JAWABAN! Komunikasi Bisnis Diharapkan Berjalan Dengan Efektif Agar Tercapainya Tujuan Suatu Organisasi

27 April 2024, 11:53 WIB
RAMALAN Shio Ayam Untuk 1 April 2023: Komunikasi yang Baik Akan Membawa Anda ke Jalan yang Positif /pixabay

Portal Kudus - Komunikasi bisnis diharapkan berjalan dengan efektif agar tercapainya tujuan suatu organisasi.

Bagi kalian yang sedang mencari referensi jawaban soal komunikasi bisnis diharapkan berjalan dengan efektif agar tercapainya tujuan suatu organisasi, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Artikel ini berisi jawaban soal komunikasi bisnis diharapkan berjalan dengan efektif agar tercapainya tujuan suatu organisasi.

Untuk mengetahui jawaban soal komunikasi bisnis diharapkan berjalan dengan efektif agar tercapainya tujuan suatu organisasi, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Soal Lengkap:

Komunikasi bisnis diharapkan berjalan dengan efektif agar tercapainya tujuan suatu organisasi.

Dalam prosesnya, komunikasi yang dilakukan itu bisa saja tujuannya menginformasikan, mendidik, menghibur atau mempengaruhi.

Berikan penjelasan mengenai variable-variabel komunikasi bisnis dan berikan contohnya ?

Baca Juga: BERDASARKAN Artikel Berita di Atas Coba Anda Jelaskan Implementasi Skema Proses Komunikasi Dari Thill, Bovee

Jawaban:

Komunikasi bisnis melibatkan beberapa variabel yang memengaruhi efektivitasnya. Berikut adalah beberapa variable-variabel komunikasi bisnis beserta contohnya:

- Sumber (Source):

Contoh: CEO perusahaan yang memberikan pidato motivasi kepada karyawan.

- Pesan (Message):

Contoh: Email pemberitahuan tentang perubahan kebijakan perusahaan.

- Penerima (Receiver):

Contoh: Karyawan yang menerima instruksi dari atasan.

- Media Komunikasi (Communication Channel):

Contoh: Rapat daring melalui platform konferensi video.

- Konteks (Context):

Contoh: Presentasi penjualan di hadapan calon investor.

- Hambatan (Barriers):

Contoh: Perbedaan bahasa dan budaya dalam komunikasi antar cabang perusahaan di negara yang berbeda.

- Umpan Balik (Feedback):

Contoh: Kuesioner kepuasan pelanggan yang dikirimkan setelah pembelian produk.

- Tujuan (Purpose):

Contoh: Kampanye iklan untuk meningkatkan kesadaran merek.

Dengan memperhatikan variabel-variabel ini, organisasi dapat meningkatkan efektivitas komunikasi bisnis mereka.

Baca Juga: BERDASARKAN Kasus Di Atas, Coba Identifikasi Siapa yang Berperan Sebagai Sender, Message dan Receiver

Alternatif Jawaban Lainnya:

Komunikasi bisnis melibatkan beberapa variabel yang memengaruhi efektivitasnya. Berikut adalah beberapa variable-variabel komunikasi bisnis beserta contohnya:

Baca Juga: Silakan Didiskusikan Apa yang Dimaksud Dengan Ilmu Ekonomi? Apa yang Menjadi Tujuan Utama Dari Ilmu Ekonomi, dan Mengapa Studi Ekonomi Penting

- Sumber (Source):

Contoh: Seorang manajer yang memberikan arahan kepada bawahan mengenai target penjualan.

- Pesan (Message):

Contoh: Email yang berisi informasi tentang perubahan kebijakan perusahaan.

- Penerima (Receiver):

Contoh: Karyawan yang menerima instruksi dari atasan mengenai tugas-tugas harian.

- Media Komunikasi (Communication Channel):

Contoh: Rapat daring melalui platform konferensi video.

- Konteks (Context):

Contoh: Presentasi produk kepada klien potensial di acara pameran industri.

- Hambatan (Barriers):

Contoh: Perbedaan bahasa dan budaya antara perusahaan yang berkomunikasi dalam bisnis internasional.

- Umpan Balik (Feedback):

Contoh: Karyawan memberikan tanggapan terhadap perubahan kebijakan melalui survei kepuasan karyawan.

Baca Juga: KUNCI Jawaban Modul 4.12 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka)

Dengan memperhatikan variabel-variabel ini, organisasi dapat meningkatkan efektivitas komunikasi bisnis untuk mencapai tujuan mereka.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler