TERLENGKAP! 40 Contoh Soal KSM IPS MTs Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Beserta Kunci Jawabannya

16 Juni 2023, 05:00 WIB
contoh soal KSM IPS MTs tahun 2023 tingkat Kabupaten /pexels.com

Portal Kudus - TERLENGKAP! 40 contoh soal KSM IPS MTs tahun 2023 tingkat Kabupaten beserta kunci jawabannya.

Simak inilah pembahasan tentang 40 contoh soal KSM IPS MTs tahun 2023 tingkat Kabupaten beserta kunci jawabannya.

Bagi kalian yang sedang mencari contoh soal KSM IPS MTs tahun 2023 beserta kunci jawabannya, silahkan simak artikel di bawah ini sampai selesai.

Artikel ini berisi contoh soal KSM IPS MTs tahun 2023 yang bisa dijadikan referensi latihan untuk menghadapi soal KSM IPS MTs tahun 2023, bahkan soal-soal di bawah ini bisa di download secara gratis.

Baca Juga: SOAL PAT IPA Kelas 8 Semester 2 Tahun 2023 dan Kunci Jawaban, Contoh PAT IPA Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013

Sebanyak 40 contoh soal KSM IPS MTs tahun 2023 ini disajikan untuk kalian yang akan menghadapi KSM IPS MTs tahun 2023.

Dengan belajar contoh soal KSM IPS MTs tahun 2023 ini diharapkan siswa dapat memperoleh nilai tinggi dalam Kompetisi Sains Madrasah tahun 2023 dan tentunya bisa memperbesar peluang untuk lolos ke tingkat Provinsi/Nasional.

Pada contoh soal KSM IPS MTs tahun 2023 pada artikel ini dilengkap dengan pembahasan kunci jawaban yang dapat di download melalui link yang dibagikan di akhir artikel.

KSM diikuti oleh semua siswa-siswi terbaik dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI)/ SD, Madrasah Tsanawiyah (MTS)/SMP hingga Madrasah Aliyah (MA)/SMA.

Persiapkan diri anda dengan berlatih mengerjakan latihan soal-soal KSM 2023 Jenjang MTs pada artikel ini.

Baca Juga: 40 SOAL PAT PAI Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban, Contoh PAT PAI Kelas 8 Semester 2 2023

Materi KSM pada artikel ini sesuai dengan SK Dirjen Pendis Nomor 1864 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2023.

Untuk melihat kunci jawaban dan contoh soal KSM IPS MTs tahun 2023 tingkat Kabupaten, silahkan simak pada artikel berikut ini.

Untuk pembahasan dan kunci jawaban contoh soal KSM IPS MTs 2023 tersedia diakhir artikel.

1. Indonesia memiliki beragam bentuk kenampakan alam sesuai dengan karakteristik ruang yang terdapat di satu wilayah. Keberagaman lingkungan fisik ini berpengaruh besar pada aktivitas indvidu dan kelompok. Dengan mengikuti pemahaman ini, jika yang didapati adalah bentuk kenampakan seperti yang terdapat dalam QS. Al-Fajr: 9, maka individu tersebut hidup di ....

(A) Pegunungan

(B) Lembah

(C) Pantai

(D) Hutan

Jawaban: B

Baca Juga: DOWNLOAD 50 Soal PAT IPS Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013 PDF Beserta Kunci Jawabannya Tahun 2023

5. Indonesia's landscapes have various forms of appearance. Each of them has the characteristics of flora and fauna that must be maintained and preserved by every Muslim. In addition to the Qur'an and hadith as the basis for implementing the management of natural resources, another source of value can be found in the content in Asmaul Husna, namely ....

(A) Al-Wakil

(B) Al-Matin

(C) Al-Mukmin

(D) Al-Mutakabbir

Jawaban: A

6. Pak Irfan adalah salah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sukamaju. Dalam setiap rapat, dia selalu mengedepankan nilai dan norma demokrasi dalam setiap pengambilan kebijakan. Dalam khazanah sejarah kebudayaan Islam, perilaku Pak Irfan ini dapat dilihat pada diri sahabat Abu Bakar Al-Shiddiq yaitu ....

(A) pengedepanan pada motif non ekonomi dalam konsumsi

(B) bersedia menerima pendapat dari semua golongan

(C) memutus perkara hukum dengan tidak melihat kesamaan agama

(D) penciptaan lingkungan sosial yang berkeadilan

7. Setiap musim kemarau masyarakat Desa Sukolilo menderita karena kurangnya air di wilayah tersebut. Untuk mengatasi persoalan ini, Kepala Desa mengeluarkan kebijakan dengan merujuk pada kebijakan yang pernah dibuat Sahabat Nabi Usman bin Affan dalam membuat bendungan dengan biaya pribadi. Tindakan yang dibuat oleh Kepala Desa ini dapat dikategorikan sebagai ....

(A) solusi

(B) repetisi

(C) identifikasi

(D) imitasi

8. Salah satu rukun dalam jual beli adalah aqidain. Salah satu wujud dari rukun ini dapat ditemukan melalui keberadaan Pasar Tembakau di Jerman dan Pasar Karet di New York. Dengan melihat rukun dan barang pada kedua pasar ini dapat disimpulkan bahwa jenis pasar tersebut adalah ....

(A) pasar bebas

(B) pasar internasional

(C) pasar global

(D) pasar multilateral

9. Kalender Jawa adalah hasil interaksi antara pengetahuan Islam dengan budaya masyarakat lokal yang terjadi di masa kerajaan Islam di Indonesia. Pola interaksi yang sama dapat ditemukan terjadi dalam masyarakat atau komunitas lain seperti yang terjadi di Jepang dengan munculnya komik Manga kontemporer (Kompasiana.com, 26/07/2021). Dengan memahami substansi interaksi sosial yang melandasi penciptaan kalender Jawa, maka komik Manga di Jepang akan berisikan ....

(A) labelisasi budaya Islam

(B) afirmasi budaya Islam

(C) sosialisasi budaya Islam

(D) komodifikasi budaya Islam

10. Perubahan iklim berdampak langsung pada bidang Agrikultur. Fakta ini terlihat di beberapa wilayah pedesaan dalam wujud praktik pertanian yang berubah menjadi model ecofarming sebagai salah satu usaha untuk menurunkan efek gas rumah kaca. Praktik pertanian model ecofarming yang sesuai adalah seperti ....

(A) penggunaan pupuk kompos

(B) perubahan pola tanam lama

(C) melakukan intensifikasi pertanian

(D) mengganti jenis pupuk kimia

14. Terbentuknya bangsa dan negara Indonesia adalah buah dari proses panjang yang telah dimulai sejak awal Abad 20. Para tokoh kebangsaan dengan gigih mensosialisasikan kesadaran atas kehidupan sebagai sebuah bangsa dibawah kolonialisme. Proses kebangsaan ini dilakukan secara kontinu yang penuh dengan ujian dan tantangan yang kemudian berbuah kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Proses panjang perjuangan seperti ini dapat dipahami pada kesejarahan Islam yang tertuang dalam ....

(A) QS. Al-Nasr

(B) QS. Al-Kafirun

(C) QS. Al-Naba’

(D) QS. Al-Bayyinah

15. Bani Abbasiyah meninggalkan variabel sosial yang penting untuk kemajuan peradaban masyarakat Islam di Abad 13. Institusi sosial yang sama dapat ditemukan pada tumbuhnya kebangsaan di kalangan masyarakat Indonesia di awal Abad 20 yang secara tidak langsung dihasilkan dari ....

(A) tumbuhnya organisasi pergerakan

(B) politik etis pemerintah kolonial

(C) rasa senasib sepenanggungan

(D) berita di media milik pribumi

16. Masalah slum adalah konsekuensi dari keterbukaan kota sebagai tempat tinggal yang terjadi seiring dengan tingginya laju migrasi masyarakat dari pedesaan yang kebanyakan memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Fenomena sosial pemukiman seperti ini dipicu oleh...

(A) keterjutan budaya

(B) pergeseran profesi

(C) kesenjangan pengetahuan

(D) distribusi pendapatan

18. Globalisasi memediasi masuknya nilai sosial budaya baru yang berdampak pada perubahan kognitif dan material masyarakat. Salah satu bentuk perubahan kognitif yang berkembang di masyarakat adalah ....

(A) beredarnya film Barat

(B) masuknya perusahaan asing

(C) pola makan fast food

(D) keberadaan barang impor

19. Faktor pendorong terjadinya interaksi antara dua ruang adalah perbedaan potensi bentang alam. Perbedaan ini berelasi dengan kecenderungan penduduk di wilayah tersebut dalam suatu rantai ekonomi. Jika daerah "A" adalah seperti yang tergambarkan dalam QS. Al Buruj: 4 dan daerah “B” direpresentasikan dalam QS. ‘Abasa: 28, posisi yang muncul adalah....

(A) daerah “A” adalah konsumen sementara daerah “B” adalah produsen holtikultura

(B) daerah “A” adalah distributor sementara daerah “B” produsen hasil kelautan

(C) daerah “A” adalah produsen barang tambang sementara daerah “B” adalah konsumen

(D) daerah “A” adalalah konsumen sementara daerah “B” adalah produsen hasil kehutanan

21. Sebagai supplier bahan makanan bayi, Pak Amin hampir satu bulan sekali mengirimkan bahan makanan tersebut ke kota Darussalam. Namun karena musim penghujan berkepanjangan mengakibatkan jalan di kota itu mengalami kerusakan parah, sehingga tidak bisa dilalui oleh armada milik pak Amin. Akibatnya pak Amin memutuskan untuk mengalihkan ke wilayah lain untuk menekan kerugian. Berdasarkan ilustrasi di atas, interaksi keruangan yang terjadi adalah ....

(A) intervening opportunity

(B) complementarity

(C) transformation

(D) transferablity

25. Ibu Budi dan Ibu Wati merupakan tetangga satu perumahan. Suatu hari keduanya terlibat konflik lahan fasum di depan rumah. Keduanya saling mengklaim sebagai pengguna yang sah lahan tersebut. Warga berusaha melerai, namun tidak mampu, akhirnya Ibu Budi dan Ibu Wati sepakat dengan warga memanggil Ketua dan pengurus RT untuk menyelesaikannya.

Berdasarkan narasi di atas, bentuk proses sosial akomodasi yang sesuai adalah ....

(A) kompromi

(B) konsoliasi

(C) arbitrasi

(D) mediasi

28. Jakarta, Kominfo – Keberagaman suku, agama, dan ras bangsa Indonesia merupakan keunikan tersendiri yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia. Namun, tidak sedikit pula konflik yang terjadi akibat keberagaman itu sendiri. Untuk itu, dibutuhkan upaya menciptakan kerukunan antar umat agar dapat menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

“Saya berharap seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas), terutama yang berbasis agama, untuk terus berperan dan berkontribusi dalam upaya ikut menjaga antar umat beragama, membangun kesatuan dan keutuhan nasional, karena kerukunan adalah faktor utama dalam menjaga keutuhan bangsa,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional 2572 Kongzili melalui konferensi video di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro No.2, Jakarta, Minggu (14/02/21).

Berdasarkan nilai-nilai al-Qur’an, kesimpulan yang tepat untuk berita di atas adalah proses interaksi mengamalkan ....

(A) prinsip ta’awun

(B) prinsip al-syu’ub

(C) prinsip al-nahdah

(D) prinsip ta’aruf

29. Pada suatu pasar grosir, ketika harga cabe kriting hijau per 1 kg Rp. 55.000,00, maka jumlah yang dijual pedagang sebanyak 25 kg per hari. Adanya kenaikan harga menjadi Rp. 10.000,00 per 1 kg membuat pedagang ingi menambah penjualan cabe kriting hijau menjadi 35 kg per hari.

Berdasarkan narasi di atas, hukum ekonomi yang berlaku adalah ....

(A) hukum permintaan

(B) hukum penawaran

(C) hukum pertukaran

(D) hukum penjualan

33. Prasasti Yupa merupakan salah satu hasil budaya masyarakat Kutai, yaitu tugu batu yang merupakan warisan nenek moyang dari zaman Megalitikum berbentuk Menhir, dengan fungsi utama adalah tempat pemujaan ....

(A) Dewa Wisnu

(B) Dewa Krisna

(C) Dewa Siwa

(D) Dewa Brahma

34. Pendidikan merupakan salah satu saluran penyebaran Islam di nusantara, salah satu fakta historis yang menunjukkan penggunaan saluran itu adalah ....

(A) digunakannya pondok pesantren oleh Wali Songo sebagai pusat pendidikan dan dakwah Islam di Indonesia

(B) diutusnya Datuk Ribandang oleh Sunan Giri untuk mendirikan pesantren di Gowa-Tallo dan Kalimantan Timur

(C) digunakannya sekolah-sekolah oleh Datuk Ribandang untuk mengislamkan kerajaan Gowa Tallo dan Kalimantan Timur

(D) diutusnya Sunan Giri oleh Sunan Ampel untuk mendirikan pondok pesantren di wilayah Gresik dan Tuban

37. Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan besar terhadap interaksi sosial masyarakat. Beruntungnya, teknologi informasi dan komunikasi mampu menjembatani interaksi sosial tersebut, dari yang bersifat tatap muka fisik menjadi tatap virtual (google meet, zoom, whattsapp). Berdasarkan narasi di atas perubahan dalam interaksi sosial terjadi karena ....

(A) perubahan dari jarak wilayah

(B) perubahan dari jarak sosial

(C) perubahan dalam frekuensi

(D) perubahan dalam bermedia

38. Tanpa alasan yang jelas, siswa dari sekolah A dan B terlibat tawuran antarsiswa. Siapa yang mulai dan karena masalah apa belum diketahui secara pasti. Tetiba saja beberapa murid sekolah A dan B terlibat tawuran. Melihat kondisi itu, seorang guru segera melakukan upaya penyelesaian dengan mengajak perwakilan siswa sekolah A dan B beserta gurunya.

Nilai-nilai Islam yang diimplementasikan guru dalam menyelesaikan masalah sebagaimana narasi di atas adalah ....

(A) al-sulh

(B) al-tahkim

(C) al-wasath

(D) al-islah

Untuk mengetahui 40 contoh soal KSM IPS MTs 2023 secara lengkap, silahkan klik link di bawah ini.

>>> KLIK DISINI

Untuk mengetahui pembahasan dan kunci jawabn contoh soal KSM IPS MTS 2023, silahkan kunjungi tautan ini. >>> https://www.youtube.com/watch?v=OeESI_imnrc

Demikian terkait 40 contoh soal KSM IPS MTs tahun 2023 tingkat Kabupaten beserta kunci jawabannya.***

Editor: Azkaa Najmuts Tsaqib

Tags

Terkini

Terpopuler