KUMPULAN 40 SOAL UAS UT Analisis Kasus Bisnis EKMA4478 Manajemen Semester 6 Lengkap Kunci Jawaban

25 Juni 2024, 20:13 WIB
Ilustrasi - 40 update soal PAS/UAS PAI kelas 5 semester 2 Kurikulum Merdeka /Chris Adamus

Portal Kudus - Inilah 40 soal UAS UT Analisis Kasus Bisnis EKMA4478 Manajemen semester 6 lengkap kunci jawabannya.

Simak inilah pembahasan tentang 40 contoh soal UAS UT Analisis Kasus Bisnis EKMA4478 jurusan Manajemen semester 6 lengkap kunci jawabannya.

Bagi kalian yang sedang mencari contoh soal UAS UT Analisis Kasus Bisnis EKMA4478 jurusan Manajemen semester 6 beserta kunci jawabannya, silahkan simak artikel di bawah ini sampai selesai.

Artikel ini berisi contoh soal UAS UT mata kuliah Analisis Kasus Bisnis EKMA4478 yang bisa dijadikan referensi latihan untuk menghadapi soal UAS UT jurusan Manajemen semester 6.

Baca Juga: 45 SOAL UAS UT Perencanaan Kota ADPU4433 Ilmu Administrasi Negara Semester 5 Lengkap Kunci Jawabannya

Sebanyak 40 contoh soal UAS UT mata kuliah Analisis Kasus Bisnis EKMA4478 disajikan untuk kalian yang akan menghadapi UAS UT tahun 2024 jurusan Manajemen.

Persiapkan diri anda dengan berlatih mengerjakan latihan soal UAS UT Analisis Kasus Bisnis EKMA4478 tahun 2024 jurusan Manajemen semester 6 pada artikel ini.

Materi UAS UT Analisis Kasus Bisnis EKMA4478 pada artikel ini bersumber dari modul-modul kuliah. Jadi sangat cocok sekali untuk Anda pelajari.

Soal-soal ini merupakan soal-soal pilihan yang telah di prediksi akan keluar pada saat UAS nantinya.

Baca Juga: 40 SOAL UAS UT Penganggaran EKMA4570, Contoh Soal UAS UT Akuntansi EKMA4570 Penganggaran dan Kunci Jawaban

Dikutip Portal Kudus dari berbagai sumber berikut adalah 40 soal UAS UT Analisis Kasus Bisnis EKMA4478 Manajemen semester 6 lengkap kunci jawabannya.

1. Strategi proses yang bersifat volume tinggi namun variasi proses rendah disebut strategi fokus ...
A. proses
B. berulang
C. produk
D. kombinasi

Jawaban: C

2. Penentuan lokasi dengan menghitung titik pusat lokasi distribusi yang dapat meminimalkan biaya melalui sistem koordinat disebut ...
A. Center of Gravity Method
B. Locational Break Event Analysis
C. The Factor Rating Method
D. Transportation

Jawaban: A

3. Peramalan permintaan SDM dengan menggunakan level pekerjaan organisasi saat ini sebagai titik awal penentuan kebutuhan karyawan di masa mendatang disebut ...
A. Model Simulasi
B. Volume Penjualan
C. Pendekatan Bawah-Atas
D. Peramalan Basis Nol

Jawaban: D

4. Apabila ketersediaan tenaga kerja lebih besar daripada kebutuhan, maka perlu dilakukan tindakan ...
A. Pengangkatan karyawan baru
B. Penambahan jam kerja
C. Pensiun dini
D. Semua jawaban benar

Jawaban: C

Baca Juga: 50 SOAL UAS UT Teknik Penulisan Karya Ilmiah IDIK4013 PGSD Semester 6 Lengkap Kunci Jawabannya

5. Perekrutan tenaga kerja yang dilakukan dengan cara mengupah penyedia tenaga kerja eksternal untuk melakukan pekerjaan internal disebut ...
A. outsourcing
B. tenaga kerja temporer
C. Kerja lembur
D. leasing karyawan

Jawaban: A

6. Economies of Scale terjadi ketika perusahaan beroperasi dengan output tinggi tetapi biaya rendah. Keadaan ini dapat terjadi dengan syarat ...
A. Biaya tetap disebar dalam unit yang kecil
B. Biaya operasi meningkat secara linier dengan tingkat output
C. Quantity discounts tidak berlaku dalam pembelian material
D. Efisiensi operasi meningkat seiring dengan pengalaman yang diiperoleh tenaga kerja

Jawaban: D

7. Jika diketahui jumlah penerimaan Rp 3.000.000,- dengan tingkat bunga 4% dan periode waktu 4 tahun. Hitunglah nilai future value!
A. Rp 2.509.700,-
B. Rp 3.509.700,-
C. Rp 4.509.700,-
D. Rp 5.509.700,-

Jawaban: B

8. Jika diketahui PT. XYZ memiliki operating income Rp 450 juta, penjualan netto Rp 9 milyar, dan net operating asset Rp 13,5 milyar. Hitunglah rentabilitas ekonomi perusahaan tersebut!
A. 1,333%
B. 2,333%
C. 3,333%
D. 4,333%

Jawaban: C

9. PT. Tiga Karsa Utama adalah sebuah perusahaan suku cadang kendaraan roda empat di Cikampek. Salah satu produknya, peredam kejut, memiliki permintaan tahunan 25.000 unit. Biaya pemesanan dan penyimpanan sebesar Rp 2.000.000,- dan Rp 50.000,- per unit. Tentukan jumlah optimal setiap pemesanan!
A. 1.414 unit
B. 2.414 unit
C. 3.414 unit
D. 4.414 unit

Jawaban: A

D = 25.000, S = 2.000.000, dan H = 50.000
Q = v(2DS/H)
Q = v[(2x25.000x2.000.000)/50.000] = 1.414,216 ˜ 1.414

Baca Juga: 45 SOAL UAS UT Sistem Politik Indonesia ISIP4213 Ilmu Pemerintahan Semester 3 Lengkap Kunci Jawabannya

10. Berdasarkan soal no. 9, hitunglah jumlah pemesanan dalam satu tahun!
A. 17 kali pemesanan per tahun
B. 18 kali pemesanan per tahun
C. 19 kali pemesanan per tahun
D. 20 kali pemesanan per tahun

Jawaban: B

D = 25.000, Q = 1.414
N = D/Q = 25.000/1.414 = 17,68 ˜ 18

11. Berdasarkan soal no. 10, bila diketahui hari kerja 360 hari. Hitunglah waktu antar pemesanan!
A. 40 hari
B. 30 hari
C. 20 hari
D. 10 hari

Jawaban: C

T = ? hari kerja per tahun / N = 360/18 = 20

12. Salah proses pelatihan dan pengembangan karyawan adalah tahap pelatihan yang terdiri dari ...
A. analisis kebutuhan tugas dan karyawan
B. merancang dan memilih prosedur pelatihan
C. mengukur hasil dan membandingkan kriteria hasil
D. pengembangan tujuan dan kriteria evaluasi pelatihan

Jawaban: B

13. Sebelum dilakukan rotasi pekerjaan, karyawan perlu mengikuti pelatihan di bidang pekerjaan diluar bidang pekerjaan saat ini yang disebut pelatihan ...
A. keahlian/keterampilan
B. retraining
C. lintas fungsional
D. tim

Jawaban: C

Baca Juga: 45 SOAL UAS UT Psikologi Sosial ADPU4218 Ilmu Administrasi Negara Semester 5 Lengkap Kunci Jawabannya

14. Keberhasilan manajemen SDM tergantung pada kompetensi dan keterampilan khusus yang mengaitkan perusahaan dengan pasarnya dan cepat mengarahkan perilaku searah dengan tujuan disebut ...
A. kontribusi strategik
B. pengetahuan bisnis
C. kredibilitas personal
D. teknologi SDM

Jawaban: A

15. Salah satu jangkar karier yang menekankan pengembangan bakat teknis secara terus menerus disebut jangkar ...
A. kompetensi manajerial
B. kompetensi teknis/fungsional
C. kreativitas
D. otonomi

Jawaban: B

16. Salah satu perbedaan pemasaran massal dengan pemasaran segmentasi adalah ...
A. khalayak diperlakukan sama
B. pasar dianggap dinamis
C. strategi organisasi adaptif
D. responsif terhadap perubahan

Jawaban: A

17. Tingkat segmentasi pasar yang melayani kebutuhan spesifik pembeli disebut segmentasi tingkat ...
A. segmen
B. ceruk
C. lokal
D.

Jawaban: B

19. Segmentasi yang mengelompokkan calon konsumen berdasarkan gaya hidup dan kepribadian disebut segmentasi ...
A. geografis
B. generasi
C. psikografi
D. perilaku

Jawaban: C

Baca Juga: 50 SOAL UAS UT Manajemen Kualitas EKMA4265, Contoh Soal UAS UT Manajemen EKMA4265 Manajemen Kualitas

20. Pemilihan segmentasi pasar dengan spesialisasi produk berarti ...
A. pemasar memilih beberapa segmen yang dianggap signifikan
B. pemasar berkonsentrasi pada produk tertentu untuk melayani beberapa segmen
C. pemasar berkonsentrasi melayani berbagai kebutuhan dari suatu kelompok pasar tertentu
D. pemasar melayani seluruh kelompok segmen dengan semua produk yang dibutuhkan

Jawaban: B

22. Strategi Sampoerna yang membuat beberapa jenis rokok sesuai dengan kebutuhan setiap segmen disebut ...
A. segmen tunggal
B. spesialisasi selektif
C. spesialisasi produk
D. spesialisasi pasar

Jawaban: B

23. Strategi positioning yang mengaitkan produk berdasarkan atribut atau karakteristik spesifik produk adalah positioning berdasarkan ...
A. ciri-ciri khusus
B. manfaat
C. kategori pemakai
D. disosiasi kelas produk

Jawaban: A

24. Pada saat positioning tidak tepat lagi, perlu dilakukan repositioning bila menghadapi keadaan berikut ...
A. selera konsumen tetap
B. produk pesaing diposisikan berdampingan dengan kita
C. ditemukan kelompok pasar baru yang potensial
D. terjadi kesalahan positioning sebelumnya

Jawaban: A

25. Salah satu hal yang dapat disimpulkan dari definisi diferensiasi menurut Kotler adalah ...
A. penetapan sekumpulan persamaan
B. perbedaan merupakan nilai penting bagi konsumen
C. perbedaan tigak mampu membedakan dengan produk pesaing
D. tidak ada yang benar

Jawaban: B

26. Produk yang merupakan sekumpulan atribut atau kondisi umum apabila konsumen membeli produk disebut produk ...
A. generik
B. diharapkan
C. diperluas
D. potensial

Jawaban: B

Baca Juga: 45 SOAL Ujian UT PGSD Bahasa Inggris Semester 1, Contoh Soal UAS UT Bahasa Inggris PDGK4304 PGSD Semester 1

27. Agar diferensiasi berjalan dengan baik, perlu diperhatikan beberapa hal, yaitu
A. mudah ditiru pesaing
B. tidak penting
C. dapat dikomunikasikan
D. tidak ada yang benar

Jawaban: C

38. Rokok Marlboro memberi citra lelaki jantan (macho). Sedangkan rokok A Mild menggambarkan perokok yang sadar kesehatan. Kedua citra rokok tersebut memberikan gambaran ...
A. atribut
B. manfaat
C. kepribadian
D. pasar sasaran/konsumen

Jawaban: C

39. Salah satu manfaat dari pemberian merek bagi produsen adalah ...
A. produk mudah dikenali
B. menurunkan citra perusahaan
C. memudahkan pemalsuan
D. mempersulit komunikasi pemasaran

Jawaban: A

40. Penawaran mobil yang terdiri dari beberapa varian berbeda merupakan penetapan harga bauran produksi strategi ...
A. product line pricing
B. optional feature pricing
C. captive product pricing
D. two part pricing

Jawaban: A

Demikian terkait 40 soal UAS UT Analisis Kasus Bisnis EKMA4478 Manajemen semester 6 lengkap kunci jawabannya.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler