Portal Kudus - Berikut kunci jawaban Matematika kelas 8 halaman 127-131 semester 1 Uji Kompetensi 3 nomor 1-20 pilihan ganda.
Inilah pembahasan kunci jawaban Matematika kelas 8 halaman 127-131 semester 1 Uji Kompetensi 3, simak dan pahami dengan baik disini.
Untuk siswa kelas 8 SMP tentu memiliki keinginan bisa mengerjakan semua soal yang diberikan dengan baik, terutama soal halaman 127-131 mapel Matematika kelas 8 semester 1.
Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 9 Ayo Kita Tinjau Ulang Materi Bilangan Berpangkat
Simak pembahasan lengkap kunci jawaban disini lengkap dengan pembahasannya, agar tidak salah dan bisa memahami soal dengan jawaban dengan baik.
Kunci jawaban ini dibuat dengan tujuan agar siswa bisa terbantu dengan mudah, ketika mengerjakan dan menyelesaikan tugas Matematika yang diberikan.
Berikut kunci jawaban Matematika kelas 8 halaman 127-131 semester 1 yang dilansir Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibhrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd.
A. Pilihan Ganda
1. Diketahui himpunan P = {1, 2, 3, 5} dan Q = {2, 3, 4, 6, 8, 10}. Jika ditentukan himpunan pasangan berurutan {(1, 2), (2, 4), (3, 6), (5, 10)}, maka korelasi dari himpunan P ke himpunan Q ialah ....
A. kurang dari C. dua kali dari
B. setengah dari D. kuadrat dari
Jawaban:
Diketahui himpunan P = {1, 2, 3, 5} dan himpunan Q = {2, 3, 4, 6, 8, 10}.
Himpunan pasangan berurutan dari P ke Q ialah {(1, 2), (2, 4), (3, 6), (5, 10)}, sehingga
1 → 2 (1 setengah dari 2)
2 → 4 (2 setengah dari 4)
3 → 6 (3 setengah dari 6)
5 → 10 (5 setengah dari 10)
Jadi, korelasi dari P dan Q ialah korelasi "setengah dari".
Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 115 116 Latihan 2.4 Menentukan Fungsi Kuadrat
2. Empat orang anak berjulukan Tohir, Erik, Taufiq, dan Zainul mempunyai kesukaan masing-masing. Kesukaan Tohir mencar ilmu kelompok dan menulis cerpen, kesukaan Erik bermain komputer dan renang, kesukaan Taufiq menulis cerpen dan renang, dan kesukaan Zainul renang saja. Anak yang mempunyai kesukaan menulis cerpen, tetapi tidak suka belajar kelompok ialah ....
A. Tohir C. Taufiq
B. Erik D. Zainul
Jawaban:
Tohir = mencar ilmu kelompok dan menulis cerpen
Erik = bermain komputer dan renang
Taufik = menulis cerpen dan renang
Zainul = renang
Anak yang mempunyai kesukaan menulis cerpen tetapi tidak suka belajar kelompok ialah ...
Dari keempat anak, yang suka menulis cerpen ialah Tohir dan Taufik, tetapi alasannya Tohir suka belajar kelompok, sedangkan yang ditanya tidak suka belajar kelompok maka jawabannya anak yang mempunyai kesukaan menulis cerpen tetapi tidak suka belajar kelompok ialah TAUFIK
3. Diketahui himpunan pasangan berurutan:
(i) {(0, 0), (2, 1), (4, 2), (6, 3)}
(ii) {(1, 3), (2, 3), (1, 4), (2, 4)}
(iii) {(1, 5), (2, 5), (3, 5), (4, 5)}
(iv) {(5, 1), (5, 2), (4, 1), (4, 2)}
Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan (fungsi) adalah ....
A. (i) dan (ii) C. (ii) dan (iii)
B. (i) dan (iii) D. (iii) dan (iv)
Jawaban:
Pemetaan --> yg angka/huruf di kiri dihubungkan sempurna 1 angka / aksara di kanan.
(i) itu pemetaan. 0 , 2 , 4 dan 6 dipasangkan sempurna satu.
(ii) bukan pemetaan.1 dan 2 dipasangkan 2 anggota
(iii) pemetaan. 1 , 2 , 3 , 4 dipasangkan sempurna satu anggota
(iv) bukan pemetaan . 5 dan 4 dipasangkan dua anggota
Jawab : (i) dan (iii) (B)
4. Antara himpunan A = {a, b} dan himpunan B = {1, 2, 3} sanggup dibentuk banyak pemetaan dengan ....
A. 3 cara C. 8 cara
B. 6 cara D. 9 cara
Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 102, 103 Latihan 2.3 Nomor 1-10 Terlengkap 2022
Jawaban:
Bila anggota himpunan A sejumlah n(A) = 2, dan anggota himpunan B sejumlah n(B) = 3, maka banyaknya cara pemetaan dari A ke B adalah:
banyaknya cara pemetaan A ke B =
= Jika ditentukan himpunan pasangan berurutan Jawaban PG Uji Kompetensi 3 Matematika Kelas 8 Halaman 127 (Relasi Dan Fungsi)
= 3 x 3
= 9 cara pemetaan.
5. Bila P = {a, b, c} dan Q = {1, 2, 3}, maka banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin dari P ke Q ialah ....
A. 3 cara C. 9 cara
B. 6 cara D. 27 cara
Jawaban:
Bila p = {a, b, c} dan q = {1, 2, 3}, maka kombinasi korespondensi satu-satu yang mungkin adalah:
(a -> 1, b -> 2, c -> 3)
(a -> 1, b -> 3, c -> 2)
(a -> 2, b -> 1, c -> 3)
(a -> 2, b -> 3, c -> 1)
(a -> 3, b -> 1, c -> 2)
(a -> 3, b -> 2, c -> 1)
Jadi korespondensi satu-satu yang mungkin adalah sejumlah 6 cara.
Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Ayo Kita Berlatih 3.2 Kelas 8 Semester 1 Halaman 102, 103 Terlengkap 2022
6. Fungsi f : x → x + 1 dengan kawasan asal {2, 4, 6, 8} mempunyai daerah hasil ....
A. {2, 4, 6, 8} C. {1, 3, 5, 7}
B. {3, 5, 7, 9} D. {2, 3, 4, 5}
Jawaban:
Diketahui
f : x → x + 1 atau f(x) = x + 1
Daerah asal atau domain ialah {2, 4, 6, 8}, sehingga
f(2) = 2 + 1 = 3
f(4) = 4 + 1 = 5
f(6) = 6 + 1 = 7
f(8) = 8 + 1 = 9
Daerah hasil atau range ialah {3, 5, 7, 9}.
7. Jika diketahui f(x) = 2x + 5 dan f(x) = –3, maka nilai dari x ialah ....
A. –3 C. –5
B. –4 D. –6
Jawaban:
F(x) = 2x+5
-3 = 2x+5
-8 = 2x
-4 = x
8. Diketahui fungsi f : x → 2x – 1. Pernyataan di bawah ini yang salah adalah ....
A. 3 → 4
B. f(–5) = –11
C. kalau f(a) = 5, maka a = 3
D. bayangan 1 ialah 1
Jawaban:
Diketahui f : x → 2x - 1 atau f(x) = 2x - 1
a. x = 3 → f(x) = 4
f(3)
= 2(3) - 1
= 6 - 1
= 5
Jadi, salah bahwa 3 → 4.
b. x = -5 → f(x) = 11
f(5)
= 2(-5) - 1
= -10 - 1
= -11
Jadi, benar bahwa f(-5) = -11.
c. x = a → f(x) = 5
f(a) = 5
⇔ 2a - 1 = 5
⇔ 2a = 5 + 1
⇔ 2a = 6
⇔ a =
⇔ a = 3
Jadi, benar bahwa kalau f(a) = 5, maka a = 3.
d. x = 1 → f(x) = 1
f(1)
= 2(1) - 1
= 2 - 1
= 1
Jadi, benar bahwa f(1) = 1 atau bayangan 1 ialah 1.
Jawaban yang benar : A.
9. Diketahui G(x) = ax + b. Jika G(–2) = –4 dan G(–6) = 12, maka bentuk fungsi G ialah ....
A. G(x) = –4x + 12 C. G(x) = –2x + 6
B. G(x) = –4x – 12 D. G(x) = –4x – 6
Jawaban:
g(-2) = -2a + b = -4
g(-6) = -6a + b = 12
--------------------- -
4a = -16
a = -4
-2a + b = -4
-2 . (-4) + b = -4
b = -4 - 8
b = - 12
g(x) = -4x - 12
Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Halaman 64 Semester 1 Ayo Kita Berlatih 2.3 Lengkap Pembahasannya
10. Daerah asal fungsi yang didefinisikan dengan fungsi f dari x ke 2x – 1 adalah {x | −2x < x < 3; x ∈ B}. Daerah balasannya ialah .....
A. {–3, –1, 1, 3} C. {–2, –1, 0, 1, 3}
B. {–2, –3, –1, 1, 3, 4} D. { –1, 0, 1, 2}
Jawaban:
Diketahui :
f(x) = 2x - 1
Daerah asal = {x | -2 < x < 3, x ∈ R}
Df = {-1, 0, 1, 2}
Ditanyakan : Daerah hasil = .... ?
Jawab:
f(x) = 2x - 1
f(-1) = 2(-1) - 1 = -2 - 1 = -3
f(0) = 2(0) - 1 = 0 - 1 = -1
f(1) = 2(1) - 1 = 2 - 1 = 1
f(2) = 2(2) - 1 = 4 - 1 = 3
Kaprikornus kawasan balasannya :
Rf = {-3, -1, 1, 3} ==> kalau kawasan asalnya x ∈ bilangan asli
11. Jika A = {2, 3, 5, 7} dan B = {4, 6, 8, 9, 10}, banyaknya pemetaan yang mungkin dari A ke B dan dari B ke A berturut-turut ialah ....
A. 225 dan 425 C. 525 dan 256
B. 525 dan 225 D. 625 dan 256
Jawaban:
A = { 2, 3, 5, 7 } → n = 4
B = { 4, 6, 8, 9, 10 } → n = 5
banyak pemetaan dari A ke B = B^A → (^ = pangkat)
= 5⁴
= 625
banyak pemetaan dari B ke A = A^B
= 4⁵
= 1.024
jadi, berturut-turut = 625 dan 1.024 (Tidak ada jawaban)
12. Fungsi f ditentukan oleh f(x) = ax + b. Jika nilai dari fungsi itu untuk x = –3 ialah –15 dan nilai dari fungsi itu untuk x = 3 ialah 9, nilai dari f(−2) + f(2) ialah ....
A. –6 C. 4
B. –4 D. 6
Jawaban:
F(-3) = -3a + b
-15 = -3a + b
3a - 15 = b
f(3) = 3a + b
9 = 3a + 3a -15
24 = 6a
4 = a
9= 3a + b
9 = 12 + b
-3 = b
f(-2) = -2.4 + (-3) = -8 -3 = -11
f(2) = 2.4 + (-3) = 8 - 3 = 5
jadi f(-2) + f(2) = -11 + 5 = -6
13. Fungsi f ditentukan oleh f(x) = ax + b. Jika pasangan-pasangan berurutan (p, −3), (−3, q), (r, 2), (2, −2), dan (−2, 6) ialah anggota dari fungsi itu, nilai p, q, dan r ialah ....
A. p = 5, q = 6, dan r = 2
B. p = 3/2, q = 8, dan r = 2
C. p = 5/2, q = 8, dan r = 0
D. p = 3, q = 6, dan r = 3
Jawaban:
F(x) = ax + b kalau pasangan berurutan(p, -3), (-3, q), (r, 2), (-2, 6), (2, -2) ialah anngota dari fungsi. tentukan nilai p,q,r
f(x) = ax + b,
(-2,6), (2,-2) merupakan anggota dari fungsi. maka
f(-2) = -2a + b = 6 .................(1)
f(2) = 2a + b = -2 ..................(2)
dari (1) dan (2)
-2a + b = 6
2a + b = -2
--------------- (+)
2b = 4
b =2
subtitusikan nilai b = 2 ke pers. (1)
-2a + b = 6
-2a + 2 = 6
-2a = 4
a = -2
Baca Juga: 40 CONTOH Soal AKM Literasi SMP Kelas 8 Beserta Jawabannya, Latihan Soal AKM Literasi ANBK SMP 2022
jadi rumus fungsi f(x) = -2x + 2
(p, -3), (-3, q), (r, 2) ialah anggota dari fungsi, maka
f(p) = -2p + 2
-3 = -2p + 2
2p = 3 + 2
p = 5/2
f(-3) = -2(-3) + 2
q = 6 + 2
q = 8
f(r) = -2r + 2
2 = -2r + 2
2r = -2 + 2
2r = 0
r = 0
Jawabannya : C
14. Diketahui fungsi f(x) = mx + n, f(–1) = 1, dan f(1) = 5. Nilai m dan n berturut-turut adalah…
A. –2 dan –3 C. –2 dan 3
B. 2 dan –3 D. 2 dan 3
Baca Juga: LATIHAN Soal ANBK SMA SMK 2022 Beserta Jawabannya, Contoh Soal ANBK SMA SMK Kelas 11 Tahun 2022
Jawaban:
Diketahui fungsi f(x) = mx + n, sehingga
untuk x = -1, diperoleh
f(-1) = 1
⇔ -m + n = 1 ... (1)
f(1) = 5
⇔ m + n = 5 ... (2)
Persamaan (1) dan (2), untuk menentukan nilai m dan n dengan memakai metode eliminasi dan substitusi. Kita eliminasi m, diperoleh
-m + n = 1
m + n = 5
_________+
⇔ 2n = 6
⇔ n = 3
Nilai n = 3, kita substitusi ke persamaan (2), diperoleh
m + n = 5
⇔ m = 5 - n
⇔ m = 5 - 3
⇔ m = 2
Jadi, nilai m = 2 dan n = 3.
Baca Juga: 10 CONTOH Soal Persamaan Nilai Mutlak Kelas 10 SMA Beserta Pembahasannya Pilihan Ganda dan Essay
15. Jika f(2x + 1) = (x – 12)(x + 13), maka nilai dari f(31) ialah ....
A. 46 C. 66
B. 64 D. 84
Jawaban:
F(2x+1) = (x-12)(x+13)
2x + 1 = 31
2x = 31-1
2x = 30
x = 15
f(31) = (15-12)(15+13)
f(31) = 3(28)
f(31) = 84
16. Misalkan f(x) ialah fungsi yang memenuhi
(a) untuk setiap bilangan real x dan y, maka f(x + y) = x + f(y) dan
(b) f(0) = 2
Nilai dari f(2.016) ialah ....
A. 2.015 C. 2.017
B. 2.016 D. 2.018
Jawaban: D. 2.018
Untuk cara mengerjakan diserahkan oleh pembaca sebagai bahan latihan
Baca Juga: KUMPULAN Contoh Soal Survei Karakter AKM SMP, SMA, SMK Beserta Jawaban dan Pembahasannya
17. Diketahui fungsi bilangan real f(x) = x
A. –4.034 C. –4.030
B. –4.032 D. –4.028
Jawab: C. –4.030
Untuk cara mengerjakan diserahkan oleh pembaca sebagai bahan latihan
18. Untuk setiap bilangan bundar x didefinisikan fungsi f dengan f(x) adalah banyaknya angka (digit) dari x.
Contoh: f(216) = 3, dan f(2.016) = 4. Nilai f(22.016) + f(52.016) ialah ....
A. 2.015 C. 2.017
B. 2.016 D. 2.018
Jawab: C. 2.017
19. Perhatikan diagram berikut ini.
Pernyataan yang sanggup kau simpulkan dari diagram panah di atas adalah sebagai berikut.
(i) Setiap siswa sempurna mempunyai nomor induk satu. Jadi, setiap anggota A hanya mempunyai sempurna satu dengan anggota B.
(ii) Dengan demikian pengertian dari korespondesi satu-satu adalah beberapa dari anggota himpunan A maupun dari anggota B hanya mempunyai satu kawan.
Baca Juga: KUMPULAN Contoh Soal Aljabar Kelas 7 SMP Beserta Kunci Jawaban dan Pembahasannya
(iii) Setiap siswa sanggup mempunyai nomor induk lebih dari satu. Jadi, setiap anggota A sanggup mempunyai lebih satu dengan anggota B.
(iv) Dengan demikian pengertian dari korespondesi satu-satu adalah setiap dari anggota himpunan A maupun dari anggota B hanya mempunyai satu kawan.
Pernyataan yang benar dari kesimpulan di atas ialah ….
A. (i) dan (ii) C. (i) dan (iv)
B. (ii) dan (iii) D. (ii) dan (iv)
Jawaban: C. (i) dan (iv)
20. Jika X = {2, 3, 5, 7, 11} dan Y = { a, b, c, d, e}, banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin terjadi ialah ....
A. 24 C. 540
B. 120 D. 720
Jawaban: B. 120
Demikian artikel terkait kunci jawaban Matematika kelas 8 halaman 127-131 semester 1 Uji Kompetensi 3 nomor 1-20 pilihan ganda.***
Disclaimer:
1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.