Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD dan MI Halaman 2, 3, 4, 6, 7, dan 8 Sub Tema 1 Pembelajaran 1

- 24 Oktober 2021, 09:10 WIB
Tulislah hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut tentang iklan dalam bentuk pertanyaan, Kunci jawaban tema 4 kelas 6 SD/MI Halaman 11.
Tulislah hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut tentang iklan dalam bentuk pertanyaan, Kunci jawaban tema 4 kelas 6 SD/MI Halaman 11. /Freepik.com

Portal Kudus -Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 2 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 2, 3, 4, 6, 7, dan 8

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 2 memiliki judul Selalu Berhemat Energi.

Subtema 1 Buku Tematik berjudul Matahari Sumber Kehidupan di Bumi.

artikel ini berisi kunci jawaban subtema 1 pembelajaran 1 di halaman 2, 3, 4, 6, 7, dan 8

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Buku Tematik Halaman 66, 67, 68, 69, 70, 71, 72, dan 73

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 2 kelas 4 SD dan MI halaman  2, 3, 4, 6, 7, dan 8 pembelajaran 1 sub tema 1. Seperti dilansir Portal Kudus dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, halaman 2, 3, 4, 6, 7, dan 8

Baca Juga: Kunci Jawaban Kelas 4 SD/MI Buku Tematik Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12.

Kunci Jawaban Halaman 2

Ayo Berdiskusi

1. Apa yang diceritakan gambar tersebut?

Jawaban:

Seorang ibu sedang menjemur pakaian dengan memanfaatkan panas matahari. Terlihat juga seorang pria yang berolahraga di bawah sinar matahari. Manusia dapat menghirup oksigen yang dihasilkan tumbuhan melalui fotosintesis dengan bantuan sinar matahari.

2. Berdasarkan gambar, dapatkah kamu menyebutkan apa saja manfaat matahari bagi keluarga tersebut? Mengapa demikian? Kemukakan alasanmu!

Jawaban:

Manfaat matahari bagi keluarga tersebut adalah untuk mengeringkan pakaian karena sinar matahari mengeluarkan energi panas yang dapat mengeringkan benda yang basah, termasuk pakaian.

elain itu, sinar matahari juga bagus untuk berjemur, karena sinar matahari menghasilkan vitamin D yang bagus untuk tubuh.

Sinar matahari juga berguna untuk fotosintesis. Tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis, sehingga mengeluarkan oksigen, dan menyerap karbondioksida.

3. Apakah kamu dapat menyebutkan contoh kegiatan lain tentang manfaat matahari bagi kehidupan kita sehari-hari?

Jawaban:

Beberapa manfaat lain sinar matahari antara lain sebagai sumber penerangan, matahari adalah cahaya terbesar menyinari bumi, mulai dari pagi hingga sore hari, sinar matahari bermanfaat dalam proses pembuatan garam, dan lain-lain.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Buku Tematik Halaman 117 118 120 121 Sub Tema 2 Pembelajaran 5

Buatlah tulisan dengan menggunakan jawaban-jawabanmu di atas!

Jawaban:

Matahari memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia di bumi. Hampir semua makhluk hidup membutuhkan sinar matahari. Manusia memanfaatkan sinar matahari untuk menjemur pakaian dan membantu menyehatkan tubuh. Sementara tumbuhan menggunakan sinar matahari dalam proses pembuatan makanan atau fotosintesis.

Manfaat matahari bagi keluarga tersebut adalah sinar matahari bermanfaat untuk mengeringkan pakaian karena sinar matahari mengeluarkan energi panas. Sinar matahari juga membantu menghasilkan vitamin D yang berguna bagi pertumbuhan tulang pada anak-anak. Tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis, sehingga mengeluarkan oksigen, dan menyerap karbondioksida.

Beberapa manfaat lain sinar matahari antara lain sebagai sumber penerangan, matahari adalah cahaya terbesar menyinari bumi, mulai dari pagi hingga sore hari, sinar matahari bermanfaat dalam proses pembuatan garam, dan lain-lain.

Kunci Jawaban Halaman 3 dan 4

Ayo Mencoba

Jawaban:

Di Bawah Sinar Matahari 15 Menit
– Tisu: Masih basah
– Kertas: Masih basah
– Sapu tangan: Masih basah

Di Bawah Sinar Matahari 30 Menit
– Tisu: Mulai Mengering
– Kertas: Mulai Mengering
– Sapu tangan: Mulai Mengering

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Buku Tematik Halaman 111 112 113 114 115 Sub Tema 2 Pembelajaran 4

Di Bawah Sinar Matahari 60 Menit
– Tisu: Kering
– Kertas: Kering
– Sapu tangan: Kering

Di Bawah Pohon 15 Menit
– Tisu: Masih basah
– Kertas: Masih basah
– Sapu tangan: Masih basah

Di Bawah Pohon 30 Menit
– Tisu: Masih basah
– Kertas: Masih basah
– Sapu tangan: Masih basah

Di Bawah Pohon 60 Menit
– Tisu: Mulai Mengering
– Kertas: Mulai Mengering
– Sapu tangan: Masih basah

• Apakah ada perbedaan antara benda-benda yang dijemur di bawah sinar matahari dan yang diletakkan di tempat teduh?

Jawaban:

Ada benda yang dijemur di bawah terik matahari lebih cepat mengering daripada benda yang dijemur di bawah pohon.

• Diskusikan dengan temanmu, apakah penyebab perubahan dan perbedaan tersebut!

Jawaban:

Penyebab perubahan dan perbedaan tersebut terjadi karena tempat peletakkan benda. Apabila benda diletakkan langsung di bawah matahari, matahari pun dapat menyerap secara langsung kandungan air pada benda. Namun, apabila benda diletakkan di tempat teduh, penyerapan kandungan air pada benda menjadi terhambat, sehingga proses pengeringan benda menjadi lama.

Selain itu, bahan serta ketebalan benda juga mempengaruhi proses pengeringan. Apabila benda berbahan tebal seperti sapu tangan, dapat menyerap banyak air, sehingga proses pengeringannya pun lama. Namun, apabila benda berbahan tipis seperti kertas dan tisu, proses pengeringannya pun cepat karena air yang diserap tidak banyak.

Berdasarkan tabel pengamatan hasil percobaan, tuliskan paling sedikit empat kesimpulan mengenai pengaruh panas matahari pada percobaanmu.

Jawaban:

1. Tisu, kertas, dan sapu tangan yang dijemur di panas matahari lebih cepat kering.
2. Tisu di panas matahari lebih cepat kering.
3. Air yang ada di tisu, kertas, dan sapu tangan basah menguap karena panas matahari.
4. Tisu, kertas, dan sapu tangan di tempat teduh, lebih lama kering karena tidak terkena panas matahari sehingga penguapan air pada benda-benda tersebut lebih lama.
5. Panas matahari dapat mengeringkan benda-benda basah.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Buku Tematik Halaman 123 124 125 127 128 Sub Tema 2 Pembelajaran 6

Nah, sekarang cobalah untuk mengolah data ke dalam bentuk Laporan Kegiatan Percobaan di bawah ini!

Jawaban:

Laporan Kegiatan Percobaan

Nama Percobaan: Uji Panas Matahari
Tujuan Percobaan: Membuktikan bahwa panas matahari merupakan satu bentuk energi

Alat-Alat: Kertas, tisu, kain, air

Langkah Kerja:
1. Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
2. Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas dan sisanya letakkan di tempat teduh.
3. Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!

Kesimpulan:
Berdasarkan hasil percobaan, terbukti bahwa panas matahari mampu mengeringkan benda basah, sehingga panas matahari merupakan salah satu bentuk energi.

Kunci Jawaban Halaman 6

Ayo Berdiskusi

Diskusikan pertanyaan berikut bersama teman sebelahmu!

1. Apa yang terjadi apabila permintaan terhadap jagung tinggi?
Jawaban:
Apabila permintaan jagung tinggi maka harga jagung akan naik dan stok jagung akan segera/cepat habis sehingga akan terjadi kelangkaan.

2. Apa yang harus dilakukan agar permintaan terpenuhi?
Jawaban:
Agar permintaan terpenuhi pemerintah perlu melakukan impor jagung dari Negara lain atau memperluas lahan pertanian jagung yang ada diIndonesia.

Baca Juga: Kunci jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Halaman 35, 36, 39, 40, 41, 42, 43, 44, dan 45 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Halaman 7 dan 8

Ayo Membaca

1. Berdasarkan teks, berikanlah masing-masing 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui.
Jawaban:
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui diantaranya gas bumi, minyak serta logam. Sedangkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui diantanya adalah padi, jagung serta tumbuhan lainnya.

2. Berilah 3 contoh lain (di luar teks) sumber daya alam yang dapat dan tidak dapat diperbaharui.
Jawaban:
– Sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui, yaitu: minyak bumi, batu bara, dan bahan tambang lainnya.
– Sumber daya alam yang bisa diperbarui yaitu: matahari, air, angin, kekayaan laut, hasil pertanian, hewan peternakan, dan hasil perkebunan.

3. Berikanlah contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam tersebut.
Jawaban:

– Usaha pertanian merupakan bentuk usaha mengolah tanah dan menanaminya dengan berbagai jenis tanaman. Bentuk usaha pertanian dapat dibedakan menjadi tiga macam, yakni sawah, tegal dan ladang.

– Bentuk usaha perikanan dibedakan menjadi dua, yakni perikanan laut dan perikanan darat. Perikanan laut merupakan bentuk usaha menangkap ikan di laut. Hasil perikanan laut antara lain bandeng, tongkol, cumi-cumi, bawal dan udang.

– Perkebunan dapat dibedakan menjadi dua yakni perkebunan di dataran rendah dan perkebunan di dataran tinggi. Di atas sudah disebutkan contoh hasil perkebunan. Indonesia merupakan negara penghasil kelapa sawit terbesar kedua di dunia. Selain itu dalam hal rempah-rempah, sejak dahulu Indonesia terkenal sebagai penghasil rempah-rempah.

Baca Juga: Kunci jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Halaman 35, 36, 39, 40, 41, 42, 43, 44, dan 45 Pembelajaran 3

– Kerajian merupakan usaha membuat suatu barang dengan ketrampilan tertentu. Orang yang melakukan usaha kerajinan disebut perajin. Banyak bahan-bahan yang sebelumnya tidak begitu berguna jika berada di tangan yang terampil berubah menjadi barang yang lebih berguna dan menarik.

– Perindustrian merupakan usaha mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi. Usaha perindustrian ada yang dilakukan dalam skala kecil, sedang dan besar. Industri besar biasanya dilakukan dengan membuat pabrik.

– Pertambangan merupakan usaha ekonomi yang mengambil sumber daya alam dari dalam perut bumi. Usaha pertambangan ada yang dilakukan dengan peralatan sederhana. Contohnya adalah penambang pasir. Namun banyak usaha pertambangan yang harus dilakukan dengan peralatan berat dan canggih. Misalnya pertambangan minyak bumi, batu bara, bijih besi dan emas.

4. Tulislah pendapatmu tentang kegiatan ekonomi tersebut. Apa saja dampaknya bagi kelastarian sumber daya alam tersebut? Apa yang harus dilakukan agar sumber daya alam tetap lestari?

Jawaban:

Kegiatan ekonomi yang dilakukan dapat mengakibatkan menipisnya sumber daya alam. Kita sebagai bangsa Indonesia tentunya bangga dengan kekayaan alam yang berlimpah, dan wajib memanfaatkan sumber daya alam tersebut dengan bijak.

Sampaikan hasilnya kepada teman kelompokmu dan diskusikanlah!

Penggunaan sumber daya alam yang berlebihan akan berdampak negatif terhadap kehidupan manusia. Gambarlah penggunaan salah satu sumber daya alam yang menurutmu patut dicontoh!

Jawaban:

-usaha yang memebutuhkan sumber daya alam (air) adalah usaha budidaya ikan di tambak

-mematikan kran air jika tidak digunakan dan mematikan lampu saat tidak perlu.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Jawaban:
Hari ini saya belajar tentang gagasan pokok, identifikasi sumber daya alam dan perubahan energi matahari.

Apakah hal tersebut berguna dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban:
Ya. Hal tersebut sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja sinar matahari sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Bagaimana perasaanmu selama belajar?
Jawaban:
Selama belajar saya mersasa sangat senang karena mengetahui banyak hal yang sebelumnya belum saya ketahui.

Adakah hal lain yang ingin kamu ketahui?
Jawaban:
Saya ingin sekali mengetahui pemanfaatan sinar matahari untuk menghasilkan energi listrik.

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pedidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Sumber: Buku Tema 2 Kelas 4 SD/MI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah