KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 26 27 Aktivitas Kelompok, Gambarkanlah Keadaan Fisik Negara Jepang

- 5 Agustus 2022, 20:57 WIB
Inilah kunci jawaban IPS kelas 9 SMP halaman 26 27 aktivitas kelompok, gambarkanlah keadaan fisik negara Jepang
Inilah kunci jawaban IPS kelas 9 SMP halaman 26 27 aktivitas kelompok, gambarkanlah keadaan fisik negara Jepang /IPS kelas 9/buku.kemdikbud

Portal Kudus - Berikut kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 26 27 aktivitas kelompok, gambarkanlah keadaan fisik negara Jepang.

Inilah pembahasan kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 26 27 aktivitas kelompok, simak dan pahami dengan baik disini.

Untuk siswa kelas 9 SMP tentu memiliki keinginan bisa mengerjakan semua soal yang diberikan dengan baik, terutama soal IPS halaman 26 dan 27 aktivitas kelompok.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 9 Ayo Kita Tinjau Ulang Materi Bilangan Berpangkat

Simak pembahasan lengkap kunci jawaban disini lengkap dengan pembahasannya, agar tidak salah dan bisa memahami soal dengan jawaban dengan baik.

Kunci jawaban ini dibuat dengan tujuan agar siswa bisa terbantu dengan mudah, ketika mengerjakan dan menyelesaikan tugas mata pelajaran IPS yang diberikan oleh guru.

Inilah kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 26 27 yang dilansir Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd.

Baca Juga: KUMPULAN Soal Psikotes Matematika dan Pembahasannya, Contoh Soal Psikotes Matematika Dasar Soal Cerita

Aktivitas Kelompok

1. Perhatikan peta negara Jepang! Gambarkanlah keadaan fisik negara Jepang berdasarkan ketampakan yang ada pada peta tersebut. Warna hijau pada peta menggambarkan dataran rendah, sedangkan warna cokelat menggambarkan dataran tinggi dan pegunungan. Semakin cokelat warnanya, semakin besar ketinggiannya.

Jawaban:

Jepang adalah negara kepulauan dengan 4 pulau terbesar yaitu Honshu, Hokkaido, Kyushu dan Shikoku. Kondisi kepulauan Jepang ditandai dengan pegunungan dan banyaknya gunung berapi. Gunung tertinggi yang terdapat di Jepang adalah Gunung Fuji dengan ketinggian 3776 meter.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 36 Aktivitas Kelompok, Keadaan Fisik dari Peta Negara Amerika Serikat

Bentuk geografi Jepang yang bergunung-gunung membuat banyaknya air terjun dan sungai curam di Jepang.

Bentuk geografi Jepang yang berupa kepulauan membuatnya memiliki potensi perikanan yang besar. Potensi ini ditambah dengan lokasi Jepang sebagai pertemuan antara arus dingin Oyashio dari Kutub Utara, dan arus panas Kuroshio dari Samudera

2. Berdasarkan kondisi fisiknya, Jepang memiliki keterbatasan untuk memenuhi kebutuhan hidup penduduknya. Lakukan analisis untuk menjawab pertanyaan berikut ini.

a. Komoditas apakah yang dapat dikembangkan di Jepang dengan memperhatikan kondisi fisik wilayahnya?

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 48 Aktivitas Kelompok, Negara Bagian Australia dan Ibu Kotanya

Jawaban:

Kondisi fisik Jepang ialah memiliki banyak pegunungan dan berbentuk kepulauan sehingga memiliki daerah laut yang luas. Komoditas yang dapat dikembangkan didaerah dengan kondisi tersebut adalah Pertanian (karena memiliki tanah yang subur didaerah pegunungan), Perikanan (lautan yang luas).

b. Komoditas apakah yang tidak bisa dipenuhi oleh Jepang, sehingga harus dipasok dari negara lain?

Jawaban:

Meskipun Jepang kaya dengan sumber daya laut dan kondisi fisik yang strategis untuk bercocok tanam, tetapi ada beberapa komoditas yang tidak bisa didapatkan di Jepang sehingga Jepang harus mengiimpornya dari negara lain. Komoditas tersebut adalah bahan tambang seperti tembaga, minyak bumi, dan batu bara.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN PKN Kelas 9 Halaman 45 Tugas Kelompok 2.2 Tentang Pokok Pikiran dalam Pembukaan UUD 1945

c. Bagaimana cara Jepang agar mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dengan keterbatasan potensi alam yang dimilikinya?

Jawaban:

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya Jepang meningkatkan sumber daya manusianya. Sudah banyak produk-produk teknologi dari Jepang yang dinikmati oleh banyak negara-negara di Asia. Hal ini tentu saja karena keberhasilan Jepang dalam membangun kualitas pendidikan yang berkompeten terutama dibidang Teknologi.

d. Kondisi sumber daya alam di negara Jepang relatif terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan penduduk dan industrinya, negara ini mengimpor sumber daya alam dari negara lain. Telusurilah informasi dari berbagai sumber tentang negara–negara yang memasok kebutuhan sumber daya alam ke Jepang serta jenis sumber daya alam yang dipasoknya.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN PKN Kelas 9 Halaman 42 Tugas Kelompok 2.1, Bentuk Negara yang Cocok Bagi Indonesia

Jawaban:

- Jepang mengimpor gas alam dari Negara Australia

- SDA batubara di impor Jepang dari Indonesia

- Tembaga & Nikel juga didapatkan dari negara Indonesia

- Ikan dan udang bisa diperoleh dari Cina dan Indonesia

- Minyak Bumi berasal dari Malaysia

- Kelapa Sawit bisa didapatkan dari Malaysia & Indonesia

- Beras bisa diimpor dari Thailand

Baca Juga: KUNCI JAWABAN PKN Kelas 9 Halaman 39 Tugas Mandiri 2.4, Upaya Mewujudkan Tujuan Negara Indonesia

- Ikan juga bisa didapatkan dari Thailand

- Karet biasanya didapatkan dari negara Indonesia

- Kako atau coklat juga berasal dari Indonesia

- Kopi didatangkan dari Indonesia

Demikian artikel tentang kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 26 27 aktivitas kelompok, gambarkanlah keadaan fisik negara Jepang.***

Disclaimer:

1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x