Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Halaman 171 172 173 174 175 176 177 178 179 Sub Tema 3 Pembelajaran 6

- 24 Oktober 2021, 13:05 WIB
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD halaman 98 Pembelajaran 1.
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD halaman 98 Pembelajaran 1. /Pixabay / ArtsyBee

Portal Kudus -Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 1 subtema 3 pembelajaran 6 halaman 171, 172, 173, 174, 175, 176, 178, dan 179.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 1 memiliki judul Indahnya Kebersamaan.

Subtema 3 Buku Tematik berjudul Bersyukur atas Keberagaman.

artikel ini berisi kunci jawaban subtema 3 pembelajaran 6 di halaman 171, 172, 173, 174, 175, 176, 178, dan 179.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Buku Tematik Halaman 66, 67, 68, 69, 70, 71, 72, dan 73

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 1 kelas 4 SD dan MI halaman  171, 172, 173, 174, 175, 176, 178, dan 179. pembelajaran 6 sub tema 3.

Tentang Bersyukur atas Keberagaman. seperti dilansir Portal Kudus dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, halaman 171, 172, 173, 174, 175, 176, 178, dan 179.

Baca Juga: Kunci Jawaban Kelas 4 SD/MI Buku Tematik Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12.

Kunci Jawaban Halaman 171

Ayo Membaca

Bagaimana di tempat tinggalmu? Apakah kamu juga menemukan permainan sejenis Engklek? Disebut apakah permainan Englek di lingkungan tempat tinggalmu?

Sebelumnya kamu juga telah belajar keterampilan dasar yang diperlukan dalam permainan Engklek. Apa saja keterampilan dasar tersebut? Diskusikan secara berpasangan dan tuliskan hasilnya.

Jawaban:

Kelincahan dalam melompat, ketelitian agar tidak menginjak garis, dan kecerdasan saat memilih rumah.

Kunci Jawaban Halaman 172 173

Ayo Berdiskusi

Tulis pengalamanmu bermain Engklek bersama teman-temanmu dengan menjawab pertanyaan berikut.

1. Keterampilan dasar apa saja yang kamu perlukan dalam bermain Engklek? Jelaskan.
Jawaban:
Ada 3 gerak dasar yang diperlukan yaitu kelincahan, ketelitian dan kecerdasan. Kelincahan saat melompat, ketelitian agar tidak menginjak garis, kemudian kecerdasan saat memilih rumah atau kotak dalam permainan engklek.

2. Apakah kamu dapat melakukan keterampilan dasar tersebut dengan baik? Jelaskan.
Jawaban:
Ya saya dapat melakukan keterampilan dasar tersebut, terutama soal kelincahan. Kelincahan saya saat melompat cukup baik. Kemudian kecerdasan saat memilih rumah atau kotak dalam permainan engklek.

3. Apa rencanamu untuk meningkatkan keterampilan tersebut di masa yang akan datang?
Jawaban:
Rencana saya adalah banyak berlatih keseimbangan, kejelian, kelincahan dan melompat.

4. Sikap apa saja yang harus kamu tunjukkan ketika bermain Engklek dengan teman yang berbeda-beda?
Jawaban:
Tidak bermain curang, saling menghargai, tidak membeda-bedakan teman, tidak saling bertengkar satu sama lain, dan tidak mengelompokkan suatu bagian.

5. Apakah dalam permainan engklek diperlukan kerja sama yang baik dari pemainnya? Jelaskan.
Jawaban:
Ya, permainan engklek membutuhan kerjasama semua pemain. Pemain harus bermain secara bergiliran. Selain itu, semua pemain harus mengawasi pemain lainnya, agar tidak terjatuh atau berbuat curang.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Buku Tematik Halaman 117 118 120 121 Sub Tema 2 Pembelajaran 5

6. Apa yang terjadi jika tidak ada kerja sama yang baik antara pemain Engklek?
Jawaban:
Akan terjatuh, cedera dan terjadi permusuhan antar pemain engklek oleh sebab itu dalam bermain engklek membutuhkan kerja sama yang baik. Dalam permainan ini seorang pemain juga harus siap kalah dan menang, sehingga tidak terjadi pertengkaran.

Kunci Jawaban Halamana 174

Ayo Berlatih

Jawaban:

Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Wedang Jahe Buatan Ibu

Paragraf 1
Gagasan Pokok: Wedang Jahe adalah minuman yang terbuat dari jahe khas Jawa Tengah yang memberikan rasa hangat bagi tubuh.
Gagasan Pendukung:
1. Udin kehujanan saat pulang dari sekolah, ia kemudian merasa kurang sehat dan kedinginan.
2. Ibu membuatkan wedang jahe untuk Udin agar segera pulih.

Paragraf 2
Gagasan Pokok: Bahan-bahan Wedang Jahe adalah jahe dan gula pasir atau gula merah.
Gagasan Pendukung:
1. Bahan tambahan berupa kayu manis dan serai untuk menambahkan rasa dan aroma.
2. Semua bahan direbus hingga mendidih dan harum. Untuk meredakan gejala kurang sehat, Wedang Jahe sebaiknya diminum segera setelah mendidih.

Paragraf 3
Gagasan Pokok: Wedang Jahe buatan ibu sudah siap.
Gagasan Pendukung:
1. Udin meminum wedang jahe buatan ibu.
2. Rasa dingin dari tubuh udin perlahan hilang.
3. Udin bisa tetap belajar matematika untuk ulangan besok.

Ringkasan:
Udin kehujanan saat pulang sekolah yang membuat tubuhnya basah kuyup. Udin merasa kurang sehat dan kedinginan. Udin terbaring lemas sehingga Ibu membuatkan wedang jahe agar Udin segera pulih.

Wedang jahe terbuat dari jahe dan gula pasir atau gula merah. Bisa juga dengan menambahkan kayu manis dan serai.

Wedang jahe paling baik diminum segera setelah mendidih. Setelah Udin meminum wedang jahe buatan Ibu, Udin merasa tubuhnya hangat dan rasa dingin perlahan menghilang. Sehingga Udin bisa tetap belajar untuk menghadapi ulangan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Buku Tematik Halaman 111 112 113 114 115 Sub Tema 2 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Halamana 175

Tuhan Yang Maha Esa menganugerahi kita keragaman, yaitu keragaman suku, agama, sosial dan budaya, hingga makanan tradisional. Keragaman tersebut perlu kita hargai dan syukuri.

1. Bagaimana caramu bersyukur atas keberagaman yang ada? Jelaskan.
Jawaban:
Menghargai, melestarikan, dan menjaga apa yang diberikan Tuhan kepada kita.

2. Apa manfaat yang kamu peroleh dari keberagaman yang ada?
Jawaban:
Keberagaman yang ada bermanfaat untuk alat pemersatu bangsa dan menumbuhkan sikap nasionalisme.

Kunci Jawaban Halaman 176 177 178 179

Evaluasi

1. Ukur masing-masing sudut pada bangun berikut menggunakan busur. Catat hasilnya pada tabel.

Jawaban:

1. Gambar A
Sudut A:70
Sudut B:45
Sudut C:65

2. Gambar B
Sudut D:110
Sudut E:23
Sudut F:47

3. Gambar C
Sudut G:45
Sudut H:135
Sudut L:45
Sudut K:135

4. Gambar D
Sudut M:115
Sudut N:65
Sudut P:90
Sudut Q:90

2. Tentukan besar masing-masing sudut dari bangun berikut tanpa mengukur.

Jawaban:

1. Besar sudut C adalah 180-80-65 =35

2. Besar sudut C adalah 180-110-37 =33

3. Besar sudut C adalah 360-70-70 =105

4. Besar sudut C adalah 360-120-86-120 =34

3. Tulislah 3 sifat bunyi yang kamu ketahui.

Jawaban:

– Bunyi merambat melalui benda padat, cair, dan gas
– Bunyi dapat dipadukan
– Bunyi dapat dipantulkan
– Bunyi dapat diserap

4. Jelaskan proses terjadinya bunyi.

Jawaban:

Bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi.

5. Apakah yang dimaksud dengan bunyi pantul? Bagaimana proses
terjadinya? Jelaskan.

Jawaban:

Bunyi pantul adalah bunyi yang terdengar kembali kepada sumber bunyi berasal. Bunyi pantul terjadi jika dalam perambatannya dihalangi oleh benda yang permukaannya keras seperti kayu, kaca, dinding, atau besi.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Buku Tematik Halaman 123 124 125 127 128 Sub Tema 2 Pembelajaran 6

6. Bagaimana caramu membuat ringkasan dengan baik berdasarkan teks lisan? Jelaskan.

Jawaban:

– Mendengarkan teks dengan seksama.
– Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
– Mengetahui kesan umum dari teks.
– Menuliskan kalimat baru berdasarkan kesan umum dan gagasanpokok.

7. Apa persamaan dan perbedaan dalam membuat ringkasan teks tertulis dan teks lisan. Jelaskan.

Jawaban:

Persaman:
-menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung
-mengetahui kesan umum dari teks
-menuliskan kalimat baru berdasarkan kesan umum dan gagasan pokok

Perbedaan:
-teks tertulis: membaca teks dengan seksama sekali atau dua kali
-teks lisan: mendengarkan teks yang dibacakan dengan seksama

8. Sebutkan contoh-contoh keberagaman yang telah kamu pelajari.

Jawaban:

– Keberagaman suku bangsa seperti Jawa, Sunda, Minangkabau, Bali, Ambon, dsb.
– Keberagaman bahasa seperti bahasa Aceh, bahasa Betawi, bahasa Jawa, dll.
– Keberagaman agama seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghuchu, dll.

9. Apa sikap yang perlu kamu terapkan ketika bekerja sama dengan temanteman yang berbeda? Jelaskan.

Jawaban:

Kita harus saling menghargai walaupun memiliki perbedaan. Selain itu, kita sebaiknya mementingkan kepentingan umum dan tidak memaksakan kehendak sehingga kekompakan dan persatuan tetap terjaga.

10.Bagaimana kamu mensyukuri keberagaman yang ada di sekitarmu?

Jawaban:

Kita dapat mensyukuri keberagaman dengan saling menghargai dan menjadikan perbedaan itu sebagai hal yang saling melengkapi dan pemersatu.

Ayo Renungkan

• Bagaimana menyikapi keberagaman dan perbedaan yang ada di sekitarmu?

Bersikap saling menghormati dan saling tenggang rasa

• Jelaskan contoh sikap yang menunjukkan menghargai perbedaan.

bermain dengan teman yang berbeda agama

• Bagaimana caranya agar kamu dapat hidup berdampingan dengan teman-teman yang mempunyai latar belakang budaya, sosial, dan agama yang berbeda denganmu?

saling tolong menolong dan menghargai perbedaan. saling menghormati kepercayaan dan pendapat masing-masing.

*)Disclaimer: Artikel ini bersifat analisis, dan hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pedidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Sumber: Buku Tematik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah