Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 SD dan MI Halaman 29 30 31 34 Subtema 1 Pembelajaran 4

- 10 November 2021, 13:00 WIB
ilustrasi kunci jawaban
ilustrasi kunci jawaban /freepik.com/pch.vector/
Portal Kudus -Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 7 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 29, 30, 31, 33, dan 34.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 7 memiliki judul Indahnya Keragaman Negeriku.

Subtema 1 Buku Tematik Tema 7 berjudul Keragaman Suku Bangsa dan Agama Negeriku. Artikel ini berisi kunci jawaban Tema 7 subtema 1 pembelajaran 4 halaman  29, 30, 31, 33, dan 34. 

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 7 kelas 4 SD dan MI subtema 1 pembelajaran 4 halaman 29, 30, 31, 33, dan 34.

Seperti dilansir Portalkudus.com dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, halaman  29, 30, 31, 33, dan 34.


Kunci Jawaban Halaman 29 30

Ayo Berdiskusi


Bersama kelompokmu, tuliskan jawaban pertanyaan dan tugas berikut.

Di provinsi mana kamu tinggal?
Jawa Barat

Dalam berkomunikasi, bahasa apa yang biasa digunakan penduduk di provinsimu?
Bahasa Sunda

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 SD dan MI Halaman 146 148 149 150 Subtema 3 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Halaman 31

Ayo Berdiskusi


Kamu telah membaca bacaan “Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah”. Lakukan kegiatan berikut bersama teman sebangkumu. Tuliskan ide pokok dari setiap paragraf. Tuliskan dalam tabel berikut.

Jawaban:

Paragraf dan Ide Pokok

-Paragraf 1 : posisi negara dengan bahasa terbanyak di dunia.

-Paragraf 2 : Distribusi 742 bahasa di seluruh Indonesia rupanya berbanding terbalik antara jumlah bahasa dengan jumlah penduduk.

-Paragraf 3 : Kurangnya jumlah pengguna bahasa daerah akan berpengaruh pada kemungkinan kepunahan suatu bahasa daerah

-Paragraf 4 : Bahasa daerah berperan dalam menjaga budaya daerah.

Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari bacaan tersebut dengan bahasamu sendiri. Tuliskan dalam bentuk berikut menggunakan ejaan yang tepat.

Informasi dari Bacaan “Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah”

1. Papua Nugini adalah negara dengan bahasa paling banyak, yakni 867 bahasa.

2. Indonesia adalah negara kedua dengan bahasa terbanyak di dunia yaitu 742.

3. Pulau Jawa yang paling padat penduduknya hanya memiliki 20 bahasa.

4. Pulau Papua dengan jumlah penduduk yang sedikit memiliki bahasa sebanyak 271.

5. Kurangnya jumlah pengguna bahasa daerah berpengaruh pada kepunahan bahasa daerah.

6. Bahasa daerah di Indonesia yang terancam punah adalah yang tak memiliki generasi muda pelanjut bahasa ibunya.

7. Satu-satunya generasi yang masih merupakan penutur fasih bahasa daerah adalah generasi dewasa.

8. Bahasa daerah berperan dalam menjaga budaya daerah.

9. Tata nilai budaya di Indonesia tersimpan dalam kosakata, pantun, cerita rakyat, mitos, legenda, dan ungkapan

10. Bahasa-bahasa yang tergolong berpotensi terancam punah perlu memperoleh perhatian khusus

11. Kita perlu melestarikan bahasa daerah sebelum benar-benar menghilang dari kehidupan berbangsa kita.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 SD dan MI Halaman 121 dan 123 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Halaman 33

Ayo Berdiskusi


Kamu telah mengetahui keragaman bahasa daerah di Indonesia. Kamu juga mengetahui bahwa bahasa daerah di Indonesia terancam punah. Diskusikan dengan kelompokmu, kegiatan apa saja yang dapat dilakukan bangsa Indonesia untuk mencegah kepunahan bahasa daerah?

Jawaban

Kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencegah kepunahan bahasa derah antara lain sebagai berikut :

1. Membentuk komunitas belajar bahasa daerah sebagai wadah belajar bahasa daerah.

2. Semangat untuk mau mempelajari bahasa daerah karena memulai mengenal dan memahami bahasa daerah dari diri sendiri itu jauh lebih baik.

3. Membuat karya atau tulisan menggunakan bahasa daerah sehingga bahasa daerah bisa populer kembali.

4. Membuat video tutorial belajar bahasa daerah karena bisa lebih mudah dengan adanya perkembangan teknologi yang ada seperti saat ini.

5. Membiasakan diri berbahasa daerah dalam pergaulan sehari-hari.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 SD dan MI Halaman 138 dan 139 Subtema 3 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Halaman 34

Tugas


Carilah sebuah cerita rakyat, lalu tuliskan kembali ke dalam bahasa daerahmu. Pada Pembelajaran 6, kamu akan membacakan tulisanmu ini di depan teman-temanmu.

Keong Mas lan Pangeran Apik

Kira-kira wis setaun desa Dhadapan ngalami mangsa ketiga kang dawa dadine larang pangan lan akeh lelara gawe uripe warga ketula-tula.(Kira-kira sudah setahun desa Dhadapan mengalami kemarau panjang yang menyebabkan kekurangan makanan dan banyak penyakit yang membuat warga menderita)

Ora beda mbok Randha Dhahapan, pawongan wadon tuwa sing lola tanpa dulur, nggo nyambung uripe sabendinane dheweke luru krowodan ing alas kewan. Kewan kali kang nyisa ing sawedhing mbebegan.

Kahanan kaya mangono dheweke ora nggresula. Malah saya nyaketake marang Gusti Kuasa. “Duh Gusthi paringana pepajar ing desa kula mugi-mugi inggal kalis saking prahara punika.”

Esuk-esuk mbok Randha menyang alas golek panganan. Nalika lagi milang-miling ruh cahya cumlorot saka sak tengahing kali kanga sat. ing batine tuwuh pitakon “Cahya apa kuwi, kok cumlorot kaya emas ?” banjur nyedaki sumber cahya mau.

Bareng dicedaki jebul sawijining keong Mas kang nyungsang ing antara watu-watu kali. Keong banjur digawa mulih tekan ngomah dicemplungake genthong.

Kaya biyasane, mbok Randha menyang alas nanging nganti meh surup urung entuk krowodan dheweke banjur mulih ngelanthung ora entuk opo-opo. Sakwise leyeh-leyeh ing emperan dheweke nyang pawon menawi ana krowodan kang bisa ganjel wetenge kang luwe.

Dheweke kami tenggengen ngerti panganan kang ing pawone. Batine kebak pitakon sopo sing ngeteri panganan kuwi. Ing saben dina sak bacute saben mulih saka alas pawone wis cumepak panganan. Mula kanthi sesideman dheweke ndedepi sapa kang mlebu ing pawone.

Mbok Randha kaget ora kinara. Saben ditinggal lunga Keong Mas mau metu saka genthong malih dadi putri kang ayu. Mbok Randha banjur nakoni sapa sejatine putri ayu kuwi.

“Nduk wong ayu sliramu iki sapa kok nganti kedarang-darang ing alas lan jilmo Keong Mas ?”

“Yung aranku Candrakirana, aku iki garwane Raja Inu Kertapati. Raja ing Jenggala.”

“Lho kok nganti dadi Keong Mas lan tumeka alas Dhadapan kuwi larah-larahe kepiye ?”

Dewi Candrakirana banjur njlentrehake menawa ing sakwijining dina dicidra Raja Jin Sakti kang kareb ngepek garwa. Ananging dheweke ora gelem nuruti karepe Jin. Jin muntab, Dewi Candrakirana sinebda dadi Keong Mas banjur diguwang nyang kali, adoh saka kraton Jenggala.

Wekasane ora bisa ketemu karo garwane Raden Inu Kertapati. Anehing kahanan nalika kecemplungan Keong Mas kaline dadi asat. Asate banyu jalari Keong Mas nyungsang ing watu nganti nemahi tiwas. Bejane ditemu lan diopeni Mbok Randha Dhadapan.

Mula kuwi yen supaya aku ora konangan Raja Jin aku tak ndelik neng kene anggepen aku anakmu dhewe lan wenehana aran Limaran. Lagi saktengahing rerembugan, ana swara lawang didhodog Mbok Randha banjur mbukakne lawang.

Dhayoh kang sandangane nuduhake punggawa kraton, crita menawa dheweke diutus Raden Inu Kertapati supaya njaluk banyu kang diwadahi bokor kencana.

Nampa kendhi pratala kang diwadahi bokor kencana, Raden Inu Kertapati sauwat kaget amargi kelingan ora ana liyane sing kagungan kendhi pratala diwadahi bokor kencana kajaba Dewi Candra Kirana. Raden Inu Kertapati banjur ngajak para punggawa bali mennyang Dhadapan nemoni Limaran.

Eeeba bungahe Raden Inu Kertapati ketemu Limaran kang sejatine garwane dewe Dewi Candra Kirana kang wis suwe ilang. Ketemune Raden Inu Kertapati karo garwane dibarengi udan deres ing desa Dhadapan.

Tekane udan wise pageblug ing desa Dhadapan. Kali bali mili, tlaga agung, desa dadi reja. Kabul panyuwune Mbok Randha Dhadapan.

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x