Portal Kudus - Berikut ini adalah kunci jawaban terbaru Tematik 7 Kelas 1 SD halaman 171 172 173.
Buku Tematik kelas 1 SD tema 7 dengan membahas materi mengenai 'Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku'.
Buku Tema 7 Kelas 1 yang dibahas di bawah ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.
Baca kunci jawaban dan ulasan pada Buku Tematik kelas 1 SD tema 7 Subtema 4
'Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda' Pembelajaran 6 halaman 171 172 173.
Berikut Kunci Jawaban Buku Tematik 7 Kelas 1 SD halaman 171 172 173.
Dilansir Portal Kudus dari alumni Universitas Muria Kudus (UMK) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) serta Guru SD di SD Ngembal Rejo 01 Kudus Erika Sulistya Nugraha, M.Pd.
Kunci Jawaban Halaman 171
Ayo Berlatih
Benda memiliki ciri dan kegunaan yang berbedabeda.
Ciri dan kegunaan benda berkaitan dengan bahan
benda.
Ada benda yang terbuat dari karet, kaca, atau kertas.
Ada juga benda yang terbuat dari kayu, logam, kain,
atau plastik.
Tahukah kamu terbuat dari apa benda di bawah ini?
Adakah bahan benda lainnya? Coba sebutkan.
Jawaban: rantai sepeda terbuat dari besi, pedal sepeda terbuat dari plastik
Jawaban Halaman 172 173
Gambar halaman 172
Jawaban:
Botol terbuat dari plastik
Panci terbuat dari alumunium
Selimut terbuat dari kain
Kursi terbuat dari kayu
Wajan terbuat dari logam
Buku terbuat dari kertas
Penghapus terbuat dari karet
Cangkir terbuat dari kaca
Diskusikan bersama temanmu.
Mengapa jendela terbuat dari kaca?
Jawaban: agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah
Mengapa rumah tidak dibuat dari kertas?
Jawaban: karena kertas bahan yang mudah hancur, oleh karena itu kertas tidak cocok untuk bahan pembuatan rumah.
Baca Juga: YNNM Adalah ? Setelah YTTA, YNNM Muncul Sebagai Bahasa Gaul yang Viral di TikTok
Mengapa kursi dibuat dari kayu atau plastik?
Jawaban: karena kedua bahan tersebut mudah untuk dibentuk.
Isilah tabel di bawah ini dengan benar
1. Gelas
Terbuat dari kaca
Ciri-ciri: Berwarna bening, permukaan halus
Kegunaan: Tempat air
2. Lemari Kelas
Terbuat dari kayu
Ciri-ciri: Berwarna coklat, mempunyai pintu, memiliki rak penyimpanan
Kegunaan: menyimpan peralatan kelas dan buku
3. Pintu Kelas
Terbuat dari bahan kayu.
Ciri-ciri: Teksturnya kasar, termasuk zat padat.
Kegunaan: untuk menutup dan membuka ruang di dalam kelas.
4. Buku
Terbuat dari serat kayu yang ada di pohon lalu, diolah menjadi bubur kayu.
Ciri-ciri: termasuk barang lunak dan mudah hancur, kertas lembar buku sangat mudah diserap oleh air ketika kertas tersebut basah, permukaan halus.
Kegunaan: Sarana untuk menulis, membaca, bahkan untuk menggambar.
5. Ayunan
Terbuat dari rotan, kayu, besi, juga dari karet, dan kain.
Ciri-ciri: mudah digoyangkan, memiliki tempat duduk yang bisa diayunkan, jenis bentuk barang tergantung dari bahan-bahan pembuatannya.
Kegunaan: Biasanya sebagai sarana untuk hiburan. Menjadi tempat bermain untuk anak-anak. Bisa diduduki dengan nyaman.
6. Ember
Terbuat dari bahan plastik.
Ciri-ciri: termasuk kedalam kategori bahan lunak, teksturnya padat.
Kegunaan : Untuk menampung air.
7. Panci
Terbuat dari logam atau alumunium.
Ciri-ciri: teksturnya keras dan padat, tahan terhadap api ketika memasak.
Kegunaan: Cocok untuk memasak. Bisa untuk mengkukus, menggoreng, merebus, dll.
8. Selimut
Terbuat dari kain.
Ciri-ciri: teksturnya lembut dan nyaman digunakan ketika tidur
Kegunaan: Menyelimuti tubuh ketika tidur dan menghangatkan tubuh ketika kedinginan.
9. Penghapus
Terbuat dari karet
Ciri-ciri: teksturnya halus namun mampu, mengeluarkan daki ketika kita menghapus tulisan, termasuk barang lunak.
Kegunaan: Digunakan untuk menghapus salah satu tulisan pensil yang salah atau tercoret.
10. Pensil
Terbuat dari inti arang
Ciri-ciri: teksturnya kasar, bagian grafit agak mudah untuk dipatahkan dan mudah pendek, bisa diraut.
Kegunaan: Sebagai sarana untuk menulis. Cocok untuk alat membuat sketsa, atau gambar pola.
Demikian kunci jawaban terupdate buku tematik 7 kelas 1 SD Subtema 4 'Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda' pembelajaran 6 halaman 171 172 173.***
Disclaimer:
1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.
2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.