Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD dan MI Buku Tematik Halaman 59 60 61 63 64 65 66 Subtema 2 Pembelajaran 2

- 25 Oktober 2021, 15:25 WIB
Ilustrasi, Kunci jawaban Tema 4 Kelas 3 halaman 33 Subtema 1 Pembelajaran 4.
Ilustrasi, Kunci jawaban Tema 4 Kelas 3 halaman 33 Subtema 1 Pembelajaran 4. /Pixabay.com/OpenClipart-Vektor

Portal Kudus -Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 2 subtema 2 pembelajaran 2 halaman 59, 60, 61, 63, 64,65, dan 66.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 2 memiliki judul Selalu Berhemat Energi.

Subtema 2 Buku Tematik Tema 2 berjudul Manfaat Energi.

artikel ini berisi kunci jawaban subtema 2 pembelajaran 2 di halaman 59, 60, 61, 63, 64,65, dan 66.

Baca Juga: Simak Kunci Jawaban Kelas 4 SD atau MI Tema 1 Halaman 84 dan 85 Subtema 2

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 2 kelas 4 SD dan MI halaman 59, 60, 61, 63, 64,65, dan 66. Pembelajaran 2 subtema 2.

Tentang Manfaat Energi. seperti dilansir Portal Kudus dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, halaman 59, 60, 61, 63, 64,65, dan 66.

Baca Juga: Kunci Jawaban Kelas 4 SD/MI Buku Tematik Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12.

Kunci Jawaban Halaman 59 60 61

Ayo Mengamati

Mengapa Harus Menghemat Kertas?

Jawaban:

Kertas digunakan untuk menulis, untuk membuat buku, untuk surat menyurat, untuk fotocopy, untuk membuat kerajinan, untuk mencetak gambar dll.

Setujukah kamu dengan cara Budi menggunakan kertas tersebut? Mengapa? Jelaskan alasannya!

Jawaban:

Tidak setuju dengan cara Budi menggunakan kertas tersebut. Karena tindakan Budi merupakan tindakan pemborosan yang juga dapat menimbulkan bencana alam dan kerusakan alam. Karena semakin banyak kertas yang terbuang maka semakin banyak pohon yang harus ditebang.

Mengapa kita harus menghemat penggunaan kertas?

Jawaban:

Kita harus menghemat penggunaan kertas, karena kertas terbuat dari olahan kayu pohon, sehingga dengan menghemat kertas kita akan mengurangi pula jumlah pohon yang harus ditebang untuk membuat kertas.

Tulislah beberapa cara untuk menghemat kertas!

Jawaban:

Beberapa cara menghemat kertas antara lain sebagai berikut
– Tidak dengan mudah membuang kertas, pikirkan kembali kemungkinan kertas tersebut digunakan untuk hal-hal lainnya.
– Memaksimalkan penggunaan kertas yaitu menggunakan semua bagian sisi kertas seperti saat mencetak, gunakan kedua sisi kertas.
– Mengumpulkan sisa-sisa kertas untuk dapat diolah atau didaur ulang lagi
– Koran, majalah, atau kalender bekas dapat digunakan untuk membungkus
– Ketika akan mencetak suatu dokumen, cobalah pertimbangkan prioritas dan kebutuhannya. Jika dokumen tersebut perlu dicetak, gunakan ke dua sisi kertas.
– Menggunakan kertas hanya saat-saat dibutuhkan saja,

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD dan MI Sub Tema 1 Tentang Matahari Sumber Kehidupan di Bumi.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah menghemat kertas.
Jawaban:
Saya sudah menghemat penggunaaan kertas dengan menggunakan kertas bekas sebagai bahan kerajinan.

Tulis contoh-contoh pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. Ceritakan pengalamanmu menggunakan kertas.

Jawaban:

Penggunaan kertas yang boros mengakibatkan pemborosan sumber daya alam, sebaiknya ketika kita menggunakan kertas kita gunakanlah dengan bijak.

Misalnya saat menulis gunakanlah kedua sisi kertas sehingga dapat menghemat kertas. Dengan menggunakan kertas sesuai kebutuhan kewajiban kita untuk melestraikan sumber daya lam sudah dilaksanakan, selain itu kita juga memperoleh hak yaitu menggunakan kertas tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD dan MI Halaman 21 23 24 25 26 Subtema 1 pembelajaran 3

Kunci Jawaban Halamana 63 64 65 66

Ayo Mencoba

Perhatikan pecahan 1/2. Pecahan apa yang sama panjang dengan 1/2.

Jawaban:
1. 4/8

2. 5/10

3. 6/12

Temukan pecahan yang senilai dengan 1/4.

Jawaban:

1. Tabel kiri: 1/4, 2/8, 3/12, 4/16, 5/20, 6/24,

2. Tabel kanan: 1/3, 3/6, 3/9, 4/12, 5/15, 6/18,

Tulislah hasil temuanmu pada tabel berikut.

Jawaban:

1. 1/3 = 2/6, 1/3 = 3/9, 1/3 = 4/12

2. 1/4 = 2/8, 1/4 = 3/12

Perhatikan tiap-tiap kesamaan misalkan 1/2=2/4 atau 1/3=2/6

Bagaimana hubungan antara pembilang dan penyebut pada pecahan senilai?
Jawaban:
Pecahan senilai artinya pecahan-pecahan yang memiliki nilai sama. Untuk mendapatkan pecahan senilai, kita bisa mengalikan atau membagi pembilang dan penyebutnya dengan angka yang sama.

Untuk menemukan pecahan senilai, kamu bisa mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama.

Apakah bilangan bulat untuk pembagi dan pengali pada pecahan senilai bisa bilangan 0?
Jawaban:
Tidak bisa

Apa kesimpulanmu?
Jawaban:
Jika suatu bilangan dikalikan 0 hasilnya adalah 0, sedangkan jika suatu bilangan dibagi 0 hasilnya adalah tak hingga.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD dan MI Buku Tematik Halaman 29 30 31 32 33 34 35 Subtema 1 Pembelajaran 4

Kerjakan Latihan berikut.

1. Carilah pecahan yang senilai dengan pecahan berikut.
Jawaban:
– 3/8 = 6/16 = 9/24 = 12/32
– 4/5 = 8/10 = 12/15 = 16/20
– 2/3 = 4/6 = 6/9 = 8/12

2. Temukan bilangan yang belum diketahui.
Jawaban:
– 3/4 = 18/24
– 3/5 = 9/15
– 2/4 = 6/12

3. Pohon pecahan senilai. Temukan dan warnai pecahan senilai.
a. Warna biru untuk pecahan yang senilai dengan 1/2.
b. Warna hijau untuk pecahan yang senilai dengan 1/3.
c. Warna kuning untuk pecahan yang senilai dengan 1/4.
d. Warna merah muda untuk pecahan yang senilai dengan 1/5.
e. Warna jingga untuk pecahan yang senilai dengan 1/6.

Jawaban:

warnailah dan pilih sesuaidengan bilangan yang tertulis pada gambar.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari hari ini?
Jawaban:
Hari ini saya belajar tentang pelaksanaan kewajiban dan hak secara seimbang dan menyanyikan lagu Menanam Jagung.

Sudahkah kamu menghemat penggunaan kertas?
Jawaban:
Saya sudah melakukan penghematan kertas dengan menggunakan kedua sisi kertas untuk menulis.

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pedidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Sumber: Buku Tema 2 Kelas 4 SD/MI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah