Portal Kudus - Berikut adalah Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 29, 30, 31, 31 untuk SD atau MI Materi Subtema 1 Indahnya Kebersamaan.
Inilah soal dan Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 29, 30, 31, 31 untuk SD atau MI Materi Subtema 1 Indahnya Kebersamaan
Siswa Kelas 4 SD dapat mempelajari Buku Tematik Tema 1 yang berjudul Indahnya Kebersamaan.
Sementara itu, materi Subtema 1 berkaitan Indahnya Kebersamaan
Halaman 29
Pada halaman 29, diketahui berdasarkan informasi gambar, Pak Sammy berasal dari Maluku, Pak Encep berasal dari Sunda, Pak Made berasal dari Bali, Pak Udin berasal dari Betawi, Pak Nur berasal dari Jawa.
1. Pak Sammy
Asal: Maluku
Bahasa: Togitil, Ahfuru, Alune
Makanan: Gohu Ikan, Bubur Sagu Ubi
Alat musik: Tifa, Tahuri, dan Jukelele
Pakaian daerah: Baju Cele
Tarian: Tari Lenso
Kebiasaan: Murah senyum, gemar bernyanyi
2. Pak Encep
Asal: Sunda
Bahasa: Sunda
Makanan: Peuyeum (tape), oncom
Alat musik: Angklung, seruling, rebab
Pakaian daerah: Kebaya
Tarian: Tari Jaipong, Tari Merak
Kebiasaan: Ngeuyeuk Seureuh
3. Pak Made
Asal: Bali
Bahasa: Bali
Makanan: Sate besambe, sate lilit
Alat musik: Ceng-ceng, rindik, gerantang
Pakaian daerah: Payas Agung, Payas Masya, Payas Alit.
Tarian: Tari Kecak, Tari Legong, Tari Pendet
Kebiasaan: Ngaben (pembakaran mayat), terasiring (sistem pertanian di Bali)
4. Pak Udin
Asal: Betawi
Bahasa: Betawi
Makanan: Kerak telor, Ketoprak
Alat musik: Rebana
Pakaian daerah: Kebaya
Tarian: Ondel-Ondel, Tari Yapong
Kebiasaan: Pagelaran Abang None Betawi, hajatan sunatan yang diarak keliling kampung dengan pakaian kebesaran.
5. Pak Nur
Asal: Jawa
Bahasa: Jawa (ngoko, krama)
Makanan: Gudeg, Rujak, Pecel
Alat musik: Gamelan
Pakaian daerah: Kebaya
Tarian: Tari Remo, Tari Gambyong, Tari Bedoyo
Kebiasaan: Memakan kapur sirih, mengedepankan unggah-ungguh, upacara Kasodo
Halaman 30
Pada halaman 30, adik-adik diminta untuk mendiskusikan pertanyaan teks Siap Menghadapi Musim Hujan. Berikut adalah uraian jawabannya.
1) Warga desa Kampung Babakan melaksanakan kerja bakt bersama untuk membersihkan selokan.
2) Warga desa Kampung Babakan melakukan kerja bakti untuk mempersiapkan agar selokan bersih dan tidak akan kebanjiran.
3) Iya, warga desa memiliki sikap yang mengutamakan persatuan dan kesatuan. Sikap tersebut tercermin pada keguyupan warga untuk melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan selokan di lingkungan agar wilayahnya tidak terkena banjir.
4) Manfaat sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan bagi warga Kampung Babakan yaitu mereka bisa hidup dengan aman, tentram, nyaman, serta bisa menambah ikatan tali persaudaraan antar warga.
5) Hal yang akan terjadi jika warga tidak mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan yaitu tidak ada suasana kegotong-royongan. Jika itu tidak teripta dalam hidup bermasyarakat maka suasana lingkungan tidak harmonis, tidak aman, dan tidak tentram.
Halaman 31, 32
Pada halaman 31 dan 32, adik-adik diminta untuk menjawab pertanyaan tentang keberagaman diskusi kelompok. Berikut uraian jawabannya.
1) Setiap kelompok siswa pasti memiliki jawaban yang beragam. Tidak menutup kemungkinan, dalam satu kelompok terdapat keberagaman suku, agama, kebiasaan, ataupun pendapat tiap anggota.
2) Setiap kelompok siswa pasti memiliki jawaban yang beragam. Jika ada perbedaan, biasanya perbedaan ciri-ciri fisik yang memang sering ditemui. Warna kulit dan rambut salah satunya. Setiap anak pastinya berbeda-beda.
3) Sebab, dalam satu kelompok merupakan satu kesatuan yang harus memiliki satu suara. Sehingga, perlu berdiskusi untuk memperoleh satu tujuan dan pemahaman yang sama.
4) Setiap anggota kelompok tentu ada yang memiliki pendapat yang sama dan pendapat yang berbeda. Hal tersebut adalah wajar, sebab berbeda kepala maka berbeda pula pemikirannya.
5) Seperti ide atau pendapat, cara menyampaikan hal tersebut pun setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda-beda. Meskipun ada yang mirip atau hampir sama.
Itulah pembahasan Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD halaman 29, 30, 31, 32 subtema 1 tentang indahnya kebersamaan.***
DISCLAIMER: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.