Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD dan MI Halaman 60 61 62 63 64 65 66 67 Subtema 2 Pembelajaran 2

- 30 Oktober 2021, 13:47 WIB
Ilustrasi - Kunci jawaban Tema 5 Kelas 3 halaman 12 Subtema 1 Pembelajaran 2.
Ilustrasi - Kunci jawaban Tema 5 Kelas 3 halaman 12 Subtema 1 Pembelajaran 2. /Pixabay/Rachel C

Portal Kudus - Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 4 subtema 2 pembelajaran 2 halaman 60, 61, 62, 63, 64 65, 66, dan 67.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 4 memiliki judul Berbagai Pekerjaan.

Subtema 2 Buku Tematik Tema 4 berjudul Pekerjaan di sekitarku. 

artikel ini berisi kunci jawaban Tema 4 subtema 2 pembelajaran 2 halaman 60, 61, 62, 63, 64 65, 66, dan 67.

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 4 kelas 4 SD dan MI subtema 2 pembelajaran 2 halaman 60, 61, 62, 63, 64 65, 66, dan 67.

Tentang Pekerjaan di sekitarku. seperti dilansir Portal Kudus dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, halaman 60, 61, 62, 63, 64 65, 66, dan 67.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD dan MI Halaman 18 19 20 21 22 23 Subtema 1 Pemelajaran 3

Kunci Jawaban Halaman 60 61 62

Ayo Berdiskusi

Amati gambar berikut!

Sila kedua: Kemanusiaan yang adil dan beradab

Berbentuk apakah simbol sila kedua Pancasila?
Jawaban:
Simbol sila kedua dari Pancasila adalah mata rantai. Mata rantai berbentuk segiempat melambangkan laki-laki. Mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti rantai.

Apa makna simbol sila kedua Pancasila?
Jawaban:
Makna yang terkandung pada rantai yang berbentuk segi empat adalah laki-laki. Sedangkan perempuan dilambangkan sebagai lingkaran. Maksudnya kedua merupakan kombinasi yang saling terkait.

Jelaskan hubungan antara simbol dan dengan makna sila kedua Pancasila!
Jawaban:
Mata rantai berbentuk segiempat melambangkan laki-laki. Mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti rantai.

Apakah sikap Pak Made dan Pak Toni mencerminkan sila kedua Pancasila?Jelaskan alasanmu!
Jawaban:
Antara Pak Made dan Pak Toni meskipun pekerjaan mereka berbeda, Pak Toni dan Pak Made tidak pernah merasa bahwa pekerjaan mereka yang lebih baik. Setiap pekerjaan sama, yang penting memberikan manfaat bagi orang lain.

Tulislah contoh-contoh sikap yang menunjukkan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban:
1) Di lingkungan sekolah:
– Menjunjung tinggi kesopanan dalam pergaulan antarteman di sekolah.
– Melaksanakan program sekolah berkaitan dengan usaha kemanusiaan.
– Menegur teman yang mencontek, tidak melaksanakan tugas piket, dan melaporkan teman yang membolos atau menyalahgunakan uang sekolah.
– Membantu teman yang sedang mengalami musibah, baik moral maupun material.
– Tidak merendahkan dan menyakiti perasaan teman.
– Mengembangkan sikap tenggang rasa.

2) Di lingkungan keluarga:
– Mencintai, menghormati dan menaati nasihat orang tua.
– Menjunjung tinggi nilai-nilai luhur keluarga dengan penuh ketulusan sehingga terjadi suasana keluarga yang bahagia.
– Menjaga nama baik keluarga di masyarakat.
– Orang yang mudah menghargai; orang yang sebaya saling menghargai, yang tua menyayangi yang muda.
– Setiap anggota keluarga melaksanakan hak dan kewajibannya.
– Tidak saling mencampuri hak orang lain.
– Saling membantu dan merasakan dalam kesusahan atau kegembiraan.

3) Di lingkungan masyarakat:
– Membantu korban bencana alam.
– Memberi sedekah kepada fakir miskin.
– Tidak menyakiti dan memfitnah orang lain.
– Meminta izin bila meminjam barang orang lain.
– Berlaku sopan kepada orang lain.
– Menjadi donor darah.
– Mengumpulkan dana bela sungkawa untuk diserahkan kepada yang berhak menerimanya.
– Menjaga nama baik masyarakat, bangsa, dan negara.

Dayu Tidak Mau Sekolah

Apa yang dilakukan Dadu terhadap Dayu?
Jawaban:
Dadu mengejek dan mentertawakan logat Bali Dayu.

Bagimana perasaan Dayu terhadap sikap Dadu?
Jawaban:
Dayu merasa sedih karena diejek dan ditertawakan Dadu.

Setujukah kamu dengan apa yang dilakukan Dadu? Jelaskan!
Jawaban:
Saya tidak setuju dengan apa yang dilakukan Dadu. Kita tidak boleh mengejek dan mentertawakan teman lain.

Apakah sikap yang dilakukan Dadu sesuai dengan sila kedua Pancasila?Jelaskan!
Jawaban:
Mengejek orang lain artinya menganggap diri kita lebih baik. Menganggap bahwa orang lain lebih buruk. Hal itu sangat bertentangan dengan sila kedua Pancasila, bahwa setiap orang sama. Ejekan Dadu sangat tidak beradab. Itu menyakiti perasaan Dayu.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 SD dan MI Halaman 7 8 9 10 11 12 13 14 15 Subtema 1 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Halaman 63

Ayo Berkreasi

Sebagai seorang pelukis, Pak Made mempunyai keterampilan melukis yang sangat bagus. Ia juga mempunyai ide-ide kreatif sehingga lukisannya sangat indah dan unik.

Gambarlah salah satu sikap yang menunjukkan sila kedua Pancasila! Sampaikan kepada temanmu!

Jawaban:

Sila kedua Kemanusiaan yang adil dan beradab

Kunci Jawaban Halaman 63 64 65 66 67

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD dan MI Halaman 29 30 31 32 33 34 35 36 Subtema 1 Pembelajaran 4

Ayo Mencoba

Luas dan Keliling Persegi Panjang

Sebelumnya kamu telah membuktikan luas dan keliling persegi. Sekarang dengan kelompokmu, diskusikan pembuktian luas dan keliling persegi panjang!

Jawaban:

Persegi panjang merupakan salah satu bangun datar yang memiliki 2 pasang sisi yang sama panjang.
Berikut ini rumus luas dan keliling persegi panjang:
Luas = p x l
Keliling = 2 x ( p + l )
Keterangan:
p = panjang
l = lebar

Perhatikan persegi panjang berikut!

Buatlah persegi satuan dengan panjang sisi 1 cm. Letakkan persegi satuan sehingga menutupi seluruh permukaan persegi panjang.

· Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi panjang persegi panjang?
Jawaban:
9 buah persegi

· Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi lebar persegi panjang?
Jawaban:
6 buah persegi

 Ada berapa banyak persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi panjang?
Jawaban:
54 buah persegi

· Bagaimana hubungan antara banyak persegi satuan yang menutupi panjang, lebar, dan seluruh permukaan persegi?
Jawaban:
Luas suatu bangun dapat dilakukan dengan menggunakan persegi satuan. Persegi satuan diletakkan sehingga menutupi seluruh permukaan persegi. Banyaknya persegi menutupi seluruh permukaan merupakan hasil kali banyaknya persegi menutupi salah satu sisi. Panjang sisi persegi dinotasikan dengan s dan luas persegi dinotasikan dengan L. Panjang sisi satuannya cm dan luas satuannya cm x cm atau cm.

· Jika banyaknya persegi satuan yang menutupi persegi panjang menyatakan luas persegi panjang, apa yang bisa kamu simpulkan tentang luas persegi panjang?
Jawaban:
Jadi, banyaknya persegi satuan menutupi seluruh permukaan persegi menyatakan luas persegi.

· Panjang persegi panjang dinamakan p. Lebar persegi panjang dinamakan l. Luas persegi panjang dinamakan L. Tulislah rumus luas persegi panjang.
Jawaban:
L = p x l.

Banyaknya persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi panjang dinamakan luas persegi panjang.

Jadi, luas persegi panjang di atas = (7 x 5) satuan = 35 satuan. Jika L = Luas, p = ukuran panjang, dan l = ukuran lebar, maka L = p x l.

Apakah kamu menemukan cara menentukan luas persegi panjang yang berbeda?
Jawaban:
Tidak ada, karena memang ketentuan luas persegi panjang adalah panjang kali lebar (p×l).

Keliling Persegi Panjang

Berdasarkan gambar di atas, jelaskan keliling persegi panjang!
Jawaban:
Jumlah ukuran sisi yang membatasi sebuah bangun merupakan keliling dari bangun tersebut. Pada bangun di atas, kelilingnya adalah AB + BC + CD + DA = 7 satuan + 5 satuan + 7 satuan + 5 satuan = 24 satuan.
Jadi, keliling persegi panjang 2 x (ukuran panjang + ukuran lebar).

Kerjakan latihan soal berikut.

1. Diketahui persegi panjang mempunyai panjang 5 cm dan lebar 3 cm.Hitunglah luas dan kelilingnya.
Jawaban:
Luas = p x l = 5 x 3 = 15 cm²
Keliling = 2 (p+l) = 2(5+3) = 2 x 8 = 16 cm.

2. Diketahui persegi panjang mempunyai panjang 4 cm. Luas 36 cm². Hitunglah kelilingnya.
Jawaban:
Lebar = Luas : panjang = 36 : 4 = 9 cm
Keliling = 2 (p+l) = 2(9+4) = 2 x 13 = 26 cm.

3. Diketahui persegi panjang mempunyai keliling 20 cm. Panjang sisinya adalah 2 cm. Hitunglah luasnya.
Jawaban:
Keliling = 2 (p+l) = 20 = 2 (2+..) = 20 = 2 (2 + 8)
Luas = p x l = 2 x 8 = 16 cm².

4. Diketahui persegi panjang, panjangnya adalah dua kali lebarnya. Lebarnya adalah 4 cm, hitunglah luas dan kelilingnya.
Jawaban:
Panjang = 2 x l = 2 x 4 = 8
Luas = p x l = 8 x 4 = 32 cm²
Keliling = 2(p+l) = 2(8+4) = 2 x 12 = 24 cm.

5. Diketahui persegi panjang mempunyai panjang 3 kali lebarnya. Lebarnya 9 cm, hitunglah luas dan kelilingnya.
Jawaban:
Panjang = 3 x lebar = 3 x 9 = 27 cm.
Luas = p x l = 9 x 27 = 243 cm²
Keliling = 2 (p+l) = 2 (27+9) = 2 x 36 = 72 cm.

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portalkudus.com tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*)Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pendidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan.***

 

Editor: Candra Kartiko Sari

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x