Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD dan MI Halaman 21 23 24 25 26 Subtema 1 pembelajaran 3

- 24 Oktober 2021, 13:05 WIB
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD halaman 101 Pembelajaran 1.
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD halaman 101 Pembelajaran 1. /Pixabay / ArtsyBee

Portal Kudus -Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 2 subtema 1 pembelajaran 3 halaman 21, 23, 24, 25, dan 26.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 2 memiliki judul Selalu Berhemat Energi.

Subtema 1 Buku Tematik Tema 2 berjudul Sumber Energi.

artikel ini berisi kunci jawaban subtema 1 pembelajaran 3 di halaman 21, 23, 24, 25, dan 26.

Baca Juga: Simak Kunci Jawaban Kelas 4 SD atau MI Tema 1 Halaman 84 dan 85 Subtema 2

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 2 kelas 4 SD dan MI halaman  21, 23, 24, 25, dan 26. Pembelajaran 3 subtema 1.

Tentang Sumber Energi. seperti dilansir Portal Kudus dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, halaman 21, 23, 24, 25, dan 26.

Baca Juga: Kunci Jawaban Kelas 4 SD/MI Buku Tematik Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12.

Kunci Jawaban Halaman 21

Ayo Berlatih

Apakah kamu dapat melakukan teknik melempar dan menangkap bola dengan baik?
Jawaban:
Saya dapat melakukan melempar dan menangkap bola.

Bagaimana dengan siswa lain dalam kelompokmu? Apakah mereka dapat melempar dan menangkap bola dengan baik?
Jawaban:
Masih ada beberapa teman yang belum bisa melempar dan menangkap bola dengan baik.

Jelaskan. Apa rencanamu untuk lebih meningkatkan keterampilanmu dalam melempar dan menangkap bola?
Jawaban:
Untuk meningkatkan keterampilan menangkap dan melempar bola saya akan rajin berlatih bersama teman-teman.

Apabila kamu diberi kesempatan untuk mengulangi kegiatan, perbaikan apa yang harus dilakukan?
Jawaban:
Saya akan memperbaiki cara melempar bola melambung.

Kunci Jawaban Halaman 23 dan 24

Ayo Mencoba

Diskusikan persamaan dan perbedaan kedua kincir tersebut dengan temanmu.

Jawaban:

a. Persamaan kedua kincir
Kedua kincir dapat bergerak karena adanya energi kinetik

b. Perbedaan kedua kincir
Kincir air digerakkan oleh air, kincir angin digerakkan oleh angin.

Amatilah proses kerja kincir. Tulis hasil pengamatanmu pada tabel berikut.

Jawaban:

Kincir Angin
– Kincir angin hanya dapat berputar saat angin bertiup.
– Baling-baling pada kincir yang berputar menggerakkan benda yang diletakkan di pusat baling-baling.

Kincir Air
– Putaran kincir air paling kencang adalah kincir yang dialiri air dari kran yang dibuka penuh.
– Baling-baling pada kincir yang berputar menggerakkan benda yang diletakkan di pusat baling-baling.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Buku Tematik Halaman 146 148 149 150 151 153 Sub Tema 3 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Halaman 24 dan 25

Ayo Menulis

Tuliskan laporan dari hasil percobaan yang telah kamu lakukan!

Jawaban:

Nama percobaan: Percobaan Perubahan Energi Angin

Tujuan percobaan: Membuktikan bahwa energi angin dapat menggerakan kincir

Alat-alat yang dibutuhkan:
– Lidi/sumpit kayu
– Gunting
– Penggaris
– Pensil
– Lem
– Kertas berbentuk persegi
– Jarum/pin/paku payung

Langkah kerja:
1. Ambil kertas lalu buat garis pada kedua diagonal persegi. Buat persegi kecil di bagian tengah untuk memberi batas guntingan.
2. Potong kertas mengikuti diagonal sampai garis persegi kecil di tengah.
3. Lipat ke atas masing-masing ujung potongan dan masing-masing ujung bertemu pada satu titik.
4. Lem bagian pertemuan masing-masing ujung potongan.
5. Setelah baling-baling kertas siap, tempelkan ke ujung sumpit menggunakan jarum. Pastikan baling-baling bisa berputar.

Hasil Percobaan:
– Kincir angin hanya dapat berputar saat angin bertiup.
– Baling-baling pada kincir yang berputar menggerakkan benda yang diletakkan di pusat baling-baling.

Kesimpulan:
Berdasarkan hasil percobaan terbukti bahwa kincir angin dapat berputar saat angin bertiup hal tersebut menunjukan bahwa energi angin dapat menggerakan kincir.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Buku Tematik Halaman 140 141 142 143 144 Sub Tema 3 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Halaman 25 dan 26

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan hasil percobaanmu, diskusikanlah pertanyaan berikut bersama teman kelompokmu.

1. Apa sumber energi kincir angin?
Jawaban:
Sumber energi kincir angin adalah angin.

2. Bagaimana kincir angin bisa berputar?
Jawaban:
Kincir angin akan berputar pada porosnya jika adanya tekanan dari angin yang dapat membuat kincir bergerak. Semakin besar tekanan angin maka kincir berputar semakin cepat.

3. Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban:

Berikut beberapa manfaat kincir air yang perlu diketahui:
– Untuk kepentingan irigasi (pengairan) persawahan.
– Untuk menggerakan generator (Pembangkit Listrik Tenaga Air).
– Untuk dijadikan sebagai obyek wisata.
– Untuk digunakan sebagai alat pengering laut.
– Untuk menggiling hasil pertanian seperti jagung, tebu, gandum, dll.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Buku Tematik Halaman 117 118 120 121 Sub Tema 2 Pembelajaran 5

Ayo Renungkan

1. Tuliskan lima manfaat kincir angin dan kincir air dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban:

Berikut beberapa manfaat kincir angin dan air yang perlu diketahui:

– Kincir angin dapat digunakan sebagai mainan.

– Pembangkit listrik

– Kemanfaatan energi yang ramah lingkungan

– Membantu penyaluran air dalam irigasi

– Sebagai hiasan dan ornament

– Sebagai penggerak alat penumbuk padi atau jagung

2. Menurutmu apakah pelajaran hari ini bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan.
Jawaban:
Pelajaran hari ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan mempelajari permainan tangkap bola kita menjadi paham anti penting dan kerja sama tim. Selain itu kita juga belajar tentang perubahan energi pada angin.


*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pedidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan***

 

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Sumber: Buku Tema 2 Kelas 4 SD/MI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah