KUMPULAN Soal UM Qurdis MTs 2022 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian Madrasah Al Quran Hadist Kelas 9 K13

- 11 April 2022, 08:31 WIB
soal UM Qurdis MTs 2022 dan kunci jawaban, contoh soal Ujian Madrasah Al Quran Hadist kelas 9 Kurikulum 2013
soal UM Qurdis MTs 2022 dan kunci jawaban, contoh soal Ujian Madrasah Al Quran Hadist kelas 9 Kurikulum 2013 /Pixabay/mataqdarululum / 15 images

 

Portal Kudus - Inilah kumpulan soal UM Qurdis MTs 2022 dan kunci jawaban, contoh soal Ujian Madrasah Al Quran Hadist kelas 9 Kurikulum 2013.

Bagi kalian yang bingung dan mencari soal UM Qurdis MTs 2022 dan kunci jawaban, contoh soal Ujian Madrasah Al Quran Hadist kelas 9 Kurikulum 2013, simak artikel ini hingga selesai.

Artikel ini akan menyajikan soal UM Qurdis MTs 2022 dan kunci jawaban, contoh soal Ujian Madrasah Al Quran Hadist kelas 9 Kurikulum 2013 guna menjadi panduan agar membantu belajar kalian.

Baca Juga: TERBARU! Contoh Soal USBN PAI Kelas 12 SMA 2022 dan Kunci Jawaban Kurikulum 2013 Pilihan Ganda Lengkap 2022

Sekalipun sudah ada kunci jawaban semacam ini, tentu akan lebih baik lagi jika para siswa terlebih dahulu mencoba untuk mengerjakannya.

Adanya kunci jawaban ini diharapkan bisa menjadi sebuah referensi atau bahan evaluasi dalam proses belajar mengajar.

Sebagaimana yang dilansir tim PortalKudus dari alumni pendidikan Bahasa Indonesia UNNES M. Khoirul Humam S.Pd berikut ini soal UM Qurdis MTs 2022 dan kunci jawaban, contoh soal Ujian Madrasah Al Quran Hadist kelas 9 Kurikulum 2013.

Baca Juga: Soal USP Kimia 2022 Kelas 12 dan Pembahasan, Contoh Latihan Soal Kimia Kurikulum 2013 Ujian Sekolah 2022

1. Secara garis besar hukum bacaan MAD dapat dibagi menjadi ....

A. 2 bagian

B. 4 bagian

C. 3 bagian

D. 5 bagian

Jawaban : A

2. Menurut bahasa MAD berarti panjang sedangkan Lazim artinya ....

A. Pasti

B. Jelas

C. Pendek

D. Dengung

Jawaban : A

3. Mad Thabi’i yang bertemu dengan huruf yang sukun dalam satu katahukum bacaannya adalah ....

A. Mad lazim muhaffaf harfi

B. Mad lazim mutsaqqal harfi

C. Mad lazim mukhaffaf kalimi

D. Mad lazim mutsaqqal kalimi

Jawaban : C

4. Mad thabi’I yang bertemu dengan huruf yang bertasydid dalam satu kata, dan cara membacanya wajib dipanjangkan ....

A. 2 alif

B. 2 harakat

C. 3 alif

D. 4 harakat

Jawaban : C

5. Cara membaca lafal س ط panjang huruf س) sin) adalah ....

A. 2 harakat

B. 2 alif

C. 4 harakat

D. 3 alif

Jawaban :D

6. Kata mutsaqqal artinya adalah ....

A. Di dengungkan

B. di ringankan

C. Di beratkan

D. di panjangkan

Jawaban :C

7. Huruf hijaiyah berjumlah .....

A. 26 huruf

B. 28 huruf

C. 27 huruf

D. 31 huruf

Jawaban :B

8. Huruf hijaiyah yang terletak dipermulaan surat berjumlah ....

A. 12 huruf

B. 14 huruf

C. 13 huruf

D. 15 huruf

Jawaban :B

9. Cermati huruf hijaiyah berikut ini! ه – ر – ح – ي - ط bila terdapat diawal surat maka dibaca panjang ....

A. 2 harakat

B. 2 alif

C. 4 harakat

D. 3 alif

Jawaban :A

10. Lafal ketika membacanya, huruf lam di idghamkan kepada huruf mim, dan dipanjangkan secara sempurna sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, karena pada bacaan tersebut terdapat hukum bacaan .....

A. Mad lazim muhaffaf kalimi

B. Mad lazim mutsaqqal kalimi

C. Mad lazim mukhaffaf harfi

D. Mad lazim mutsaqqal harfi

Jawaban :D

11. Kebiasaan bangsa arab menggunakan waktu ashar untuk hal-hal yang tidak baik, mereka berkumpul bercerita tentang asal usul nenek moyang mereka, harta dan urusan sehari-hari, karena banyaknya percakapan akhirnya terjadi perselisihan, lalu sebagian mereka ada yang mengutuk waktu ashar “waktu ashar adalah waktu yang berbahaya atau waktu naas banyak bahaya yang terjadi” hal tersebut menjadi sebab turunnya surat ....

A. Al – A’la

B. Al – Ashr

C. Al – Alaq

D. Al – Qariah

Jawaban :B

12. Menurut surat Al- Ashr, manusia tidak tergolong orang yang merugi apa bila memiliki .... syarat

A. 1 syarat

B. 3 syarat

C. 2 syarat

D. 4 syarat

Jawaban :D

13. Perhatikan ayat tersebut! dari ayat tersebut adalah ....

A. Bacalah dengan menyebut nama tuhan yang maha pengasih

B. Bacalah dengan menyebut nama tuhan yang maha penyayang

C. Bacalah dengan menyebut nama tuhan yang maha mulia

D. Bacalah dengan nama tuhanmu yang menciptakan

Jawaban :D

14. Isi dari kandungan Al-Qur’an surat Al-Alaq ayat satu di atas adalah ....

A. Perintah untuk belajar

B. Perintah untuk taat pada Allah

C. Perintah untuk mengabdi hanya pada Allah

D. Perintah untuk bersiap-siap menghadap Allah

Jawaban :A

15. Lafat قَخل َartinya adalah ....

A. Membacakan

B. Menjelaskan

C. Menciptakan

D. Menuliskan

Jawaban :C

16. Ayat-ayat qauliyah adalah tanda-tanda kebesaran Allah berupa ....

A. Alam semesta

B. Al- Qur’an

C. Lingkungan alam

D. Hadits

Jawaban :B

17. Tanda-tanda kebesaran Allah yang berupa keadaan alam semesta di sebut ....

A. Ayat-ayat Al- Qur’an

B. Al- Qur’an dan Hadits

C. Ayat-ayat Qauliyah

D. Ayat-ayat kauniyah

Jawaban :D

18. Memperhatikan serta mempelajari alam sekitar, sehingga meyakini bahwa semua ini adalah ciptaan Allah SWT. Hal ini adalah termasuk salah satu penerapan dari ....

A. Surat Al- Alaq ayat Satu

B. Surat Al- Alaq ayat dua

C. Surat Al- Alaq ayat tiga

D. Surat Al- Alaq ayat empat

Jawaban :A

19. Kandungan Al-Qur’an surat Al-Alaq ayat lima adalah ....

A. Sumber segala ilmu adalah berasal dari Allah SWT

B. Perintah untuk belajar membaca

C. Mengajarkan ilmu yang kita miliki

D. Mengamalkan ilmu yang kita miliki

Jawaban :A

20. Selain belajar ilmu agama kita juga dianjurkan untuk belajar ilmu-ilmu umum, hal ini adalah salah satu penerapan dari Al-Qur’an surat ....

A. Surat Al- Fatehah

B. Surat Al- Zalzalah

C. Surat Al-Alaq

D. Surat Al- Qariah

Jawaban :C

Baca Juga: Loyd Christina Biodata Lengkap Pemeran Sinetron Gara gara Duyung yang Tayang di ANTV Ada Umur, IG, Kelahiran

Demikian informasi terkait soal UM Qurdis MTs 2022 dan kunci jawaban, contoh soal Ujian Madrasah Al Quran Hadist kelas 9 Kurikulum 2013.***

*Disclaimer

1. Konten ini dibuat untuk siswa atau orang tua dalam proses evaluasi belajar dalam menemukan soal dan kunci jawaban.

2. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

3. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi guru atau siswa mengeksplorasi jawaban lain yang lebih baik.

Editor: Sugiharto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah