JAWABAN DALAM Tiga Tahun Ini Hampir Seluruh Negara di Dunia Tidak Terlepas Dari Wabah Pandemi Covid 19

18 April 2024, 10:59 WIB
VIRUS Covid-19 Telah Merambah Di Sebagian Besar Belahan Dunia dan Merupakan Wabah yang Menakutkan, Indonesia Tak Luput Dari Serangan Virus Ini /tangkap layar

Portal Kudus - Inilah jawaban dalam tiga tahun ini hampir seluruh negara di dunia tidak terlepas dari wabah pandemi Covid 19, termasuk Indonesia.

Bagi kalian yang sedang mencari referensi jawaban soal dalam tiga tahun ini hampir seluruh negara di dunia tidak terlepas dari wabah pandemi Covid 19, termasuk Indonesia, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Artikel ini berisi jawaban soal dalam tiga tahun ini hampir seluruh negara di dunia tidak terlepas dari wabah pandemi Covid 19, termasuk Indonesia.

Untuk mengetahui jawaban soal dalam tiga tahun ini hampir seluruh negara di dunia tidak terlepas dari wabah pandemi Covid 19, termasuk Indonesia, silahkan simak soal lengkapnya di bawah ini.

Soal Lengkap:

Dalam tiga tahun ini hampir seluruh negara di dunia tidak terlepas dari wabah pandemi Covid 19, termasuk Indonesia.

Hal ini mempengaruhi jalannya proses pembelajaran di seluruh tanah air jadi kurang maksimal.

Dalam kondisi demikian, menurut Saudara penanganan sektor pendidikan lebih tepat dikembalikan pada sistem sentralisasai pendidikan kepada pemerintah pusat, atau desentralisasi pendidikan masih perlu dipertahankan dengan perbaikan atau penyesuaian dalam pelaksanaannya.

Baca Juga: SEBUTKAN Risiko-risiko Apa Saja yang Ditimbulkan Dari Ketergantungan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran

Jelaskan pendapat Saudara, bagian-bagian atau unsur-unsur mana saja yang memiliki keunggulan atau manfaat yang lebih baik.

Jawaban:

Menurut pendapat saya Sektor Pendidikan baiknya tetap dipertahankan dengan perbaikan atau penyesuaian dalam pelaksanaaan karena proses pembelajaran yang maksimal perlu ditingkatkan kembali agar supaya proses pembelajaran di sekolah berjalan semestinya.ada beberapa poin yang perlu dilakukan agar pembelajaran berjalan normal kembali yaitu :

1. WAKTU BELAJAR

Selama masa pandemi waktu belajar disekolah dinonaktifkan, kemudian pada masa adaptasi New Normal waktu belajar sangat singkat, dengan mengembalikan waktu belajar sebagaimana mestinya tentu akan membuat proses pembelajaran akan tercipta sebagaimana sebelum Pandemi.

2. PENERAPAN NEW NORMAL

Beberapa daerah tertentu masih terkendala dengan proses sosial distancing tetapi ada sebagian besar daerah sudah tidak terlalu ketat dalam pemberlakuan sosial distancing, penggunaan masker sudah mulai dikurangi, kemudian proses pembelajran dalam ruangan sudah bisa diaktifkan Kembali, dan juga untuk menjaga jarak sudah tidak terlalu diberlakukan.

Unsur-unsur yang bermanfaat :
- Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik perlu peran dari pihak sekolah dan juga peran dari orangtua sangat dibutuhkan

- Terciptanya keberlangsungan kegiatan yang normal dan berjalan sebagaimana mestinya sebelum adanya pandemi

- Anak lebih fokus untuk belajar di lingkungan sekolah

- Adanya interaksi langsung antara Guru dan siswa serta antara siswa dengan siswa.

Baca Juga: BERIKAN Contoh Konkret Tentang Bagaimana Anda Mengimplementasikan Metode Penelusuran Kos Ini Dalam Situasi

Alternatif Jawaban Lainnya:

Pendapat Saudara mengenai pendidikan di Indonesia dalam kondisi pandemi Covid 19 adalah bahwa proses pembelajaran tidak maksimal, sehingga perlu diperbaiki sistem pendidikan.

Saudara menganggap bahwa pendidikan lebih tepat dikembalikan pada sistem sentralisasi pendidikan kepada pemerintah pusat.

Saudara menganggap bahwa sistem sentralisasi pendidikan kepada pemerintah pusat memiliki keunggulan atau manfaat yang lebih baik dalam beberapa aspek.

Berikut ini beberapa unsur-unsur yang memiliki keunggulan atau manfaat yang lebih baik dalam sistem sentralisasi pendidikan:

1. Konsistensi:

Sistem sentralisasi pendidikan dapat memastikan konsistensi dalam pendidikan di seluruh Indonesia. Pemerintah pusat dapat membuat aturan yang harus dipatuhi oleh seluruh pemerintah daerah dan sekolah.

2. Kualitas pendidikan:

Sistem sentralisasi pendidikan dapat memastikan kualitas pendidikan yang lebih baik. Pemerintah pusat dapat membuat aturan yang harus dipatuhi oleh seluruh pemerintah daerah dan sekolah.

3. Kesetahanan:

Sistem sentralisasi pendidikan dapat memastikan kesetahanan pendidikan yang lebih baik. Pemerintah pusat dapat membuat aturan yang harus dipatuhi oleh seluruh pemerintah daerah dan sekolah.

Baca Juga: BAGAIMANA Anda Melihat Dampak Pembelajaran Digital Terhadap Persiapan Kita Untuk Menghadapi Lapangan Pekerjaan

4. Ekonomi:

Sistem sentralisasi pendidikan dapat membantu mengurangi biaya pendidikan yang lebih tinggi di setiap daerah.

Pemerintah pusat dapat membuat aturan yang harus dipatuhi oleh seluruh pemerintah daerah dan sekolah.

Saudara menganggap bahwa sistem sentralisasi pendidikan memiliki keunggulan atau manfaat yang lebih baik dalam beberapa aspek.

Namun, juga perlu diingat bahwa sistem sentralisasi pendidikan juga memiliki kelemahan, seperti keterbatasan dalam pengaturan pendidikan yang terlalu konsisten dan tidak mengikuti kebutuhan lokal.

Untuk meningkatkan kinerja sistem pendidikan, perlu dilakukan perbaikan atau penyesuaian dalam pelaksanaannya.

Perlu dilakukan peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan kesetahanan pendidikan, dan peningkatan kinerja guru.

Perlu juga dilakukan peningkatan infrastruktur pendidikan, seperti fasilitas dan alat-alat yang memadai.

Pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus bekerja sama untuk mencapai tujuan yang maksimal dalam pendidikan.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler