Portal Kudus - Berikut kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 10-11, Latihan 1.1 Bilangan Berpangkat Full Pembahasan 2022.
Inilah pembahasan kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 10-11, simak dan pahami dengan baik disini.
Untuk siswa kelas 9 SMP tentu memiliki keinginan bisa mengerjakan semua soal yang diberikan dengan baik, terutama soal halaman 10-11 mapel Matematika kelas 9.
Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 30 31 32 Latihan 1.3 Soal Nomor 1-10 Lengkap Pembahasannya
Simak pembahasan lengkap kunci jawaban disini lengkap dengan pembahasannya, agar tidak salah dan bisa memahami soal dengan jawaban dengan baik.
Kunci jawaban ini dibuat dengan tujuan agar siswa bisa terbantu dengan mudah, ketika mengerjakan dan menyelesaikan tugas mata pelajaran Matematika yang diberikan oleh guru.
Inilah kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 10-11 Latihan 1.1 yang dilansir Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibhrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd.
1. Nyatakan perkalian berulang berikut dalam perpangkatan
a. (-2) x (-2) x (-2)
b. 1/5 x 1/5 x 1/5 x 1/5 x 1/5
c. (-2/3) x (-2/3) x (-2/3) x (-2/3) x (-2/3)
d. t x t x t x t x t x t
e. y x y x y x y x y x y x y x y x y x y
Jawaban:
a. (-2) x (-2) x (-2) = (-2)³
b. 1/5 x 1/5 x 1/5 x 1/5 x 1/5 = (1/5)⁵
c. (-2/3) x (-2/3) x (-2/3) x (-2/3) x (-2/3) = (-2/3)⁵
d. t x t x t x t x t x t = t⁶
e. y x y x y x y x y x y x y x y x y x y = y¹⁰
Baca Juga: SOAL dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 1 Halaman 12 Ayo Kita Berlatih 1.1 Full Pembahasan 2022
2. Nyatakan perpangkatan berikut dalam bentuk perkalian berulang
a. 38
b. (0,83)⁴
c. t³
d. (-1/4)⁴
e. -(1/4)⁴
f. (1/2)5
Jawaban:
a. 38 = 3 x 3 x 3 x 3 x 3 x 3 x 3 x 3
b. (0,83)⁴= (83/100) x 83/100 x 83/100 x 83/100
c. t³ = t x t x t
d. (-1/4)⁴= (-1/4) x (-1/4) x (-1/4) x (-1/4)
e. -(1/4)⁴= – ( 1/4 x 1/4 x 1/4 x 1/4)
Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 21 Pembahasan Soal Mencermati Struktur Laporan Venus
3. Tentukan hasil perpangkatan berikut.
a. 2⁸
b. 5⁴
c. (0,02)²
d. (1/3)³
e. –(1/4)⁴
Jawaban:
a. 2⁸ = 2 × 2 × 2 × 2 × 2 × 2 × 2 × 2 = 256
b. 5⁴= 5 × 5 × 5 × 5 = 625
c. (0,02)² = 0,02 × 0,02 = 0,0004
d. (1/3)³ = (1/3) x (1/3) x (1/3) = 1/27
e. -(1/4)⁴= – ( 1/4 x 1/4 x 1/4 x 1/4) = – 1/256
4. Nyatakan bilangan berikut dalam perpangkatan dengan basis 10
a. 1.000
b. 100.000
c. 1.000.000
d. 10.000.000
Jawaban:
a. 1.000 = 10³
b. 100.000 = 10⁵
c. 1.000.000 = 10⁶
d. 10.000.000 = 10⁶
5. Nyatakan bilangan berikut dalam perpangkatan dengan basis 2
a. 256
b. 64
c. 512
d. 1.048.576
Jawaban:
a. 256 = 2⁸
b. 64 = 2⁶
c. 512 = 2⁹
d. 1.048.576 = 1024 x 1024
= 2¹⁰ x 2¹⁰
= 2²⁰
6. Tuliskan sebagai bentuk perpangkatan dengan basis 5
a. 5
b. 625
c. 15.625
d. 125
Jawaban:
a. 5 = 51
b. 625 = 5⁴
c. 15.625 = 5⁶
d. 125 = 5³
7. Tentukan hasil dari operasi berikut ini.
a. 5 + 3 x 2⁴
b. ½ (6³ – 4²)
c. 8 + 3 x (-3)⁴
d. (1/4)⁴ x (-1/3)²
e. (1/4)⁴ : -(1/3)²
Jawaban:
a. 5+3 x 2⁴ = 5 + 3 x 16
= 5 x 48
= 53
b. 1/2(6³ – 4²) = 1/2 ( 216 – 16)
= 1/2 ( 200)
= 100
c. 8+ 3 x (-3)⁴ = 8 + 3 x 81
= 8 + 243
= 251
d. (1/4)4 x (-1/3)2 = 1/256 x 1/9
= 1/2304
e. (1/4)⁴ : -(1/3)² = 1/256 : 1/9
= 1/256 x 9/1
= 9/256
8. Tentukan nilai x pada persamaan matematika di bawah ini
a. 7ˣ = 343
b. 2ˣ = 64
c. 10ˣ = 10.000
d. 5ˣ = 625
Jawaban:
a. 7ˣ =343
7ˣ = 7³
x = 3
b. 2ˣ = 64
2ˣ = 2⁶
x = 6
c. 10ˣ = 10.000
10ˣ = 10⁴
x = 4
d. 5ˣ = 625
5ˣ = 5⁴
x = 4
9. Tim peneliti dari Dinas Kesehatan suatu daerah di Indonesia Timur meneliti suatu wabah yang sedang berkembang di Desa X. Tim peneliti tersebut menemukan fakta bahwa wabah yang berkembang disebabkan oleh virus yang tengah berkembang di Afrika. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa virus tersebut dapat berkembang dengan cara membelah diri menjadi 3 virus setiap setengah jam dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Berapa jumlah virus dalam tubuh manusia setelah 6 jam?
Jawaban:
Diketahui:
a = 1 (bakteri mula-mula)
r = 2 (membelah menjadi dua setiap setengah jam)
Ditanya : Jumlah bakteri dalam 6 hari?
Jawab :
Pertama tentukan terlebih dahulu nilai n:
n = 6 jam : 30 menit
n = 6(60) : 30
n = 360 : 30
n = 12
Banyak virus setelah 6 jam :
Un= a x rn
U12= 1 x 212
U12= 1 x 4096
U12= 4.096 bakteri
10. Tantangan. Dalam sebuah penelitian, diketahui seekor amoeba S berkembang biak dengan membelah diri sebanyak 2 kali tiap 15 menit.
a. Berapa jumlah amoeba S selama satu hari jika dalam suatu pengamatan terdapat 4 ekor amoeba S?
Jawaban:
Untuk mengerjakan soal di atas, bisa dikerjakan dengan langkah-langkah di bawah ini.
1. Tentukan nilai a.
Karena awalnya ada 4, maka a = 4.
2. Tentukan nilai n.
n = 1 hari/ 15 menit
n = (24 x 60 menit)/15 menit
n = 96
3. Masukkan ke rumus.
Un = arⁿ = 4(296) = 2²(296) = 22+96 = 298
Jadi, jumlah Amoeba S ada 298 ekor.
b. Berapa jumlah amoeba S mula-mula sehingga dalam 1 jam terdapat minimal
1.000 Amoeba S?
Jawaban:.
Untuk mengerjakan soal di atas, bisa dikerjakan dengan langkah-langkah di bawah ini.
1. Cari n dari yang diketahui.
n = 1 jam/15 menit
n = 60 menit/ 15 menit
n = 4
2. Masukkan ke rumus.
1000 = arⁿ
1000 = a(2⁴)
1000 = a(16)
1000/16 = a
62,5 = a
63 = a
Karena jika a = 62 jumlah Amoeba S hanya 992. Padahal yang diinginkan jumlah
Amoeba S minimal 1000.
Jadi, banyak Amoeba S mula-mula minimal 63 ekor agar jumlahnya 1008.
Demikian artikel tentang kunci jawaban Matematika kelas 9 halaman 10-11, Latihan 1.1 Bilangan Berpangkat Full Pembahasan 2022.***
Disclaimer:
1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.