Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Halaman 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 PemBelajaran 1 Sub Tema 2

- 21 Oktober 2021, 20:35 WIB
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD halaman 98 Pembelajaran 1.
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 SD halaman 98 Pembelajaran 1. /Pixabay / ArtsyBee

Portal Kudus -Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD dan MI Tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 halaman 76, 77, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 dan 85.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD dan MI Tema 1 memiliki judul Indahnya Kebersamaan.

Subtema 2 Buku Tematik berjudul Kebersamaan dalam Keberagaman.

artikel ini berisi kunci jawaban subtema 2 Pembelajaran 1 di halaman 76, 77, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 dan 85.

Baca Juga: Simak Kunci Jawaban Kelas 4 SD atau MI Tema 1 Halaman 84 dan 85 Subtema 2

Sebelum membuka kunci jawaban ini hendaknya siswa memahami materi pembelajaran dan menjawab soal pertanyan sendiri terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kunci jawaban ditujukan kepada orang tua sebagai panduan dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut kunci jawaban Tema 1 kelas 4 SD dan MI halaman 76, 77, 78, 79, 80, 81, 82, 83, 84 dan 85. Pembelajaran 1 su tema 2.

Tentang Kebersamaan dalam Keberagaman. seperti dilansir Portal Kudus dari alumnus Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, An'im Solahuddin S.Pd.

Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, halaman 35, 36, 39, 40, 41, 42, 43, 44, dan 45.

Baca Juga: Kunci Jawaban Kelas 4 SD/MI Buku Tematik Tema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12.

Kunci Jawaban Halaman 77 78 79

Bacalah setiap paragraf dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya pada diagram yang telah disediakan. Bacalah paragraf pertama dan isi diagram berikutnya!

Jawaban:

Paragraf 1
Gagasan pokok: Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi.
Gagasan pendukung:
– Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumanya.
– Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.
– Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi.
– Udin dan Beni membawa benang kasur.
– Mereka berkumpul di halaman depan rumah.
– Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.

Paragraf 2
Gagasan pokok: Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain.
Gagasan pendukung:
– Saat percobaan akan dimulai, tiba-tiba terdengar adzan.
– Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat.
– Teman-temannya mengizinkan mereka untuk melakukan ibadah.
– Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Shalat.
– Edo tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat.
– Teman yang lain menunggu dengan sabar.

Paragraf 3
Gagasan pokok: Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama
Gagasan pendukung:
– Tiba saatnya keenam sekawan melakukan percobaan.
– Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam bekerja.
– Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi perintah saja.
– Semuanya ikut bagian dalam percobaan.
– Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong benang, Udin datang membawakan gunting.
– Saat Edo kesulitan menalikan benang di kaleng, Siti ikut membantu.
– Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat.

Baca Juga: Rumah Sehat Merupakan Kunci Keluarga Sehat

Kunci Jawaban Halaman 81

Ayo Mencoba

Ayo, kita membuktikannya dengan melakukan percobaan.

Jawaban:

Nama Percobaan: Percobaan Sumber Bunyi

Tujuan Percobaan:
Mengidentifikasi sumber dan tempat bunyi berasal

Alat-alat:
Gelas

Langkah Kerja:
1. Duduklah di kursi dan tutup matamu dengan kain. Mintalah temanmu untuk memukul gelas denga sendok di sekitarmu.
2. Tunjuklah tempat yang kamu anggap sebagai asal bunyi. Berapa kalikah kamu menebak dengan tepat?

Hasil Percobaan:
Dari percobaan di atas dapat dinyatakan bahwa dengan mata tertutup, kita masih dapat mendengar bunyi dengan jelas pada jarak tertentu karena bunyi merambat melalui udara. Bunyi kemudian merambat melalui udara dan ditangkap oleh telinga kita.

Kesimpulan:
Bunyi merambat memlui udara dari sumber bunyi ke telinga kita. Getaran bunyi mengenai gendang telinga dan diubah menjadi pesan/ sinyal listrik di telinga bagian dalam. Sinyal tersebut kemudian diteruskan oleh saraf pendengaran menuju otak yang kemudian menterjemahkan jenis dari bunyi tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 82

Indra Pendengar (Telinga)

Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menciptakan bentuk tubuh yang paling sempurna. Salah satunya adalah kita diberi indra pendengar (telinga). Dengan menggunakan indra ini, kita bisa mendengar berbagai suara, seperti kicauan burung, suara air mengalir, dan musik. Apa saja bagian dan fungsi indera pendengar?

Hal apa yang perlu kita lakukan untuk merawatnya? Mari kita pelajari lebih jauh.

Bagaimana telinga merasakan getaran?

Semua bunyi membuat udara bergetar. Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang berupa selembar kulit tipis. Saat itulah gendang telingamu juga mulai bergetar. Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besar di telinga tengahmu dan diubah menjadi pesan-pesan listrik di telinga dalammu.

Apakah kamu pernah mengalami gangguan indra pendengar? Ceritakan!

Jawaban:

Saya belum pernah mengalami gangguan indera pendengar.

Baca Juga: Simak Kunci Jawaban Kelas 4 SD atau MI Tema 1 Halaman 84 dan 85 Subtema 2

Kunci Jawaban Halaman 84

Ayo Berdiskusi

Indonesia terdiri atas beragam agama. Perbedaan yang ada membutuhkan toleransi di antara pemeluknya. Pahamilah teks berikut dan diskusikan isinya dengan temanmu.

Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Apakah perbedaan yang dimiliki oleh enam sekawan menghalangi mereka untuk berteman dan bekerja sama? Jelaskan!
Jawaban:
Perbedaan enam Sekawan tidak menghalangi untuk beteman dan bekerja sama. Dengan perbedaan yang ada, mereka dapat saling melengkapi dan saling membantu.

2. Bagaimana sikapmu jika kamu bermain dengan teman yang berbeda agama?
Jawaban:
Kita harus saling menghargai dan menghormati karena walaupun berbeda agama.

Kunci Jawaban Halaman 85

3. Ceritakan pengalamanmu memiliki teman yang berbeda agama. Perbedaan apa yang kamu ketahui? Bagaimana sikapmu terhadap perbedaan tersebut?
Jawaban:
Saya memiliki teman yang berbeda agama. Perbedaan yang saya ketahui adalah cara beribadahnya. Teman saya yang beragama Kristen beribadah di Gereja, cara beribada mereka juga berbeda. Menurut saya perbedaan tersebut sangat menarik.

Ayo Renungkan

• Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Hari ini saya telah mempelajari ide gagasan pokok dan gagasan pendukung, indera pengengar manusia, dan sikap toleransi.

• Apa manfaatnya bagi kehidupanmu sehari-hari?
Manfaat bagi saya dalam kehidupan sehari-hari adalah sayaa mengetahui pentingnya indera pendengar dan mampu bersikap toleran kepada teman yang berbeda agama.

• Bagaimana cara kamu mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa?
Cara mensyukuri nikmat Tuhan adalah dengan selalu menghargai dan menghormati teman yang berbeda agama sehingga persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Portal Kudus tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan. Untuk pertanyaan terbuka, jawaban tidak terpaku pada kunci jawaban diatas.

*) Penulis Merupakan alumnus Fakultas Tarbiyah (pedidikan) IAIN Kudus dan memiliki pengalaman mengajar di Les Terbuka Karang Taruna Tunas Harapan***

 

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Sumber: Buku Tematik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah