LATIHAN Soal KSN IPA SMP 2021 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal IPA SMP Jelang Olimpiade dan Pembahasannya

- 24 Maret 2022, 14:48 WIB
LATIHAN Soal KSN IPA SMP 2021 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal IPA SMP Jelang Olimpiade dan Pembahasannya
LATIHAN Soal KSN IPA SMP 2021 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal IPA SMP Jelang Olimpiade dan Pembahasannya /Mikhail Nilov/

Portal Kudus - Berikut latihan soal KSN IPA SMP 2021 dan kunci jawaban, contoh soal IPA SMP jelang Olimpiade dan pembahasannya.

Bagi kalian yang bingung dan mencari contoh soal KSN IPA SMP 2021 dan kunci jawaban tingkat Kabupaten, latihan soal IPA SMP jelang Olimpiade, simak artikel ini hingga selesai.

Artikel ini akan menyajikan contoh soal KSN IPA SMP 2021 dan kunci jawaban tingkat Kabupaten, latihan soal IPA SMP jelang Olimpiade beserta penjelasan guna menjadi panduan agar membantu belajar kalian.

Baca Juga: Soal OSN IPA SD 2021 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal IPA Tingkat Kecamatan Kabupaten Jelang Olimpiade

Sekalipun sudah ada kunci jawaban semacam ini, tentu akan lebih baik lagi jika para siswa terlebih dahulu mencoba untuk mengerjakannya.

Adanya kunci jawaban ini diharapkan bisa menjadi sebuah referensi atau bahan evaluasi dalam proses belajar mengajar.

Sebagaimana yang dilansir tim PortalKudus dari bank soal kemdikbud.go.id. berikut ini contoh soal KSN IPA SMP 2021 dan kunci jawaban tingkat Kabupaten, latihan soal IPA SMP jelang Olimpiade.

Baca Juga: Profil dan Biodata Dewi Rezer Lengkap dengan Akun Instagram, Umur, Tanggal Lahir dan Zodiak

1. Pada ekosistem danau, organisme yang berperan sebagai produsen yaitu.....

a. Zooplanton

b. Jamur

c. Bakteri

d. Fitoplanton

Jawaban : D.

Penjelasan : Fitoplanton adalah tumbuhan yang ukurannya sangat kecil dan melayang-layang di dalam air.

2. Dua mahluk hidup yang mempunyai hubungan predasi yaitu...

a. Tikus dan kucing

b. Ular dan landak

c. Semut dengan kupu

d. Tali putri dengan beluntas

Jawaban : A.

Penjelasan : Predasi adalah hubungan makan dan dimakan. Dalam hal ini tikus dimakan oleh kucing. Kucing sebagai predator dan tikus sebagai mangsanya

3. Pada suatu ekosistem terdapat :

1. Sapi

2. Tanah

3. Kambing

4. Udara

5. Rumput

6. Batu

7. Manusia

8. Belalang

9. Semut

Kelompok mahluk hidup yang meruapakn komponen biotik dalam ekosistem tersebut adalah....

a. 1, 3, 5, 6, 7, dan 8

b. 1, 3, 5, 7 8 dan 9

c. 1, 3, 4, 5, 7 dan 9

d. 1, 2, 3, 5, 7 dan 9

Jawaban : B

Penjelasan : Komponen biotik adalah 1, 3, 5, 7, 8 dan 9. Tanah, udara dan batu merupakan komponen abiotik.

4. Ayam mempertahankan hidupnya dengan memakan tumbuhan sepert biji-bijian. Namun ayam juga bisa makan hewan lainnya seperti rayap dan belalang. Dilihat dari jenis makanannya ayam tergolong

a. Herbivora

b. Pengurai

c. Karnivora

d. Omnivora

Jawaban : D

Penjelasan : Ayam tergolong omnivora karena memakan tumbuhan maupun hewan lain.

5. Beberapa siswa mengamati kolam yang ada disekitar sekolah. Di dalam kolam tersebut terdapat sejumlah ikan mas dan ikan mujahir, ada yang besar dan beberapa masih kecil. Sekolompok ikan mas dalam kolam disebut....

a. Individu

b. Komunitas

c. Ekosistem

d. Populasi

Jawaban : D

Penjelasan : Populasi adalah kelompok individu sejenis yang hidup bersama-sama di suatu tempat pada waktu tertentu.

6. Perhatikan contoh interaksi mahluk hidup berikut ini :

1. Ikan remora dengan ikan hiu

2. Bunga anggrek dengan tanaman inangnya

3. Lebah madu dengan bungga mangga

4. Ikan badut dengan anemon laut

5. Virus dalam tubuh manusia Contoh simbiosis komensialisme adalah...........

a. 1, 2 dan 4

b. 3, 4 dan 5

c. 1, 2 dan 3 d. 2, 3 dan 4

Jawaban : C

Penjelasan : Simbiosis komensialisme adalah interaksi antara dua jenis mahluk hidup, salah satunya memperoleh keuntungan dan yang lain tidak dirugikan.

7. Hubungan antara mahluk hidup berikut yang membentuk simbiosis mutualisme adalah....

a. Tanaman kacang dengan bakteri Rhizobium

b. Tanaman anggrek dengan pohon mangga

c. Kutu rambut dengan manusia

d. Tanaman benalu dengan pohon inang

Jawaban : A

Penjelasan : Simbiosis mutualisme adalah interaksi atau hubungan dua jenis mahluk hidup yang saling menguntungkan

8. Cara yang tepat untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan sekolah adalah . . . .

a. memakai alat makan minum yang dapat dicuci dan dipakai lagi di kantin sekolah

b. memberi sanksi kepada setiap pedagang yang membuang sampah plastik sembarangan

c. mengumpulkan botol dan gelas minuman dari plastik tersebut sebelum dibuang

d. setiap kantong plastik sebaiknya ditimbun dalam tanah.

Jawaban : A

Pembahasan : Cara pengelolaan sampah palstik :

1. REPLACE (mengganti dengan barang ramah lingkungan)

2. REDUCE ( mengurangi sampah)

3. REUSE ( memenfaatkan kembali)

4. RECYCLE (mendaur ulang)

Jawaban : " memakai alat makan minum yang dapat dicuci dan dipakai lagi di kantin sekolah " Memakai alat makan dan minum yang dapat di cuci dan dipakai lagi di kantin sekolah.

9. Pola interaksi yang terjadi antara jamur Penicillium sp dan bakteri patogen adalah ....

a. netral

b. kompetisi

c. predasi

d. antibiosi

Jawaban : D

Penjelasan : Kompetisi adalah bentuk interaksi yang terjadi antara individu yang sejenis atau beda jenis untuk memperebutkan hal yang sama, contoh kambing dengan sapi di padang rumput yang sama.

Jamur Penicillium sp dengan bakteri patogen membentuk interaksi antibiosis karena jamur Penicillium sp mengeluarkan zat antibiotik yang akan menghambat pertumbuhan bakteri patogen.

Predasi bentuk interaksi yang satu sebagai pemangsa bagi lainnya, contoh kucing dengan tikus.

Netral adalah bentuk interaksi yang tidak saling mempengaruhi, contoh kambing dengan ayam pada area kebun.

Jadi pola interaksi yang terjadi antara jamur Penicillium sp dan bakteri patogen bersifat antibiosis karena bakteri patogen dihambat pertumbuhannya oleh jamur Penicillium sp.

10. Sebuah logam bermassa 400 gram dipanaskan sehingga menerima kalor sebesar 3,9 kJ. Jika suhu awal tembaga 30°C dan kalor jenis logam 390 J/kg°C, maka suhu logam setelah dipanaskan adalah ...

a. 50 °C

b. 55 °C

c. 25 °C

d. 75 °C

Jawaban : B

Pembahasan :

Diketahui:

m = 400 gram =

 

 kg = 

 

 kg

t1 = 30°C

c = 390 J/kg°C

Q = 3,9 kJ = 3,9 x 1000 J = 3900 J

Ditanya: t2

Jawab:

Q = m.c.(t- t1)

3900 J = 

 

 kg . 390 J/kg°C.(t- t1)

3900 

 

 

 = (t- t1)

25 = (t- t1)

25 = t– 30

25 + 30 = t2

55 = t2

Tips & Trik :

  • Konversikan satuan mengacu pada satuan kalor jenis air.
  • Tidak semua besaran yang diketahui dalam soal, digunakan dalam menyelesaikan pertanyaan.

Baca Juga: Loyd Christina Biodata Lengkap Pemeran Sinetron Gara gara Duyung yang Tayang di ANTV Ada Umur, IG, Kelahiran

Demikian informasi terkait contoh soal OSN IPA SMP 2021 dan kunci jawaban tingkat Kabupaten, latihan soal IPA SMP jelang Olimpiade.***

*Disclaimer

1. Konten ini dibuat untuk siswa atau orang tua dalam proses evaluasi belajar dalam menemukan soal dan kunci jawaban.

2. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

3. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi guru atau siswa mengeksplorasi jawaban lain yang lebih baik.

Editor: Sugiharto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah