membuat peristiwa yang terjadi lebih nyata
E. Perjalanan hidup manusia tidak dapat dilepaskan dari waktu

3. Jika konsep tentang waktu dalam sejarah berkaitan erat dengan kapan peristiwa itu terjadi, konsep ruang adalah konsep yang berkaitan dengan…....

A. Di mana peristiwa itu terjadi
B. Motivasi terhadap peristiwa
C. Akibat dari peristiwa tersebut
D. Mengapa peristiwa itu terjadi
E. Dorongan dan pencetus peristiwa

4. Unsur-unsur penting di dalam peristiwa sejarah terdiri atas manusia, ruang, dan waktu. Dalam hal ini sejarah menempatkan manusia sebagai…..

A. Penggerak sejarah D. Penggagas sejarah
B. Pelaku sejarah E. Penemu sejarah
C. Perusak sejarah

5. Guru yang sedang menjelaskan peristiwa perang Padri di kelas. Bisa digolongkan dalam proses sejarah sebagai….....

A. Ilmu D. Kisah
B. Peristiwa E. Cermin
C. Seni

6. Sejarah yang ditulis sebagai kisah, walaupun diolah secara ilmiah, namun harus memiliki keindahan bahasa. Sejarah pada hakikatnya adalah….

A. Seni D. Budaya
B. Kisah E. Peristiwa
C. Ilmu

7. Pernyataan berikut yang bukan termasuk syarat sejarah sebagai ilmu adalah berdasarkan pada…....

A. Kebenaran fakta sejarah
B. Bukti dan fakta sejarah
C. Rangkaian hubungan sebab akibat
D. Objektivitas dalam penulisan sejarah
E. Keterangan langsung dari pelaku sejarah

8. Seorang guru sejarah sedang menjelaskan peristiwa Tragedi Trisakti, Mei 1998 di kelas. Hal tersebut dapat digolongkan dalam contoh proses sejarah sebagai….

A. Ilmu D. Peristiwa
B. Seni E. Kisah
C. Tragedi

9. Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustsus 1945 merupakan suatu peristiwa yang unik, karena…..

A. Terjadi dalam kehidupan manusia
B. Menentukan kehidupan orang banyak
C. Tidak berubah dan tetap dikenang sepanjang masa
D. Menjadi penghubung dengan peristiwa lain
E. Terjadinya hanya satu kali

10. Sejarah dikatakan sebagai Ilmu Karena memiliki objek, yaitu….

A. Peninggalan-peninggalan kuno
B. Fosil manusia purba
C. Kejadian-kejadian di masa lalu
D. Alat-alat peninggalan manusia purba
E. Bekas-bekas kerajaan tua

11. Secara praktis, kata sejarah sering dipahami dalam empat pengertian ruang lingkup, yaitu sebagai….

A. Mitos, dongeng, kisah, dan kronik
B. Cerita, legenda, dongeng, dan babad
C. Kisah, ilmu, cerita rakyat, dan kronik
D. Kenang-kenangan, kisah, ilmu, dan seni
E. Peristiwa, kisah, ilmu, dan seni

12. Pengertian sejarah merupakan suatu peristiwa yang unik mengandung arti bahwa peristiwa sejarah…

A. Bersifat abadi dan tidak berubah
B. Hanya terjadi satu kali dan tidak bisa terulang sama untuk kedua kalinya
C. Menyangkut kehidupan manusia yang selalu berubah
D. Mempunyai arti dalam kehidupan manusia sebagai pelakunya
E. Bisa terjadi beberapa kali dalam kehidupan manusia sebagai pelakunya

13. Konsep kronologis sangat diperlukan dalam mempelajari ilmu sejarah. Konsep ini bertujuaqn untuk….

A. Menyeleksi berbagai peristiwa
B. Mengklasifikasikan berbagai peristiwa
C. Membuat urutan peristiwa berdasarkan tahun
D. Mengungkapkan berbagai peristiwa
E. Membuat pedoman peristiwa penting

14. Konsep dasar sejarah adalah sebagai berikut, kecuali….

A. waktu (time)
B. ruang (space)
C. historiografi
D. perubahan (change)
E. kesinambungan (continuity)

15. Salah satu karakteristik sejarah sebagai ilmu adalah bersifat empiris. Maksudnya adalah….

A. Berkaitan erat dengan pengalaman manusia yang benar-benar terjadi
B. Berkaitan dengan segala hal yang pernah dialami oleh semua hal
C. Berkaitan dengan semua masalah yang telah lampau
D. Pengalaman manusia yang dapat dijadikan sebagai renungan
E. Selalu dapat teruji sejalan dengan pengalaman manusia di masa lalu

16. Secara etimologis, kata sejarah berasal dari bahasa Arab “syajarotun’. Arti kata tersebut dimungkinkan untuk bermakna berikut ini, kecuali….

A. pohon D. keturunan
B. dongeng E. asal usul
C. silsilah

17. Pembabakan waktu dalam Ilmu sejarah disebut…..

A. narasi D. diakronis
B. kronologis E. sinkronis
C. periodisasi

18. Kronologi diperlukan dalam sejarah untuk menghindarkan anakronisme, yaitu…..

A. Ketidaktepatan dalam waktu
B. Waktu yang tidak berkesinambungan
C. Kerancuan waktu dalam sejarah
D. Ketidaktepatan urutan
E. Waktu yang runtut

19. Sumber sejarah dapat digolongkan berdasarkan bentuk dan wujudnya. Berdasarkan bentuk dan wujudnya sumber sejarah dibedakan atas sumber….

A. Sumber lisan
B. Sumber benda
C. Sumber tertulis
D. Sumber lisan dan tertulis
E. Sumber lisan, tertulis dan benda

20. Berdasarkan penggolongannya, tujuh yupa yang ditemukan di kutai merupakan sumber sejarah…..

A. Sumber lisan
B. Sumber benda
C. Sumber tertulis
D. Sumber lisan dan benda
E. Sumber tertulis dan benda

21. Kata sejarah berasal dari bahasa Arab Syajaratun yang berarti ....

A. pohon D. ranting
B. silsilah E. tangkai
C. keturunan

22. Yang mendapat julukan sebagai bapak sejarah (The Father of History) adalah...

A. Ptolomeuz D. Plato
B. Herodotus E. Aristoteles
C. Socrates

23. Peristiwa sejarah yang begitu banyak dikelompokkan menurut sifat, unit atau bentuk sehingga satu kesatuan waktu tertentu, merupakan pengertian dari...

A. periodesasi D. sinkronisasi
B. kausalitas E. diakronisasi
C. karakterisasi

24. Bahwa peristiwa sejarah itu hanya terjadi sekali, tidak dapat diulang. Sifat sejarah tersebut adalah ....

A. penting D. unik
B. kekal E. indah
C. abadi

25. Tempat terjadinya berbagai peristiwa, baik alam, sosial maupun sejarah, dalam perjalanan waktu disebut ....

A. ruang D. tempat tinggal
B. lingkungan E. kawasan
C. waktu

26. Pernyataan yang menyatakan sejarah sebagai peristiwa adalah ....

A. Cerita Parahiyangan menceritakan raja-raja Sunda
B. Babad Tanah Jawa menceritakan Raja-raja Mataram
C. Soekarno menuturkan pengalamannya kepada wartawan
D. Tanggal 18 Agustus 1945 terjadi sidang pertama PPKI
E. History of Java karangan Raffles

27. Tokoh Proklamasi 17 Agustus 1945 adalah ....

Ilustrasi soal PTS Sejarah Peminatan kelas 10 semester 1
Ilustrasi soal PTS Sejarah Peminatan kelas 10 semester 1

Jawban : D

28. Manusia dalam sejarah diposisikan sebagai....

A. Objek sejarah
B. Subjek sejarah
C. Makhluk sejarah
D. Objek dan subjek sejarah
E. Pengamat sejarah

29. Seorang guru yang sedang menjelaskan peristiwa perang Padri di kelas bisa digolongkan dalam proses sejarah sebagai...

A. ilmu D. kisah
B. peristiwa E. cermin
C. seni

30. Konsep kronologi sangat diperlukan dalam mempelajari ilmu sejarah. Konsep ini bertujuan untuk....

A. menyeleksi berbagai peristiwa
B. mengklasifikasi berbagai peristiwa
C. mengurutkan peristiwa berdasarkan waktu
D. mengungkapkan berbagai peristiwa
E. membuat pedoman peristiwa penting

31. Jika mempelajari peristiwa sejarah secara menyeluruh, meliputi waktu yang panjang, tetapi terbatas dalam ruang, Anda menggunakan konsep berpikir...

A. Kronik D. Kronologi
B. Sinkronik E. Anakronisme
C. Diakronik

32. Dalam mempelajari sejarah, kita memerlukan konsep berpikir yang tepat. berikut ini yang termasuk konsep berpikir dalam sejarah adalah ...

A. monokronik dan kronik
B. kronik dan monokronik
C. sinkronik dan diakronik
D. polikronik dan sinkronik
E. monokronik dan sinkronik

33. Sejarah juga termasuk seni. Hal ini karena dalam penulisan sejarah ...

A. melibatkan para seniman yang memahami sejarah
B. melibatkan imajinasi, intuisi, emosi dan gaya bahasa bertutur yang khas
C. dapat menjadi sumber penting bagi pembuatan film atau pementasan
D. memiliki alur atau jalan cerita yang menggerakkan emosi penelitinya
E. disusun berdasarkan penafsiran seseorang dalam merekonstruksinya

34. Pembuatan kronologi dilakukan dengan tujuan berikut, kecuali ….

A. dapat berurutan kejadiannya
B. tersusun secara baik sehingga mudah dipahami
C. memudahkan adanya hubungan sebab dan akibat
D. memenuhi pedoman penulisan sejarah
E. mempermudah pemahaman sejarah

35. Sejarah memberikan pelajaran bagaimana hari ini dikelola dan bagaimana hari esok dirancang agar tidak mengulangi kesalahan-kesalahan masa lalu. Dengan begitu sejarah memiliki nilai guna ….

A. edukatif D. manipulatif
B. inspiratif E. persuasive
C. rekreatif

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

36. Manusia yang berfikir mampu membedakan perbuatan yang baik dan perbuatan yang buruk, hal tersebut karena manusia sebagi makhluk.....

37. Melalui sejarah, dapat menumbuhkan nasionalisme dan ............. pada suatu bangsa

38. Manusia dapat dikatakan sebagai sumber sejarah, hal itu disebabkan karena.....

39. Sejarah dikatakan sebagai seni, karena dalam penulisannya memerlukan....

40. Mempelajari sejarah dapat menambah ilmu pengetahuan. Mengapa demikian!

Jawaban Essay

36. JAWABAN

SOSIAL
Makhluk yang senantiasa menggunakan kata hati, berupa panduan akal dan perasaan yang dapat membedakan antara perbuatan baik dan yang buruk.

37. JAWABAN

Cinta Tanah air

38. JAWABAN

karena sejarah adalah kejadian-kejadian pada masa lalu yang kemudian dibangun kembali. Sejarah itu gambaran masa lalu kita sebagai individu, maupun sebagai makhluk sosial. Kejadian-kejadian itu kemudian disusun secara ilmiah berdasarkan fakta-fakta pada masa tersebut. Kemudian fakta-fakta itu ditafsirkan dan dijelaskan secara terperinci, sehingga dapat memberi pengertian kepada kita tentang apa sih yang terjadi pada masa lalu.

39. JAWABAN

Sejarah dianggap sebagai seni karena sejarah dianggap memiliki intuisi di dalamnya. Artinya sejarawan atau penulis sejarah memerlukan intuisi yang berbentuk pemahaman langsung dan memakai insting selama proses penelitian sejarah.

40. JAWABAN

Karena Sejarah memiliki metode penelitian. Sejarah dapat dijadikan sebuah pembelajaran atau evaluasi di masyarakat sehingga mampu untuk menjadikan sejarah sebagai ilmu pembelajaran di masa depan.

Demikian kumpulan soal PTS Sejarah Peminatan kelas 10 semester 1 dan kunci jawabannya tahun ajaran 2022/2023.

Untuk mencari soal mapel lain, silakan klik DI SINI dan ketikkan kata kunci PTS, UTS, STS, atau nama mapel dan kelas pada kolom pencarian.***

Editor: Ahmad Khakim

Sumber: Fokus Rembang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah