50 SOAL Ujian UT Penelitian Tindakan Kelas 2023 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal UAS UT PGSD IDIK4008 Penelitian

16 Desember 2023, 21:40 WIB
50 soal ujian UT penelitian tindakan kelas 2023 dan kunci jawaban, contoh soal UAS UT PGSD IDIK4008 penelitian. /tangkap layar

Portal Kudus - Simak inilah pembahasan tentang 50 soal ujian UT penelitian tindakan kelas 2023 dan kunci jawaban, contoh soal UAS UT PGSD IDIK4008 penelitian.

Ujian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Universitas Terbuka (UT) tahun 2023 menjadi tahapan signifikan dalam mengukur pemahaman dan keterampilan mahasiswa terhadap metode penelitian yang mendalam dan aplikatif.

Penelitian tindakan kelas merupakan pendekatan yang membantu guru untuk merancang dan mengevaluasi perubahan dalam konteks kelas, serta meningkatkan kualitas pembelajaran.

Untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi ujian tersebut, disediakan contoh soal Ujian UT Penelitian Tindakan Kelas tahun 2023.

Contoh soal ini dirancang untuk mencakup berbagai aspek penting penelitian tindakan kelas, mulai dari perumusan masalah, desain penelitian, hingga analisis dan interpretasi data.

Dengan memberikan contoh soal, mahasiswa dapat menggali pemahaman mereka terhadap tahapan-tahapan kunci dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas.

Baca Juga: 30 CONTOH SOAL UAS UT Pengantar Akuntansi Tahun 2023 dan Kunci Jawaban, Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4115

Penelitian tindakan kelas memiliki dampak yang signifikan pada pembelajaran dan pengembangan profesi guru.

Oleh karena itu, Ujian UT Penelitian Tindakan Kelas 2023 bukan hanya sebagai sarana evaluasi, tetapi juga sebagai peluang untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan penelitian mereka dalam konteks praktis.

Melalui contoh soal ini, mahasiswa diharapkan dapat mengasah kemampuan merancang dan melaksanakan penelitian tindakan kelas, mengidentifikasi permasalahan pembelajaran, dan merumuskan solusi yang efektif.

Kesuksesan dalam ujian ini akan menciptakan mahasiswa yang mampu berkontribusi secara positif pada perbaikan sistem pendidikan dan memberikan dampak nyata dalam kelas-kelas mereka.

Dikutip Portal Kudus dari berbagai sumber berikut adalah 40 soal ujian UT Penelitian Tindakan Kelas tahun 2023 dan kunci jawaban, contoh soal UAS UT PGSD IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas.

Baca Juga: 30 CONTOH SOAL UAS UT Pengantar Akuntansi Tahun 2023 dan Kunci Jawaban, Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4115

1. PTK adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. McTaggard
B. Carr dan Kemmis
C. Rochman
D. Schmuck

Jawaban: B

2. Maksud dari self-reflective inquiry adalah penelitian yang ....
A. berbasis refleksi diri
B. metode yang longgar dan fleksibel
C. berbasis hasil pengamatan dan renungan guru
D. disesuaikan dengan kemampuan guru

Jawaban: A

3. Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang digunakan dalam PTK termasuk jenis ....
A. sampel representatif
B. sampel purposif
C. sampel acak
D. kasus khusus yaitu kelas

Jawaban: D

4. Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil akhir yang ingin dicapai terletak pada ....
A. teori belajar yang akan diuji
B. temuan penelitian yang dapat digeneralisasikan
C. perbaikan hasil belajar siswa
D. meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan penelitian

Jawaban: C

5. Manfaat PTK bagi sekolah adalah untuk meningkatkan ....
A. kemampuan guru di bidang instruksional
B. kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan
C. daya inovasi pada diri guru
D. kualitas pembelajaran di kelas

Jawaban: B

6. Berikut adalah keterbatasan PTK dibandingkan dengan penelitian formal, kecuali ....
A. peneliti
B. validitas
C. metodologi
D. instrumen

Jawaban: C

Baca Juga: UNDUH CONTOH SOAL UAS UT PGSD Semester 1 Latihan Soal UAS UT PGSD Semester 1 Semua Mata Kuliah Tahun 2023

7. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar PTK dapat diterapkan secara kelembagaan, kecuali ....
A. dukungan dari pihak sekolah
B. kebebasan bagi guru untuk melakukan penelitian di kelasnya
C. pengawasan dari Kepala Sekolah
D. kerjasama antar personil sekolah

Jawaban: D

8. Langkah awal PTK oleh guru dimulai dengan melakukan ....
A. perumusan masalah
B. identifikasi masalah
C. analisis masalah
D. pembatasan masalah

Jawaban: B

9. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam melakukan analisis masalah, kecuali ....
A. melakukan refleksi
B. mengkaji dokumen-dokumen kelas tentang siswa
C. berdiskusi dengan teman sejawat
D. melakukan studi banding ke sekolah lain

Jawaban: C

10. Hipotesis tindakan adalah ....
A. tindakan perbaikan yang dirancang pada saat menyusun Rencana Perbaikan
B. alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakan
C. dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
D. kajian teori yang relevan dengan masalah penelitian

Jawaban: C

11. Langkah awal dalam pelaksanaan PTK adalah ....
A. menentukan metode pengolahan data yang tepat
B. mempersiapkan diri sebagai peneliti
C. menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)
D. mempersiapkan sarana pendukung penelitian

Jawaban: C

12. Yang dimaksud dengan high inference observation adalah model pengamatan ....
A. tanpa penafsiran
B. langsung sebagaimana yang teramati oleh peneliti
C. tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera)
D. yang membutuhkan penafsiran

Jawaban: D

13. Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melakukan observasi ....
A. terfokus
B. sistematis
C. terstruktur
D. terbuka

Jawaban: B

14. Berikut adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
A. wawancara
B. studi dokumen kelas
C. pengisian kuesioner
D. survai

Jawaban: B

Baca Juga: DOWNLOAD SOAL UAS UT PGSD Semester 1 Contoh Latihan Soal UAS UT PGSD Semester 1 Semua Mata Kuliah Tahun 2023

15. Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat ....
A. sebelum menyusun proposal
B. sesudah mengidentifikasi masalah
C. sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan
D. sesudah melakukan upaya perbaikan

Jawaban: D

16. Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK adalah ....
A. menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya
B. merevisi pedoman observasi
C. menyusun proposal PTK
D. menentukan metode yang akan digunakan

Jawaban: A

17. Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat dikategorikan ke dalam domein ....
A. kenakalan remaja
B. disiplin belajar
C. interaksi belajar
D. prestasi belajar

Jawaban: B

18. Berikut adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....
A. masalah pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswa
B. guru mampu untuk melaksanakannya
C. relevan dengan pengembangan sekolah
D. mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.

Jawaban: B

19. Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis masalah adalah ....
A. melakukan kajian dokumen kelas
B. melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas
C. mewawancarai siswa
D. memberikan tes formatif

Jawaban: B

20. Hasil analisis masalah menunjukkan

(1) siswa tidak mau menyimak pelajaran,

(2) guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan

(3) siswa tidak ada yang bertanya kepada guru tentang pelajaran yang barusaja disajikan guru.

Permasalahan yang dapat dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali....
A. metode apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak pelajaran?
B. strategi apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak?
C. bagaimana cara saya menyelesaikan masalah ini?
D. bagaimana cara saya memotivasi siswa agar mau mau bertanya?

Jawaban: D

21. Berikut adalah beberapa alternatif cara mengembangkan alternatif tindakan, kecuali ....
A. mengkaji teori-teori pembelajaran yang relevan
B. mempelajari hasil penelitian yang relevan
C. melakukan refleksi atas pengalaman mengajar selama ini
D. mengkopi hasil PTK rekan sejawat

Jawaban: A

Baca Juga: 30 SOAL UAS Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus UT 2023 dan Kunci Jawaban Soal Ujian UT PGSD

22. Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....
A. tujuan perbaikan
B. TIU
C. TIK
D. Kegiatan pembelajaran

Jawaban: A

23. Agar mampu mengembangkan RPP dengan efektif dan memberikan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum memberikan tindakan perbaikan adalah ....
A. mempelajari proposal PTK
B. melakukan simulasi perbaikan
C. berdiskusi dengan rekan sejawat
D. memvalidasi RPP

Jawaban: B

24. Yang dimaksud dengan proposal PTK pada dasarnya adalah ....
A. penelitian yangdilakukan guru di sekolah
B. prosedur penelitian yangharus dipatuhi guru pada saat melakukan penelitian
C. rencana penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya
D. rencana kegiatan penelitian yang diusulkan guru

Jawaban: C

25. Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun....
A. relasi antar-guru kelas
B. kerjasama antar pihak-pihak terkait
C. persamaan persepsi
D. citra guru sebagai peneliti

Jawaban: B

26. Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ....
A. proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukan
B. sudah berhasil
C. belum menunjukkan perbaikan
D. tidak memperlihatkan dampak yang signifikan

Jawaban: C

27. Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan tentang perilaku siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat perilaku siswa, seperti teknik membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo adalah data ....
A. ordinal
B. kuantitatif
C. kualitatif
D. numerik

Jawaban: C

28. Berikut adalah beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali ....
A. penyajian seluruh hasil pengukuran yang dilakukan selama penelitian
B. grafik histogram
C. narasi tentang perilaku siswa
D. matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan

Jawaban: A

29. Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yangdisusun sesuai dengan ....
A. urutan identifikasi masalah
B. pertanyaan penelitian
C. temuan penelitian
D. hasil analisis data

Jawaban: B

30. Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....
A. mempertinggi akurasi
B. memperoleh hasil yang valid
C. memperoleh perbaikan yang optimal
D. memperoleh presisi yang tinggi sesuai tujuan penelitian

Jawaban: C

31. Secara spesifik laporan PTK memuat tentang ....
A. temuan penelitian
B. kesimpulan hasil penelitian
C. rekomendasi
D. saran-saran perbaikan pembelajaran

Jawaban: D

32. Judul PTK harus menggambarkan ....
A. upaya perbaikan pembelajaran
B. masalah pembelajaran
C. masalah pendidikan
D. perbaikan sistem persekolahan

Jawaban: A

Baca Juga: 40 CONTOH SOAL UAS Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus UT 2023 dan Kunci Jawaban, Soal Ujian UT PGSD

33. Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abstrak penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan abstrak penelitian, kecuali ....
A. difokuskan pada saripasi penelitian
B. menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitian
C. disajikan secararuntut, singkatdan padat
D. merupakan ringkasan penelitian

Jawaban: D

34. Dalam menyusun laporan PTK, masalah penelitian ditulis/disajikan di bagian ....
A. identifikasi masalah
B. perumusan masalah
C. pendahuluan
D. Kesimpulan

Jawaban: C

35. Karena mau cepat selesai, pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya hanya sampai Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. Sesuai etika penulisan laporan, Pak Irsan telah mengabaikan ....
A. estetika
B. logika
C. kejujuran
D. ke-konsistenan (keajegan)

Jawaban: C

36. Tulisan tentang sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK adalah .....
A. kumpulan gagasan yang ditulis peneliti
B. ungkapan penulis yangmemiliki kesatuan ide dan pikiran
C. kumpulan kalimat kuranglebihsebanyak setengah halaman yangdimulai dengan barisbaru
D. buah pikiran parapakar yang dikutip penulis

Jawaban: C

37. Berikut adalah aspek dibahas dalam bab kajian pustakA. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka adalah ....
A. teori-teori yang elevan
B. kerangka berpikir
C. metodologi
D. pertanyaan penelitian atau hipotesis

Jawaban: C

38. Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan ....
A. proses sosialisasi laporan ilmiah
B. penyebarluasan hasil penelitian
C. publikasi temuan ilmiah
D. dimanfaatkan orang banyak terutama guru.

Jawaban: D

Baca Juga: 45 SOAL UAS Pengantar Akuntansi UT 2023 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4115 Pengantar

39. Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah adalah ....
A. dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolah
B. dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di kelas
C. meningkatnya kredibilitas sekolah.
D. meningkatnya intelektualitas staf guru.

Jawaban: C

40. karena mau cepat selesai maka pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya sampai daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. sesuai keetika penulisan laporan pak Yusri telah mengabaikan unsur ....
A. estetika
B. logika
C. kejujuran
D. keajegan

Jawaban: C

Demikian terkait 50 soal ujian UT penelitian tindakan kelas 2023 dan kunci jawaban, contoh soal UAS UT PGSD IDIK4008 penelitian.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler