Portal Kudus - Inilah kunci jawaban Uji Kompetensi 1 Matematika kelas 8 semester 1 halaman 34 35 36 37 38 39 40 lengkap pembahasannya.
Inilah pembahasan kunci jawaban Uji Kompetensi 1 Matematika kelas 8 semester 1 halaman 34 35 36 37 38 39 40, simak dan pahami dengan baik disini.
Untuk siswa kelas 8 SMP tentu memiliki keinginan bisa mengerjakan semua soal yang diberikan dengan baik, terutama soal halaman 34 sampai 40 Uji Kompetensi 1 mapel Matematika kelas 8 semester 1.
Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Halaman 9 Ayo Kita Tinjau Ulang Materi Bilangan Berpangkat
Simak pembahasan lengkap kunci jawaban disini lengkap dengan pembahasannya, agar tidak salah dan bisa memahami soal dengan jawaban dengan baik.
Kunci jawaban ini dibuat dengan tujuan agar siswa bisa terbantu dengan mudah, ketika mengerjakan dan menyelesaikan tugas Matematika yang diberikan.
Berikut kunci jawaban Uji Kompetensi 1 Matematika kelas 8 semester 1 halaman 34 35 36 37 38 39 40 yang dilansir Portal Kudus dari alumni UIN Maulana Malik Ibhrahim Malang (UIN Malang) M Imam Zaenal Abidin, M.Pd.
A. Soal Pilihan Ganda
1. Batang korek api disusun dengan dengan susunan seperti pada gambar berikut.
Lihatlah gambar pada soal tersebut!
Jika pola tersebut terus berlanjut, banyak batang korek api pada susunan ke-10 adalah … batang.
A. 33
B. 36
C. 39
D. 42
Jawaban:
Perhatikan gambar pola korek api di atas
pola-1 : 6 batang korek api
pola-2 : 9 batang korek api
pola-3 : 12 batang korek api
pola-1 = 6
pola-2 = 9 = 6 + (1 x 3)
pola-3 = 12 = 6 + 3 + 3 = 6 + (2 x 3)
pola-4 = 15 = 6 + 3 + 3 + 3 = 6 + (3 x 3)
pola ke-n = 6 + (n – 1) . 3
= 6 + 3n – 3
= 3n + 3
Jadi jumlah batang korek api pada susunan / pola ke-10 adalah :
Pn= 3n + 3 = 3 x 10 + 3 = 33 batang
2. Perhatikan pola bilangan berikut.
(3, 6), (6, 15), (8, 21)
Pernyataan yang tepat untuk mendapatkan bilangan kedua dari pasangan bilangan pertama pada pola tersebut adalah ….
A. Ditambah 3
B. Dikalikan 2
C. Dikalikan 2 kemudian ditambah 3
D. Dikalikan 3 kemudian dikurangi 3
Jawaban:
3 → 6 = 3 x 3 – 3
6 → 15 = 6 x 3 – 3
8 → 21 = 8 x 3 – 3
Jadi, jawaban yang benar : D.
Petunjuk: Untuk soal no. 3 - 16, pilihlah salah satu jawaban yang benar sesuai dengan pola barisan yang diberikan.
3. 3. 10, 30, 50, 70, …, …, …
A. 80, 90, 100
B. 90, 110, 130
C. 100, 200, 400
D. 110, 130, 150
Jawaban:
Beda = 30- 10= 20
3 bilangan berikutnya
70 + 20 = 90
90 + 20 = 110
110 + 20 = 130
jadi jawabannya adalah B
4. 2, 3, 8, 11, 16, ..., ..., ...
A. 19, 24, 27
B. 18, 23, 26
C. 20, 25, 28
D. 19, 25, 28
Jawaban:
2 , 3 , 8 , 11, 16 ,..., ....., ....
+1 +5 +3 +5
kemungkinan besar pola dari 3 barisan berikutnya adalah :
16 + 3 = 19
19 + 5 = 24
24 + 3 = 27
jadi jawabannya adalah A
5. 5, 4, 9, 8, 13, 12, 17, ..., ..., ...
A. 18, 23, 22
B. 17, 22, 21
C. 16, 21, 20
D. 15, 20, 19
Jawaban:
5, 4, 9, 8, 13, 12, 17, ..., ..., ...
-1 +5 -1 +5 -1 +5
pola berikutnya :
17 - 1 = 16
16 + 5 = 21
21 - 1 = 20
jadi jawabannya C
6. 1,3,4,7,9,13, 16, 21, ..., ...
A. 27, 31
B. 25, 31
C. 25, 30
D. 25, 29
Jawaban:
1, 3, 4, 7, 9, 13, 16, 21, ..., ...
- suku ganjil
U1=1
U3=4
U5=9
U7=16
1, 4, 9, 16, ....
+3 +5 +7 +9
U9= 16 + 9 = 25
- suku genap
U2=3
U4=7
U6=13
U8=21
3, 7, 13, 21
+4 +6 +8 +10
U10= 21 + 10 = 31
jadi jawabannya B
7. 2,-6, 18, -32, 64, ..., ..., ...
A. -128, 254, -508
B. 128, -254, 508
C. -96, 128, -160
D. -254, 508, -1016
Jawaban:
2 , -6 , 18 , -32 , 64 , … , … , … , … .
pola dari barisan bilangan tersebut adalah
(kali -3) , (kali -3) , (kali -2 ) , (kali -2) , (kali -2) , (kali -1 +(-3)) , (kali -1)
sehingga lanjutan pola diatas menjadi
2 , -6 , 18 , -32 , 64 , -128 , 125 , -125
Baca Juga: KUNCI JAWABAN IPS Kelas 9 Halaman 5 Aktivitas Kelompok Bab 1: Sebaran Benua di Dunia
8. 90, 30, 10, ..., ..., ...
A. 10/3, 10/9, 10/27
B. 3,2,1
C. 7,4, 1
D. 10/9, 10/27, 10/81
Jawaban:
90 , 30, 10 , ...
90 x 1/3 = 30
30 x 1/3 = 10
10 x 1/3 = 10/3
10/3 x 1/3 = 10/9
10/9 x 1/3 = 10/27
jawaban A
Baca Juga: KUNCI JAWABAN PKN Kelas 9 Halaman 2: Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup
9. 4,-7, 10, -13, 16, ..., ..., ...
A. 19, -22, 25
B. -20, 25, -31
C. 20,-24, 28
D. -19, 22, -25
Jawaban:
4,-7, 10, -13, 16, ..., ..., ...
- suku ganjil beda 6
4, 10, 16,
U7 = 16 + 6 = 22
- suku genap beda -6
-7, -13,
U6= -13 + (-6) = -19
U8= -19 + (-6) = -25
Jawaban D
10. A, K, C, ..., E, O, G
A. D
B. L
C. N
D. M
Jawaban:
untuk suku genap pola lompat dua huruf dari K ke M
Jadi jawaban D
11. 1,3,4,7,..., ..., 29
A. 11, 19
B. 11, 18
C. 10,17
D. 10, 18
Jawaban:
barisan fibonaci
1 + 3 = 4
3 + 4 = 7
4 + 7 = 11
7 + 11 = 18
jawaban B
Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 9 Semester 1 Halaman 10 11 Latihan 1.1 Bilangan Berpangkat
12. 1,4,9, 16, ..., ..., 49
A. 25, 36
B. 25, 30
C. 20,36
D. 24, 34
Jawaban:
Barisan bilangan kuadrat
pola selanjutnya :
5² = 25
6² = 36
jawaban : A
Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Semester 1 Halaman 10 Ayo Kita Berlatih 1.1 Full Pembahasan 2022
13. 2, 4, 10, 11, 18, 18, 26, 25, ..., ..., ...
A. 32, 30, 40
B. 33, 31, 41
C. 34, 32, 42
D. 35, 33, 43
Jawaban:
2, 4, 10, 11, 18, 18, 26, 25, ..., ..., ...
- suku ganjil beda 8
2, 10, 18, 26
selanjutnya ;
26 + 8 = 34
34 + 8 = 42
- suku genap beda 7
4, 11, 18, 25
selanjutnya :
25 + 7 = 32
Jawaban :C
14. 1, 5, -1, 3, 7, 1, 5, 9, 3, 7, 11, 5, ..........
A. 8, 12,6
B. 9,13,7
C. 10, 14, 8
D. 11, 15,9
Jawaban:
1, 5, -1, 3, 7, 1, 5, 9, 3, 7, 11, 5, ..........
terbagi menjadi 3 pola
- lompat 3 suku pola pertama beda 2
1, 3, 5, 7
u1 = 1
u4 = 3
u7 = 5
u10 = 7
suku selanjutnya u13 = 7 + 2 = 9
- lompat 3 suku pola kedua beda 2
5, 7, 9, 11
u2 = 5
u5 = 7
u8 = 9
u11 = 11
suku selanjutnya u14 = 11 + 2 = 13
- lompat 3 suku pola ketiga beda 2
-1, 1, 3, 5
u3 = -1
u6 = 1
u9 = 3
u12 = 5
suku selanjutnya u15 = 5 + 2 = 7
Jadi jawaban : B
15. 4, 10, ..., ..., 34, 44
A. 17, 26
B. 16,22
C. 17,25
D. 16,25
Jawaban:
4, 10, ..., ..., 34, 44
+6 + 7 +8 +9 +10
jadi
10 + 7 = 17
17 + 8 = 25
jawaban : C
16. 100, 92, ..., 79, ..., 70
A. 85,73
B. 84, 74
C. 84, 71
D. 85, 74
Jawaban:
100, 92, ..., 79, ..., 70
-8 -7 -6 -5 -4
jadi
92 -7 = 85
79 - 5 = 74
jawaban : D
Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 23 Uji Kompetensi 1 Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila
17. Jika angka di belakang koma pada bilangan 7,1672416724167... dilanjutkan terus menerus, angka pada tempat kedudukan 1/10³³ adalah...
A. 1
B. 6
C. 7
D. 2
Jawaban:
u1 = 1
u2 = 6
u3 = 7
u4 = 2
u5 = 4
pola selanjutnya berulang ke 5 suku pola awal
jadi u33 = 33 : 5 = 6 sisa 3 sehingga
u33 = u3 = 7
jawaban C
18. Angka satuan pada bilangan 2013 pangkat 2001 adalah
A. 3
B. 9
C. 7
D. 1
Jawaban:
pola dari Hasil perpangkatan angka 2013 memiliki pola satuan :
2013 pangkat 1 => 3 (satuannya 3)
2013 pangkat 2 => 9 (satuannya 9)
2013 pangkat 3 => 9 × 3 => 7 (satuannya 7)
2013 pangkat 4 => 7 × 3 => 1 (satuannya 1)
2013 pangkat 5 => 1 × 3 => 3 (satuannya 3)
Polanya adalah 3, 9, 7 1, 3, 9, 7, 1, ….
dengan pangkat (1, 2, 3, 4), (5, 6, 7, 8), …
Karena 2001 berada pada kelompok bilangan
(2001, 2002, 2003, 2004)
Maka, 2013 pangkat 2001 satuannya adalah 3. (bilangan pertama)
Jadi jawaban A
Baca Juga: KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 25 Kegiatan 3 Tentang Latihan Kebahasaan
19. Jika n pada bilangan 1.248" adalah suatu bilangan bulat positif, nilai n agar angka satuannya 8 adalah ...
A. 2.013
B. 2.014
C. 2.015
D. 2.016
Jawaban:
Untuk mendapat satuan 8, kita hanya membutuhkan angka terakhirnya saja
8ⁿ
perhatikan pola satuan pangkat bil.8
8¹ = 8
8² = 4
8³ = 2
8⁴ = 6
8^5 = 8
8^6 = 4
jadi berulang setiap 4x
agar mendapat satuan 8 maka n harus bersisa 1 ketika dibagi 4
coba 1 per 1 optionya
ditemukan 2013/4 = 503 dgn sisa 1
maka n=2013
Jadi jawaban A
Baca Juga: Kunci Jawaban PJOK Kelas 8 Halaman 63 64 65 66 Penilaian Pengetahuan Bab 1 Permainan Bola Besar
20. Jika n menyatakan banyak rusuk sisi alas suatu limas, maka banyak rusuk pada limas tersebut adalah ....
A. 3n
B. 2n
C. 3n+1
D. 2n + 1
Jawaban:
rumus rusuk limas segi n = 2n
Jawaban : B
B. Soal Essay
1. Tentukan dua suku yang hilang pada barisan bilangan berikut. 2, 5, ..., 12, ..., 31, 50
Jawaban:
2, 5, ..., 12, ..., 31, 50 merupakan Barisan fibonacci sehingga suku yang hilang adalah :
2 + 5 = 7
7 + 12 = 19
2. Bilangan bilangan pada barisan 7, 11, 15, 19, 23, ... terus bertambah 4 pada setiap suku-sukunya. Sedangkan bilangan pada barisan 1, 10, 19, 28, 37, ... terus bertambah 9 pada setiap suku-sukunya. Bilangan 19 terdapat pada kedua pola tersebut. Jika kedua barisan bilangan tersebut dilanjutkan terus menerus, maka bilangan sama yang muncul berikutnya di kedua barisan adalah ....
Jawaban:
19 + (4 x 9) = 19 + 36 = 55
3. Ketiga gambar berikut dibagi menjadi segitiga-segitiga kecil yang berukuran sama.
(Lihatlah gambar pada soal tersebut)
a. Gambar tersebut dilanjutkan hingga gambar 4 dengan pola yang sama. Lengkapi tabel di bawah ini. Gambar Banyak segitiga
Jawaban:
Gambar Banyak segitiga
1 2
2 8
3 18
4 32
b. Jika gambar tersebut dilanjutkan hingga gambar 7, tentukan banyak segitiga yang terbentuk.
Jawaban:
Jika diteruskan hingga gambar ke 7, maka banyak segitiga yang terbentuk adalah 98.
c. Jika gambar tersebut dilanjutkan hingga gambar 50. Jelaskan cara kalian untuk menentukan banyak segitiga kecil yang terbentuk, tanpa menggambar dan mencacah satu per satu gambar.
Jawaban:
Dari gambar tersebut kita akan mendapatkan pola bahwa banyak segitiga kecil adalah luas persegi dikali 2.
Un = n² x 2
U50 = 50² x 2
U50 = 2.500 x 2
U50 = 5.000
Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 6 Halaman 10 dan 11 Ayo Mencoba Soal Bilangan Bulat Terlengkap 2022
4. Jika pola pada gambar berikut dilanjutkan terus menerus, tentukan gambar yang terbentuk pada persegi bertanda X.
(Lihatlah gambar pada soal tersebut)
Jawaban:
gambar yang terbentuk pada persegi bertanda X
![Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 1 Halaman 38 39 40 Uji Kompetensi 1](https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/26x10:218x204/x/photo/2022/07/26/717569145.png)
5. Jika angka dibelakang koma pada bilangan 13,5689135689135... dilanjutkan terus menerus, tentukan angka pada tempat kedudukan 1 per 10⁴⁰
Jawaban:
pola angka di belakang koma adalah
u1 = 5
u2 = 6
u3 = 8
u4 = 9
u5 = 1
u6 = 3
pola selanjutnya kembali kepola semula
maka pola u40 = 40 : 6 sisa 4, jadi
u40 = u4 = 9
Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 30, 31, 32 Latihan 1.3 Pembagian pada Perpangkatan
6. Tentukan angka satuan pada bilangan 2.012¹⁰⁰²
Jawaban:
1) 2012¹ = 2¹ = 2 => 2
2) 2012² = 2² = 4 => 4
3) 2012³ = 2³ = 8 => 8
4) 2012⁴ = 2⁴ = 16 => 6
5) 2012⁵ = 2⁵ = 32 => 2
6) 2012⁶ = 2⁶ = 64 => 4
7) 2012⁷ = 2⁷ = 128 => 8
8) 2012⁸ = 2⁸ = 256 => 6
Pada data diatas terlihat pola berulang setiap 4 bilangan. Sehingga 1.002 / 4 adalah 250 bersisa 2. Pada pola ke-2 diatas angka satuannya adalah 4.
Jadi, angka satuan pada bilangan 2.012¹⁰⁰² adalah 4.
Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 20 21 Latihan 2.1 Soal Nomor 1-10 Lengkap Pembahasannya
7. Jika angka pada bilangan 100000100000100000100000... dilanjutkan terus menerus hingga angka ke-100 dengan pola yang terlihat, maka tentukan banyak angka “0” pada bilangan tersebut.
Jawaban:
Pada bilangan tersebut angka "1" berjumlah 1 buah pada bilangan 6 angka "1000000", sehingga untuk menghitung banyak angka "1" = n / 6. (Jika desimal maka dibulatkan).
Banyak angka "0" hingga angka ke-100 = 100 - banyak angka "1" hingga angka ke-100
= 100 - (100 / 6)
= 100 - 16,66667
= 100 - 17
= 83
Jadi, banyak angka "0" pada bilangan tersebut adalah 83.
8. Jika n menyatakan banyak rusuk pada suatu prisma, tentukan banyak sisi pada prisma tersebut.
Jawaban:
Banyak sisi prisma segitiga = 5 = sisi segitig + alas + atap = 3 + 2
Banyak sisi prisma segiempat = sisi segiempat + alas + atap = 4 + 2
Banyak sisi prisma n = n + 2
Jadi, banyak sisi pada prisma tersebut adalah n + 2.
Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 7 Semester 1 Halaman 34 35 Ayo Kita Berlatih 1.3 Full Pembahasan 2022
9. Tentukan banyak lingkaran pada pola ke-101 pada konfigurasi objek berikut.
(Lihatlah gambar pada soal tersebut)
Jawaban:
Pola ke-1 = 4
Pola ke-2 = 5
Pola ke-3 = 8
Pola ke-4 = 13
Pola ke-n = 4+(n - 1)²
Pola ke-101 = 4 + (101 - 1)²
= 4 + 100²
= 4 + 10.000
= 10.004
Jadi, banyak lingkaran pada pola ke-101 adalah 10.004.
Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Semester 1 Halaman 34-37 Uji Kompetensi 1 Pola Bilangan
10. Jika pasangan bilangan berikut ini dilanjutkan, tentukan pasangan bilangan 100.
(Lihatlah tabel pada soal tersebut)
Jawaban:
Pasangan ke-1 = 2 = 1 x 2
Pasangan ke-2 = 6 = 2 x 3
Pasangan ke-3 = 12 = 3 x 4
Pasangan ke-n = n x (n + 1)
Pasangan ke-100 = 100 x (100 + 1)
= 100 x 101
= 10.100
Jadi, pasangan bilangan 100 adalah 10.100.
Demikian artikel tentang kunci jawaban Uji Kompetensi 1 Matematika kelas 8 semester 1 halaman 34 35 36 37 38 39 40 lengkap pembahasannya.***
Disclaimer:
1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.